12 Rekomendasi Laptop Untuk Video Editing, Konten Kreator Wajib Tahu!

Diperbarui oleh M. Agung Septyanto ∙ November 29, 2022 ∙ 21 menit membaca

Mengedit video bagi konten kreator tentu saja sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Bahkan, para konten kreator besar kerap kali merekrut video editor untuk membantu memenuhi kebutuhan konten yang ingin dibuat. Oleh karena itu, kebutuhan laptop untuk video editing juga menjadi tinggi. 

Berbeda dengan 2 dekade yang lalu, saat ini siapapun dapat dengan mudah menjadi editor video. Dengan semakin banyaknya platform yang mempublikasikan karya mereka dalam format video, perangkat lunak pengeditan video yang dulunya sangat terbatas kini dapat diakses dengan mudah oleh semua orang. Tidak hanya itu, perkembangan teknologi juga telah memungkinkan perangkat komputer rumahan seperti laptop untuk melakukan dan mendukung tugas pengeditan video. 

Namun jangan salah, tidak semua laptop didesain sebagai perangkat video editing. Dari kualitas layar hingga spesifikasi hardware, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebuah laptop agar menjadi perangkat video editing yang sempurna. 

Laptop yang memenuhi persyaratan tersebut tidak hanya akan mampu menjalankan aplikasi edit video, tetapi juga akan membuat proses edit video menjadi lebih mudah dan nyaman serta tentunya memastikan bahwa video yang dihasilkan sesuai dengan yang Pins inginkan. Yuk kita cek artikel ini bersama-sama!

Baca juga: 10 Rekomendasi Laptop Gaming 5 Jutaan, Dijamin Support PUBG dan GTA V!

Pentingnya Performa Dan Spesifikasi Laptop

Aplikasi editing seperti video editor membutuhkan spesifikasi laptop yang lebih tinggi dibandingkan aplikasi sehari-hari atau kantoran. Agar laptop khusus video editing berjalan dengan lancar, Pins harus menggunakan prosesor seri terbaru atau high performance seperti Intel Core H Series atau AMD Ryzen H Series. Prosesor tersebut lebih bertenaga dibandingkan dengan prosesor yang fokus pada mobilitas seperti Intel Core U Series atau AMD Ryzen U Series. 

Selain prosesor, Pins juga harus mempertimbangkan jenis graphic card, RAM, dan memori penyimpanan. Tujuannya agar pengeditan video berjalan lebih lancar, laptop untuk video editor sebaiknya memiliki graphic card seperti NVidia GeForceRTX atau GTX. Sementara untuk kebutuhan lainnya, kapasitas RAM sebesar 8GB DDR4 merupakan standar minimum bagi sebuah laptop video editing, sedangkan untuk memori penyimpanan sudah wajib menggunakan PCIe SSD agar waktu loading saat menjalankan aplikasi menjadi lebih singkat. 

Memperhatikan Kemampuan Rendering Warna Layar Harus Tinggi

Tidak semua laptop memiliki kualitas layar yang sama. Setiap layar laptop memiliki kemampuan rendering warna yang berbeda. Layar laptop dengan perenderan warna tinggi sering disebut gamut warna atau ruang warna, lebih cocok untuk editor video yang perlu mengetahui setiap detail warna dalam video yang sedang diproses. Apabila Pins menggunakan laptop yang layarnya tidak mampu merender banyak warna secara langsung tentunya akan mempengaruhi kualitas video yang telah kamu buat.

Sebagian besar layar laptop menggunakan color gamut sRGB sebagai standar. Namun khusus untuk video editor, layar laptop yang digunakan sebaiknya sesuai dengan standar yang digunakan industri film saat ini yaitu DCI-P3. Layar laptop dengan color gamut 100% DCI-P3 dapat memproduksi lebih banyak warna dalam color gamut 100% sRGB. Ini berarti layar laptop dengan color gamut DCI-P3 100% dapat menampilkan gambar dengan warna yang lebih kaya. 

Keakuratan Warna Ketika Rendering Video

Selain keharusan dalam menghasilkan banyak warna, layar laptop untuk para editor video harus secara akurat mewakili setiap warna yang dihasilkan. Hal ini sangat penting untuk menjaga konsistensi kualitas video yang dihasilkan. Pada laptop dengan layar yang tidak dapat rendering warna secara akurat, warna video mungkin terlihat sangat berbeda saat diputar di perangkat lain. 

Agar layar laptop dapat rendering warna secara akurat, layar tersebut harus dikalibrasi menggunakan alat khusus. Namun belakangan ini, ada juga laptop dengan layar yang dikalibrasi sehingga rendering warna sangat akurat sejak awal. Laptop ini biasanya dilengkapi dengan sertifikasi seperti PANTONE Validated Display. Ini berarti layar dikalibrasi dengan standar warna yang ditetapkan oleh PANTONE, organisasi profesional yang menentukan standar warna untuk berbagai industri. 

Kemampuan Layar Dalam Mendukung Fitur Visual Modern

Agar dapat menghasilkan karya video secara maksimal, layar laptop khusus untuk video editing juga harus mendukung fitur visual modern. High Dynamic Range atau HDR adalah salah satunya. Video editor juga bisa memproduksi karyanya dalam format HDR di layar laptop yang sudah mendukung kemampuan HDR yang kini sudah didukung oleh platform video sharing populer seperti YouTube atau TikTok. 

Selain HDR, layar laptop untuk edit video juga harus memiliki waktu respon yang cepat (minimal 3 ms). Waktu respon biasanya diasosiasikan dengan game, tetapi layar dengan waktu respon cepat juga dapat membantu editor video melihat detail visual yang lebih baik dalam video yang sedang mereka kerjakan. Hal ini dikarenakan semakin cepat kecepatan respon layar, maka semakin baik pula layar dapat menampilkan motion atau pergerakan gambar secara lebih baik. 

Konektivitas Laptop Yang Harus Kompeten

Banyak editor video profesional menggunakan alat pendukung tambahan. Tidak hanya mouse saja, perangkat lain seperti external storage, monitor tambahan bahkan alat kontrol khusus untuk video editing pun banyak beredar dan semuanya tentu harus terkoneksi dengan laptop. Untuk alasan ini, laptop pengedit video harus memiliki port pendukung seperti HDMI, USB Type-A, dan USB Type-C untuk memberikan fleksibilitas yang lebih besar kepada editor video dalam menghubungkan perangkat yang didukung. Editor video juga membutuhkan koneksi internet yang stabil. Teknologi WiFI 6 memungkinkan laptop Pins terhubung ke internet dengan cepat dan stabil untuk mengedit video. 

Setelah Pins mengetahui syarat-syarat minimum sebuah laptop untuk editing video, maka berikut ini rekomendasi laptop yang sesuai dengan kebutuhan kamu Pins. Yuk kita lihat apa saja yah!

MacBook Pro 13 M2 (2022)

(apple.com)

Dukungan eGPU dihilangkan sejak Apple menggunakan cip bikinan sendiri pada jajaran laptopnya. eGPU tetap tak bisa disambungkan ke MacBook walau port Thunderbolt tersedia. Namun, Apple mengklaim, kemampuan GPU integrated SoC bikinan mereka sudah cukup powerful.

MacBook Pro 13 M2 (2022) – yang memakai SoC M2 – pun layak diandalkan sebagai perangkat content creation. Kemampuan olah grafis laptop ini disebut mengalami peningkatan. Kalau dibandingkan dengan MacBook Pro terakhir yang pakai prosesor Core i7, laptop ini 6x lebih cepat dalam menyelesaikan tugas rendering video.

Ia juga lebih cepat 1,4x dibanding MacBook Pro M1, untuk skenario pemakaian yang sama. Klaim performa olah grafis ini adalah kabar yang cukup melegakan bagi editor video. Namun, SoC bukan satu-satunya faktor yang menjamin kenyamanan mengedit video di laptop seharga Rp21,9 jutaan ini.

Ada faktor lain seperti layar Retina Display dengan cakupan warna yang luas dan akurat, keyboard taktil dengan feedback yang pas, serta dukungan ribuan aplikasi editing yang sudah dioptimasi agar berjalan lancar di SoC M2 (berbasis ARM).

Berikut spesifikasi MacBook Pro 13 M2 (2022):

  • Layar: 13,3 inci, LED-backlight IPS (Retina Display), 2560 x 1600 piksel, P3 color gamut
  • Processor: Apple M2 SoC (8 core CPU: 4 PCore+ 4 ECore; 16 core neural engine)
  • Graphic Card: 10 core GPU
  • RAM: 8 GB unified memory
  • Storage: 256 GB SSD
  • Optical Drive: – 
  • Konektivitas: WiFI 6, Bluetooth 5,
  • Port: 1x jack audio 3,5 mm, 2x Thunderbolt (charging, display out, data transfer; support Thunderbolt 3, USB 4, USB 3.1 Gen 2)
  • Baterai: 58.2 Wh (video playback hingga 20 jam)

Untuk harga, laptop MacBook Pro 13 M2 (2022) dibanderol mulai dari Rp 20.799.000,-

MSI Creator Z17A12UGST

(msi.com)

Dari namanya saja sudah ketahuan bahwa laptop yang satu ini diciptakan buat pekerja kreatif. Inilah MSI Creator Z17 A12UGST yang bisa ditebus di toko online dengan harga Rp51,9 jutaan. Banderol harga ini tidaklah terlalu mahal jika sang laptop Pins jadikan sebagai alat pencari pendapatan.

Karya-karya sinematik yang berkualitas bisa Pins lahirkan dari laptop yang satu ini. Kemampuannya membuat kamu tak akan keki. MSI Creator Z17 siap sajikan kecepatan mengedit video yang sip berkat kombinasi prosesor Core i9 H Series generasi ke-12 dan kartu grafis RTX 3070 Ti.

Ia pun didukung penyimpanan SSD PCIe Gen 4.0 dan RAM DDR5. Semua terasa cepat, tidak ada lag kendati Pins menggarap video secara multitasking. Bekerja semakin menyenangkan karena layar IPS 17 inci laptop ini memiliki akurasi warna yang baik lantaran lolos verifikasi dari Calman, lembaga kalibrasi warna.

Selain itu, layar sang laptop mendukung sentuhan. MSI pun menyertakan pena stylus MSI Pen dalam paket penjualan. Pins tidak hanya bisa melakukan navigasi dengan MSI Pen, tapi juga melakukan seluruh aksi secara langsung terhadap pekerjaan. Hal itu membuat kerja kamu jadi lebih efisien ketimbang menggunakan mouse.

Berikut spesifikasi MSI Creator Z17A12UGST:

  • Layar: 17″ 16:10 QHD+ 165Hz DCI-P3 100% Finger Touch panel (support Pen Touch)
  • Processor: Intel Core i9-12900H, 6 PCore, 8 ECore; 20 thread; up to 5 GHz
  • Graphic Card: NVIDIA GeForce RTX 3070Ti GDDR6 8GB
  • RAM: 32 GB DDR5 (16 GBx2 SODIMM), Max 64 GB
  • Storage: 2TB NVMe PCIe Gen4x4 SSD, satu slot kosong SSD M.2
  • Optical Drive: – 
  • Konektivitas: WiFI 6e, Bluetooth 5,
  • Port: 2x Thunderbolt 4, 1x Type-A USB3.2 Gen2, 1x SD Card Reader, 1 x HDMI2.1, 1x Audio Combo Jack
  • Baterai: 4 cell, 90Whr

Untuk harga, laptop MSI Creator Z17A12UGST dibanderol mulai dari Rp 51.799.000,-

ASUS VivoBook Pro 16X OLED N7601ZM

(asus.com)

Merupakan hal yang lumrah jika laptop gaming dan laptop kreator memiliki konsumsi daya yang lebih ketimbang laptop standar. Hal ini karena komponen berperforma tinggi yang dikandungnya menyedot daya ekstra, termasuk prosesor dan kartu grafis.

Lalu bagaimana jika laptop kreator seperti ASUS Vivobook Pro 16X OLED N7601ZM digunakan untuk pemakaian standar? Ternyata daya tahan baterai 90 bisa diandalkan. Ia bisa memutar video lokal hingga belasan jam. Skenario lain seperti video call kemungkinan besar juga sama awetnya.

Daya tahan baterai yang baik ini tak lain karena prosesor yang diusung adalah Core i9 H Series Gen 12, yang sudah menerapkan CPU dengan dua jenis core berbeda. Core efisiensi tentu akan aktif saat beban kerja yang ditangani terbilang ringan.

Tidak hanya itu, VivoBook Pro 16X OLED ini dibekali teknologi pengisian cepat via port USB C. Mengecas 30 menit sudah bikin baterainya terisi 50%. Adapun fitur-fitur yang disematkan pada laptop Rp32,9 jutaan ini mendukung penuh aktivitas content creation.

Mulai dari layar OLED 4K yang gamut warnanya bisa diatur, DialPad untuk memudahkan input di sejumlah software editing, keyboard dengan ukuran tombol seperti keyboard PC dekstop (19,05 mm), dan port Thunderbolt 4.

Berikut spesifikasi ASUS VivoBook Pro 16X OLED N7601ZM:

  • Layar: 16.0-inch, 4K (3840 x 2400) OLED 16:10 aspect ratio, 60Hz refresh rate, 0.2ms response time, 400 nits
  • Processor: Intel Core i9-12900H, 6 PCore, 8 ECore; 20 thread; up to 5 GHz
  • Graphic Card: NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti GDDR6 8GB
  • RAM: 32 GB DDR5 (16 GBx2 SODIMM), Max 64 GB
  • Storage: 1TB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD
  • Optical Drive: – 
  • Konektivitas: WiFI 6e, Bluetooth 5,
  • Port:  1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support display / power delivery, 1x Thunderbolt 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 FRL, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x RJ45 Gigabit Ethernet, 1x DC-in, 1x Micro SD Express 7.1 card reader
  • Baterai: 4 cell, 90Whr

Untuk harga, laptop ASUS VivoBook Pro 16X OLED N7601ZM dibanderol mulai dari Rp 32.799.000,-

MSI PULSE GL66I9 12900H

(msi.com)

Penampilan MSI Pulse GL66 memang garang. Wajar penampilannya begitu, mengingat laptop ini memang laptop gaming. Meski begitu, laptop ini tetap akan sangat berguna untuk orang yang tidak terlalu doyan main gim. Misalnya seperti video editor.

Melihat dapur pacunya, laptop Rp22 jutaan ini memang layak dipakai untuk edit video level serius. Sebab prosesornya adalah Core i9 H Series generasi ke-12, salah satu yang terkencang dikelasnya. Lalu kartu grafisnya adalah GeForce RTX 3060 yang tentu saja sudah mendukung teknologi ray tracing dan DLSS.

Me-render video 4K dan animasi kelas studio dapat ditangani dengan cukup baik oleh laptop yang satu ini. Menariknya, MSI Pulse GL66 masih dibekali RAM DDR4. Hal ini membuat Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam saat ingin meng-upgrade RAM si laptop.

Fitur keren lain di laptop ini yang mendukung aktivitas edit video adalah layar IPS dengan cakupan warna 100% sRGB, dukungan audio resolusi tinggi, sistem pendinginan dua kipas plus enam heatpipe yang mampu menjaga ketabilan performa.

Berikut spesifikasi MSI PULSE GL66I9 12900H:

  • Layar: 15.6″ QHD 165Hz 72%NTSC IPS-Level, close to 100% sRGB
  • Processor: Intel Core i9-12900H, 6 PCore, 8 ECore; 20 thread; up to 5 GHz
  • Graphic Card: NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti GDDR6 8GB
  • RAM: 16GB DDR4 SODIMM
  • Storage: 1TB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD
  • Optical Drive: – 
  • Konektivitas: WiFI 6e, Bluetooth 5.2
  • Port:  1x Mic-in/Headphone-out Combo Jack, 2x Type-A USB3.2 Gen1, 1x Type-C USB3.2 Gen1, 1x (4K @ 60Hz) HDMI, 1x RJ45, 1x Type-A USB2.0
  • Baterai: 3 cell 53,5 Wh

Untuk harga, laptop MSI PULSE GL66I9 12900H dibanderol mulai dari Rp 22.999.000,-

ASUS TUF DASH F15 FX517ZE I7R5B7TO

(asus.com)

Investasi tidak melulu soal menanam sejumlah modal untuk menghasilkan keuntungan. Membeli laptop yang bisa dipakai dalam jangka waktu panjang juga termasuk investasi. Terlebih jika laptop tersebut digunakan sebagai alat pencari nafkah. Bukan, begitu?

Jika Pins adalah seorang pencari nafkah dengan jalur video editor, laptop seperti ASUS TUF Dash F15 akan pas buat kamu. Laptop ini memenuhi syarat sebagai perangkat yang dipakai untuk waktu lama. Lantas apa alasannya?

Pertama, jeroannya mumpuni. Prosesor Core i7 H Series generasi ke-12 plus kartu grafis GeForce RTX 3050 Ti adalah komponen berperforma tinggi. Bukan yang paling kencang, tetapi masih akan relevan untuk beberapa tahun mendatang. Mungkin Pins hanya akan perlu upgrade RAM dan SSD.

Kedua, laptop ini berpotensi minim biaya perawatan. Pasalnya, TUF Dash F15 ini dilengkapi sistem pendinginan Arc Flow Fans yang dapat mengeluarkan debu secara mandiri. Maka Pins tidak perlu sering-sering mampir ke tempat servis untuk sekadar membersihkan bagian dalam si laptop.

Ketiga, laptop ini punya durabilitas yang baik dan mendapat garansi resmi selama 2 tahun. Sertifikasi ketahanan militer yang dimiliki jadi jaminan bahwa si laptop bisa dipakai di berbagai kondisi cuaca, sekalipun di negara empat musim.

Kalaupun ada masalah, Pins bisa membawanya ke service center tanpa dikenai biaya hingga tahun kedua pemakaian. Tertarik dengan ASUS TUF Dash F15? Siapkan bujet sekitar Rp17,4 juta saja.

Berikut spesifikasi ASUS TUF DASH F15 FX517ZE I7R5B7TO:

  • Layar: 15.6-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, anti-glare display, sRGB:62.5%, Adobe:47.34%, Refresh Rate:144Hz
  • Processor: Intel Core i7-12650H Processor 2.3 GHz (24M Cache, up to 4.7 GHz, 10 cores: 6 P-cores and 4 E-cores) 
  • Graphic Card: NVIDIA GeForce RTX 3050Ti 4GB GDDR6
  • RAM: 16GB DDR5-4800 (8 GBx2 SO-DIMM)
  • Storage: 1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2
  • Optical Drive: – 
  • Konektivitas: WiFI 6e, Bluetooth 5.1
  • Port: 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort / power delivery / G-SYNC, 1x RJ45 LAN port
  • Baterai: 76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Untuk harga, laptop ASUS TUF DASH F15 FX517ZE I7R5B7TO dibanderol mulai dari Rp 17.499.000,-

Baca juga: 16 Rekomendasi Laptop Core i5 Terbaik Yang Perlu Kamu Miliki!

Lenovo Legion 5 Pro 16 – Ryzen 7 6800H

(lenovo.com)

Laptop berperforma tinggi masa kini mampu menjaga kelengkapan fiturnya meski berbodi tipis. Misalnya Lenovo Legion 5 Pro 16 Gen 7 ini. Jenis colokan yang ia miliki banyak, minus Thunderbolt saja. Tak cuma itu, ia punya dua slot SSD dan dua slot RAM, sehingga memungkinkan buat di-upgrade.

Laptop yang punya ketebalan 1,99 cm ini sarat kemampuan tinggi dalam hal olah grafis. Dengan kartu grafis RTX 3060, ia bisa menuntaskan pekerjaan berat di berbagai aplikasi pengeditan video. Mulai dari DaVinci Resolve hingga Adobe Premiere Pro.

Akan tetapi, kalau cuma me-render video 1080p, kartu grafis terintegrasi yang dikandung prosesor Ryzen 7 6800H-nya sudah cukup. Pins hanya tinggal mengatur mana kartu grafis yang dipakai untuk skenario tertentu pada aplikasi bawaan bernama Lenovo Vantage.

Hal menarik lainnya dari Legion 5 Pro ini adalah layar IPS-nya. Bentangnya lebar, cerah, mendukung resolusi dan refresh rate tinggi, cakupan warnanya luas dan akurat, serta aman untuk mata ketika ditatap dalam waktu lama. 

Berikut spesifikasi Lenovo Legion 5 Pro 16 – Ryzen 7 6800H:

  • Layar: 16″ WQXGA (2560×1600) IPS 500nits Anti-glare, 165Hz, 100% sRGB, Dolby Vision, HDR 400, Free-Sync, G-Sync, DC dimmer
  • Processor: AMD Ryzen 7 6800H (8C / 16T, 3.2 / 4.7GHz, 4MB L2 / 16MB L3)
  • Graphic Card: NVIDIA GeForce RTX 3060 6GB GDDR6, Boost Clock 1702MHz, TGP 140W
  • RAM: 16GB DDR5-4800 (8 GBx2 SO-DIMM)
  • Storage: 1TB PCIe® 4.0 NVMe™ M.2
  • Optical Drive: – 
  • Konektivitas: WiFI 6e, Bluetooth 5.1
  • Port: 2x USB 3.2 Gen 1, 1x USB 3.2 Gen 1 (Always On), 2x USB-C 3.2 Gen 2 (support data transfer and DisplayPort 1.4), 1x USB-C 3.2 Gen 2 (support data transfer, Power Delivery 135W and DisplayPort 1.4), 1x HDMI, up to 8K/60Hz, 1x Ethernet (RJ-45), 1x Headphone / microphone combo jack (3.5mm), 1x Power connector
  • Baterai: 80 Wh

Untuk harga, laptop ASUS TUF DASH F15 FX517ZE I7R5B7TO dibanderol mulai dari Rp 28.399.000,-

MSI Vector GP66 12UGS-292

(msi.com)

MSI Vector GP66 12UGS-292 membawa banyak teknologi baru. Mulai dari penggunaan RAM DDR5, SSD NVMe dengan antarmuka PCIe Gen 4, serta prosesor Core i7 generasi ke-12. Komponen-komponen tersebut menjadikan laptop ini punya performa tinggi.

Laptop ini sebetulnya dirancang untuk kebutuhan gaming. Hal itu dapat dilihat dari keyboard dengan lampu RGB per tombol (layaknya MSI Steel Series), serta layar IPS 15,6 inci yang mendukung refresh rate hingga 165 Hz. Akan tetapi, GPU RTX3070 Ti yang dimilikinya punya potensi lebih dari sekadar menjalankan game AAA.

Ya, GPU dengan TGP 150W tersebut sanggup untuk melakukan rendering video hingga, resolusi 4K bahkan 8K. Pekerjaan lain yang berhubungan dengan perancangan dan pemodelan dengan tingkat kerumitan tinggi juga mampu dikerjakan dengan baik oleh laptop satu ini.

Performanya pun optimal karena dukungan dua kipas dengan enam pipa pembuangan panas. Membuat laptop ini terhindar dari throttle untuk penggunaan dalam waktu lama. Hanya, Pins harus berkompromi dengan bobot si laptop yang mencapai 2,38 kg.

Berikut spesifikasi MSI Vector GP66 12UGS-292:

  • Layar: 15.6″ IPS QHD (2560*1440), 165Hz DCI-P3 100%
  • Processor: Intel Core i7-12700H (14 core; 6 P-cores and 8 E-cores, 3.5 GHz up to 4.7GHz 24MB Cache)
  • Graphic Card: NVIDIA GeForce RTX3070Ti (VRAM 8GB GDDR6; TGP Max: 150W)
  • RAM: 16GB DDR5 3200MHZ (2*8 GB)
  • Storage: 1TB NVMe PCIe Gen4x4 SSD
  • Optical Drive: – 
  • Konektivitas: WiFI 6e, Bluetooth 5.1
  • Port: 1x Type-C USB 3.2 gen 2 w/ DP, 3 x Type-A USB 3.2 gen1, 1x RJ45, 1x HDMI 2.1(8K @60Hz / 4K @ 120Hz), 1 x Mini-DisplayPort
  • Baterai: 4-Cell, 65 Wh

Untuk harga, laptop MSI Vector GP66 12UGS-292 dibanderol mulai dari Rp 28.399.000,-

Acer ConceptD 3 Ezel Pro

(acer.com)

Siap menyambut laptop khusus desain dan edit video yang lain daripada yang lain? Inilah Acer ConceptD 3 Ezel Pro yang desainnya menyerupai sandaran kanvas. Pada versi terbarunya, laptop ini mengandalkan prosesor Intel Core i7 generasi 11 Tiger Lake.

Acer ConceptD 3 Ezel Pro merupakan laptop konvertibel. Laptop ini dapat diubah menjadi mode tablet, atau layarnya pun bisa diangkat lebih tinggi untuk kemudahan menggambar.

Wait, menggambar? Betul sekali, laptop ini memang turut menyediakan stylus beserta kompartemen untuk menyimpannya (dock). Sehingga, pengalaman mendesain ataupun mengedit video sungguh terasa seperti sedang melukis di kanvas sungguhan.

Akurasi warna yang ditunjukkan layar malah memiliki ruang Delta E di bawah 2 yang membuatnya nyaris terlihat persis seperti di dunia nyata. Walau begitu, sayangnya ia masih mengusung resolusi layar FHD di mana beberapa pesaingnya sudah ada yang gunakan 2K dan 4K.

Saat menggunakan stylus untuk menggambar ataupun bernavigasi, Pins pun akan merasa seperti sedang menorehkan kuas sungguhan yang akan memberikan ketebalan berbeda tergantung dari tekanan. Layar ini dikabarkan memiliki tingkat sensivitas sebanyak 4.096 tekanan untuk berikan pengalaman ril yang terasa natural.

Kartu pengolah grafisnya sudah tak lagi gunakan seri NVIDIA GeForce, melainkan NVIDIA Quadro yang memang lebih sesuai untuk penggunaan workstation dan kegiatan-kegiatan yang mencakup pembuatan model grafis 3D. 

Berikut spesifikasi Acer ConceptD 3 Ezel Pro:

  • Layar: 14″ FHD, IPS, 340 nits, 100% sRGB
  • Processor: Intel Core i7-11800H (8 core 16 thread, 2,3 GHz up to 4,6 GHz)
  • Graphic Card: NVIDIA Quadro T1200 (4 GB GDDR6 VRAM)
  • RAM: 16GB DDR4 SDRAM
  • Storage: 1TB PCIe Gen3, 8 Gb/s ,NVMe
  • Optical Drive: – 
  • Konektivitas: Intel® Wireless Wi-Fi 6 AX201 with MU-MIMO + Bluetooth 5.0
  • Port: 1x HDMI, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 type-C,
  • Baterai: 4-Cell Li-Ion

Untuk harga, laptop Acer ConceptD 3 Ezel Pro dibanderol mulai dari Rp 27.599.000,-

Apple Macbook Pro 14 M1 2021

(apple.com)

Apple MacBook Pro M1 2021 sama seperti pendahulunya, MacBook Pro M1 2020. Bedanya, yang satu ini memakai dua chipset baru bikinan Apple yaitu M1 Max dan M1 Pro. Jadi Pins bisa memilih laptop ini berdasarkan varian chipset-nya.

Secara performa komputasi, M1 Max dan M1 Pro sama cepatnya karena mengandung 10 core CPU. Namun, M1 Max lebih unggul ketimbang M1 Pro dalam hal olah grafis. Hal ini karena M1 Max punya GPU dengan jumlah core lebih banyak.

Apple mengklaim, MacBook Pro M1 2021 dengan cip M1 Max mampu melakukan olah grafis 4x lebih cepat ketimbang varian M1 Pro. Walau begitu, kedua laptop sudah dirancang sedemikian rupa oleh Apple agar mampu menjadi perangkat paling handal bagi content creator.

Apple menyebut, mereka telah melakukan optimasi kinerja M1 Max dan M1 Pro dan macOS Monterey terbaru dengan banyak software editing. Misalnya Final Cut Pro, Logic Pro, dan Cinema 4D. Maka rendering film beresolusi 8K sangat bisa dilakukan oleh laptop yang punya harga mulai Rp30 jutaan ini. Harga bergantung variasi tipe M1 yang digunakan

Untuk mendukung pengeditan video yang lebih mumpuni, Apple menyematkan tiga port Thunderbolt 4 pada laptop ini. Port Thunderbolt 4 bisa dihubungkan ke GPU eksternal atau ke beberapa layar eksternal dengan tampilan sampai 4K.

Berikut spesifikasi Apple Macbook Pro 14 M1 2021:

  • Layar: 14 inci, Liquid Retina XDR, 1600 nit, rasio kontras 1 juta:1, P3, 120 Hz
  • Processor: M1 Pro (10 core CPU, 16 core neural engine) atau M1 Max (10 core CPU, 16 core neural engine)
  • Graphic Card: 16 core GPU (M1 Pro), 32 core GPU (M1 Max)
  • RAM: 32 GB (M1 Pro), 64 GB (M1 Max)
  • Storage: 1TB SSD
  • Optical Drive: – 
  • Konektivitas: WiFI 6, Bluetooth 5,
  • Port: 1x jack audio 3,5 mm, 2x Thunderbolt (charging, display out, data transfer; support Thunderbolt 3, USB 4, USB 3.1 Gen 2)
  • Baterai: 58.2 Wh (video playback hingga 20 jam)

Untuk harga, laptop Apple Macbook Pro 14 M1 2021 dibanderol mulai dari Rp 30.799.000,-

ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE

(asus.com)

Bukan cuma smartphone foldable yang punya layar dua. Kini laptop juga ada yang punya layar ganda. Contohnya ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED. Layar kedua si laptop disebut ScreenPad Plus. Letaknya ada di atas layout keyboard, mendukung sentuhan, dan diagonalnya 12,7 inci.

Keberadaan layar kedua tersebut bukan cuma membuat desain laptop ini jadi unik. Namun, ia mampu meningkatkan efisiensi waktu saat Pins mengedit video. Melalui layar tersebut, kamu bisa memasukkan input pengaturan, melihat pratinjau sebelum dan sesudah input diberikan, dan macam-macam.

Tidak hanya itu, ScreenPad Plus diklaim ASUS memperlancar aliran udara si laptop. Dengan begitu, performa laptop akan semakin stabil ketika sedang dipacu. Zenbook Pro 14 Duo OLED ini tentu saja punya performa yang tangguh untuk memproduksi video beresolusi tinggi.

Berikut spesifikasi ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE:

  • Layar: 14.5-inch, 2.8K (2880 x 1800) OLED 16:10 aspect ratio, 0.2ms response time, 120Hz refresh rate, 550nits HDR peak brightness, 100% DCI-P3 | ScreenPad Plus (12.7″ 2880 x 864 IPS-level Panel Support Stylus)
  • Processor: Intel Core i7-12700H, 6 Pcore, 8 Ecore; 20 thread; up to 4.7 GHz
  • Graphic Card: NVIDIA GeForce RTX 3050Ti
  • RAM: 16GB LPDDR5 on board
  • Storage: 512GB M.2 NVMe PCIe 4.0 SSD
  • Optical Drive: – 
  • Konektivitas: WiFI 6e, Bluetooth 5
  • Port: 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x DC-in, 1x Micro SD Express 7.1 card reader
  • Baterai: 76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Untuk harga, laptop ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE dibanderol mulai dari Rp 31.649.000,-

Acer Predator 300 G3-572

(acer.com)

Acer Predator 300 G3-572 memang lebih menonjol pada kekuatan gamingnya. Justru itu pula yang membuat laptop gaming ini juga bisa digunakan untuk edit video. Kekuatan utamanya ada pada penggunaan prosesor Core i7-7700HQ yang memiliki kecepatan clock hingga 3.80 GHz. Itu belum termasuk sokongan dari memori RAM 16GB yang masih bisa diperbesar hingga RAM 32GB. 

Tentunya sanggup digunakan oleh semua aplikasi edit video yang ada. Apalagi Acer Predator 300 G3-572 menggunakan NVIDIA GeForce GTX 1060 yang memiliki VRAM hingga 6GB untuk menghasilkan kualitas grafis terbaik.

Aktivitas editing video juga terasa nyaman berkat keberadaan layar 15,6 inch serta resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel. Untuk ruang penyimpanannya menyediakan kapasitas 128GB berjenis SSD ditambah HDD berkapasitas 1TB.

Berikut spesifikasi Acer Predator 300 G3-572:

  • Layar: 15.6″ IPS QHD (2560*1440), 165Hz DCI-P3 100%
  • Processor: Intel Core i7-12700H, 6 Pcore, 8 Ecore; 20 thread; up to 4.7 GHz
  • Graphic Card: NVIDIA GeForce GTX 1060 Ti
  • RAM: 16GB LPDDR5 on board
  • Storage: 1TB M.2 NVMe PCIe 4.0 SSD
  • Optical Drive: – 
  • Konektivitas: WiFI 6e, Bluetooth 5
  • Port: 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x DC-in, 1x Micro SD Express 7.1 card reader
  • Baterai: 76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Untuk harga, laptop Acer Predator 300 G3-572 dibanderol mulai dari Rp 21.649.000,-

ASUS ROG FX504GD-E4310T

(asus.com)

ASUS ROG FX504GD-E4310T menggunakan prosesor Core i5-8300H yang dikombinasikan pengolah grafis Nvidia GeForce GTX 1050. Meski bukan yang terbaik, namun masih sanggup untuk digunakan proses editing video. Apalagi sudah didukung RAM 8GB DDR4 terbaru dengan kecepatan 2400 MHz. Jika masih kurang bisa di upgrade melalui ketersediaan dua slot memori.

Untuk hardisk, ASUS memberkali laptop ROG terbarunya dengan kapasitas SATA 1TB berkecepatan 7200 RPM. Berbagai teknologi ASUS terbaru juga disematkan pada ASUS ROG FX504GD gaming terbaru. Mulai dari type C, hingga sistem anti dust.

Berikut spesifikasi ASUS ROG FX504GD-E4310T:

  • Layar: 15.6″ IPS QHD (2560*1440), 165Hz DCI-P3 100%
  • Processor: Intel Core i5-12700H, 6 Pcore, 8 Ecore; 20 thread; up to 4.7 GHz
  • Graphic Card: NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti
  • RAM: 8GB LPDDR5 on board
  • Storage: 1TB M.2 NVMe PCIe 4.0 SSD
  • Optical Drive: – 
  • Konektivitas: WiFI 6e, Bluetooth 5
  • Port: 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt 4 supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x DC-in, 1x Micro SD Express 7.1 card reader
  • Baterai: 76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Untuk harga, laptop ASUS ROG FX504GD-E4310T dibanderol mulai dari Rp 15.649.000,-

Itulah rekomendasi laptop untuk video editing terbaik di tahun 2022. Dengan rekomendasi diatas, Pins bebas untuk memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan kamu saat ini. Semoga membantu yah Pins!

Featured Image: amd.com


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Srimaya Malang dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Properti
Properti 10 Tips Siasati Isi Rumah Pertama Lahan Minimalis

Pins masih bingung untuk memilih isi rumah pertama di lahan minimalis? Jangan khawatir, Pinhome aka

Finansial
Finansial Begini 3 Cara Mining Ethereum di Android

Ketika menjadi seorang penambang aset crypto, mungkin kamu sering bertanya-tanya “berapa lama ket

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Desain Rumah Etnik Tingkat Atau Lantai 1 Yang Cantik & Sejuk

Desain rumah etnik adalah hunian dengan unsur budaya di sebuah negara. Desain arsitekturnya bisa di

Finansial
Finansial 22 NFT Termahal dengan Nilai Jual yang Menyentuh Hingga Angka Triliunan!

Aset digital dengan basis blockchain yang dikenal dengan NFT (Non-Fungible Token), kini semakin men

Finansial
Finansial Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula

Transaksi dengan memakai mata uang digital Bitcoin semakin tinggi peminatnya seiring waktu. Ini kar

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia