Macam Macam Lem untuk Kerajinan Selain Lem Aibon

Pinhome

  • Blog
  • Edukasi
  • Yuk Kenali Macam Macam Lem untuk Kerajinan Selain Lem Aibon

Yuk Kenali Macam Macam Lem untuk Kerajinan Selain Lem Aibon

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 31 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Membuat kerajinan tangan memang memerlukan beberapa alat pendukung. Mulai dari bahan-bahan yang digunakan, alat pemotong hingga lem perekat. Semuanya memiliki perbedaan jenis dan ragam yang dapat disesuaikan. Fungsi dari alat-alat tersebut berbeda sesuai dengan jenis kerajinan yang dibuat. Tidak terkecuali untuk macam macam lem untuk kerajinan tangan.

Pinhome – Selain lem Aibon apa Pins mengenal jenis lem untuk kerajinan tangan lainnya? Lem yang berguna untuk merekatkan ini mempunyai jenis yang disesuaikan dengan material perekat. Tingkat kerekatannya pun berbeda satu dengan lainnya lho! Untuk itu agar tidak salah dalam pemilihan jenis lem, kamu harus mengetahui macam macam lem untuk kerajinan yang akan Pinhome sajikan dalam ulasan singkat di bawah ini!

Baca Juga: Cara Membuat Kerajinan dari Kardus Bekas yang Mudah

Lem Kertas

(Sosialita.tanahlaukab)

Lem kertas merupakan lem perekat teringan yang biasa digunakan untuk merekatkan bahan-bahan dengan jenis kertas. Hal tersebut membuatnya sangat aman untuk dipakai oleh anak-anak. Namun, walaupun tergolong aman, usahakan tetap dipantau agar lem tersebut tidak dikonsumsi oleh balita khususnya. 

Salah satu contohnya adalah pembuatan dekorasi ruang dari kertas lipat. Perekat dalam jenis lem kertas biasanya digunakan. Lem ini mampu merekatkan kertas dengan baik dan tersedia dalam jenis stik atau batang, cair dan tekstur lengket. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan juga kenyamanan dalam penggunaan. Mereknya pun cukup banyak, mulai dari UHU, FOX, Joyco, glue stick dan masih banyak lagi.

Lem Kain

(Solidsmack)

Macam-macam lem untuk kerajinan memang cukup beragam nih Pins, salah satunya adalah lem kain. Perekat yang digunakan untuk merekatkan kain ini bisa digunakan sebagai perekat pendukung jahitan maupun beberapa pernak-pernik yang sulit direkatkan menggunakan mesin penjahit. Biasanya lem satu ini berbentuk cairan bening dan tersedia tipe perekat nya sesuai dengan merek yang dipilih. Cara penggunaannya cukup tempatkan pada area perekatan dan tempel. Tunggu hingga lem mengering dan kerajinan siap dipakai.

Lem Kayu

(Solidsmack)

Lem aibon memang terkenal untuk merekatkan beragam material dalam konstruksi bangunanan. Namun, lem yang bisa digunakan untuk merekatkan kayu pun tersedia dan bisa menjadi pilihan bila konstruksi perekatan berbahan kayu selain penggunaan lem aibon. Mulai dari jenis lem berwarna kuning kecoklatan, lem cair berwarna putih, kuas hingga dalam bentuk kemasannya yang dapat Pins gunakan sesuai dengan anggaran dan keperluan. Lem ini berfungsi merekatkan antar material berbahan kayu namun, kerajinan tangan berbahan kayu pun bisa menggunakan lem satu ini dalam perekatan.

Lem Tembak

macam macam lem untuk kerajinan
(Suneducationgroup)

Selanjutnya adalah jenis lem tembak. Lem satu ini menjadi lem andalan dalam membuat kerajinan tangan nih Pins! Berfungsi merekatkan bahan dengan maksimal, lem tembak juga mudah dan nyaman dalam penggunaan. Itulah mengapa tidak heran lem ini menjadi salah satu lem pilihan teratas dalam membuat kerajinan tangan. 

Namun, bila digunakan oleh anak-anak, lebih baik beralih ke jenis lem lainnya. Hal tersebut dikarenakan cukup rumit dalam penggunaan. Lem satu ini menggunakan listrik dalam aplikasi yang metodenya mirip seperti pistol dengan menggunakan isi yang berbentuk semacam lilin yang dilelehkan.

Lem Semprot

macam macam lem untuk kerajinan
(Tesa)

Lem semprot merupakan jenis perekat lainnya yang penggunaannya dengan cara penyemprotan. Pins hanya perlu menekan, dan cairan akan keluar layaknya sebuah parfum. Macam-macam lem untuk kerajinan jenis semprot atau spray ini memiliki tipe yang berbeda sesuai kegunaannya. Sebut saja merek SuperTem 99 atau Sprayidea yang dapat digunakan untuk kegiatan pembuatan kerajinan tangan. Lem ini dapat digunakan pada bahan plastik, bordir, kayu dan bahan lainnya.

Super Glue

macam macam lem untuk kerajinan
(Bukalapak)

Pilihan lainnya untuk macam macam lem untuk kerajinan tangan adalah super glue. Lem ini biasanya disebut lem Korea. Lem yang terkenal sebagai perekat terbaik dalam beberapa hal ini, mampu membuat bahan yang direkatkan menempel dengan baik dan tentunya tidak mudah lepas. 

Selain bisa digunakan untuk kerajinan tangan, lem ini juga sering dipakai untuk merekatkan sol sepatu yang lepas, bingkai kacamata yang patah maupun bahan karet atau plastik yang cukup sulit direkatkan. Namun, perlu diperhatikan Pins saat sedang menggunakannya. Lem ini bisa bahaya saat mengenai anggota tubuh. Bila lem tersebut tidak sengaja mengenai jari misalnya, lebih baik segera berikan aseton untuk melepaskannya.

Cara Terbaik Menyimpan Lem yang Telah Digunakan

Nah, setelah Pins mengetahui bermacam-macam lem kerajinan, kini kamu juga harus mengerti cara penyimpanannya agar bisa digunakan kembali. Beberapa pengguna terkadang sering melupakan cara penyimpanan yang baik sehingga di kemudian hari lem tidak dapat digunakan kembali.

Untuk jenis cair, sebaiknya perhatikan arah keluar dari kemasan, tempatkan dalam posisi yang aman agar cairan tidak mengalir. Bila cairan terus keluar tanpa tutup, akan membuat lem kering. Cara lainnya adalah disimpan dalam suhu bawah lemari es, namun sebelum masuk dalam lemari es, lem ditempatkan pada toples terlebih dahulu. Selanjutnya untuk jenis lem tempat ataupun dalam bentuk spray, usahakan untuk melakukan penyimpanan pada suhu ruang yang baik ya!

Mengenal bermacam-macam lem untuk kerajinan dapat membuat Pins menentukan berbagai pilihan perekat yang tepat sesuai kegunaannya. Hal tersebut akan mempermudah Pins dalam membuat kerajinan. Selamat mencoba!

Baca Juga: Kerajinan dari Bahan Keras yang Harus Kamu Ketahui


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel