Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Ini Dia Makanan Korea Halal yang Aman untuk Dimakan

Lifestyle

Ini Dia Makanan Korea Halal yang Aman untuk Dimakan

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 28 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Pasti yang sudah sering menikmati tayangan serial drama korea atau juga film korea sudah memahami bagaimana bentuk dan rasa yang ditampilkan dalam serial atau film tersebut. Dan sudah pasti membuat kalian bertanya-tanya, apakah makanan yang terlihat enak di serial drama dan film korea halal?

Pinhome – Nah, di sini pentingnya mengetahui apa saja sebenarnya makanan khas Korea Selatan yang halal. Mencari makanan Korea halal memang gampang-gampang susah. Makanan Korea Selatan yang halal merupakan pengetahuan wajib bagi Pins yang hendak merencanakan liburan ke Korea Selatan. Menu makanan halal ini salah satu poin penting bagi para muslim. 

Baca Juga: Pengertian Makanan Halal Tayyiban Menurut Islam

(cnn)

Bukan ingin berprasangka buruk, tetapi penting sekali hukumnya untuk lebih bisa mengantisipasi segala kemungkinan. Seperti halnya mengetahui menu makanan khas Korea Selatan yang halal ini.

Baca Juga: 10 Makanan Penetralisir Racun

Berikut penjelasan mengenai makanan khas Korea Selatan yang halal.

Makanan Korea yang Halal

Ternyata tidak semua makanan di Korea haram lho, Pins. Ada beberapa jenis makanan yang halal. Bagi kamu penganut agama dan kepercayaan yang menjunjung nilai makanan halal, kamu bisa mencoba daftar makanan berikut. 

Kimchi

(Merdeka)

Makanan khas Halal ini terbuat dari sayuran yang difermentasi dengan beraneka ragam bumbu rempah yang dipadukan dengan rasa pedas dan asam. Sayuran yang biasanya digunakan untuk membuat makanan kimchi ini adalah sawi, lobak, atau juga mentimun.

Sementara untuk sausnya biasa menggunakan cabe, jahe, bawang bombay, bawang putih, pasta udang, dan saus ikan. Makanan ini biasanya dibuat dalam jumlah yang banyak karena cocok disantap dengan menu makanan apa saja dan bisa lebih tahan lama jika disimpan dalam lemari pendingin.

Kimbap

(Maangchi)

Makanan khas halal ini terbuat dari nasi putih, seperti namanya bap yang berarti nasi. Namun makanan ini tidak hanya berupa nasi, yang membuat makanan ini menjadi khas karena di dalamnya masih banyak sekali printilan-printilannya. Seperti semacam ikan, daging, telur, dan sayuran.

Cara membuatnya, biasanya dengan digulung dan pada lapisan luar terdapat lembaran rumput laut. Makanan ini juga memang sengaja dibuat kecil-kecil agar bisa dimakan dengan sekali suap saja. Unik sekali bukan? Nah selain itu sayuran yang biasa digunakan adalah timun, bayam, wortel, dan lobak.

Bibimbap

(Fimela)

Makanan khas halal ini terbuat dari nasi seperti Kimbap. Namun yang membedakan keduanya, Bibimbap ini disajikan dalam mangkuk. Kemudian di bagian bawahnya diisi nasi, sedangkan di bagian atasnya ada aneka lauk dan sayuran serta saus sambal.

Tampilan dari makanan khas halal ini lucu dan menarik sekali, karena warnanya kontras sekali. Cara memakannya juga menarik loh. Dengan banyaknya menu yang dicampur di dalam mangkuk, kemudian kesemuanya diaduk-aduk. Dan tidak lupa disajikan dalam keadaan panas seperti hot plate.

Jjajangmyeon

(IDN Times)

Makanan ini terbuat dari mie besar seperti mie ayam. Namun makanan ini menggunakan perpaduan antara saus kedelai hitam kental, sayur, dan potongan daging sapi. Namun terkadang Jjajangmyeon juga disajikan dengan seafood atau daging babi jadi harus lebih mewaspadai sebelum mencicipinya ya.

Selain itu, tidak hanya menggunakan saus kedelai hitam. Tetapi makanan ini juga diberi tambahan air kaldu. Tujuan diberi air kaldu agar dapat mengurangi rasa asin dari pasta kedelai dan maizena atau pati kentang yang ada dalam sajian.

Sup Rumput Laut

(IDN Times)

Makanan khas halal ini terbuat dari rumput laut. Seperti namanya miyeok yang berarti rumput laut. Rumput laut ini kemudian diolah dengan direndam dalam air kaldu sapi atau juga ikan. Kemudian diberi tambahan bumbu kecap, bawang putih, garam, dan minyak wijen.

Makanan ini biasa disajikan pada acara ulang tahun loh. Tidak hanya kue ulang tahun, tetapi Sup Rumput Laut seringkali menandai ada yang sedang berulang tahun. Selain itu, makanan ini juga biasa dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Karena makanan ini sangat dipercaya mampu membawa keberuntungan berdasarkan tradisinya.

Tteokbokki

(Memo From ASIA)

Makanan khas halal ini terbuat dari tepung beras yang dibentuk seperti silinder dengan ukuran yang lebih pendek. Nah makanan ini biasa dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis.

Makanan ini termasuk makanan rakyat di Korea Selatan loh. Dan makanan ini banyak dijual di pinggir jalan. Makanan ini juga dikenal sebagai makanan khas di istana pada masa Dinasti Joseon dengan nama gungjung tteokbokki.

Syarat Makanan Halal

Makanan dan minuman halal harus memiliki beberapa kategori berikut.

Halal Zatnya

makanan dan minuman halal harus terbuat dari bahan yang halal pula, tidak mengandung unsur-unsur yang diharamkan menurut syariat. Contohnya seperti nasi, susu telur, dan lain-lain.

Halal Cara Mendapatkannya

Selain itu, makanan dan minuman halal harus didapatkan dengan cara yang halal pula. Sesuatu yang halal tetapi cara mendapatkannya tidak sesuai dengan hukum agama akan menjadi haram.

Jadi walaupun kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang dari segi zat adalah halal, namun kamu mendapatkannya dengan cara mencuri, menipu, dan lain-lain, maka hal tersebut menjadi haram.

Halal Cara Pengolahannya

Selanjutnya, makanan dan minuman halal harus diperoleh dengan cara yang halal pula. Cara atau proses pengolahannya juga harus benar. Hewan, seperti kambing, ayam, sapi, jika disembelih dengan cara yang tidak sesuai dengan hukum Islam maka dagingnya menjadi haram.

Berikut dalil tentang makanan dan minuman halal dan haram:

Artinya: “Sesungguhnya Allah mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan hewan yang (ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. tetapi Barangsiapa dalam Keadaan terpaksa (memakannya) sedang Dia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, Maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Baqarah: 173)

Halal Sumbernya

Produk yang dibuat dari bahan-bahan berikut adalah Halal kecuali mengandung atau bersentuhan dengan zat haram. Sebuah makanan dicap halal apabila bahan baku, proses pembuatan dan pengambilan bahan bakunya halal. Apabila makanan menggunakan bahan baku seperti babi maka itu dicap haram. Jika sebuah makanan diperoleh melalui pencurian maka itu disebut haram. Jika daging disembelih tanpa mengucapkan bismillah dan dengan cara non-islami, maka itu dicap haram.

Itu dia makanan halal korea yang bisa kamu coba. Yang terpenting adalah selalu mengkonsumsi makanan yang halalan thayyiban ya Pins. Selamat mencoba.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Tiara

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel