BlogHome ServiceResep Masakan15 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor
0
0

15 Makanan Khas Betawi Selain Kerak Telor

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas

Des 5, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Jelajah kuliner Nusantara memang tidak akan ada habisnya. Terlebih lagi, makanan khas betawi yang rasanya dikenal super ciamik. Bila berbicara masakan khas betawi, tak jarang yang terlintas di kepala langsung tertuju pada kerak telor. 

Kerak telor merupakan kudapan khas Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Melansir dari beragam sumber, kerak telor sudah dikenal sejak zaman Belanda. Tak lekang oleh zaman, jajanan yang sangat mudah ditemui di sudut Kota Tua juga dikenal dengan harganya yang tergolong ramah di kantong.

Selama ini, kerak telor jadi primadona masakan betawi. Faktanya, ada berbagai macam makanan selain kerak telor yang berasal dari Ibu Kota. Simak daftar makanannya di bawah ini, yuk!

Baca Juga:

Makanan Khas Betawi

Nah, supaya tidak penasaran, lebih baik mulai mencari tahu yuk beberapa fakta terkait apa makanan khas betawi. 

Makanan khas betawi adalah makanan legendaris dari DKI (Daerah Khusus Ibukota Jakarta) yang resepnya berasal dari suku Betawi. Selanjutnya, resep ini dipertahankan dan dilestarikan secara turun-temurun sehingga kenikmatannya bisa tetap dirasakan oleh generasi muda.

Makanan tradisional Jakarta identik dengan ciri khas bumbu yang digunakan, mulai dari rempah yang menyegarkan hingga santan. Untuk menjawab rasa penasaran Pins, berikut kami rangkum beberapa makanan khas betawi selain kerak telor yang dapat dicicipi. 

Nasi uduk

makanan khas betawi
Source : Wikimedia Commons

Nasi uduk khas Betawi jadi kuliner yang tergolong memiliki banyak penggemar. Nasi uduk adalah saian beras yang dimasak menggunakan campuran santan, daun salam, jeruk, laos, dan serai sehingga menghasilkan nasi yang memiliki rasa gurih. 

Dalam seporsi nasi uduk, biasanya dilengkapi dengan sejumlah lauk, seperti telur ayam bumbu kuning, suwiran daging ayam, sambal, dan kerupuk.

Baca Juga:

Gado-gado

Source : Wikimedia Commons

Seperti namanya, gado-gado merupakan adaptasi dari istilah campur aduk dalam bahasa Betawi. Kudapan yang satu ini terdiri dari beragam makanan, antara lain: 

  • Sayuran hijau
  • Irisan kentang rebus
  • Tempe dan tahu
  • Telur ayam 

Isian gado-gado ini kemudian disiram dengan bumbu kacang dan dinikmati bersama kerupuk renyah. Hmm, terasa lezat dan menyehatkan bukan?

Ketoprak

makanan khas betawi
Source : Wikimedia Commons

Makanan khas betawi selanjutnya yaitu ketoprak. Penampakannya nyaris mirip dengan gado-gado. 

Jika gado-gado berisi sayuran, ketoprak didominasi dengan komposisi potongan lontong, bihun, telur ayam. Isian dari ketoprak ini juga disiram dengan bumbu kacang dan taburan kerupuk sehingga terlihat mirip dengan gado-gado, ya!

Semur jengkol

Source : Wikimedia Commons

Hidangan khas Betawi yang satu ini jangan dipandang sebelah mata. Jengkol memang dikenal memiliki bau yang tergolong menyengat dan rasa yang pahit. Namun, jengkol yang diolah dengan benar bisa bikin kamu ketagihan, lho

Salah satu masakan jengkol asal betawi adalah semur jengkol yang semakin lezat bila dipadukan dengan sepiring nasi hangat, nih! Masakan ini, bisa dijadikan pengganti semur daging sapi jika ingin menu yang lebih sederhana.

Baca Juga:

Soto Betawi

makanan khas betawi
Source : Wikimedia Commons

Berbeda dengan jenis soto lain di beberapa daerah di Indonesia. Soto Betawi sangat lekat dengan kuahnya yang teras kental karena terbuat dari campuran susu atau santan. 

Untuk isiannya, soto ini dilengkapi dengan jeroan dan olahan daging sapi, selain itu daging ayam juga bisa jadi pilihan.

Asinan Betawi

asinan betawi
Source : masakapaharini

Makanan khas Betawi satu ini saat ini sudah menyebar ke berbagai daerah. Rasanya yang gurih dengan tambahan aneka sayuran mentah membuat santapan satu ini banyak disukai oleh pencinta vegetarian.

Berbagai aneka sayuran yang sering digunakan sebagai campuran, seperti, selada, kubis, kecambah, dan sawi. Sayuran tersebut dicampur dengan bumbu kacang, lalu ditambah dengan remukan kerupuk yang renyah.

Santapan satu ini menggoda selera makan bukan? Kalau datang ke Jakarta kamu pasti akan mudah menemukan makanan satu ini. Banyak penjual asinan Betawi menjajakannya dengan gerobak di sepanjang jalan. Kuliner santapan satu ini paling pas dinikmati pada waktu siang hari. Meskipun namanya asinan, tapi makanan khas satu ini tidak berasa asin.

Makanan ini malah terasa segar karena dibuat dengan beberapa bahan tambahan dari sayuran mentah yang masih segar. Menikmatinya dengan segelas es teh, membuat kamu pengen nambah.

Baca juga: 11 Makanan Khas Cirebon (Kuliner Paling Joss)

Pecak lele

Source : Wikimedia Commons

Tak kalah nikmat dengan pecel lele, pecak lele khas Betawi ini sudah pasti akan membuat Pins menelan ludah karena rasanya yang enak. 

Pecak lele memiliki rasa asam dan pedas karena dibumbui dengan jahe, bawang merah, cabai, dan kacang. Sajian pecak lele akan membuat perut kenyang jika disantap berbarengan dengan seporsi nasi hangat, Pins. 

Baca Juga:

Roti gambang

makanan khas betawi
Source : Wikimedia Commons

Selain makanan berat, Suku Betawi juga memiliki makanan ringan yang tak kalah banyak. Roti gambang jadi salah satunya, Pins.  Roti berwarna cokelat ini terbuat dari tepung terigu dan gula merah. Teksturnya lembut dan sangat pas untuk teman minum teh atau kopi. 

Bubur Ase

bubur ase
Source : Kompasiana

Bubur Ase adalah salah satu jajanan makanan khas Betawi yang telah ada sejak dulu. Kalau saat ini sudah tidak banyak yang menjajakan makanan yang satu ini. Tapi tenang saja beberapa pedagang masih ada yang menjualnya. Jadi kamu tetap bisa menikmati kuliner santapan khas bubur Betawi.

Bubur ini berbeda dengan bubur khas Jakarta yang banyak dijumpai di berbagai daerah. Bedanya, kalau Bubur Ase tidak dicampur dengan ayam yang telah diiris kecil-kecil, melainkan dengan daging semur yang khas Betawi sehingga tekstur warnanya sedikit lebih gelap.

Perbedaan lainnya, adalah di cara penyajiannya. Bubur Jakarta paling pas dinikmati saat masih hangat, sementara bubur Betawi malah sebaliknya. Dinikmati kalau sudah dalam keadaan dingin. Mungkin itulah alasannya kenapa jajanan bubur Betawi ini dinamai bubur Ase. Ase dalam Bahasa Betawi bermakna dingin.

Roti buaya

makanan khas betawi
Source : Shutterstock

Roti buaya sudah pasti tidak akan absen di daftar hidangan khas Betawi. Roti buaya biasanya akan digunakan untuk acara penting, seperti pernikahan. 

Makanan ini jadi simbol pemberian dari pihak pengantin laki-laki untuk pengantin mempelai perempuan yang menyimbolkan makna kesetiaan.

Putu mayang

Putu mayang adalah jenis kue tradisional dari Betawi. Kue ini terbuat dari tepung beras yang kemudian dibentuk laiknya gulungan mi. 

Teksturnya kenyal dan rasa manisnya tidak berlebihan. Kue putu mayang akan disajikan di mangkuk dan disiram dengan santan kelapa dan kinca atau gula jawa yang dicairkan. 

Soto Tangkar

soto tangkar adalah salah satu kuliner betawi
Source : Selerasa

Konon katanya, makanan khas yang satu ini telah ada sejak masa penjajahan Belkamu jaman dulu. Ceritanya, pada waktu itu orang-orang Betawi banyak yang tidak mampu membeli daging sapi. Mereka hanya mampu membeli iga sapi yang dagingnya cuma sedikit (tangkar).

Sampai kemudian, daging dari iga yang sedikit itu dibuat menjadi soto yang sangat nikmat sekali rasanya, namanya soto tangkar. Masakan tersebut sekarang telah menjadi santapan kebanggaan orang Betawi. Soto ini kuahnya dibuat dari santan, disajikan dengan tambahan jeroan dan daging.

Laksa Betawi

Source : Popmama

Penduduk Betawi bukan hanya keturunan orang Indonesia saja, melainkan disana juga banyak keturunan dari orang Cina.

Akulturasi budaya ini memberikan keragaman yang ada di Betawi, salah satunya di bidang kuliner. Kalau kamu ingin tahu kuliner makanan khas hasil perpaduan Cina dan Betawi kamu bisa mencoba laksa Betawi.

Sebagin besar pengusaha atau penjual makanan ini adalah keturunan orang Cina. Laksa sendiri adalah sejenis makanan sepingan yang rasanya gurih karena makanan ini berkuah. Campuran menu pada laksa berisi, daun kemangi, perkedel, telur, bihun dan daun kucai.

Harumnya kemangi dan daun kucai membuat santapan masakan ini begitu nikmat. Ditambah dengan kuah yang segar, pas sekali jika makanan ini disantap pada siang hari. Jangan lupa, masukan ke dalam list daftar makanan yang akan kamu coba saat berkunjung ke Jakarta.

Sayur Besan

sayur besan adalah makanan khas betawi
Source : Resepcaramemasak

Makanan yang cukup terkenal dan legendaris di Betawi adalah sayur besan. Kalau saat ini kamu ingin mencarinya, mungkin sudah agak sulit Beberapa warung di daerah Betawi sudah tidak menjual jajanan masakan ini lagi, karena bahan bakunya sudah mulai sulit dicari dipasaran.

Bahan baku untuk masakan satu ini adalah pucuknya tebu, atau bunga pada tanaman tebu yang diolah dengan beberapa bahan tambahan seperti petai, ebi dan kentang.

Rasanya tentu sangat enak, perpaduan antara bunga tebu dengan bahan yang lain. Meskipun sudah jarang yang menjual, tapi kamu tetap masih bisa menikmati makanan khas ini.

Kue pancong

makanan khas betawi
Source : Wikimedia Commons

Kue pancong merupakan camilan yang juga tak bisa lepas dari suku Betawi. Kue pancong nyaris mirip dengan kue pukis. Kue ini memiliki bentuk setengah lingkaran, Pins. 

Sementara itu, kue pancong terbuat dari perpaduan santan, tepung beras, garam, dan parutan kelapa. Penyajiannya juga unik, kue pancong akan diberi topping gula pasir dan potongan kelapa.

Ternyata kuliner khas Betawi tidak terbatas kerak telor saja, Pins. Mulai sekarang Pins bisa memasukkan beberapa makanan khas Betawi di atas sebagai daftar kudapan yang wajib dicicipi ketika melancong ke Ibukota Jakarta.

Baca Juga:

Featured Image SourceShutterstock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Bagi kamu yang ingin punya rumah bersih dan terawat, pesan jasa kebersihan dan pemeliharaan rumah via Aplikasi Pinhome sekarang juga. 

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download