BlogLifestyleTeknologi6 Cara Mudah Atasi Layar Mati saat Telepon WhatsApp
0
0

6 Cara Mudah Atasi Layar Mati saat Telepon WhatsApp

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Sep 27, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
layar mati saat telepon whatsapptop-right-banner

Saat menerima telepon WhatsApp, ada saatnya layar HP mati secara otomatis. Fenomena layar mati saat menggunakan telepon WhatsApp mungkin sering dialami banyak orang. Hal ini terutama berlaku dalam situasi sibuk atau saat ponsel terkunci.

Meskipun terdengar tidak begitu mengganggu, hal ini tentu bisa memengaruhi kehidupan sehari-hari. Sebut saja ketika Pins tengah mencari rumah di Tanah Abang, mengevaluasi estimasi nilai properti, atau mencari rumah di sekitar Pasar Tanah Abang yang ramai. Itu sebabnya, kenali apa saja penyebab layar ponsel mati saat telepon WA dan bagaimana cara mengatasinya di bawah ini!

Penyebab layar mati saat telepon WhatsApp

Layar mati ketika menerima atau menggunakan telepon WhatsApp tentu tidak terjadi tanpa alasan. Ada beragam hal yang bisa membuat fenomena ini terjadi dan tentu bisa kamu ketahui dengan mudah, tidak seperti saat menyadap WA pacar, bukan? Berikut beberapa penyebabnya!

Baca juga: Cara Menyimpan Foto dari WhatsApp ke Galeri Android dan PC

1. Menghemat baterai

layar mati saat telepon whatsapp

Salah satu alasan utama mengapa layar HP bisa mati secara otomatis saat menerima panggilan WhatsApp adalah untuk menghemat daya baterai. Sensor-proximity yang ada di sebagian besar smartphone bertanggung jawab dalam menentukan apakah layar harus tetap aktif atau mati saat telepon.

Ketika Pins menerima panggilan atau melakukan panggilan melalui WhatsApp, sensor ini mendeteksi dekatnya permukaan wajah atau objek lain yang bisa menutupi layar, seperti telinga. Tujuannya adalah menghindari kejadian layar menyentuh wajah yang dapat mengganggu percakapan dan juga untuk menghemat baterai.

Hal ini sangat berguna, terutama saat panggilan berlangsung dalam waktu yang lama. Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa di beberapa situasi. Misalnya, ingin melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus di iPhone, Pins mungkin perlu menyentuh layar untuk mengaktifkan kembali tampilan.

2. Mencegah tidak sengaja tertekan

Layar HP yang mati secara otomatis saat menerima telepon WhatsApp bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu penyebab umumnya adalah untuk mencegah gangguan yang tidak disengaja selama panggilan berlangsung.

Saat layar dalam keadaan menyala, ada risiko tersenggol atau menekan tombol-tombol yang dapat mengakibatkan gangguan pada panggilan. Misalnya, tidak sengaja menekan tombol “end call” atau tombol lainnya yang dapat mengakhiri panggilan dengan tidak sengaja.

3. Mengurangi panas di HP

Dengan layar mati, sentuhan tangan atau permukaan wajah yang berada di dekat layar tidak akan secara tidak sengaja mengganggu percakapan. Hal ini memberikan kenyamanan yang lebih saat HP digunakan untuk menelepon. Ini karena HP cepat panas ketika dipakai untuk menelpon.

Selain itu, pengurangan panas ini memiliki manfaat jangka panjang karena dapat membantu menjaga komponen HP agar lebih awet dan memperpanjang umur perangkat. Alhasil, layar HP yang mati secara otomatis juga membantu dalam menjaga performa dan ketahanan perangkat dalam jangka panjang.

Baca juga: Cara Membuat Nada Dering WhatsApp Freets Dengan FreeTTS MP3

4. Melindungi privasi pengguna

cara mengunci whatsapp di iphone
Source : pexels

Ketika sedang dalam panggilan, layar yang mati membuat privasi menjadi lebih terjaga karena layar tidak akan menampilkan konten atau informasi yang mungkin tidak ingin dilihat oleh orang lain di sekitar. Ini dapat membantu menghindari situasi di mana seseorang tanpa sengaja melihat pesan atau data pribadi yang muncul di layar selama panggilan.

Cara mengatasi layar mati saat telepon WhatsApp

Jika merasa terganggu dengan layar Whatsapp mati saat telepon, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa menggunakan langkah mengatasi layar Whatsapp mati saat telepon di bawah ini.

1. Menonaktifkan sensor jarak

Untuk mengatasi layar HP yang mati saat menerima panggilan WhatsApp, yang disebabkan oleh sensor jarak pada perangkat, Pins dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Pengaturan atau Setting pada HP Anda.
  2. Cari menu pengaturan panggilan atau Setelan Panggilan.
  3. Pilih opsi “Setelah Panggilan Masuk.”
  4. Temukan. pilihan “Sensor Jarak.”
  5. Jika ingin menonaktifkan sensor jarak, cukup ketuk satu kali untuk mematikannya.
  6. Keluar dari pengaturan.

Setelah mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat menguji perangkat dengan melakukan atau menerima panggilan. Jika layar masih mati saat dekat dengan wajah, ini mungkin berarti bahwa sensor jarak pada HP sudah dalam keadaan nonaktif sejak awal. Sementara itu, mengikuti langkah ini justru akan mengaktifkannya kembali.

Cara mematikan sensor jarak ini berlaku pada sebagian besar merk HP Android, dan prinsipnya adalah mencari menu pengaturan panggilan. Harap dicatat bahwa pada beberapa HP, seperti Xiaomi, pengaturan ini mungkin terletak di dalam menu aplikasi sistem. Dengan langkah-langkah ini, kamu dapat mengendalikan kembali kapan layar HP Anda akan mati atau tetap hidup selama panggilan WhatsApp.

Baca juga: Cara Menghapus Coretan di WhatsApp (WA)

2. Memakai kode rahasia

Mudah! 4 Cara Cek Tagihan Telpon Rumah Online

Jika HP tidak memiliki opsi untuk menonaktifkan sensor jarak, kamu masih memiliki alternatif lain untuk mengatasi layar WhatsApp yang mati saat menerima panggilan. Pins dapat menggunakan kode rahasia khusus yang telah disediakan. Ada dua pilihan kode rahasia yang dapat dicoba, yaitu ##64663## dan ##6484##. Untuk mengatasi masalah ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Telepon salah satu dari kode rahasia di atas seperti biasa, lalu pilih opsi “Proximity.”
  2. Segera tutup bagian sensor yang terletak di samping kamera depan Anda, karena Anda akan diarahkan ke tahap kalibrasi.
  3. Tahan sensor tersebut tertutup selama 4 detik, kemudian buka kembali dan tutup kembali selama 4 detik.
  4. Ulangi langkah ini sebanyak 3 kali.
  5. Setelah itu, klik tombol “Pass.”

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat mencoba mengatasi masalah layar mati saat menerima panggilan WhatsApp dengan menggunakan kode rahasia khusus. Jika ini berhasil, Pins akan dapat mengendalikan sensor jarak pada HP dengan lebih baik. Selain itu, jika ingin tahu tentang cara scan dokumen di HP, kamu dapat mengeksplor berbagai aplikasi dan fitur yang tersedia untuk melakukan tugas ini secara efisien.

3. Memeriksa bagian fisik sensor

Layar HP yang mati saat menerima telepon WhatsApp ternyata bisa disebabkan oleh bug atau sensor yang tertutup kotoran atau debu. Salah satu tandanya adalah layar HP terus-menerus mati saat digunakan dan tidak mau menyala lagi. Untuk mengatasi hal ini, Pins bisa mengikuti beberapa langkah berikut:

  1. Bersihkan bagian sensor proximity dengan lembut menggunakan tisu atau kain lembut lainnya. Sensor proximity biasanya berlokasi di bagian atas layar.
  2. Jika HP memakan tempered glass atau pelindung layar lainnya, coba lepaskan sementara waktu.

Perlu diingat bahwa terkadang pelindung layar bisa memengaruhi kinerja sensor proximity. Jika dilepaskan sementara waktu, ini setidaknya bisa membantu mengatasi layar HP yang mati.

Dengan melakukan langkah-langkah pembersihan ini, kamu dapat mencoba mengatasi masalah sensor proximity yang menyebabkan layar HP mati sendiri saat menerima panggilan WhatsApp.

Baca juga: 10 Cara Menghilangkan Iklan di HP Oppo, Mudah!

4. Mereset HP

Jika masalah layar HP yang mati saat menerima panggilan WhatsApp tetap berlanjut, kamu dapat mencoba melakukan reset pada HP. Terkadang, masalah ini dapat disebabkan oleh masalah sistem yang dapat diatasi melalui reset. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka menu Setelan pada HP Android Anda.
  2. Selanjutnya, masuk ke menu “Cadangkan Dan Setel Ulang.”
  3. Pilih opsi “Kembalikan HP Ke Setelan Pabrik.”
  4. Lanjutkan dengan mengikuti proses reset yang diinstruksikan.

Dengan melakukan reset HP ke setelan pabrik, Pins dapat mengatasi masalah sistem yang mungkin menyebabkan layar mati saat menerima panggilan WhatsApp. Namun, harap diingat bahwa langkah ini akan menghapus semua data dan pengaturan pada HP. Jadi pastikan untuk melakukan cadangan terlebih dahulu jika kamu memiliki data penting yang ingin disimpan

5. Memanfaatkan headset

layar mati saat telepon whatsapp headset

Salah satu solusi yang bisa kamu terapkan adalah menggunakan headset saat menelepon. Dengan menggunakan headset, Pins dapat menjaga layar tetap menyala ketika ingin melakukan panggilan di WhatsApp. Pasalnya, HP tidak perlu didekatkan ke wajah.

Ini akan membantu menghindari sensor proximity yang mungkin tidak berfungsi dengan baik pada HP. Pastikan headset yang kamu gunakan sudah mendukung fitur mikrofon agar kamu dapat berkomunikasi dengan lancar selama panggilan. Dengan cara ini, Pins dapat terus menggunakan WhatsApp tanpa terganggu oleh layar yang mati saat menerima panggilan.

6. Memperbaiki HP

Jika sudah mencoba beberapa cara di atas dan layar HP masih tetap mati saat telepon WhatsApp, ada baiknya melakukan servis. Ini karena masalah tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh masalah pada sensor proximity. Masalah ini bisa menyebabkan sensor yang salah atau tidak akurat.

Sementara itu, servis HP setidaknya bisa mengetahui dan memperbaiki sensor tersebut oleh teknisi berpengalaman. Perlu diingat, biaya servis HP mungkin bervariasi sehingga ada baiknya kamu menghubungi langsung pusat servis HP atau service center. Ini juga berlaku untuk HP dengan baterai tanam, ya!

Baca juga: 17 Merk HP dengan Kamera Terbaik 2023 dan Spesifikasinya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download