Pinhome

Macam-macam Formasi Sepakbola yang Sering Digunakan

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 18 September 2021 ∙ 10 menit membaca

Macam-macam Formasi Sepak Bola Pada abad sekarang, tepatnya di abad ke 21, salah satu olahraga yang terkenal di dunia yang sudah dimainkan oleh 250 juta lebih di 200 negara yang ada di dunia adalah sepak bola.

Di mata dunia, olahraga ini adalah olahraga favorit mereka, bahkan penggemarnya juga tak terhitung jumlahnya. Maka, tak mengherankan bila olahraga ini dijuluki sebagai olahraga terpopuler di dunia.

Pertandingan sepak bola selalu ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya. Selain pemain sepak bola dan pola permainan sepak bola, hal yang juga sering disoroti dalam pertandingan adalah formasi yang digunakan. Hal ini karena formasi sepak bola merupakan salah satu strategi permainan.

Maka, artikel berikut akan membahas mengenai beberapa formasi sepak bola yang sering ditemukan dalam pertandingan, supaya kamu tidak asing lagi ketika menemukannya dalam suatu pertandingan.

Tapi sebelum membahas lebih lanjut, yuk simak dulu informasi dasar lainnya mengenai permainan sepak bola, mulai dari cara bermain sepak bola.

Cara Bermain Sepak Bola

Cara bermain olahraga ini adalah terdiri dari dua tim. Setiap timnya memiliki 11 pemain yang salah satunya adalah penjaga gawang. Masing-masing tim memiliki tujuan yang sama, yaitu memasukan bola ke gawang lawan.

Untuk menjuarai permainan ini, macam-macam formasi mereka gunakan, baik dalam bentuk gambar atau dalam bentuk digital. Dan barang siapa yang paling banyak memasukan bola, maka tim tersebutlah yang menang.

Dengan adanya olahraga ini, tentu saja membutuhkan strategi agar bisa menang dalam pertandingan. Salah satu strateginya adalah formasi. Formasi terbaiklah yang akan membantu dalam memenangkan pertandingan sepakbola.

Posisi-Posisi dalam Sepak Bola

Namun, sebelum jauh membahas mengenai formasi, setidaknya kita tahu terlebih dahulu mengenai posisi-posisi pemain dalam sepakbola. Setidaknya ada  4 posisi yang ada dalam sepakbola. Berikut ini adalah rinciannya;

  • Penyerang, yaitu seorang pemain yang diposisikan di bagian depan. Tugasnya adalah mencetak gol ke gawang lawan.
  • Gelandang, yaitu seorang pemain yang diposisikan di bagian tengah. Tugasnya adalah menghubungan antara bek dan tim penyerang.
  • Bek, yaitu seorang pemain yang diposisikan di bagian belakang. Tugasnya adalah menjaga lawan agar tidak menerobos ke gawang atau dengan kata lain adalah benteng pertahanan.
  • Kiper, yaitu pemain tunggal yang berada di daerah gawang. Tugasnya adalah menjaga gawang agar lawan tidak mencetak bola ke gawang.

Mengenal Macam-macam Formasi Sepakbola

Setelah mengetahui 4 posisi pemain sepakbola, maka dibawah ini akan dijelaskan macam-macam bentuk formasi dalam permainan sepakbola yang digunakan oleh klub-klub terkenal di dunia.

#1. Formasi 5-4-1

Formasi 5-4-1
(Wikimedia Commons)

Dalam formasi ini, digunakan 5 pemain bek, 4 pemain gelandang dan satu pemain penyerang yang akan mencetak gol ke gawang.

Terdapat kelebihan dan kekurangan dalam formasi ini. Dalam formasi ini diutamakan adalah pertahanan, dimana dalam pertahanan ini mereka akan melakukan kerjasama 5 orang sebagai benteng pertahanan.

Kebanyakan tim yang menggunakan formasi ini, yaitu untuk bisa bertahan dari lawan yang lebih kuat atau lebih bagus dari timnya. Tapi ada juga yang menggunakan formasi ini karena timnya memang cocok menggunakan formasi ini

Dalam formasi ini juga mengandalkan serangan balik, dimana 2 orang yang menjadi bek bisa maju ke depan untuk menyerang. Dua gelandang disana bisa memberikan oper cantik kepada pemain penyerang atau striker, sehingga formasi ini akan terlihat indah atau akan mengutamakan terobosan dengan kelebihan dan kekurangannya.

#2. Formasi 3-6-1

Formasi 3-6-1
(Viva Goal)

Formasi ini cukup langka digunakan oleh para pelatih. Kelebihan formasi ini memang bagus dalam bertahan, namun kekurangannya, mereka lebih mengutamakan lini tengah sebagai benteng pertahanannya.

Formasi ini di mainkan oleh 3 orang bek, 3 orang gelandang murni yang sejajar antara kiri, tengah, dan kanan, dan ada satu orang lagi yang menjadi gelandang penyerang. Lalu di depan disimpan satu penyerang atau striker yang akan mencetak gol ke depan..

Dalam formasi ini lebih diutamakan penguasaan lapangan dan bola, akan tetapi tidak dalam mendomiansi gol.

Formasi ini adalah salah satu formasi bertahan dalam pertandingan sepak bola.

#3. Formasi 3-5-2

Formasi 3-5-2
(Kumparan)

Dalam formasi ini menggunakan 3 pemain bek, 5 pemain gelandang, dan 2 pemain penyerang yang menjadi kunci pencetak gol.

Dalam formasi ini ada yang harus Anda perhatikan, yaitu pada posisi gelandang.

Ada lima gelandang dalam formasi ini, namun yang menjadi gelandang murninya hanya 1 orang saja, sedangkan 4 lagi adalah gelandang penyerang.

#4. Formasi 3-4-3

Formasi 3-4-3
(Authority Soccer)

Pada formasi ini, ada 3 pemain bek yang akan menjadi benteng pertahanan tim, 4 orang yang akan menjadi gelandang, dan 3 orang yang diposisikan sebagai penyerang.

Dalam gelandang, ada dua orang yang bisa menjadi pemeran ganda, yaitu pemain gelandang paling kanan dan kiri dimana mereka bisa berperan menjadi bek sayap.

Kedua gelandang tersebut atau yang menjadi 2 pemeran dalam permainan sepakbola merupakan winger bek atau bek sayap yang bisa diposisikan ke belakang atau kedepan. Maka, mereka berperan untuk bertahan dan penyerang. Sementara itu, dua gelandang lainnya menjadi playmaker.

Formasi ini bisa digunakan sebagai formasi bertahan dan penyerang dalam sepakbola.

#5. Formasi 4-1-4-1

Formasi 4-1-4-1
(Authority Soccer)

Pada formasi kali ini, ada 4 pemain bek, satu orang gelandang bertahan, 4 orang gelandang penyerang dan ada satu yang menjadi striker.

Terdapat beberapa kemiripan antara formasi ini dengan formasi 4-5-1. Akan tetapi bedanya pada posisi gelandang penyerang dan gelandang bertahan.

Pada formasi 4-5-1 dikhususkan untuk gelandang bertahan, sedangkan pada 4-1-4-1 difokuskan pada gelandang penyerang.

Formasi ini lebih dominan pada penyerangan karena memiliki 4 gelandang penyerang dan satu striker atau target man.

Ini menandakan bahwa tim yang menggunakan formasi ini adalah tim yang memaksimalkan pada penyerangan. jadi fungsi dari formasi ini adalah kunci dari kuatnya penyerang.

#6. Formasi 4-2-3-1

Formasi 4-2-3-1
(Authority Soccer)

Pada formasi kali ini pemain diposisikan pada 4 orang bek, 2 orang gelandang atau pemain tengah bertahan, lalu 3 orang adalah pemain gelandang penyerang dan 1 orang adalah pemain penyerang.

Kalau kita identifikasi, formasi ini adalah formasi dengan pertahanan yang sangat kuat karena memiliki 4 orang bek dan 2 orang gelandang bertahan. Formasi ini akan menimbulkan permainan yang solid.

Selain dari pertahanan yang kuat, salah satu macam dari formasi ini juga memiliki penyerangan yang baik karena terdapat 3 orang gelandang penyerang dan satu orang target man.

Ini menandakan bahwa pada formasi ini, penyerangan memiliki kekuatan power yang baik sehingga akan menyusahkan lawan dalam menjaga pertahanan mereka.

Klub-klub di Eropa sering menggunakan formasi ini pada abad ke-21 dan formasi ini sangat terkenal di kalangan mereka. Hal ini karena formasi ini adalah formasi yang strategis, baik dalam pertahanan maupun dalam penyerangan.

Kepopularitasan dalam menggunakan formasi ini menjadi lebih terkenal saat negara Belanda, Jerman, dan Spanyol tembus masuk 4 besar Piala Dunia 2010. Keberhasilan inilah yang membuat formasi 4-2-3-1 menjadi formasi dasar untuk klub-klub besar di Eropa.

#7. Formasi 4-3-3

Formasi 4-3-3
(Authority Soccer)

Pada formasi ini ada 4 orang yang menjadi bek, 3 orang menjadi gelandang dan 3 orang lagi menjadi penyerang. kelebihan dari salah satu macam formasi ini digunakan oleh tim yang dapat menguasai bola di daerah lawan.

Formasi ini terkenal di kalangan klub yang ada di belahan dunia sampai sekarang. Banyak klub-klub besar yang menggunakan formasi ini karena posisinya yang begitu strategis.

Contoh salah satu klub papan atas yang menggunakan formasi ini adalah Barcelona, salah satu klub yang paling populer di spanyol bahkan di dunia pesepakbolaan.

Yang diutamakan dalam formasi ini adalah operan yang kita sebut tikitaka. Hal ini karena formasi ini membutuhkan operan yang cepat dan gesit.

Pada intinya, formasi ini sangat cocok digunakan dalam bermain sepakbola karena tim dapat memprioritaskan aliran-aliran bola dalam menciptakan peluang agar bisa masuk ke gawang lawan.

#8. Formasi 4-5-1

Formasi 4-5-1
(Authority Soccer)

Formasi diatas lebih difokuskan pada pertahanan dan mengandalkan serangan balik. Formasi ini terdapat 4 pemain bek, 5 orang gelandang, dan hanya satu yang menjadi striker.

Formasi ini digunakan untuk menghindari kekalahan dari lawan saat mendapatkan fase knock out dalam sebuah pertandingan. strategi ini bisa disebut sebagai formasi bertahan dalam sepakbola.

Formasi 4-5-1 akan sulit apabila melakukan serangan mendadak, tetapi akan menjadi pola permaianan yang memiliki benteng pertahanan yang kuat dalam sepakbola.

Pada formasi ini, jangan melakukan serangan mendadak karena pemain sayap akan merasa kewalahan dalam mengcover pertahanan.

#9. Formasi 4-3-1-2

Formasi 4-3-1-2
(iStock)

Formasi ini memiliki kemiripan dengan formasi 4-3-2-1. Akan tetapi, formasi ini menggunakan 4 pemain bek, 3 orang pemain gelandang, seorang play maker, dan 2 orang menjadi pemain penyerang.

Pola penyerangannya lumayan kuat karena ada 2 orang penyerang dan satu orang playmaker. Selain dari pola penyerangan, pada pertahanannya pun kuat karena ada 3 bek dan 3 gelandang.

#10. Formasi 4-3-2-1

Frmasi 4-3-2-1
(Rocky Road)

Formasi ini terdiri dari 4 orang pemain bek, 3 orang pemain gelandang tengah, 2 orang menjadi pemain gelandang sayap kanan dan kiri, dan satu orang menjadi pemain striker atau penyerang.

Formasi 4-3-2-1 memiliki pertahanan yang kuat dan solid, sehingga pertahanan ini akan sulit ditembus. Penyebabnya karena ada 4 orang bek dan 3 orang pemain gelandang tengah.

Dalam penyerangan pun lumayan kuat karena pada formasi ini terdapat 2 gelandang sayap yang siap memberikan operan kepada 1 pemain penyerang yang tugasnya mencetak bola ke gawang lawan.

#11. Formasi 4-2-4

Formasi 4-2-4
(The Ball is Square)

Pada formasi selanjutnya ada 4 pemain bek yang akan menjadi benteng pertahanan, lalu 2 gelandang tengah, dan 4 orang menjadi penyerang.

Dari formasinya sudah kelihatan, bahwa formasi ini diperuntukan untuk pola penyerangan. Formasi ini berasal dari Inggris yang akhirnya menyebar luas ke belahan negeri.

Pada tahun 1958 Tim Nasional Brazil menjadi juara dunia dengan menggunakan formasi ini. Akhirnya karena banyak yang menggunakannya, formasi ini menjadi terkenal.

#12. Formasi 4-4-1-1

Formasi 4-4-1-1
(iStock)

Pada formasi ini terdapat 4 pemain bek, 4 pemain gelandang, satu second striker dan satunya lag pemain strker inti. Formasi ini hampir mirip dengan formasi 4-4-2. Yang membedakannya terdapat pada posisi penyerangan.

Second striker juga bisa kita sebut sebagai penyerang lubang. Pemain yang diposisikan pada second striker ini biasanya adalah orang yang kreativias dalam membawa bola.

Pada posisi ini pemain juga harus bisa turun menjadi pemain gelandang tengah selain menjad second striker. Tugasnya adalah memberikan operan kepada pemain striker utama.

Formasi ini lebih megandalkan satu pemain striker dengan memasukan bola yang krusial, serta dibantu oleh second striker dalam mencapai tujuannya. Second striker bisa menjadi striker bayangan bagi striker utama.

#13. Formasi 4-4-2

 Formasi 4-4-2
(Authority Soccer)

Inilah dia formasi terakhir yang akan disampaikan pada artikel kali ini. Formasi ini memiliki 4 pemain bek yang mejadi lini pertahanan, 4 orang gelandang, dan 2 orang striker.

Formasi ini menekankan dalam pola pertahanan juga dalam penyerangan

Dalam pola penyerangan, posisi ini bagus dalam penyerangan yang di awali dari bagian sampaing atau pemain sayap.

Hal ini karena sayap bisa memberikan umpan lambung dan juga umpan assist, sehingga gol akan tercipta dari hasil operan sayap tersebut.

Formasi ini sering digunakan oleh klub-klub besar seperti tim yang berada di Spanyol. Di Indonesia pun, formasi ini adalah formasi yang sering digunakan baik dari klub ataupun Timnas.

Baca juga: Latihan Fisik Sepak Bola

Penutup & Kesimpulan

NoBentuk Formasi
15-4-1
23-6-1
33-5-2
43-4-3
54-1-4-1
64-2-3-1
74-3-3
84-5-1
94-3-1-2
104-3-2-1
114-2-4
124-4-1-1
134-4-2
Tabel Macam Macam Bentuk Formasi Sepakbola

Itulan macam-macam formasi yang ada di dunia sepakbola. Bagaimana dengan kalian, Pins? Formasi mana yang biasa kalian gunakan saat bermain sepak bola?

Meski tidak menerapkan formasi tersebut saat bermain, yang terpenting adalah kalian sudah berolahraga. Tapi, kalian juga dapat mencari tahu lebih dalam mengenai sepak bola agar permainan kalian lebih maksimal.

Nah, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian ya, Pins. Terutama bagi kalian yang ingin serius mendalami permainan sepak bola.

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Daisy

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Somasi dan Cara Membuatnya

Apakah kamu pernah mendengar surat somasi? Surat ini kerap dikaitan dengan dunia hukum. Biasanya pe

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengaduan dan Formatnya yang Benar

Dalam transaksi, terkadang ada beberapa hal yang kurang sesuai, baik dalam pembelian barang atau pe

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Contohnya

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) umum digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya melama

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia