Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Dalam Islam, Sedekah Artinya Memberikan. Simak Selengkapnya Di Sini!

Dalam Islam, Sedekah Artinya Memberikan. Simak Selengkapnya Di Sini!

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 27 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Umat Islam yang memiliki kelebihan dianjurkan untuk bersedekah. Dalam Islam, sedekah merupakan perbuatan mulia yang dapat mendatangkan banyak manfaat. Baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Hal tersebut diungkapkan dalam banyak ayat mengenai sedekah yang tertulis di Al-quran maupun hadis. 

Pinhome – Namun demikian, kamu perlu mengetahui bahwa terdapat sedekah yang paling utama. Umumnya, pengertian tersebut merujuk pada sedekah kepada siapa.  

Guna mengetahui lebih jelas mengenai sedekah, Pins dapat menyimak ulasan berikut. Dalam ulasan ini, diuraikan macam-macam sedekah hingga seperti apa sedekah yang paling utama. Yuk, langsung simak penjelasannya!

Baca Juga: Ini Dia Tiga Manfaat Sedekah

Keutamaan Bersedekah di Dalam Islam 

(Commons Wikimedia)

Baca Juga: Keutamaan Sedekah Di Bulan Ramadhan Bagi Kamu Yang Menjalankannya

Allah SWT berjanji akan membalas kebaikan seseorang yang bersedekah. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al-Talaq yang berbunyi demikian:

لِيُنْفِقْ ذُوْ سَعَةٍ مِّنْ سَعَتِهٖۗ وَمَنْ قُدِرَ عَلَيْهِ رِزْقُهٗ فَلْيُنْفِقْ مِمَّآ اٰتٰىهُ اللّٰهُ ۗ لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا مَآ اٰتٰىهَاۗ سَيَجْعَلُ اللّٰهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُّسْرًا

Artinya: “Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.”

Mereka yang gemar bersedekah juga akan mendapatkan pahala dari yang dikeluarkannya. Dalam surah Al-Hadid ayat 18 Allah SWT berfirman:

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ – ١٨

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.”

Selain itu, Nabi Muhammad SAW pun bersabda yang artinya demikian: 

“Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya dan mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah) dan Allah pula akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri.” – HR. Thabrani.

Macam-macam Sedekah 

(The Straits Time)

Dalam laman Detik, Fuad Abdurrahman dalam bukunya yang berjudul “Kehebatan Sedekah” menyebutkan 10 macam-macam sedekah. Berikut beberapa di antaranya: 

Sedekah khofiyyah

Sedekah khofiyyah diartikan sebagai sedekah yang tersembunyi. Maksudnya adalah sedekah yang dilakukan secara rahasia. 

Sedekah khofiyyah bisa dibilang sebagai sedekah yang paling utama, karena dilakukan secara diam-diam. Maka demikian, mereka melakukannya dengan hati yang ikhlas. 

Dalam surah Al-Baqarah ayat 271 Allah SWT berfirman:

إِن تُبْدُوا۟ ٱلصَّدَقَٰتِ فَنِعِمَّا هِىَ ۖ وَإِن تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا ٱلْفُقَرَآءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنكُم مِّن سَيِّـَٔاتِكُمْ ۗ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: “Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Sedekah dalam keadaan sehat dan waras

Maksud dari poin ini yakni dianjurkan untuk bersedekah ketika masih sehat dan dalam kondisi baik. Lebih rincinya, sedekah yang berikan saat sehat lebih utama daripada sedekah yang diberikan ketika sakit alias dalam bentuk wasiat setelah meninggal dunia. 

Sedekah dari kelebihan harta

Sedekah ini dilakukan ketika kebutuhan sehari-hari sudah terpenuhi dan ia masih memiliki sisa harta. Walau demikian, ingatlah untuk mengamalkan sedekah yang paling utama, yakni kepada keluarga inti lalu ke keluarga yang membutuhkan. 

Sedekah sesuai kemampuan

Sedekah dapat dilakukan dengan berapapun rezeki yang kamu punya. Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya demikian:

“Sedekah yang paling utama adalah yang sesuai dengan kemampuan. Dan dahulukan orang-orang yang menjadi tanggunganmu.” – HR. Abu Dawud.

Sedekah kepada keluarga 

Bersedekah kepada keluarga merupakan salah satu bentuk sedekah yang paling utama. Dalam hadis Imam Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya seperti berikut: 

“Ada empat macam dinar (harta dan penggunaannya). Satu dinar engkau berikan kepada orang miskin, satu dinar engkau belanjakan untuk membebaskan hamba sahaya, satu dinar engkau infakkan di jalan Allah, dan satu dinar lagi engkau nafkahkan kepada keluargamu. Yang paling utama dari keempatnya adalah dinar yang engkau nafkahkan untuk keluargamu.” 

Sedekah untuk keperluan jihad

Sedekah tak melulu harus berupa uang. Kamu pun dapat melakukan sedekah dengan berjihad menuju jalan Allah. Namun, karena kini sudah tidak ada peperangan, maka jihad dapat dilakukan dengan berdakwah dan menyebarkan kebaikan lainnya. 

Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya seperti berikut: 

“Seutama-utama sedekah adalah ia kemah (untuk berteduh dan beristirahat) fii sabilillah…” – HR. Ahmad dan At-Tirmidzi.

Sedekah jariyah

Sedekah jariyah adalah pemberian yang bisa mendatangkan pahala secara terus-menerus bagi yang melakukannya. Beberapa contoh sedekah jariyah ialah membangun masjid, menyebarkan ilmu, memberi makan, ataupun menggali sumur untuk keperluan orang banyak. 

Pahala dari sedekah jariyah tidak akan pernah putus, sekalipun yang melakukannya sudah meninggal dunia. Dengan demikian, sedekah jariyah bisa dibilang sebagai investasi untuk kebutuhan di akhirat nanti. 

Selain yang sudah dijelaskan di atas, terdapat pula beberapa macam sedekah lainnya, yaitu: sedekah kepada kerabat dekat, sedekah kepada tetangga, dan sedekah kepada kawan seperjuangan yang berada di jalan Allah SWT. 

Demikian ulasan mengenai sedekah yang perlu Pins ketahui. Semoga mendatangkan manfaat dan motivasi untuk terus bersedekah. 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman dengan NUP di Pinhome untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel