Macam Macam Simbiosis

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 19 July 2021 ∙ 6 menit membaca

Dalam mempelajari ekosistem, tidak dapat lepas dari interaksi antar organisme, komponen biotik dan abiotik. Interaksi antar makhluk hidup dalam komponen biotik atau abiotik disebut dengan istilah simbiosis. Apa pengertian dan macam macam simbiosis?

Apakah itu simbiosis….?

Pengertian Simbiosis

Simbiosis…?

Simbiosis berasal dari bahasa Yunani, yang tersusun dari dua kata : “sym”  yang berarti “dengan” dan “biosis” yang berarti “kehidupan”.

Definisi simbiosis adalah suatu hubungan atau interaksi timbal balik  dalam kurun waktu yang cukup panjang antara dua makhluk hidup yang saling berdampingan.

Dari definisi diatas berarti, suatu simbiosis terjadi dalam komunitas dan organisme makhluk hidup yang lebih besar dari pada itu.

Yang kita ketahui bersama, bahwa dalam sebuah komunitas terdiri lebih dari satu populasi, hai inilah yang membuat terjadinya jenis/macam macam simbiosis, seperti simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, dan simbiosis lainnya.

Perlu kita ketahui bersama, bahwasanya suatu organisme yang melakukan kegiatan simbiosis disebut dengan “simbion“.

Ketika simbion melakukan hubungan, hubungan yang mereka jalani tidak selamanya baik ( saling menguntungkan dari kedua belah pihak), melainkan terkadang ada salah satu pihak yang merasa dirugikan (simbiosis parasitisme).

Pengertian Simbiosis Menurut para Ahli

Ternyata terdapat juga salah satu tokoh dunia yang mendefinisikan simbiosis ini, contohnya sebagai berikut :

  • Heinrich Anton de Bary pada tahun (1879), mengartikan simbiosis sebagai “organisme berbeda yang hidup secara bersama-sama”.
  • Albert Bernhard Frank (1877), Dia menggunakan sebutan simbiosis untuk menggambarkan orang-orang yang tinggal bersama di masyarakat untuk menggambarkan hubungan mutualistik pada liken. (Wikipedia)

Mengenal Macam Macam Simbiosis

Seperti yang saya singgung diatas, bahwa simbiosis tidak selamanya menguntungkan kedua belah pihak, seperti macam macam simbiosis dibawah ini :

#1. Simbiosis Mutualisme

Macam macam simbiosis yang pertama diduduki oleh simbiosis mutualisme.

Apa itu simbiosis mutualisme…?

Simbiosis mutualisme adalah suatu hubungan timbal balik antara 2 makhluk hidup yang saling menguntungkan. Dalam arti lain masing-masing simbion memperoleh manfaat dari interaksi antar keduanya.

Bahwa di dalam sebuah ekosistem juga terdapat interaksi-interaksi antar makhluk hidup, seperti simbiosis mutualisme ini.

#2. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah terjalinnya hubungan antara dua jenis atau lebih makhluk hidup yang berbeda jenisnya, dan dari salah satu jenis mendapat keuntungan, kemudian yang lain merasa dirugikan karena terdapat parasit.

Parasit ini mulanya disebut sebagai lifestages yang digunakan oleh beberapa inang secara berturut-turut (seperti taenia solium), yang sekarang disebut macro parasites (protozoa dan cacing).

Virus dan bakteri termasuk dalam golongan parasit ini, yang dapat tertular secara langsung antara satu spesies ke spesies lain.

Parasit ini cenderung lebih kecil dari inangnya, hal ini menunjukkan tingkatan tinggi untuk umur hidupnya, dan mereproduksi pada tingkat yang lebih cepat dari organisme yang ditumpanginya.

Dibedakan dari parasitoidisme, parasitisme yang terakhir berhubungan mengharuskan organisme yang ditumpangi untuk mengakhiri masa hidupnya (mati).

Dalam simbiosis parasitisme terdapat dua jenis, yaitu :

  • Ektoparasit = Yaitu parasit yang hidup di permukaan tubuh suatu organisme. Parasit ini  sering ditemukan baik dalam tumbuhan maupun pada hewan, parasit ini suka dengan menghisap darah, cairan, ataupun makanan pada jaringan hidup, contoh (caplak, kutu, tungau gatal).
  • Endoparasit = Merupakan parasit yang hidup dalam tubuh suatu organisme, mereka terjadi dalam filum hewan dan protista, mereka dapat tumbuh  di intraseluler atau ekstraseluler.
    Parasit intraseluler hidup dalam sel tubuh (contoh, parasit malaria pada sel darah merah manusia), dan parasit ekstraseluler hidup dalam jaringan tubuh (seperti, trichinella hidup didalam jaringan otot).

#3. Simbiosis Komensalisme

Macam macam simbiosis yang ketiga adalah simbiosis komensalisme, simbiosis ini merupakan suatu interaksi antara dua jenis atau lebih makhluk hidup yang berbeda jenisnya.

Kemudian dari sana timbul suatu keuntungan dari satu organisme, namun dari organisme yang lain tidaklah merasa dirugikan maupun diuntungkan.

#4. Simbiosis Amensalisme

Interaksi antara dua organisme yang merugikan salah satu pihak, sedangkan pihak lain tidak terpengaruh, dan mungkin saja dapat merasa diuntungkan, itulah definisi simbiosis amensalisme.

Simbiosis ini merupakan cara untuk berlindung dari ancaman organisme lain atau populasi lain.

#6. Simbiosis Kompetisi

Ternyata dalam pembagian simbiosis, terdapat pula simbiosis kompetisi. Simbiosis kompetisi adalah bentuk hubungan antara dua organisme yang dapat merugikan kedua belah pihak. Kompetisi ini biasa terjadi pada individu-individu yang berada dalam satu komunitas.

Adapun hal yang saling diperebutkan dalam kompetisi seperti : makanan, habitat, maupun pasangan organisme. Ketika jumlah individu dalam suatu wilayah berbalik unggul daripada kapasitas makanan, maka kompetisi akan semakin besar.

Dan ketika terdapat suatu wilayah yang kecil, ini akan memperbesar tingkat kompetisi antar individu dalam mempertahankan tempat tinggalnya. Kompetisi ini terbagi menjadi 2, yaitu :

  • Kompetisi intraspesifik : terjadi pada individu yang masuk dalam sebuah spesies yang sama. Contoh : kompetisi yang terjadi antara kambing dan kambing dalam suatu populasi untuk mendapatkan makanan (rumput).
  • Kompetisi interspesifik : merupakan kompetisi yang terjadi pada individu-individu yang berlainan spesies, Contoh kompetisi antara kambing dengan kerbau.

#7. Simbiosis Netralisme

Sesuai dengan namanya definisi simbiosis ini mungkin sudah dapat ditebak oleh anda sekalian, namun untuk lebih jelasnya kita simak pengertian berikut ini :

Simbiosis netral adalah = hubungan antar spesies yang keduanya tidak saling mempengaruhi dan tidak merasa untung dan tidak saling merasa dirugikan, contoh sapi dan jangkrik, gajah dan jerapah.

Contoh Simbiosis

Dari masing-masing pengertian dan macam macam simbiosis diatas, terdapat beberapa contoh, baik dalam hewan maupun tumbuhan, seperti berikut :

Baca Juga: Contoh Rantai Makanan

#1. Contoh simbiosis Mutualisme

  • Bunga dengan kupu-kupu
  • Ikan hiu dengan ikan remora

#2. Contoh simbiosis Komensalisme

  • Anggrek dan pohon mangga
  • Tumbuhan paku dan pohon jati
  • Tumbuhan pakis dan inangnya = Tumbuhan pakis mendapat keuntungan dengan mendapatkan tempat untuk hidup, namun inangnya merasa tidak mendapatkan manfaat apapun dari tumbuhan pakis.

#3. Contoh simbiosis Parasitisme

  • Benalu dan pohon mangga
  • Cacing pita dan manusia

#4. Contoh simbiosis Amensalisme

Dibawah ini adalah contoh singkat mengenai simbiosis amensalisme :

  • Gulma dan tanaman produksi
  • Pohon pinus dan tanaman di sekelilingnya

#5. Contoh simbiosis Kompetisi

Berikut ini beberapa contoh mengenai simbiosis kompetisi :

  • Harimau dan singa
  • Serigala dan jaguar

#6. Contoh simbiosis Netralisme

berikut contoh simbiosis netral :

  • Gajah dan jerapah
  • Monyet dan semut
  • Harimau dan burung hantu
  • Sapi dan jangkrik

Demikian sedikit informasi tentang macam macam simbiosis beserta pengertian dan contoh singkatnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Unsplash

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia