Letak Astronomik, Geologik, dan Geografik Indonesia

Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ September 9, 2022 ∙ 6 menit membaca

Perlu diketahui, bahwa letak suatu wilayah di permukaan bumi itu dapat ditinjau dari berbagai sudut, yaitu letak astronomik, letak geologik, letak sosial, politik, ekonomik dan letak geografik, atau dinamakan juga letak geografis. Lalu, bagaimanakah letak Astronomik, Geologik, dan Geografik Indonesia? Marilah kita uraikan secara sekilas mengenai hal-hal tersebut.

Baca Juga:

Letak Astronomik Indonesia

Secara astronomik, wilayah Republik Indonesia terletak antara 95 derajat Bujur Timur dengan 141 derajat Bujur Timur, dan antara 6 derajat Lintang Utara dengan 11 derajat Lintang Selatan.

Artinya bagian paling Barat wilayah negara Indonesia terletak pada garis Bujur Timur 95 derajat, bagian paling timur terletak pada Bujur Timur 141 derajat, antara Pulau We dengan batas Irian Jaya – Papua Nugini

Bagian paling utara yaitu Pulau We terletak pada 6 derajat Lintang Utara, sedangkan yang paling selatan yaitu pantai selatan Pulau Roti (Rote) dilalui garis lintang 11 derajat Selatan.

Akibat letak astronomik seperti itu, seluruh wilayah Indonesia terletak di daerah iklim tropika dan di wilayah itu terdapat 3 daerah waktu, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), WITA (Waktu Indonesia Tengah), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).

Baca Juga:

Peta Indonesia

(Asiasociety.org)

Agar lebih jelas anda bisa mengunjungi artikel Peta Indonesia

Letak Geologik Indonesia

Secara geologik, wilayah Indonesia sebagai berikut:

  1. Terletak pada pertemuan dua deretan pegunungan lipatan muda Sirkum Pasifik dan Mediterania.
  2. Merupakan tempat pertemuan antara tiga lempeng litosfera, yaitu lempeng Asia yang relatif stabil, lempeng Indo-Australia yang meliputi lempeng Indo-Australia yang meliputi lempeng dasar Samudera India dan yang bergerak ke arah utara dan yang ketiga lempeng dasar lautan Pasifik yang bergerak ke arah Barat-Barat Daya.

Teori mutakhir dalam dunia geologi ialah Teori Tektonik Lempeng (Plate Tectonik Theory) yang merupakan kelanjutan dan perbaikan dari teori Pengapungan Benua (Continental Drift) yang pernah dikemukakan oleh Wegener (1912). Tektonik Lempeng dalam perkembangannya dapat menerangkan secara gamblang hal-hal yang tidak dapat dijelaskan dengan teori Pengapungan Benua.

Baca Juga:

Menurut Konsepsi Tektonik Lempeng, bagian paling atas kulit bumi itu merupakan lapisan kaku berketebalan 75 sampai 125 km. Lapisan yang padat itu terpecah-pecah menjadi tidak kurang dari selusin bagian yang besar dan banyak lagi bagian yang lebih kecil.

Bagian-bagian litosfera itu terdiri atas lempeng-lempeng, yaitu suatu bentukan yang ukuran mendatarnya (panjang dan lebarnya) jauh lebih besar daripada tebalnya. Itulah sebabnya teori ini dinamakan Tektonik lempeng.

Lempeng-lempeng itu masing-masing bergerak menjauh dari tempat awal tumbuhnya, yaitu berupa pemunculan di tengah samudera, kemudian pada bagian lain bertumbukan dengan lempeng lain, sehingga lempeng yang satu menyesar ke bawah lempeng yang lain dengan membentuk penekukan.

Pada bagian lain dua buah lempeng yang berdampingan membentuk pergeseran horisontal. Gerakan pergeseran itu sekitar 10 cm dalam setahun.

Baca Juga:

Pertemuan Lempeng Asia dengan Lempeng Indo Australia

Pertemuan antara Lempeng Asia dengan Lempeng Indo Australia terdapat di lepas pantai Barat Sumatra, Selatan Jawa, Bali, dan Nusatenggara. Di bagian itu Lempeng Dasar Samudra India yang merupakan bagian dari Lempeng Indo Australia menekuk ke bawah tepi Selatan Lempeng Asia, sehingga di sepanjang pertemuan dua lempeng tersebut sebagai berikut:

  1. Terbentuk palung laut yang memanjang, mulai dari lepas pantai Barat Sumatra, lepas pantai Selatan Jawa terus ke Timur.
  2. Terjadi pembengkakan lempeng pada bagian lempang Asia sepanjang daerah pertemuan tersebut, yaitu Bukit Barisan, pegunungan sepanjang Pulau Jawa serta deretan pulau-pulau Nusa Tenggara.
  3. Terjadi pergesekan dua lempeng yang menimbulkan panas dan membentuk lava, lalu keluar membentuk gunung api. Gunung api aktif di Indonesia terdapat di sepanjang jalur itu.
  4. Akibat pergesekan itu pula, terjadilah getaran-getaran kulit bumi yang merambat sampai ke permukaan bumi. Daerah ini merupakan daerah yang kaya akan hiposentra gempa.
letak astronomik geologik dan geografik indonesia
(Bintangasik.com)

Daerah tempat dua lempeng berbatasan :

  1. Lempeng yang saling menjauh, yaitu tempat lempeng mulai tumbuh di dasar samudera.
  2. Tempat lempeng-lempeng saling bertumbukan. 1. Palung laut, 2. Pembengkakan lempeng, Vulkanisme, 4. Hiposentra gempa.
  3. Dua lempeng bergesekan horisontal.

Letak Geografik Indonesia

Letak geografik, yaitu letak suatu region dilihat dari bagian permukaan bumi yang lain. Secara geografik, wilayah Republik Indonesia terletak antara dan benua, yaitu Asia dengan Australia dan antara dua samudera, yaitu Samudera India dan Pasifik. Letak seperti itu menempatkan wilayah negara kita pada posisi silang yang mempunyai akibat secara fisikal, sosial, ekonomik maupun politik.

Letak Indonesia di antara dua benua, yang satu di Utara dan yang satu lagi di Selatan khatulistiwa, menyebabkan Indonesia dipengaruhi iklim muson atau iklim musim, yaitu iklim yang memiliki dua musim : hujan dan kemarau, karena perubahan arah angin tiap setengah tahun dengan arah yang berlawanan. Lebih lanjut mengenai iklim ini akan dibicarakan pada bagian lain.

Baca Juga:

Apabila kita ingat akan sejarah perpindahan bangsa-bangsa dari Asia, wilayah negara kita merupakan tempat permukaannya yang baru. Pertemuan antara penduduk asli dengan para pendatang itu membentuk nenek moyang bangsa Indonesia.

Bukan hanya orangnya, kebudayaannya pun merupakan kebudayaan para pendatang itu yang berkembang sendiri-sendiri di tempat yang berlainan, dengan lingkungan geografik yang berbeda. Lahirlah kelompok sosial serta budaya yang beraneka ragam di seluruh wilayah negara Indonesia. Semua itu adalah antara lain karena letak geografik tanah air Indonesia.

Dewasa ini perjalanan melalui air maupun udara antara Asia dengan Australia melalui pelabuhan-pelabuhan dan pangkalan udara yang ada di Indonesia. Indonesia merupakan tempat persinggahan kapal laut maupun pesawat terbang yang menghubungkan kota-kota di Asia dan Australia.

Bukan itu saja, kapal-kapal dari Asia Timur, seperti Jepang dan Cina yang akan menuju Asia Selatan tentu harus melalui perairan negara kita . Demikian pula kapal-kapal dari Samudera Pasifik ke Samudera India dan sebaliknya, tak sedikit yang melalui perairan Indonesia.

Dengan begitu, negara kita dapat mengambil keuntungan dari fasilitas angkutan tersebut berupa penggunaan jasa angkutan, penjualan bahan bakar, pemungutan bea, tambahan lapangan pekerjaan dan sebagainya.

Yang tak dapat diabaikan akibat dari letak geografik ini, ialah pengaruh politik yang dirasakan oleh Republik Indonesia dari negara tetangga di Asia maupun Australia.

Itulah Letak Astronomik, Geologik, dan Geografik Indonesia, semoga menambah wawasan geografi bagi para pembaca.

Baca juga:

Featured Image Source: Mediaindonesia.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Crypto Wallet? Pengertian dan Cara Memakainya

Pada era modern ini, berkembangnya teknologi sudah banyak sekali memberikan manfaat kepada hidup ma

Finansial
Finansial BI Rate Naik? Cari Tahu Dulu Kebenarannya! (Edisi YoY Oktober & November)

#WaktunyaBeliRumah - Apakah Pins sadar, biaya yang dikeluarkan untuk transaksi bisnis properti tida

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP 6 Jutaan, Harga Mid-Range Berasa Flagship!

Jika Pins menginginkan HP mid-range dengan kualitas flagship, maka rekomendasi HP 6 jutaan adalah j

Finansial
Finansial 15 NFT Game yang Tak Hanya Seru, Tapi Juga Menghasilkan Cuan!

Sebagai bentuk investasi aset digital yang menjanjikan, banyak orang yang mencoba untuk mempelajari

Finansial
Finansial Apa itu Copy Trade? Ini Fungsi dan Cara Menggunakannya

Ada banyak sekali istilah dalam dunia trading yang mungkin terdengar asing untuk kamu yang masih pe

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia