Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil

Diperbarui oleh Kartika Laksita ∙ January 18, 2022 ∙ 4 menit membaca

Makanan terbaik ibu hamil – Asupan nutrisi memang diperlukan untuk ibu hamil, terutama untuk seorang ibu yang masih tergolong trimester pertamanya.

Pola makan yang sangat baik ini diperlukan untuk selalu menjaga kesehatan ibu hamil dan juga janin yang ada di dalam kandungan.

Nah, agar kehamilan dari bunda berjalan baik, ada beragam cara untuk bisa mewujudkannya. Mulai dengan istirahat yang cukup, rutin mengontrol kehamilan, rutin berolahraga dan mengikuti segala saran oleh dokter.

Tak hanya itu, tentunya juga memerlukan asupan makanan oleh ibu hamil yang nyatanya tidak kalah penting untuk dilakukan.

Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil

Makanan terbaik untuk ibu hamil

Apa saja makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi.

1. Kaya Protein

Protein merupakan makanan untuk trimester pertama yang tidak boleh ketinggalan. Jangan salah lagi ya, protein tidak hanya tentang otot saja, akan tetapi juga mempunyai banyak manfaat untuk ibu hamil.

Protein ini memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu proses pembentukan jaringan tubuh untuk ibu dan bayi selama masa kehamilan.

Tidak hanya itu, protein juga dapat membantu ibu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga ibu hamil tidak akan mudah mengalami sakit.

Lantas, makanan apa saja yang bagus untuk ibu hamil dan baik dikonsumsi pada trimester pertama? Tentunya ibu hamil bisa mengonsumsi makanan mulai daging tanpa lemak, ikan, telur dan juga unggas.

2. Kaya Asam Folat

Asam Folat adalah salah satu jenis nutrisi penting dalam pembentukan sel otak pada bayi. Suplemen prenatal atau masa sebelum kelahiran dengan asam folat, sehingga sangat penting untuk kecerdasan si kecil walau dalam kandungan.

3. Makanan yang Kaya Akan Serat

Serat adalah salah satu nutrisi atau makanan yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Serat ini dapat membantu ibu hamil untuk mengontrol kenaikan berat badan dan juga mencegah preeklamsia.

Keistimewaan dari serat bukan hanya untuk merangsang perkembangan janin saja. Akan tetapi, nutrisi ini juga dapat membantu mencegah bumil mengalami konstipasi atau masalah buang air besar.

4. Susu atau Produk Olahan Susu

Susu atau jenis produk olahan ini kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh bumil di trimester pertama kehamilan. Katakanlah protein, vitamin D, iodium asal folat, sampai kalsium. Pada trimester pertama bumil ini dianjurkan untuk mengonsumsi produk olahan susu yang kaya akan kalsium. Kalsium ini sangat baik untuk ibu dan juga pertumbuhan tulang dan janin.

5. Harus Mengandung Zat Besi

Selain beberapa nutrisi di atas, makanan ibu hamil ini perlu mempunyai kandungan zat besi di dalamnya. Untuk alasannya jelas, makanan yang kaya akan zat besi yang bertujuan untuk mencegah terjadinya anemia. Jangan Anda menganggap remeh anemia, sebab kondisi ini bukan hanya berdampak pada ibu saja.

Anemia tentunya dapat memicu berbagai masalah pada janin, salah satunya adalah penyebab kelahiran premature. Karena itulah zat besi adalah salah satu nutrisi makanan bagus untuk ibu hamil.

6. Perhatikan Asupan Karbohidrat

Jangan lupa, ibu hamil juga sangat membutuhkan karbohidrat selama menjaga kehamilan. Karbohidrat kompleks ini menjadi salah satu nutrisi yang bisa membantu ibu hamil untuk menjaga kesehatan pencernaan selama kehamilan.

Mengonsumsi karbohidrat selama kehamilan tentunya juga baik untuk memenuhi kebutuhan energi janin yang sedang berkembang. Ada banyak sekali jenis makanan untuk ibu hamil yang telah mengandung karbohidrat. Misalnya buah pisang, sayur bayam dan kacang-kacangan dan oatmeal.

7. Lemon atau Air Kelapa

Lemon dan juga air kelapa tentunya dapat menjadi pilihan untuk ibu hamil yang biasa mengalami mual di trimester pertama kehamilan. Menariknya lagi, air kelapa tentu dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan juga mencegah dehidrasi.

8. Buah Srikaya

Buah khas dari Negara tropis ini kaya akan vitamin A dan C yang penting untuk perkembangan mata, kulit dan jaringan tubuh janin lainnya.

Buah ini juga sangat dianjurkan untuk ibu hamil, mengapa demikian? Sebab dapat membantu mendukung perkembangan fungsi kognitif pada bayi.

Itulah beberapa macam makanan terbaik untuk ibu hamil. Penuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh Anda dengan baik, agar kebaikan dan juga kesehatan terbaik tidak hanya Anda rasakan. Tapi juga dirasakan oleh buah hati ketika di kandungan.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Model Teras Rumah Pedesaan yang Sederhana

Siapa yang tidak rindu dengan suasana hunian khas pedesaan? Jauh dari hiruk pikuk kota, suasananya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 8 Inspirasi Taman Air Terjun Dinding Minimalis untuk Outdoor dan Indoor

Taman air terjun dinding minimalis bukan hanya mempercantik dekorasi rumah, tetapi juga memberikan

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Pencari Kost

Pins sedang kebingungan mencari tempat kost terbaik? Mau survey keliling tapi tidak punya waktu? At

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Catatan Keuangan Terbaik

Rekomendasi aplikasi catatan keuangan terbaik ini cocok untuk Pins yang ingin mengelola keuangannya

Lifestyle
Lifestyle Doa Menempati Rumah Baru Sesuai Sunnah dan Amalannya

Memiliki rumah sendiri adalah hal yang diidam-idamkan oleh semua orang. Di saat seperti ini, rasa b

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia