BlogLifestyleTeknologi12 Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Fungsinya
0
0

12 Perangkat Keras Jaringan Komputer dan Fungsinya

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Apr 10, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Perangkat Keras Jaringan Komputer adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer dalam jaringan komputer agar setiap komputer yang terhubung dapat saling berbagi data, file, dan sumber daya lainnya. Seperti hal nya perangkat keras jaringan komputer dan fungsinya berbeda-beda.

Sebuah jaringan komputer bisa beroperasi dengan didukung oleh software dan hardware. Pada artikel ini, Penulis akan sedikit membahas perangkat keras apa saja yang ada dalam jaringan komputer.

Baca juga: Cara Mudah Konfigurasi Router di Linux Debian

Berikut Perangkat Jaringan Komputer dan Fungsinya

Berikut ini 12 perangkat keras jaringan komputer dan fungsinya.

Modem

perangkat keras jaringan komputer dan fungsinya
Source : Pixabay

Modem (Modulator Demodulator) merupakan perangkat yang menghubungkan kita ke internet. Perangkat ini berfungsi mengubah sinyal Analog menjadi sinyal Digital. Modem mengganti sinyal digital dari komputer menjadi sinyal analog ketika melewati medium seperti saluran telepon, kemudian modem merubah kembali sinya tersebut menjadi sinya digital saat menuju komputer tujuan. Hal ini dilakukan agar bisa dipahami oleh komputer.

Kabel Jaringan

perangkat keras jaringan komputer dan fungsinya
Source : Pixabay

Kabel jaringan merupakan peralatan yang berfungsi sebagai media penghubung antara komputer dengan komputer atau komputer dengan perangkat jaringan lainnya. Berikut adalah jenis-jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer.

  • Twisted Pair (UTP dan STP)
  • Coaxial
  • Fiber Optic

Network Interface Card (NIC)

perangkat keras jaringan komputer dan fungsinya
Source : Pixabay

Perangkat keras jaringan komputer yang satu ini dikenal dengan istilah Ethernet Card atau lebih populer dengan istilah LAN Card. Adalah kartu jaringan yang berfungsi sebagai penghubung antar komputer dengan sebuah jaringan. Umumnya NIC ini sudah terintegrasi dengan motherboard komputer dan laptop, namun ada juga berupa kartu yang ditancapkan ke motherboard. Bahkan seiring dengan maju perkembangan, ada juga yang berupa USB.

Konektor

perangkat keras jaringan komputer dan fungsinya
Source : Pixabay

Konektor adalah alat yang menghubungkan kabel dengan network adapter. Coba bayangkan apabila tidak ada konektor, dengan cara bagaimana kabel-kabel jaringan dapat terhubung dengan network adapter atau NIC. Jeni konektor tentunya disesuaikan dengan jenis kabel yang digunakan.

  • Konektor RJ-45 digunakan untuk Kabel UTP
  • Konektor BNC/T digunakan untuk Kabel Coaxial
  • Konektor ST digunakan untuk Kabel Fiber Optic

Baca juga: Cara Mudah Setting DHCP Server Pada Router Mikrotik

Hub

perangkat keras jaringan komputer dan fungsinya
Source : Pixabay

Hub adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menyatukan kabel-kabel network dari tiap workstation, server atau perangkat lain. Biasanya perangkat keras jaringan ini digunakan untuk membangun topologi bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub.

Switch

perangkat keras jaringan komputer dan fungsinya
Source : Pixabay

Sebenarnya fungsi dari switch adalah sama dengan hub. Namun sebenarnya cara kerja switch sedikit lebih rumit bila dibandingkan dengan hub. Switch tidak hanya sekedar mengurusi sinyal listrik tapi juga harus memproses informasi pada lapisan atau layer data link, informasi yang dicek oleh switch adalah alamat MAC address dari setiap perangkat dan komputer yang tersambung dengan dirinya.

Repeater

Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen jaringan lalu memancarkan kembali dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel yang lain.

Bridge

Fungsi dari bridge itu sama dengan fungsi repeater tapi bridge lebih fleksibel dan lebih cerdas dari pada repeater. Bridge dapat menghubungkan jaringan yang menggunakan metode transmisi yang berbeda. Misalnya bridge dapat menghubungkan Ethernet baseband dengan Ethernet broadband.

Router

router
Source : Pixabay

Fungsi utama router adalah sebagai perangkat dalam jarinan komputer yang digunakan sebagai penghubung antara jaringan atau network. Router yang menentukan jalur mana yang terbaik untuk dilewati paket data sehingga data dapat sampai ke tujuannya. Penjelasan lengkap tentang Router

Komputer Server

Komputer server merupakan hardware jaringan yang paling penting dalam internet. Server bertugas sebagai pusat semua jaringan komputer dan menyimpan semua data penting. Ketika ada permintaan dari client, server akan mengirimkan data tersebut melalui beberapa hardware dan software jaringan.

Pada umumnya, komputer server bertugas sebagai penyimpan data informasi. Ketika ada permintaan dari client, server akan mengirimkan data yang tersimpan di dalamnya. Semakin baik spesifikasi komputer server, maka semakin besar kapasitas penyimpanannya dan semakin cepat prosesnya.

Server menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi performa jaringan internet. Oleh karena itu, spesifikasi komputer server harus khusus dan tidak bisa menggunakan komputer biasa yang dipaksakan menjadi server.

Komputer server harus mampu bekerja secara nonstop selama 24 jam, sehingga membutuhkan perngakat khusus. Mulai dari processor, hardisk, RAM, motherboard, power supply dan perangkat server lainnya. Dengan begitu, server dapat melayani request dari client dengan maksimal tanpa terjadi gangguan.

Komputer Client

Client adalah komputer yang digunakan oleh pengguna. Client adalah orang-orang yang mengakses data yang tersimpan di server melalui jaringan internet. Jumlah client biasanya terdiri dari beberapa komputer yang terhubung ke server melalui internet.

Jika komputer client tidak terhubung ke server, client tidak akan bisa mengakses data yang tersimpan di server. Tanpa internet, komputer client hanya akan menjadi komputer biasa saja. Untuk terhubung ke jaringan internet, komputer client harus terhubung ke jaringan kabel LAN atau jaringan WiFi.

Baca juga: Tips Menentukan Posisi yang PAS Untuk Wifi Router/ Access Point

Acces Point

Access point memiliki fungsi untuk mentransmisikan sinyal wireless yang diterima dari router atau kabel jaringan, sehingga sinyal yang diterima oleh client menjadi lebih baik. Access point cocok digunakan di area yang memiliki sinyal yang kurang baik.

Penggunaannya lebih mudah dan settingnya tidak terlalu sulit dibandingkan dengan router. Secara sederhana, access point mirip dengan hub tetapi menggunakan jaringan WiFi. Pins juga bisa menambahkan password untuk setiap user yang ingin terhubung ke jaringan demi keamanan.

Itulah 12 perangkat keras jaringan komputer dan fungsinya. Semoga bisa bermanfaat.

Baca juga: Apa Perbedaan Wireless Access Point dan Wireless Router ?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Taman Famindo Canggu dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download