Macam-macam Mesin Kantor

Dipublikasikan oleh Kartika Laksita ∙ 31 October 2019 ∙ 10 menit membaca

Dalam dunia kerja khususnya pekerja yang bergelut di dunia kantor, pastinya membutuhkan mesin kantor. Macam-macam mesin kantor pastilah banyak dan juga memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Selain mesin kantor, ada juga peralatan kantor yang tidak boleh ketinggalan, mengapa? Karena peralatan kantor juga penting dalam kebutuhan sehari-hari.

Nah, untuk mengetahui apa saja macam mesin kantor? Simak penjelasan di bawah ini dengan seksama.

Macam Mesin Kantor

Dunia kerja pasti ada tujuan untuk mengatur kesuksesan dalam perusahaan tersebut. Termasuk mengatur manajemen pemeliharaan yang di dalamnya ada dua unsur yang harus ditentukan.

Apa saja unsur tersebut? Keterlibatan karyawan dan prosedur pemeliharaan. Nah, adapun prosedur pemeliharaan mesin yang harus diperhatikan yaitu pembersihan dan pelumasan.

Tujuan dari pembersihan ini untuk menghindari korosi, kemacetan karena adanya kotoran dan ini dilakukan secara rutin.

Sedangkan pelumasan bertujuan agar tidak terjadi gesekan material mesin secara langsung, mendinginkan panasnya mesin pada kondisi tertentu dan juga memperpanjang umur mesin.

Untuk mesinnya sendiri ada banyak macamnya, yaitu:

1. Komputer

macam macam mesin kantor - komputer
computerworld.com

Pasti sudah tidak asing dengan komputer ini. Komputer yang pada umumnya harus ada di dalam kantor dan menjadi mesin yang selalu diandalkan bagi pekerja kantor.

Selain itu, komputer ini bisa disebut dengan mesin kantor yang serbaguna. Komputer ini pasti memakai tenaga listrik dengan kekuatan pengolahan data yang luas dan juga bermacam.

Selain itu, komputer juga bisa digunakan untuk meletakkan atau menyimpan data penting yang bersifat pribadi atau pun data pekerjaan.

2. Macam Mesin Kantor – Printer

macam macam mesin kantor - printer
store.hp.com

Ada komputer pasti ada printer. Printer ini bisa dikatakan dengan teman dekatnya komputer. Mengapa? Karena jika ada komputer yang menyimpan data kemudian untuk dicetak, maka printer ini akan mencetak data tersebut.

Data tersebut bisa berupa dokumen, surat , arsip dan dokumen penting lainnya. Selain itu, printer ini juga bisa digunakan untuk grafik, gambar atau foto dan lainnya.

Untuk jenis printer sendiri ada banyak, bisa memilih sesuka hati dan cocok untuk digunakan dalam kantor. Untuk cara kerja printer harus diperhatikan juga, karena jika ada kesalahan teknis maka printer akan bisa rusak.

Sedangkan, dokumen yang nantinya akan dicetak harus membutuhkan tinta. Mengapa? Karena jika tidak ada tinta, lalu apa yang akan dicetak. Nah, untuk jenis tinta ini ada banyak dan fungsinya berbeda-beda.

3. Scanner

macam macam mesin kantor - scanner
s3-ap-southeast-2.amazonaws.com

Alat ini juga tidak kalah penting dengan printer, mengapa? Karena alat ini juga termasuk salah satu perangkat input pada komputer.

Fungsi dari alat scanner ini yaitu untuk menduplikat objek seperti mesin fotocopy. Alat ini menggunakan sensor cahaya untuk mendeteksi tulisan, struktur, gambar atau objek yang discan kemudian dikirim ke komputer dalam bentuk digital.

Nah, kegunaan lain dari scan ini yaitu jika saat kehilangan file seperti makalah, foto atau dokumen lain bisa menyimpan file tersebut ke komputer. Jadi saat file itu hilang atau rusak, masih punya simpanan atau salinan di komputer.

4. Macam Mesin Kantor – Offset

mesin offset
seputarpercetakanjakarta.blogspot.com

Mesin offset ini merupakan mesin yang menggunakan master atau plate cetak dengan proses pemindahan huruf atau gambar ke blanket. Secara singkat, peralihan tinta tidak langsung ke bahan cetaknya, tapi melalui blanket.

Mesin ini berbeda dengan printer, mengapa? Karena mesin ini digerakkan menggunakan listrik dengan komponen mekanis. Selain itu, proses cetaknya juga dibantu dengan zat kimia yang disebut dengan fixer.

Adapun ciri dari mesin offset ini adalah:

  1. Bisa menggunakan jenis tinta emas, silver dan juga warna gradasi abu-abu.
  2. Hasil cetak pada kualitas warna dari mesin ini lebih tahan lama dari pada menggunakan print digital.
  3. Bisa mencetak dengan tinta full block dengan hasil yang tajam dan merata.

5. Mesin Penjilid

mesin penjilid
youbeli.com

Macam-macam mesin kantor selanjutnya yaitu mesin penjilid atau bisa disebut dengan biding machine. Mesin ini termasuk mesin kantor yang berguna untuk menjilid buku atau lembaran-lembaran.

Selain itu, mesin ini bisa untuk disatukan dengan menggunakan spiral yang berupa kawat atau plastik.

Untuk membedakan mana yang kawat dan mana yang plastik yaitu, jika spiral kawat ini memiliki lubang yang pembolongnya berbentuk bulat. Sedangkan, untuk spiral plastik ini pembolongnya berbentuk kotak.

6. Mesin Spiritus Duplicator

mesin spiritus duplicator
niarafrillatianti.blogspot.com

Mesin spiritus duplicator merupakan mesin kantor yang salah satunya sebagai alat pengganda cairan. Bahkan, mesin ini memiliki banyak komponen dengan cara kerja mesinnya bersifat mekanis.

Mesin ini masih menggunakan tenaga manusia sebagai tenaga penggeraknya. Selain itu, mesin ini menggunakan master paper atau kertas biasa dengan lapisan bahan pelicin.

Pada penggandaan mesin ini menggunakan kertas folio dan untuk percetakan menggunakan cairan pelarut alkohol.

7. Macam Mesin Kantor – Diktafon

mesin diktafon
semesterduablog.blogspot.com

Mesin diktafon atau mesin dikte merupakan mesin perekam atau pencatat suara yang hasil dari rekaman tersebut bisa diulang kembali. Sehingga, apa yang sudah dibicarakan menjadi lebih jelas.

Nama lain dari mesin dikte yaitu mesin imla dan mesin ini terdiri dari dua jenis, yaitu mesin dictating machine untuk perekam dan transcribing machine untuk pelatihan.

8. Mesin Faksimile

mesin faksimile
brainly.co.id

Sedangkan untuk masin faksimile ini digunakan untuk mengirim surat secara cepat, mulai dari satu tempat ke tempat lain. Baik itu tempat yang dekat atau pun jauh, bahkan bisa sampai ke lintas negara.

Selain surat, mesin ini bisa digunakan juga untuk mengirim peta, diagram cuaca, dokumen dan lainnya.

Mesin ini bisa disebut dengan nama fax atau telecopier, mengapa? Karena mesin ini bisa mengirim informasi atau dokumen di beberapa waktu dalam waktu yang relatif singkat.

9. Macam Mesin Kantor – Absensi

mesin absensi
fingerspot.com

Macam-macam mesin kantor berikutnya yaitu mesin absensi. Mesin ini merupakan mesin yang berguna untuk mencatat kehadiran karyawan, siswa atau anggota organisasi. Tapi, mesin ini banyak digunakan di kantor, sekolah atau instansi di sebuah proyek.

Hal yang terpenting dari mesin ini yaitu, untuk mencatat jam kerja bagi perusahaan yang menghitung gaji atau upah menggunakan hitungan waktu.

Selain itu, mesin ini juga penting untuk digunakan di sekolah, karena akan membantu mengajarkan kedisiplinan kepada siswa.

10. Mesin Penghitung Uang

mesin penghitung uang
bhinneka.com

Tidak asing dengan mesin ini yaitu mesin penghitung uang. Sudah jelas dari judulnya, bahwa mesin ini berfungsi untuk menghitung beberapa uang dalam jumlah yang banyak. Baik itu uang logam maupun uang kertas.

Dalam penggunaan mesin ini biasanya pada jasa perbankan, mengapa? Karena mesin ini sangat mempermudah teller dalam menghitung uang.

Dari pada menghitung uang secara manual, akan menyulitkan pekerjaan. Tapi dengan mesin ini akan mempercepat pekerjaan dan juga praktis.

11. Mesin Fotocopy

macam macam mesin kantor - mesin fotocopy
ralali.com

Mesin fotocopy juga termasuk mesin kantor yang berfungsi sebagai mesin pengganda yang berbentuk dokumen. Seiring dengan perkembangnya waktu, mesin ini bisa juga digunakan untuk usaha fotocopy dan peralatan kantor lainnya.

Dalam perkembangan teknologi, mesin ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Mesin ini sudah dilengkapi dengan beberapa fitur yang canggih.

Jadi mesin ini tidak hanya untuk menggandakan dokumen saja, tapi juga bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan yang lain seperti scan, print dan lainnya.

12. Mesin Risograph

macam macam mesin kantor - mesin risograph
bukalapak.com

Mesin risograph atau bisa disebut dengan mesin RISO, merupakan mesin yang digunakan untuk mencetak dan menyalin dokumen dengan kecepatan tinggi.

Kemampuan mencetak dalam kecepatan tinggi yaitu bisa sampai 120 halaman per menit. Dalam kegunaan lain mesin ini bisa untuk kepentingan bisnis seperti percetakan, mengapa? Karena biaya mesin ini lebih efisien dari pada mesin cetak biasa seperti printer.

13. Mesin Stensil

macam macam mesin kantor - mesin stensil
bukalapak.com

Mesin ini merupakan mesin cetak dokumen yang berbentuk lembaran dalam jumlah banyak. Selain itu, mesin ini biasanya digunakan pada usaha percetakan atau kantor.

Mesin ini hampir sama dengan mesin fotocopy, bedanya hanya master mesin stensil dibuat pada khusus master dan dipasang pada drum atau blanket.

Fungsi lain dari mesin ini yaitu bisa mencetak dokumen dengan media master dengan kecepatan tinggi.

14. Mesin Telex

macam macam mesin kantor - mesin telex
myblogsuriya.blogspot.com

Mesin ini disebut juga teleprinter exchange merupakan jaringan yang hampir sama dengan jaringan telepon, tapi hanya digunakan untuk mengirimkan pesan yang berbasis teks saja.

Jaringan ini telah tersedia untuk hubungan internasional dan menggunakan teknik sinyal yang telah ditentukan oleh Internasional Telecommunication Union (ITU).

Fungsi lain dari mesin ini yaitu dulu banyak digunakan oleh bank dan militer, karena mesin ini sangat efektif dan akurat dalam pengiriman atau pengiriman berita.

Bagian paling utama yaitu tidak bisa disadap, mengingat sistem operasional telex ini memerlukan arus kerja tertentu. Sehingga lebih dan kurang sedikit saja akan menimbulkan permasalahan.

15. Mesin Tik

macam macam mesin kantor - mesin tik
service-mesinketik.blogspot.com

Macam-macam mesin kantor yang terakhir yaitu mesin tik atau mesin ketik. Mesin ini bermanfaat untuk membantu pekerjaan di instansi. Selain itu bisa juga digunakan untuk membuat sebuah surat izin atau pernyataan lainnya.

Mesin ini biasanya digunakan di rumah sakit, kepolisian bahkan juga di kantor yang memiliki arsip banyak dan membutuhkan alat ketik yang praktis. Mesin ini memiliki tombol untuk huruf pada font yang nantinya akan langsung dicetak di kertas.

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Mesin Kantor

Apabila pekerjaan kantor bisa berjalan dan berhasil sesuai tujuan, itu semua karena telah difasilitasi oleh berbagai macam mesin kantor yang berteknologi canggih dan sudah sesuai kapasitasnya.

Dengan demikian, keberadaan mesin kantor sangat penting dalam sebuah instansi atau perusahaan, mengapa? Karena mesin kantor sudah membantu dalam proses pekerjaan kantor.

Selain itu, penggunaan mesin kantor tersebut bisa dikerjaan dengan cepat dan hasilnya jau lebih baik dari pada pekerjaan secara manual.

Pada intinya, fungsi dari mesin kantor yaitu untuk membantu melancarkan proses pekerjaan. Sehingga, pekerjaan yang awalnya lama, sulit atau rumit, dan juga melelahkan bisa dikerjakan dengan cepat, rapih, dan juga baik.

Lalu apa kelebihan dan kekurangan dari beberapa macam mesin kantor ini? Berikut penjelasannya.

Kelebihan dari Penggunaan Mesin Kantor

Adapun beberapa kelebihan atau keuntungan jika menggunakan mesin kantor ini dengan baik dan benar.

  • Bisa menghemat dalam segi tenaga dan waktu
  • Selain itu, bisa juga menghemat dalam segi biaya jika digunakan secara sesuai kebutuhan
  • Mempermudah dalam pengawasan
  • Menghasilkan sesuatu yang rapih dan juga baik
  • Bisa mengurangi kecapean pegawai atau karyawan
  • Bisa mengurangi rasa jenuh jika dibandingkan dengan penggunaan tulis tangan atau manual
  • Lebih banyak keterangan yang bisa dimuat
  • Pengendalian atas kecermatan dan akurasi lebih mudah tercapai

Kekurangan dari Penggunaan Mesin Kantor

Ada kelebihan, ada juga kekurangan. Berikut adalah kekurangan atau dampak dari penggunaan mesin kantor.

  • Tidak mudah memperoleh operator mesin yang sudah ahli dan ada biaya tersendiri untuk melatih mereka
  • Ada beberapa metode dari flesibilitas yang sulit untuk didapatkan dan diterapkan
  • Tingkat penyusutan dari beberapa macam mesin kantor tertentu cukup tinggi
  • Ada beberapa perangkat mesin terntentu yang memerlukan biaya yang tinggi untuk pemeliharaan
  • Bahkan dalam pendayagunaan dan perbaikan pada mesin tertentu sangat sulit jika da kerusakan

Dengan adanya kelebihan dan kekurangan dari mesin kantor tersebut, maka dalam pengadaan mesin perlu perencanaan yang matang dari seorang manager.

Dengan begitu, seorang manager harus mengetahui mesin apa saja yang dibutuhkan. Selain itu, apa saja yang dapat dikerjakan pada mesin tersebut dan apakah mesin tersebut bisa mempengaruhi dalam prosedur metode kerja.

Pemeliharaan dan Perawatan Mesin Kantor

Memelihara dan merawat, berarti usaha untuk mempertahankan kondisi dalam keadaan baik dan prima pada harta benda yang dipunyai. Baik harta benda yang bergerak atau tidak bergerak dalam kurun waktu terntentu.

Ada 2 jenis perawatan dan pemeliharaan mesin kantor berdasarkan waktu, yaitu:

  1. Pemeliharaan sehari-hari, merupakan pemeliharaan yang dilakuakn oleh pengguna pada mesin yang sudah ditanggungjawabi. Orang tersebut bertanggungjawab sebelum, saat, dan sesudah menggunakan mesin.
  2. Pemeliharaan berkala, merupakan pemeliharaan yang dilakukan dalam skala atau waktu tertentu, misal dalam waktu seminggu, sebulan atau dalam waktu setahun. Pemeliharaan ini bisa dilakukan oleh pengguna atau pegawai kantor, atau bisa juga dengan bantuan orang lain seperti teknisi.

Lalu apa manfaat dari pemeliharaan atau perawatan pada mesin kantor? Ada beberapa manfaat yang sangat berguna pada mesin kantor.

  • Untuk mencegah kerusakan pada mesin
  • Menghindari usaha penyimpanan yang tidak terkontrol
  • Memperpanjang usia pemakain mesin, sehingga menurunkan biaya pengadaan
  • Menghindari resiko kehilangan, karena dipakai secara berkelanjutan

Penutup

Demikian penjelasan tentang macam-macam mesin kantor dengan penjelasannya. Semoga artikel ini bisa memberi wawasan yang luas dan bisa menerapkan dalam pekerjaan kantor.

Jika ada salah ketik atau kurang salam artikel ini, bisa langsung komentar di bawah. Jangan lupa share artikel ini agar bisa menambah pengetahuan teman sekitar.

Terma kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.


Temukan pilihan rumah seperti pada perumahan Roemah Palem dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia