9+ Makanan Khas Sunda Asli yang Bikin Kamu Pengen Makan Terus

Diperbarui oleh Devi Nuraini Amalia ∙ September 6, 2022 ∙ 9 menit membaca

Makanan Khas Sunda Asli – Hai semua sahabat Hamparan. Sedikit bercerita siapa sih yang tidak tau tentang Tanah Pasundan ? Yang terkenal dengan budaya yang kental dan kesederhanaanya.

Daerah Pasundan masuk dalam wilayah Jawa Barat, bukan hanya terkenal dengan masyarakatnya yang ramah tapi juga terkenal dengan objek wisatanya. Banyak tujuan objek wisata yang berada di Tanah Pasundan ini mulai dari wisata alam, edukasi, dan tak lupa juga wisata kuliner.

Kali ini saya akan membahas sedikit tentang wista kuliner makanan khas Sunda asli. Gak kebayangkan betapa khas nya makanan ini.

Langsung simak saja ya sahabat Hamparan.

1. Makanan Khas Sunda Asli – Karedok

Datang pembahasan yang pertama yaitu Karedok. Pasti banyak yang tanya apa itu karedok, karedok adalah makanan khas Sunda asli yang terbuat dari sayuran mentah.

Mentah? Enak dimakan ? Eiiits jangan salah dulu karedok berbahan sayuran mentah yang di siram dengan saus kacangnya yang khas dan sangat menggoda itu.

Bahan yang digunakan untuk membuat karedok antara lain mentimun, tauge, kubis, kacang panjang, terong kecil, dan tak lupa kemangi untuk menambah aroma sedap pada karedok.

Sangat recomended untuk orang yang sedang diet dan yang vegetarian.

Biasanya makan karedok menggunakan tambahan tahu, tempe, kerupuk dan bahkan menggunakan nasi serta lontong. Gak kebayangkan enaknya makanan khas sunda asli yang satu ini.

2. Lotek

Lotek Makanan Khas Sunda Asli
(Travelingyuk.com)

Masuk makanan khas Sunda asli selanjutnya yaitu lotek. Kebanyakan orang masih bingung membedakan karedok dengan lotek dan juga gado gado yang berasal dari Betawi ini.

Jika dilihat sekilas lotek hampir sama dengan rujak khas Jawa. Sedikit perbedaan yang terjadi antara lotek dan karedok. Jika karedok semua bahan mentah dan bumbunya sedikit lebih cair dan berteksur rasa sedikit lebih manis dan gurih.

Jika Lotek semua bahan matang dan juga bumbu sedikit kental serta tekstur rasanya lebih gurih. Jadi jangan salah sangka ya guys.

Karedok biasanya di hidangkan menggunakan lontong dan juga di tambah dengan kerupuk udang untuk menambah kenikmatanya. Jika kalian mampir ke Kota Bandung jangan lupa ke Lotek Kalipah Apo 42 untuk menikmati kenikmatan bumbu kacangnya yang sangat sedap.

3. Makanan Khas Sunda Asli – Sate Maranggi

Sate Maranggi Makanan Khas Sunda Asli
(ITJEHER.COM)

Sate maranggi adalah makanan khas yang berasal dari Purwakarta, Jawa Barat. Pada dasarnya sate ini sama dengan sate pada umumnya dengan menggunakan daging sapi dan kambing. Tapi ada banyak ke khasan dari sate ini yang membedakan dari yang lainya.

Sebelum preoses pembakaran sate daging yang akan dibakar sebelumnya direndam dalam bumbu rahasia yang membuat sate ini terasa enak, kemudian baru di tusuk dan dibakar.

Lantaran sebelum pembakaran dan saat pembakaran sate ini diolesi bumbu, sate ini saat penyajian tidak di berikan sambal pada umumnya.

Dalam penyajian sate maranggi ini biasanya dalam satu piring terdapat 8-12 tusuk sate ditambah ketan bakar yang khas serta tambahan sambal oncom yang sedikit pedas untuk menambah kenikmatan sate maranggi ini.

Jadi buat para sahabat Hamparan yang sedang melakukan perjalanan ke Purwakarta jangan lupa mampir ke kedai sate maranggai ya!.

Owh ya untuk para sahabat yang ingin menikmati sate ini sebagai makanan tambahan untuk acara pernikahan, beberapa vendor catering bandung juga sudah menyediakan loh, jadi gak usah khawatir ya!

4. Soto Bandung

Soto Bandung Makanan Khas Sunda asli
(1001resepnusantara.WordPress.com)

Ini makanan khas Sunda asli selanjutnya adalah Soto Bandung. Soto yang berasal dari Kota Kembang ini sebernarnya hampir sama dengan soto dengan daerah lain pada umumnya.

Namun dalam soto ini menggunakan daging tetelan dalam penyajianya. Soto ini berkuah bening dan memiliki rasa yang gurih.

Dalam penyajian lengkapnya soto ini biasanya menggunakan mangkuk dengan isi daging tetelan, kedelai goreng, taburan daun bawang, dan yang tak kalah spesial adalah menggunakan irisan lobak rebus yang membuat rasa soto ini sangat enak agar lebih sedap lagi jangan lupa menambahkan perasan jeruk nipis, kecap dan juga sambal.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Konektor Hp yang Rusak

5. Makanan Khas Sunda Asli – Tumis Oncom

Tumis Oncom Makanan Khas Sunda Asli
(cookpad.com)

Makanan khas Sunda asli selanjutnya adalah oncom. Pasti banyak yang belum begitu tau dengan makanan khas yang satu ini. Oncom adalah makanan khas Sunda asli yang banyak penggemarnya.

Oncom ini hampir sama dengan tempe tapi jika tempe dibuat dari kedelai dengan fermentasi jamur berbeda dengan oncom menggunakan spora dalam pembuatanya.

Banyak olahan oncom ini salah satunya adalah tumis oncom. Tumis ini sangat enak jika dimakan dengan nasi. Makanan khas ini sangat mudah di dapat hampar disetiap warung menyediakanya. Jadi buat kalian yang sedang jalan-jalan jangan lupa mampir untuk mencicipi menu yang satu ini.

Baca Juga: 4 Panduan Cara Mengawinkan Lovebird

6. Nasi Timbel

Nasi Timbel Makanan Khas Sunda Asli
(pondokcitragorgol.com)

Siapa sih yang tidak kenal nasi timbel. Tak sedikit orang mengetahui tempat asal nasi timbel itu dari mana? Nasi timbel adalah makanan khas Sunda asli yang sudah menyebar luar ke daerah Sunda. Banyak versi dalam nasi timbel ini yang terkadang membuat orang bingung untuk memilih yang mana.

Awalnya nasi timbel ini adalah nasi yang di hidangkan untuk para petani ketika sedang beristirahat. Disajikan di atas daun pisang dengan berbagai lauk sperti ikan asin, ayam goreng, empal, sambal, dan juga masih banyak lagi.

Tapi sekarang mudah untuk menemukan nasi timbel ini, banyak warung yang menjual nasi ini jadi jangan khawatir buat kalian yang ingin mencoba makanan ini sudah umum pada masyarakat dan tidak lah sulit untuk dicari.

Baca Juga: 5 Poin Penting Cara Meloloh Anakan Lovebrid

7. Makanan Khas Sunda Asli – Batagor

Batagor Makanan khas Sunda Asli
(bisnisukm.com)

Ini adalah makanan khas Sunda asli yang menjadi favoritku yaitu batagor. Batagor atau bakso tahu goreng adalah makanan khas Bandung dengan bahan ikan tengiri, tepung sagu, dan lain-lain. Diolah dan dibungkus menggunakan kulit pangsit dan lalu di goreng.

Batagor disajikan dengan di potong-potong dan diberi saus kacang yang sangat enak dengan rasa legit manis dan gurih serta dengan tambahan jeruk limau sebagai perasanya.

Karena saking nikmatnya batagor ini sudah menyebar luas tidak hanya di Bandung bahkan sudah tersebar keluar daerah. Jadi makanan ini sangat recomended buat kalian yang pengen mencoba betapa lezatnya makanan khas Sunda ini salah satunya.

Baca Juga: Dunia kuliner: Mengenal singkat Teknik-Teknik Dasar Memasak

8. Makanan Khas Sunda Asli – Empal Gentong

Empal gentong makanan khas sunda asli
(warisankuliner.com)

Empal gentong adalah makanan khas Cirebon yang menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya. Di sajikan dengan lontong atau nasi ditambah kucai dan juga cabai kering yang sudah digiling sebagai pelengkap hidangan.

Asal mula bernama empal gentong adalah memasak daging dengan menggunakan gentong, karena menggunakan gentong sebagai alat masak cita rasa bumbu dari empal itu pun melekat dan menempel pada gentong yang menjadikan rasa dari dagingnya pun semakin maksimal.

Baca Juga: 5 Varian Warna Lovebird Terpopuler

9. Empal Gepuk

empal gepuk makanan khas sunda asli
(sajiansedap.com)

Makanan khas Sunda Asli selanjutnya adalah empal gepuk. Empal gepuk dan empal gentong memiliki kesamaan dalam hal bahan dasar tetapi secara masakan dua masakan itu sangatlah berbeda.

Empal gepuk sesuai namanya proses pemasakan daging di iris tipis-tipis kemudian dipukuli hingga gepeng di masak dalam bumbu yang bercita rasa manis dan gurih.

Setelah pemasakan itu selesai empal ini dimasak lagi dengan diungkep bertujuan agar serat daging menjadi empuk dan bumbu semakin meresap.

Setelah pengungkepan daging di goreng hingga kering sebenarnya daging sudah bisa di santap walaupun tidak digoreng. Dalam penyajianya empal gepuk ini bersama nasai dan lalapan serta sambal untuk menambah cita rasanya.

Baca Juga: 4 Pilihan Terbaik Pakan Lovebird

10. Bakakak Hayam

Ini dia menu makanan khas Sunda asli yang sangat mudah di jumpai di Tanah Pasundan ini. Mungkin sebagian orang menganggap bahwa nama bakakak ayam itu sangat lucu dan unik jika pertama kali mendengarnya.

Tapi memang seperti ini namanya, tapi jangan salah jika kalian datang ke Sunda tanpa mencicipi makanan ini kalian sangat rugi besar. Setidaknya kalian mencobanya sekali seumur hidup jika kalian sempat datang ke Tanah Pasundan ini.

Makanan ini diolah meggunakan bumbu khas Sunda kemudian di panggang dengan keadaan ayam yang utuh tanpa kepala dan tanpa cakar. Kemudian di panggang dan di sajikan dengan pilihan sambal dan lalapan.

Baca Juga: 4 Teknik Melatih Ayam Bangkok Aduan

11. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom Makanan Khas Sunda Asli
(resepdanmasakan.com)

Ini dia makanan khas Sunda asli yang mungkin sebagian orang berfikir bahwa maknan ini sangatlah tradisional tapi tetap ngehits dikalangan masyarakat. Nasi ini disajikan dengan oncom yang digoreng atau yang dibakar dengan di campurkan jadi satu.

Sajian lengkap nasi tutug oncom ini menggunakan tahu, tempe, ayam goreng, lalap dan sambal terasi sebagai pelengkap. Gak kebanyangkan rasanya.

Bagi kalian yang pemburu kuliner Sunda makanan ini adalah rekomendasi khusus untuk kalian.

Baca Juga: 5 Ciri ayam BAngkok Birma

12. Tauge Tauco

geco makanan khas sunda asli
(bacaterus.com)

Tauge tauco atau bisa disebut juga geco ini adalah makanan khas Sunda asli yang sudah terkenal sejak jaman dahulu. Geco makanan yang sangat favorit satu piring penuh diisi dengan beberapa bahan seperti tauge, tahu, kentang, telur, ketupan, dan yang terakhir disiram dengan saus bumbu tauco.

Kebayang gak enaknya makanan ini gimana ? Buat kalian yang sedang mampir ke Cianjur geco ini adalah makanan khas dari daerah tersebut.

13. Seblak

Seblak Makanan khas sunda asli
(jalanpinggiran.blogspot.co.id)

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan ini? Seblak adalah makanan khas Sunda asli yang selanjutnya. Makanan yang unik dengan bahan dasar kerupuk yang di rendam dan direbus dengan bumbu ini dengan tambahan sayur dan beberapa bahan yang lain untuk menambah kesedapan dari seblak ini.

Biasanya di warung-warung menyajikan dengan keadaan panas, seblak pada waktu sekarang sangatlah menjadi makanan yang sangat terkenal.

Dengan menawarkan tingkat kepedasan dalam menunya, jadi selain menikmati rasanya juga memacu adrenalin karena makan dengan cita rasa pedas.

14. Brownies Kukus Bandung

Bagi kamu penyuka makanan legit dan manis, mungkin bisa mencoba makanan yang satu ini yaitu brownies bandung. Kue yang rasanya legit dan enak ini sangatlah populer di kalangan masyarakat bandung, bahkan banyak juga toko-toko yang menjualnya di pinggir jalan.

Nah selain itu juga ada beberapa vendor brownies bandung yang sudah membukan cabangnya di beberapa kota, jadi kamu tak perlu khawatir jauh-jauh ke bandung hanya untuk ingin menikmati kue yang lezat ini.

Buat kamu juga yang hobi memasak ataupun membuat kue sekarang ini sudah banayk sekali beredar resep brownies kukus khas bandung. Mau mencoba ?

Pentup

Sekian beberapa info tentang beberapa makanan khas Sunda asli semoga bermanfaat. Sedikit saran buat semua sahabat Hamparan yang sering traveling ke daerah Jawa Barat jangan lupa untuk mencoba makanan-makanan diatas. Kalian bisa menikmati sensasi makanan-makanan khas Sunda asli ini. Terima kasih atas perhatianya!

Baca Juga: 5 Tips Memilih anak Ayam Bangkok yang Tepat

 ————————————— 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial CAPM adalah Sebuah Indikator dalam Investasi, Ini Manfaatnya!

Penanaman modal atau aset dengan tujuan memperoleh keuntungan, atau yang kita kenal dengan nama inv

Finansial
Finansial Apa itu Rarity Tools NFT? Begini Cara Cek Kelangkaan NFT!

Sama dengan mata uang crypto atau cryptocurrency, nilai NFT secara garis besar terpengaruh oleh rar

Gadget
Gadget 8 Cara Cek IMEI HP Xiaomi, Mudah Tanpa Ribet!

Walaupun jarang dilirik, namun IMEI merupakan salah satu komponen penting pada smartphone android.

Finansial
Finansial Simple! Begini Cara Membuat Trading Plan untuk Pemula

Tidak berbeda dengan kehidupan, investasi juga memerlukan perencanaan yang matang, sehingga kamu bi

Finansial
Finansial Apa itu White Paper di Cryptocurrency?

Apa itu white paper, termasuk dalam hal ini white paper crypto adalah suatu dokumen yang memiliki p

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia