Pinhome

Makanan Khas Kalimantan Selatan

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 17 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Ada banyak sekali varian makanan khas Kalimantan Selatan. Kalau Anda berkunjung ke sana, Anda bisa menikmati berbagai kuliner yang tidak akan ditemukan di daerah lain.

Anda bisa mencicip semua jenis masakan dari yang memiliki cita rasa manis, pedas, gurih sampai asam. Tanpa banyak basa-basi, yuk langsung saja simak 11 makanan khas Kalimantan Selatan yang paling populer berikut ini.

11 Makanan Tradisional Khas Kalimantan Selatan

NoNama Makanan Khas & Kuliner Kalimantan Selatan
1Manday
2Kalangkala
3Tumis kacang banjar
4Sayur kembang tigarun
5Cacapan asam
6Gangan asam banjar
7Lontong banjar
8Lamang
9Iwak pakasam
10Dodol kandangan
11Bingka
Tabel daftar makanan khas Kalimantan Selatan

1. Manday

manday
Sumber: travellingyuk.com

Manday adalah salah satu makanan khas Kalimantan yang dibuat dari kulit buah cempedak. Salah satu buah khas pulau Kalimantan.

Pembuatanya dengan cara diawetan menggunakan campuran garam. Lama waktu pengawetannya tergantung sesuai selera. Kalau semakin lama tentu semakin enak, karena rasanya lebih asam.

Untuk memasaknya sendiri, bisa dengan berbagai cara. Ada yang digoreng, dibuat gulai atau dibakar. Untuk menambah cita rasa yang khas pada masakan ini, Anda bisa menambahkan dengan bumbu rempah-rempah yang lengkap.

Baca juga: 7+ Makanan Khas Tulungagung yang Bikin Ketagihan!

2. Kalangkala

sayur kalangkala
Sumber: visitkalsel.com

Masakan khas satu ini bisa dibilang cukup unik. Sebagian orang menganggapnya sayuran, tapi bahan utama untuk membuatnya justru dari buah kalangkala.

Buah ini merupakan salah satu buah yang banyak tumbuh di Kalimantan. Kalangka memiliki bentuk yang bulat dan berwarna merah muda kalau sudah matang.

Tekstur dagingnya lembut dan rasanya menyerupai alpukat. Masakan ini biasanya dibuat dengan kuah yang memiliki rasa gurih.

Anda bisa menambahkan cabai atau tidak sesuai selera. Santapan ini paling pas dinikmati bersama nasi hangat, sambal dan ikan.

3. Tumis Kacang Banjar

Makanan khas tumis kacang panjang banjar
Sumber: catatanfani.com

Meski makanan ini sudah tidak asing lagi di telinga, tapi makanan ini ternyata merupakan salah satu santapan yang cukup banyak digemari. Tumis kacang banjar, namanya, kuliner santapan bersantan dengan campuran udang.

Bukan hanya campuran itu saja, masakan ini dibuat dengan bumbu rempah-rempah yang khas. Masakan ini bisa menjadi salah satu menu pelengkap bersama ikan atau ayam goreng.

Baca juga: 10 Makanan Khas Trenggalek yang Bikin Ketagihan

4. Sayur Kembang Tigarun

sayur kembang tigarun
Sumber: hazanzainuddin.wordpress.com

Jajanan sayuran yang satu ini banyak disukai oleh masyarakat Banjar. Bahan utama yang digunakan untuk membuat masakan ini adalah kembang dari tanaman kambang tigarun.

Sayangnya kembang ini tumbunya hanya musiman saja, jadi tidak bisa setiap waktu untuk menikmatinya.

Jenis kambang tigarun yang bisa dimasak adalah yang bunganya sudah mengembang. Tanaman ini memiliki rasa yang sedikit agak pahit.

Mungkin tidak jauh berbeda dengan sayuran pare. Kalau kamu ingin menjadikannya sebagai lalapan, sebelumnya kembang tigarun ini harus sudah direndam kurang lebih selama tiga hari.

5. Cacapan Asam

kuliner khas kalimantan selatan cacapan asam
Sumber: gotravelly.com

Jajanan cacapan asam ini biasanya dihidangkan bersama dengan kambang tigarun. Jajanan makanan cacapan ini sejenis dengan sambal.

Bedanya kalau cacapan asam ini sedikit agak cair dan warnanya bukan kemerahan, melainkan bening. Selain itu, makanan ini tenyata dibuat dari buah asam yang telah dicacah.

Sebagian masyaraat Banjar ada yang menyebutnya dengan nama cacahan asam, karena proses pembuatannya yaitu asam dicacah.

Baca juga: 20+ Makanan Khas Paling Enak di Jawa Tengah

6. Gangan Asam Banjar

gangan asam banjar
Sumber: coockpad.com

Gangan asam Banjar adalah makanan khas yang dimasak menggunakan bahan baku ikan gabus atau ikan haruan. Kalau kedua jenis ikan tersebut tidak ditemukan bisa saja diganti dengan ikan patin.

Makanan ini adalah jenis masakan berkuah. Warna kuning pada kuah dihasilkan dari parutan kunyit. Soal rasa, santapan ini begitu segar dan terasa gurih. Paling pas dihidangkan dengan nasi putih hangat.

7. Lontong Banjar

makanan khas kalimantan selatan adalah lontong banjar
Sumber: dparagon.com

Lontong Banjar, salah satu makanan khas yang banyak dijajakan disepanjang kota Banjarmasin.

Masakan ini merupakan kombinasi dari berbagai bahan utama, seperti, nangka, ayam dan lontong. Cara memasaknya pun dilakukan dua kali.

  1. Pertama nangka dimasak dengan santan.
  2. Kedua ayam diremas-remas lalu digoreng.

Setelah kedua bahan sudah matang, potong lontong menjadi bagian kecil-kecil. Siramkan kuah nangka dan tambahkan gorengan ayam tersebut.

Perpaduan rasa yang sempurna, membuat santapan ini menjadi salah satu menu favorit para pencinta kuliner yang datang ke Kalimantan Selatan.

8. Lamang

kuliner khas kalimantan selatan ini adalah lamang
Sumber: transresortbali.com

Lamang merupakan kuliner makanan khas kandangan yang dimasak dengan menggunakan seruas bambu yang dibakar kurang lebih selama 6 jam.

Kalau orang Dayak menyebut makanan ini dengan nama malamang. Santapan makanan ini terbuat dari beras katan yang dicampur dengan beberapa bumbu, seperti kelapa, garam dan bumbu khas lainnya.

Cara penyajiannya, bisanya makanan lamang kandangan dihidangkan bersama sambal sate. Lamang yang sudah dibakar dan matang tinggal ditaruh diatas piring.

Setelah itu siram dengan sambal sate. Untuk menambahkan cita rasa, bisa ditambahkan dengan kancang nagara yang telah dimasak atau bisa juga ditambahkan dengan telur asin.

Baca juga: 9 Makanan Khas Aceh (Kuliner Paling Populer)

9. Iwak Pakasam

iwak pakasam
Sumber: coockpad.com

Iwak pakasam salah satu kuliner makanan khas yang bisa Anda jadikan oleh-oleh khas Kalimantan Selatan.

Ikan ini dibuat dengan cara diawetkan. Proses pengawetannya dilakukan denga pemberian samu atau beras yang telah ditumpuk. Tapi sebelum itu ikan harus dibersihkan terlebih dulu.

Jenis ikan yang digunakan untuk olahan masakan satu ini menggunakan beberapa jenis ikan, seperti ikan haruan atau ikan gabus, ikan mangki, ikan sepat dan ikan pepuyu.

Menurut orang disana, kuliner masakan ini ada yang diawetkan sampai bertahun-tahun, karena katanya semakin lama malah semakin enak.

10. Dodol Kandangan

dodol kandangan enak
Sumber: danulawisata.com

Nama jajanan khas satu ini diambil dari nama daerah asalnya. Kandangan salah satu kota di kabupaten hulu sungai selatan, Kalimantan Selatan. Anda bisa menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh khas pulau seribu sungai ini.

Dodol kandangan memiliki cita rasa yang berbeda dengan dodol pada umumnya. Menurut pengakuan beberapa orang, rasa manisnya sangat pas dan tektur dodol lebih lembut dan lebih lengket.

11. Bingka

bingka adalah makanan khas kalimantan selatan
Sumber: today.line.me

Kalau Anda ingin mencari jejanan cemilan khas suku banjar Kalimantan Selatan, cobalah makanan khas satu ini, namanya bingka. Rasanya lembut, manis, dan sedikit berlemak.

Makanan ini biasanya banyak disajikan pada waktu bulan puasa. Tapi kalau ingin menikmatinya, kamu bisa membelinya kapan saja.

Untuk bahan pembuatan jajanan makanan ini diantaranya, telur, tepung terigu, garam, santan, dan gula pasir. Campur semua bahan tersebut sampai membentuk adonan yang kalis.

Setelah itu tuangkan ke cetakan, bentuknya seperti bunga. Lalu tinggal dipanggang sampai matang. Anda bisa memilih varian rasa, seperti pandan, kentang dan labu.

Baca Juga: Makanan khas Madura

Sebenarnya masih banyak varian kuliner makanan khas Kalimantan Selatan yang bisa Anda pilih. Tapi mungkin cukup sekian dulu pembahasan beberapa jenis kuliner yang bisa Anda nikmati saat mengunjungi Pulau Borneo. Selamat mencoba!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Duo Talaga Bestari di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source feature image: roamindonesia.com

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia