Pinhome

Travel & Kuliner

Intip Yuk Macam-Macam Rumah Adat di Indonesia yang Sangat Beragam

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 29 July 2021 ∙ 6 menit membaca

Mencari keberagaman budaya yang berlimpah tidak perlu jauh-jauh. Sekarang pun kamu sudah menempati surganya budaya yang sangat beragam. Kamu dapat melihat setiap ciri yang berbeda mulai dari pakaian tradisional, bahasa daerah, lagu tradisional hingga macam-macam rumah adat yang tersebar di seluruh bagian Indonesia.

Pinhome – Macam-macam rumah adat di Indonesia pun memiliki filosofi yang menarik baik bentuk bangunan hingga material pembuatnya. Dari zaman dahulu hingga kini kepercayaannya yang kental membentuk masyarakat Indonesia sekarang ini. Suku bangsa yang bermacam-macam tinggal di Indonesia mendiami tempat tinggal yang kini mulai dilestarikan.

Apa Pins tahu apa saja rumah adat yang ada di Indonesia beserta bentuknya yang menarik? Di bawah ini tersaji macam-macam rumah adat di Indonesia yang menarik dan bisa Pins adaptasi sebagai ide hunian masa kini.

Rumah Adat Joglo, Jawa Tengah

(kumpulanilmu)

Pertama ada rumah adat Joglo, rumah adat suku Jawa, tepatnya di daerah Jawa Tengah. Satu dari sekian macam-macam rumah adat di indonesia ini memang terkenal dengan bentuk atapnya yang unik dan cocok diaplikasikan pada hunian modern.

Namun, joglo pun mempunyai banyak ragam lainya sesuai dengan daerah. Konon menjadi tempat tinggal para bangsawan terdahulu, rumah Joglo memiliki bagian-bagian rumah dengan istilah yang menarik.

Salah satunya ada soko guru yang merupakan tiang penopang rumah. Hal unik lainnya, setiap bangunan mempunyai filosofi yang dalam, maka dari itu pembuatannya tidak bisa sembarangan.

Baca Juga: Yuk Intip Keunikan Gambar Rumah Joglo Beserta Dekorasinya Yang Menarik

Rumah Adat Honai, Papua

(selasar)

Rumah dengan bentuk layaknya jamur ini memang sangat unik dan menarik untuk dilihat. Berasal dari Papua, rumah adat satu ini bisa ditemukan pada bagian dalam Papua khususnya daerah pegunungan.

Atapnya yang terbuat dari jerami berbentuk bundar, dibangun melebar. Walau terkenal sempit dan minim sirkulasi udara di dalamnya, rumah honai dibuat memang untuk menghangatkan tubuh dan menghalau hawa dingin yang masuk ke dalam rumah. 

Tidak hanya sampai disitu, rumah honai juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan hasil ladang, lho! Dengan begitu penghuni akan dengan sangat mudah mengambil pasokan makanan di dalam rumah.

Rumah Adat Gadang, Minangkabau, Sumatera Barat

macam macam rumah adat
(travelinkinfo)

Selanjutnya beralih ke daerah Sumatera Barat, ada rumah adat Gadang. Banyak istilah yang dipakai masyarakat untuk rumah adat ini, tetapi tetap memiliki ciri khas atap tajam yang menjuntai tinggi. Menyerupai tanduk kerbau, rumah gadang juga memiliki banyak ornamen menarik pada bagian depan bangunan. 

Selain itu sisi menarik lainnya adalah memiliki satu tangga pada bagian depan dengan dapur yang menempel pada bagian belakang bangunan. Rumah gadang juga terkenal memiliki tiang-tiang penopang yang tahan terhadap guncangan seperti gempa. Cocok sekali diadaptasi sebagai ide hunian tempat tinggal.

Baca Juga: Nama Rumah Adat Papua Beserta Penjelasannya

Rumah Bolon, Sumatera Utara

macam macam rumah adat
(gentengmetal)

Siapa yang tidak mengenal rumah adat Bolon? Rumah yang berasal dari suku Batak ini berasal dari Sumatera Utara. Rumah Bolon biasanya terdiri dari dua bangunan utama.

Yang pertama untuk tempat tinggal dan yang kedua untuk lumbung padi. Bentuk bangunan rumah bolong persegi empat dengan atap yang menjulang pula mirip seperti rumah adat Gadang.

Modelnya seperti panggung dengan pondasi bebatuan yang sangat kuat. Selain itu, desain rumahnya dibuat tahan gempa, dengan 18 tiang yang memiliki filosofi kekuatan dan kebersamaan. 

Rumah Adat Limas, Sumatera Selatan

macam macam rumah adat
(detik)

Nah, untuk rumah adat limas yang berasal dari Sumatera Selatan, kamu bisa mengenali dari kesederhanaannya. Walau rumahnya bertingkat-tingkat, namun hanya digunakan untuk hajatan pada bagian atasnya. Untuk konstruksinya sendiri, rumah limas berbentuk rumah panggung dengan atap limasan. Mayoritas rumah limas memiliki luas hingga 1000 meter yang didirikan di atas tiang-tiang kayu. Untuk Pins yang ingin mengadaptasinya sebagai hunian modern, kamu bisa mencontoh atap khasnya maupun bentuk pintu masuk tangga yang sangat unik.

Baca Juga: Ini Dia Keunikan Rumah Limas Yang Berasal Dari Palembang

Rumah Adat Tongkonan, Toraja, Sulawesi Selatan

macam macam rumah adat
(greatnesia)

Selanjutnya, rumah adat Tongkonan yang berasal dari Toraja, Sulawesi Selatan. Mirip seperti rumah panggung, rumah tongkonan memiliki ciri khas atap unik berbentuk layaknya sebuah perahu dengan kedua ujung atap menjulang.

Maka dari itu terkadang sekilas pula terlihat seperti rumah adat Bolon yang berasal dari Sumatera Utara. Rumah tongkonan dikhususkan kepada rumah tinggal para penguasa adat. Tidak heran rumah tongkonan tidak bisa dimiliki secara individu melainkan turun menurun yang telah diwariskan.

Rumah Adat Kebaya, DKI Jakarta

macam macam rumah adat
(nesiatimes)

Siapa yang tidak tahu sinetron si Doel Anak Sekolahan, film yang terkenal di era tahun 1900-an itu memiliki rumah khas suku Betawi. Nah, rumah tersebut dinamakan rumah Kebaya yang berasal dari DKI Jakarta.

Salah satu dari puluhan macam- macam rumah adat di indonesia ini berbentuk rumah sederhana tidak tingkat dan memiliki bagian teras yang cukup luas untuk menerima tamu yang hadir. Ciri khas rumah ini adalah atapnya yang berbentuk menyerupai lipatan pakaian tradisional kebaya.

Rumah Adat Krong Bade, Aceh

macam macam rumah adat
(pewartanusantara)

Beralih ke daerah Banda Aceh, ada rumah adat Krong Bade yang menjadi ciri khas tempat tinggal masyarakat Aceh. Bentuknya sederhana dengan model panggung dengan tangga pada bagian depan tempat keluar masuknya penghuni dan juga tamu yang hadir.

Dikenal pula dengan rumoh Aceh, rumah ini memiliki ukiran di dalamnya yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi penghuni dan juga atap yang terdiri dari daun rumbia. Hal unik lainnya adalah tangga yang digunakan sebagai pintu utama harus berjumlah ganjil yang merupakan simbol religius masyarakat Aceh.

Rumah Adat Rakit, Bangka Belitung

(pariwisataindonesia)

Memiliki rumah di atas air memang sungguh unik dan penuh dengan petualangan. Bila Pins ingin merasakannya, kamu bisa mengunjungi rumah adat rakit yang berasal dari Bangka Belitung. Dibuat seperti melayang di atas air dikarenakan masyarakatnya harus beradaptasi dengan keadaan sekitarnya. 

Seperti yang kita ketahui Bangka Belitung merupakan daerah kepulauan yang mayoritas bagiannya adalah laut. Rumah tersebut dibuat dari bambu dan balok kayu yang diikat pada rotan dan diberi pelampung agar bangunan tidak tenggelam.

Rumah Adat Bale Manten, Bali

(wartawisata)

Terakhir, ada rumah adat Bale Manten yang berasal dari Bali. Walaupun Bali memiliki ragam rumah adat, namun Bale Manten sering dijadikan bahan pembicaraan karena desainnya kini sering digunakan pada hunian modern. Ciri khasnya yang menarik terletak pada ornamen dan juga bentuk bangunan persegi panjang dengan bale di kanan kirinya. Konon tempat tersebut digunakan sebagai tempat tinggal kepala keluarga beserta anak perempuannya yang belum menikah.

Itulah macam-macam rumah adat di indonesia yang populer dan banyak diminati sebagai ide untuk adaptasi pada hunian baru. Walaupun beberapa rumah adat sudah jarang ditemukan di kota besar, namun ciri khasnya selalu melekat pada setiap daerah. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Ramanda Salsa

Editor: Annisa Hapsari

Bagikan Artikel