Makhluk Pendahulu Manusia

Dipublikasikan oleh Eka Mandala dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan ∙ January 25, 2023 ∙ 3 menit membaca

Sebelum manusia lahir ke bumi, ada berbagai makhluk pendahulu manusia yang telah menghuni bumi. Berbagai makhluk tersebut di antaranya binatang menyusui, makhluk primata, dan masih banyak lagi. Kenali berbagai jenis makhluk pendahulu manusia di bawah ini.

Makhluk Pendahulu Manusia

makhluk pendahulu manusia
(National Geographic)

Pada zaman tersier yang merupakan bagian dari zaman neozoikum muncul binatang menyusui (mamalia). Primata merupakan bagian dari mamalia yang bentuknya sejenis kera, baik kera-kera kecil sebesar tupai maupun kera-kera besar seperti gorila.

Makhluk sejenis primata ini diperkirakan sudah ada di permukaan bumi sekitar 70 juta tahun yang lalu, yaitu pada kala paleosen tua yang merupakan bagian dari zaman tersier. Sedangkan makhluk sejenis kera yang mampu berjalan dengan kedua kakinya walau masih dibantu dengan kedua tangannya disebut Anthropoid.

Dari Anthropoid terdapat satu golongan lagi yang disebut dengan Hominoid. Dalam Hominoid terdapat dua golongan besar, yaitu keluarga Pongidae dan Homo sapiens yang merupakan keluarga kera-kera besar, seperti gibon, orang utan, simpanse, dan gorila.

Sedangkan Hominoide menggolongkan menjadi satu manusia purba sejenis Pithecanthropus dengan Homo Neanderthalensis dengan manusia sekarang (Homo sapiens). Salah satu cabang dari makhluk primata yang diperkirakan berasal dari 10 juta tahun yang lalu (zaman pleistosen) adalah makhluk raksasa yang lebih besar daripada gorila, yaitu Giganthropus.

makhluk pendahulu manusia
(Kompas)

Fosil Giganthropus ditemukan di bukit Siwalik di kaki gunung Himalaya dekat Simla, India Utara. Giganthropus mempunyai kemiripan dengan Meganthropus paleojavanicus yang ditemukan di Lembah Bengawan Solo oleh Von Koenigswald. Para ahli memperkirakan bahwa Giganthropus hidup berkelompok dan menyebar dari Afrika ke Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Sementara itu di sebelah utara Kimberley, di daerah Bechuana Timur di Afrika Selatan ditemukan sekitar 65 fosil Australopithecus (kera dari selatan) yang juga diperkirakan berasal dari 10 juta tahun yang lalu. Fosil dari keluarga Australopithecus diperkirakan hidup sekitar 2 juta tahun yang lalu ditemukan di Lembah Oldovoi di Tanzania, Afrika Timur.

Makhluk tersebut diberi nama Zinjanthropus dan diperkirakan mengalami zaman glasial dan zaman interglasial yang dimulai sejak kira-kira 4 juta tahun yang lalu dan berakhir sekitar 200 ribu tahun yang lalu.

Kesimpulan

Demikianlah ulasan tentang makhluk pendahulu manusia yang diperkirakan telah menghuni bumi sejak jutaan tahun yang lalu. Namun, fakta ini merupakan hasil penelitian dari manusia yang tidak bisa dibenarkan kredibilitasnya. Mungkin, ada banyak makhluk pendahulu manusia lainnya yang tidak pernah ditemukan fosilnya. Sekian ulasan Pinhome kali ini, semoga bisa menambah wawasanmu!

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Pengubah Suara Terbaik

Pernahkah Pins berpikir untuk mengubah suara asli kamu untuk membuat efek gema seperti robot, atau

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Karaoke Terbaik Untuk Hobi Menyanyi

Karaoke merupakan salah satu hiburan menyenangkan yang menghilangkan penat setelah bekerja atau akt

Lifestyle
Lifestyle 18 Aplikasi Baca Manga Terbaik Untukmu

Ingin baca manga untuk mengisi waktu luangmu? Atau memang kamu hobi membaca manga? Selain berbentuk

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Font Android Menarik

Melihat tampilan HP Android yang begitu-begitu saja setiap harinya cukup membosankan bagi setiap or

Finansial
Finansial BI Checking Kol 2 Artinya? Simak Yuk!

Sebelum mengajukan kredit atau pinjaman baru pada suatu lembaga keuangan atau pembiayaan, kamu perl

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia