Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Macam Macam Jenis Burung Derkuku Puter di Indonesia

Hobi

Macam Macam Jenis Burung Derkuku Puter di Indonesia

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Pada artikel ini akan dibahas Macam Macam Jenis Burung Derkuku Puter. Pada kalangan masyarakat Indonesia, burung puter telah dikenal sejak jaman dahulu. Apalagi untuk mereka yang tinggal di Bali dan Jawa. Burung peliharaan yang mudah untuk dijinakan dengan suara anggungan yang mengalun, akan membawa rasa tentram untuk pemiliknya.

Oleh sebab itu, selain hobi, pemeliharaan burung puter bisa juga ijadikan sebagai usaha budidaya atau bisnis. Anda akan senang mendengar suaranya dan juga senang memperoleh sedikit banyak uang sebagai pengganti dari pakan burung ini.

Macam Macam Jenis Burung Derkuku Puter untuk Dipelihara

Macam Macam Jenis Burung Derkuku Puter dapat dijumpai atau diperoleh di toko ataupun kios-kios pasar burung. Burung derkuku puter hadir dengan berbagai jenis, warna serta kualitas suara yang anggun. Karena beragam jenisnya tersebut, berikut ini akan memberikan beberapa jenis dari burung puter yang ada di Indonesia.

Memang beberapa macam dari burung puter ini masih sangat mudah untuk di jumpai. Anda dapat menemukannya di kios tempat pakan burung. Jenis burung ini selalu ada bahkan pada setiap pasar-pasar burung di Indonesia. Terutama pada pasar-pasar burung yang ada pulau jawa sudah di pastikan ada. Tapi terkadang anya k orang masih bingung dalam membedakan antara puter biasa, puter lumut, puter irak, dan derkuku.

Oleh sebab itu, marilah kita mengenal berbagai Macam Macam Jenis Burung Derkuku Puter yang ada di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa jenis burung derkuku puter yang perlu anda ketahui:

Burung Puter Biasa (Streptopelia Risoria)

Berdasarkan beberapa literature, Burung puter biasa ini diketahui telah mengalami domistifikasi sejak 2000-3000 tahunan silam. Jenis burung puter ini memang paling jinak apabila di bandingkan dengan jenis-jenis burung puter yang lain.

Puter Biasa (Streptopelia Risoria) memiliki warna coklat dan terdapat kalung hitam  pada lehernya. Jenis lain, ada juga yang berwarna putih, bersuara merdu 3nada. Untuk jenis burung puter pelung suaranya akan lebih besar dan juga panjang. Makanan untuk burung ini berupa biji bijian.

Burung Puter Irak (Streptopelia Risoria)

Sebetulnya jenis burung ini masih sama dengan jenis puter biasa. Namun jenis burung ini mengalami mutasi warna. Seperti halnya puter putih, cirikas puter irak memiliki warna yang lebih vareatif apabila dibanding dengan puter biasa. Burung ini memiliki warna coklat muda dibadannya dengan corak keputih putihan yang mirip eperti pola blorok. Suaranya sama persis dengan jenis burung puter biasa, yakni terdiri 3 nada.

Burung Puter Lumut / Dederuk Jawa ( Streptopelia Bitorquata )

Jenis burung yang satu ini sering disebut dengan puter geni. Burung ini memiliki warna badan cenderung merah bata dan kalung hitam kombinasi putih. Kepala burung ini sedikit keabu abuan. Iris matanya berwarna jingga dan kakinya berwarna merah. Burung ini memiliki suara 3nada, namun ada juga yang 2 nada.

Macam Macam Jenis Burung Derkuku Puter dan Perawatannya

Disamping Macam Macam Jenis Burung Derkuku Puter diatas, ada juga jenis burung Derkuku / Tekukur Biasa (Streptopelia chinensis). Derkuku atau tekukur spotted dove ini memiliki badan yang berwarna coklat kehitaman, berkalung dengan bintik bintik putih, dan kakinya berwarna merah.

Ada juga jenis burung Delimukan Zamrud / Delimukan (Chalcophaps indica) . Delimukan memang sangat berbeda dengan beberapa jenis burung diatas. Sebab sebagian masyarakat yang masih awam mengira bahwa jenis burung ini adalah burung puter lumut. Delimukan memiliki warna badan kehijauan metalik atau mengkilap. Dadanya berwarna coklat kemerahan dan paruhnya berwarna merah. Kusus untuk jenus jantan memiliki warna yang lebih terang dengan alis mata berwarna putih.

Memang untuk perawatan burung puter dan sejenisnya tidak se- fenomenal  saat kita merawat burung jenis kicauan. Walaupun demikian , hal tersebut tidak akan menyurutkan semangat para penghobi burung puter ini. Ikatan batin yang dimiliki burung anggungan dengan tuannya akan sngat terasa. Apalagi jika pemiliki burung tersebut merawatnya dari masa kecil. Demikianlah artikel kami mengenai Macam Macam Jenis Burung Derkuku Puter.


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel