Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Jenis dan Model Lubang Angin Di atas Jendela dengan Desain Modern

Tips Properti

Jenis dan Model Lubang Angin Di atas Jendela dengan Desain Modern

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 8 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Sirkulasi udara yang mengalir baik di dalam rumah, membuat penghuni di dalamnya sehat. Inilah mengapa desain arsitektur hijau yang terkenal ramah lingkungan kini banyak diminati. Selain dapat menambah keasrian dalam hunian, desain satu ini mengedepankan pencahayaan alami. Model lubang angin di atas jendela salah satunya. Dengan desain modern, kini lubang angin bisa terlihat menarik.

Pinhome – Model lubang angin di atas jendela yang dahulu banyak menggunakan kasa nyamuk, kini sudah banyak jenisnya yang pastinya modern. Pins tidak perlu khawatir lagi ketinggalan zaman ataupun hilang nilai estetika dalam tampilan depan rumah. Beberapa jenis dan modelnya di bawah ini dapat Pins contoh untuk diaplikasikan pada hunian. Seperti apa? Mari kita simak bersama!

Baca Juga: 10 Model Jendela Rumah Bagian Depan Rumah

Lubang Angin Rumah Roster

lubang angin diatas jendela
(Tokopedia)

Lubang angin yang terletak baik di atas jendela, pintu maupun ruang-ruang lainnya mempunyai fungsi yang sama untuk mengalirkan udara yang baik dari luar ke dalam rumah dan sebaliknya. Penempatan lubang angin di dalam rumah membuat bagian dalam ruang memiliki udara yang baik untuk bernafas dan juga membuat rumah tidak lembab. Roster sendiri yang memang kini sering dipakai pada rumah modern, mempunyai material menarik yang bisa Pins pilih sesuai selera.

Roster Bahan Batako

Lubang angin rumah satu ini juga dapat di desain menarik sebagai sekat ruang maupun hiasan menarik pada tampilan depan rumah. Dinding dengan roster pun akan menambah keindahan tersendiri dalam ruang hunian. Roster batako menjadi material populer di kalangan bahan roster lainnya.

Roster Bahan Keramik

Model lubang angin di atas jendela dengan roster bahan keramik memang sangat cocok berada di dalam ruang. Tampilan elegan dan mengkilap akan terlihat dari penggunaan roster satu ini. Roster bahan keramik tergolong berharga tinggi dan mudah pecah bila tidak hati-hati dalam pemasangan.

Roster Tanah Liat

Model lubang angin di atas jendela yang sering dipakai dalam hunian tradisional adalah roster berbahan tanah liat. Namun kini pemakaiannya juga banyak diterapkan pada perumahan modern bergaya klasik. Namun kekurangannya adalah warna cepat pudar dan mudah rapuh.

Model Kayu Klasik

lubang angin diatas jendela
(Deagamdesign)

Rumah modern klasik cocok untuk Pins yang menyukai material kayu sebagai bagian dari hunian. Lubang angin di atas jendela bisa didesain menggunakan ukiran kayu cantik agar sirkulasi udara tetap terjaga walaupun saat jendela besar di tutup. Lubang angin seperti ini sangat menarik dan membuat hunian terasa lebih nyaman.

Pins bisa menerapkan pada keseluruhan jendela hunian dengan ornamen yang menarik. Ornamen jawa kental pun tetap bisa diaplikasikan dalam hunian modern. Padukan lubang angin dengan beton material kasar seperti pada contoh di atas, maka hunian Pins akan tetap berestetika dan tak ketinggalan zaman.

Baca Juga: Karakteristik Kayu Sungkai serta Kekurangan dan Kelebihannya

Lubang Angin di Atas Jendela Model Kaca Nako

lubang angin diatas jendela
(Instagram/ Wild Run Fams)

Selain berfungsi sebagai kaca jendela, model lubang angin di atas jendela bisa Pins aplikasikan menggunakan kaca nako. Kaca satu ini bisa Pins buat dengan model minimalis dengan engsel pembuka. Tipe lubang angin satu ini dapat berfungsi ganda, selain tempat mengalirkan udara juga dapat ditutup hanya untuk tempat masuknya cahaya matahari. Modelnya fleksibel dan tentunya modern.

Dikarenakan tempat lubang angin yang bisa dicapai hanya menggunakan tangga. Pins bisa menjadwalkan pembukaan penutupan setiap minggunya. Selain di atas jendela, desain seperti ini bisa Pins tempatkan pula di atas pintu kamar tidur maupun ruang keluarga.

Lubang Angin di Atas Jendela Bahan Aluminium

(Biggo)

Selanjutnya model lubang angin diatas jendela berbahan aluminium. Lubang angin satu ini cuup praktis dengan tampilan yang simpel. Lubang angin satu ini banyak dipakai pada hunian maupun perkantoran. Beberapa juga banyak menaruhnya pada ruang di kamar mandi maupun hunian. Tidak hanya itu, beberapa tempat yang sulit dijangkau dan memerlukan sirkulasi udara juga bisa menggunakan model satu ini.

Ukurannya sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak hanya itu Pins model lubangnya pun bervariasi, tidak hanya vertikal tapi bisa bergaris horizontal. Untuk hunian modern, kamu bisa memadupadankan dengan dapur stainless kesayangan. Dijamin dapur akan semakin menarik.

Tips Memilih Lubang Angin di Atas Jendela yang Tepat Pada Hunian

Model lubang angin diatas jendela memang sangat bervariasi dengan material yang beragam. Namun perlu Pins ingat fungsinya sama yaitu membuat sirkulasi udara di rumah terasa sejuk dan terhindar dari beragam penyakit pernafasan. Nah, sebelum memilih lubang angin rumah yang tepat, Pins harus mengetahui tips pemilihannya sebagai berikut:

  • Bahan lubang angin juga perlu dipikirkan dengan matang saat Pins hendak melakukan pemasangan. Usahakan sesuaikan dengan tipe rumah dan juga fungsi dari lubang angin itu sendiri.
  • Lubang angin yang berada pada dapur, kamar mandi, maupun ruang tamu bisa dikatakan berbeda. Apalagi bila lubang angin ditaruh sekaligus sebagai penambah keindahan estetika bangunan yang berada di luar. Berarti lubang angin rumah harus kokoh dan tahan terhadap cuaca.
  • Setelahnya perhatikan bentuk, pola yang terukir. Sesuaikan penempatan, salah satu nya seperti roster berbahan keramik yang cocok ditempatkan di dalam rumah.
  • Sesuaikan dengan anggaran yang dimiliki dan perhitungkan lebar lubang dari roster yang Pins inginkan.

Bagaimana, cukup beragam bukan pilihan model lubang angin di atas jendela. Hal yang terpenting adalah Pins bisa memaksimalkan fungsi dari lubang angin tersebut agar tidak terkesan sia-sia dipasang. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Desain Ventilasi Rumah yang Baik Tak Hanya Mewah Tetapi Juga Menyehatkan


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel