BlogLifestyleGadget12 Cara Mengatasi Laptop Tidak Ada Suara Dengan Mudah
0
0

12 Cara Mengatasi Laptop Tidak Ada Suara Dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Mei 17, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
cara mengatasi laptop tidak ada suaratop-right-banner

Kendala laptop yang tidak bisa mengeluarkan suara atau speaker yang mati memang terkadang bisa membuat siapapun menjadi kesal. Apakah Pins sedang mengalami kendala yang sama? Tenang saja, terdapat beberapa cara mengatasi laptop tidak ada suara yang mudah untuk dilakukan. Bahkan, kendala laptop seperti ini tidak perlu dibawa ke tempat service laptop. Sama seperti Pins yang ingin membeli rumah tetapi tabungan belum cukup, bisa menggunakan Program KPR Bank dari Pinhhome sebagai solusinya.

Sebenarnya, terdapat beberapa penyebab mengapa laptop tidak bisa mengeluarkan suara. Suara laptop hilang bisa juga disebabkan oleh driver yang tidak update atau speaker yang ada dalam mode disable. Yuk, simak beberapa cara mudah untuk mengatasi suara laptop tidak keluar berikut ini!

Baca juga:

Penyebab Laptop Tidak Ada Suara

cara mengatasi laptop tidak ada suara
Source : Lockhart London

Ketika laptop tidak keluar suara, Pins mungkin langsung beranggapan bahwa komponen speaker yang ada di perangkat tersebut rusak dan perlu diganti. Padahal, masalah ini tidak selalu terjadi karena hal tersebut. Ada beberapa alasan yang bahkan tidak ada hubungannya dengan komponen speaker itu sendiri.

Salah satunya adalah masalah yang terkait dengan driver laptop yang tidak update atau speaker berada pada mode disable sehingga tidak bisa mengeluarkan suara. Adanya masalah pada sistem operasi juga bisa menjadi penyebab utama laptop tidak dapat mengeluarkan suara. Sama seperti ketika Pins memutuskan untuk pindah rumah seperti memilih tinggal pada Perumahan di Kota Depok contohnya Perumahan Cimanggis Golf Estate. Kamu mungkin memilihnya karena hunian dan daerah tersebut mampu memberikan support sebagai tempat tinggal terbaik.

Kesalahan sistem tersebut dapat terjadi akibat serangan virus, Windows Update yang diperbarui, kegagalan pembaruan sistem operasi, atau pengaturan konfigurasi yang tidak tepat. Cara mengembalikan suara laptop yang hilang tentu sangat mudah bahkan bisa dilakukan dengan menggunakan speaker eksternal sekalipun.

Cara Mengatasi Suara Laptop Tidak Keluar

Pins tidak perlu panik jika suara tidak keluar di laptop, bisa jadi kamu lupa untuk mengembalikan kondisi speaker yang di mute. Biasanya, kondisi mute bisa dilihat dari adanya silang merah pada audio laptop. Namun, jika Pins sudah memastikan tanda merah tersebut mati dan laptop masih belum bisa mengeluarkan suara, berikut cara untuk mengatasinya!

Cek Pengaturan Enable Atau Disable Speaker

Source : Dianisa

Selain karena secara tidak sadar membuat laptop tidak ada suara dengan mengaktifkan mode senyap, tak jarang pengguna laptop juga tidak sengaja mengatur konfigurasi speaker menjadi disable. Untuk memperbaiki masalah ini, Pins cukup mengubah konfigurasinya menjadi enable kembali agar suara dapat muncul di laptop.

Berikut caranya:

  • klik menu Start atau tekan logo Windows pada papan tik kamu.
  • Lalu, pada kolom pencarian, ketik Control Panel, kemudian tekan tombol enter.
  • Setelah masuk ke halaman Control Panel, klik menu Hardware and Sound.
  • Selanjutnya, pilih menu Sounds.
  • Pada dialog yang muncul di layar, klik kanan pada daftar speaker yang tersedia.
  • Kemudian, pilih opsi Enable untuk mengaktifkan perangkat tersebut kembali di komputer.

Perbarui Driver Audio di Device Manager

Jika Pins jarang atau tidak pernah melakukan pembaruan driver audio tentu dapat menimbulkan masalah laptop tidak keluar suara. Hal ini bisa terjadi jika versi yang terpasang sudah tidak didukung lagi oleh sistem operasi yang sedang berjalan. Untuk cara mengatasi laptop tidak ada suara ini, kamu perlu memperbarui driver audio tersebut sehingga perangkat dapat mengeluarkan suara sebagaimana mestinya.

  • Pertama-tama, tekan logo Windows di papan tik atau klik menuStart di layar laptop.
  • Arahkan kursor ke menu Search, lalu ketik Device Manager.
  • Apabila memasang kata sandi untuk melakukan perubahan pada konfigurasi laptop, masukkan password terlebih dahulu, lalu klik Yes.
  • Setelah masuk ke menu Device Manager, klik dua kali pada menu Sound, video and game controllers. Akan muncul daftar perangkat audio yang terkoneksi ke laptop.
  • Pilih salah satu dari daftar tersebut, kemudian klik menuDriver. Selanjutnya, klikUpdate Driver untuk melakukan pembaruan driver audio di laptop. 
  • Klik OK, lalu coba putar film atau musik untuk mengecek apakah sistem audio di laptop sudah aktif kembali.

Baca juga: 20 Kisaran Biaya Servis Laptop Sesuai Dengan Jenis Kerusakannya

Periksa Pengaturan Default pada Speaker

Source : Howtogeek

Masalah suara laptop hilang dan tidak ada suara juga bisa terjadi karena perangkat audio yang digunakan tidak diatur sebagai default. Untuk mengatasinya, Pins bisa ikuti langkah berikut:

  • Klik tombolStart, lalu ketik Control Panel pada kolom Search.
  • Kemudian, tekan enter untuk masuk ke halaman Control Panel.
  • Selanjutnya, klik menu Hardware and Sound.
  • Klik Sound maka akan terbuka jendela baru Sound. Pada opsi Speakers. Setelah itu, klik tombol Set Default dan pilih OK.
  • Cek apakah suara di laptop telah kembali dengan memutar musik. 

Baca juga:

Pasang Ulang Driver Audio

Jika ternyata cara di atas masih belum bisa mengatasi suara tidak keluar di laptop, kamu mungkin perlu melakukan pemasangan ulang driver sebagai solusinya. Berikut cara mengembalikan suara laptop yang hilang:

  • Buka Device Manager seperti cara sebelumnya, lalu klik dua kali pada menu Sound, video and game controllers.
  • Kemudian, klik kanan pada nama perangkat yang muncul.
  • PilihUninstalluntuk menghapusnya. Pada dialog yang muncul, klik OK.
  • Selanjutnya, restart laptop. Setelah masuk kembali, Windows akan secara otomatis memasang ulang perangkat tersebut kembali. 
  • Setelah itu, cek apakah suara di laptop sudah normal kembali seperti seharusnya atau masih belum keluar. 

Gunakan Speaker Eksternal

cara mengatasi laptop tidak ada suara
Source : Duluxe News

Jika Pins masih memiliki kendala setelah melakukan beberapa cara mengatasi laptop tidak keluar suara di atas, kamu bisa mencari solusi dengan menggunakan speaker eksternal. Saat ini sudah banyak tersedia berbagai jenis dan model speaker eksternal yang bisa digunakan pada berbagai jenis perangkat laptop. Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan budget dan kebutuhan.

Melakukan Restart Windows Audio

Beberapa versi Windows, khususnya Windows 10 tentu terkadang penggunanya mengalami masalah “Audio service not responding”. Umumnya, jika masalah ini terjadi bisa menjadi penyebab laptop tidak keluar suara. Pins bisa melakukan cara mengatasi laptop tidak keluar suara dengan restart Windows berikut ini:

  • Klik Windows dan ketik Services.
  • Scroll ke bawah dan pilih Windows Audio, klik kanan kemudian pilih restart.
  • Selesai.

Baca juga:

Mengganti Sample Rate

Jika Pins masih bingung mengapa laptop tidak keluar suaranya, bisa melakukan antisipasi dengan mengganti sample rate. Yaitu, dengan mengetahui berapa banyak jumlah sampel audio dalam bentuk frekuensi yang diambil per detik. Terkadang, beberapa frekuensi yang tidak didukung oleh laptop menjadi penyebab suara hilang. Berikut cara mengatasinya:

  • Klik kanan ikon speaker di bagian kanan bawah dan klik Sounds.
  • Akan muncul tab menu Sounds, klik Speakers dan klik Properties.
  • Masuk ke speakers properties, pilih salah satu sample rate di bagian Default Format.
  • Klik Ok. Selesai.

Menonaktifkan Enhancement

Cara selanjutnya untuk mengatasi suara laptop tidak keluar yaitu dengan menonaktifkan enhancement pada audio laptop. Fitur ini memang digunakan untuk menyempurnakan suara, namun terkadang menjadi penyebab suara di laptop tidak keluar. Berikut cara untuk mengatasinya:

  • Klik kanan pada Ikon Speaker dan klik Sounds.
  • Pilih Speaker dan klik Properties.
  • Klik Enhancements.
  • Klik Disable all Sound Effects dan klik OK.

Menggunakan Troubleshoot Windows

cara mengatasi laptop tidak ada suara
Source : Winaero

Cara mengatasi laptop tidak ada suara yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan fitur troubleshoot windows. Disini Pins bisa menemukan masalah apa yang terjadi pada laptop sehingga suara laptop hilang. Berikut cara mudahnya:

  • Klik Windows dan ketik Sound Settings.
  • Klik Open. Pilih Troubleshoot pada tab menu Sound.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  • Akan muncul beberapa driver audio yang terpasang dan pilih salah satu, kemudian klik Next.
  • Akan muncul pop-up We’re going to try something, kemudian klik Play Test Sounds.
  • Setelah itu akan muncul hasil scanning yang menunjukan penyebab laptop tidak keluar suara.
  • Selesai.

Baca juga: 20 Rekomendasi Laptop Untuk Mahasiswa Terlengkap Harga dan Spesifikasinya

Menggunakan Tombol Kombinasi

Apakah Pins sudah mencoba untuk menggunakan tombol kombinasi ketika terjadi kendala suara laptop hilang? Jika belum, sebaiknya kamu mencoba terlebih dahulu cara mudah ini sebelum melakukan service ke tempat laptop. Biasanya, pada beberapa laptop memiliki tombol kombinasi untuk mengaktifkan speaker. Caranya yaitu dengan menekan tombol Fn+(F1, F2,F3,F4,F5+dan seterusnya) Kombinasinya tergantung pada di tombol F berapa logo speaker terdapat.

Install Ulang Windows

Source : Techspot

Biasanya, kendala yang terjadi pada laptop bisa saja terjadi karena sistem Windows yang eror atau terdapat data yang corrupt. Untuk mengatasinya, Pins bisa melakukan install ulang Windows agar suara pada laptop kembali normal. Untuk harga install ulang Windows juga berbeda-beda bergantung pada versi yang akan digunakan.

Membawa ke Tempat Service

Source : iStockphoto

Jika semua cara di atas sudah dilakukan dan tidak membuahkan hasil, Pins bisa mencari solusi terakhir yaitu membawa ke tempat service laptop. Cara mengatasi laptop tidak ada suara yang terakhir ini cukup efektif, apalagi jika kendala yang terjadi mungkin bisa saja terdapat pada sistem lain di laptop.

Itulah beberapa cara mengatasi laptop tidak ada suara dengan mudah. Selain itu, cara mengembalikan suara laptop yang hilang juga tidak sulit kan Pins? Namun, jika kendala suara laptop hilang tidak dapat diatasi sendiri, solusi terakhir adalah membawanya ke tempat service laptop. Selamat mencoba!

Baca juga:

Featured Image Source: 9to5Mac


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download