Pinhome

Peta Provinsi Riau Lengkap dengan Perbatasan Wilayah

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 2 March 2022 ∙ 4 menit membaca

Riau adalah salah satu wilayah dari 34 provinsi di Indonesia yang terletak di tengah pulau Sumatra, tepatnya di bagian tengah pantai timur Pulau Sumatra, yaitu di sepanjang pesisir Selat Melaka. Berikut ini gambaran lengkap peta Provinsi Riau dan perbatasan wilayahnya.

Letak Geografis Riau

Secara geografis Provinsi Riau yang beribu kota di Pekanbaru ini terletak pada posisi 02°25′ LU-01°15° LS dan 100°03′-104°00′ BT. Wilayahnya cukup luas dan berada di bagian tengah Pulau Sumatra. Provinsi Riau berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatra Utara dan Selat Malaka di sebelah utara.

Bersama dengan Provinsi Kepulauan Riau, Selat Malaka masih menjadi pembatas alami di bagian timur. Batas provinsi bagian selatan berupa wilayah Provinsi Jambi dan Sumatera Barat. Sementara itu, batas sebelah barat adalah Provinsi Sumatra Barat dan Sumatera Utara.

Secara umum wilayah Provinsi Riau berupa hamparan pegunungan, dataran rendah, dan kepulauan. Daerah pegunungan terhampar di bagian barat, yaitu Pegunungan Bukit Barisan. Semakin ke timur kontur tanahnya semakin menurun berupa dataran rendah. Di lepas pantai bagian timur bertebaran pulau-pulau, baik besar maupun kecil.

Peta Provinsi Riau

Peta Atlas Riau
Peta Atlas Riau

Berdasarkan gambar di atas, wilayah Provinsi Riau diapit oleh dua kenampakan alam yang sangat kontradiktif, yaitu Pegunungan Bukit Barisan dan perairan Selat Malaka. Posisi yang demikian ini tentu sangat mempengaruhi kondisi iklim dan cuaca setempat. Jika peta Provinsi Riau di atas masih terasa kurang jelas, kamu bisa melihat lebih jelasnya di peta Riau lengkap dengan nama kabupaten dan kota.

Iklim dan Cuaca

Secara umum Provinsi Riau beriklim tropis basah yang dipengaruhi dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Curah hujan rata- rata yang diterima wilayah Provinsi Riau antara 2.000 – 3.000 mm/ tahun dengan rata-rata hujan per tahun sebanyak 160 hari.

Daerah yang paling banyak menerima hujan yaitu Kabupaten Rokan Hulu dan Kota Pekanbaru. Sementara itu, daerah yang paling sedikit menerima hujan adalah Kabupaten Siak. Suhu udara rata-rata Provinsi Riau sebesar 25,9°C dengan suhu maksimun mencapai 34,4°C dan suhu minimum mencapai 20,1° C.

Suhu tertinggi terjadi pada wilayah perkotaan di pesisir pantai. Sebaliknya, suhu terendah meliputi wilayah gunung dan pegunungan yang tinggi. Kelembapan udara rata-rata dapat mencapai angka 75%. Sedikit berbeda untuk wilayah kepulauan di wilayah bagian timur dipengaruhi juga sifat-sifat iklim laut.

Pemekaran Provinsi

Sebelum dimekarkan menjadi Provinsi Kepulauan Riau tahun 2002, Provinsi Riau mempunyai wilayah seluas 329.867,61 km2 yang terdiri atas 235.306 km2 lautan dan 94.561,61 km2 daratan. Setelah pemekaran luas itu berkurang menjadi 107.932,71 km2 yang meliputi 18.782,56 km2 iautan dan 89.150,15 km2 daratan.

Kabupaten Indragiri Hilir dengan luas 13.798,37 km2 merupakan daerah administrasi terluas, sedangkan Kota Pekanbaru dengan luas 633,00 km2 menjadi daerah administrasi terkecil.

Secara administratif Provinsi Riau juga mengalami perubahan. Sebelum, pemekaran, daerah administrasi Provinsi Riau berjumlah enam belas. Sekarang setelah enam tahun pemekaran provinsi, Provinsi Riau mempunyai 12 daerah administrasi yang terdiri atas 10 kabupaten, 2 kota, 141 kecamatan, dan 1.517 desa/kelurahan.

Tabel Data Wilayah

Perhatikan tabel data wilayah Provinsi Riau Tahun 2007 di bawah ini:

Gambar Tabel Data Wilayah Provinsi Riau Tahun 2007
Sumber: Riau Dalam Angka 2007
Data diolah dari Riau Dalam Angka 2007 (Riau In Figure 2007) dan UU Nomor 12 Tahun 2009 tentang Pembentukan Kabupaten Kepualauan Meranti. Pemekaran dari Kabupaten Bengkalis

Demikianlah sekilas ulasan tentang peta Provinsi Riau beserta letak geografisnya, semoga artikel ini bisa menambah wawasanmu ya, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia