Pinhome

Kura Kura Darat

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim ∙ 10 September 2020 ∙ 11 menit membaca

Sebagian besar dari kita menyukai hewan piaraan. Memiliki hewan piaraan adalah hal yang menyenangkan. Kita bisa bermain dengannya saat sedang luang dan untuk menghibur diri. Beberapa hewan piaraan yang menggemaskan dan banyak dipelihara diantaranya adalah burung, kelinci, dan kura-kura. Jenis kura-kura yang banyak dipelihara adalah kura-kura darat.

Kura-kura darat dari segi tampilannya sangat menarik dan indah. Mulai dari bentuknya yang bervariasi, dengan ukurannya yang kecil, sedang sampai besar. Yang membuatnya semakin menggemaskan adalah rumah atau cangkangnya yang indah yang memunculkan kesan artistik dan menjadikan kita semakin ingin memeliharanya.

Dengan kehadiran jenis kura-kura ini di kediaman masing-masing, Anda akan semakin terhibur. Tidak hanya itu, Anda pun akan bisa menggunakannya untuk bisnis dengan peminat kura-kura darat yang cukup tinggi. Tidak heran jika nantinya Anda akan mendapatkan profit yang besar dengan menjalankan bisnis kura-kura ini.

Kura Kura Termasuk Hewan Reptil

Bagi mereka yang memiliki kecintaan akan hewan reptil. Maka kura kura termasuk kedalam salah satu hewan yang berada didalam list mereka. Ya benar, selain menjadi salah satu hewan yang memiliki umur yang panjang dan sudah ada sejak jaman purba.

Kura kura termasuk hewan yang masuk ke dalam golongan reptil. Bahkan jika dilihat sekilas meskipun termasuk hewan reptil. Namun hewan tersebut tidak tergolong menyeramkan jika masih dalam kondisi bayi.

Hal inilah yang membuat hewan kura kura memiliki banyak sekali peminatnya. Bahkan beberapa orang rela memelihara beberapa spesies kura kura yang berbeda. Tentunya anda juga dapat memelihara hewan tersebut jika memang memiliki kecintaan akan hewan reptil.

Bagian Tubuh Kura Kura dan Fungsinya

Bagian tubuh kura kura selalu memiliki fungsi. Berikut ini merupakan bagian tubuh kura kuda dan fungsinya.

  1. Leher kura kura yang berfungsi untuk menggerakkan bagian kepala.
  2. Kaki kura kura memiliki fungsi untuk berjalan dan berenang di air.
  3. Mulut atau moncong berfungsi untuk berburu makanan dan memakannya.
  4. Mata berfungsi menjadi sensor dan untuk melihat.
  5. Hidung berfungsi untuk sensor bau dan juga untuk proses respirasi.
  6. Ekor menjaga keseimbangan.

Bagian Tubuh Kura Kura dan Fungsinya

Ciri Ciri Kura Kura

Setiap hewan yang ada di dunia ini setidaknya memiliki ciri khusus. Hal ini juga berlaku bagi hewan kura kura. Agar anda lebih mudah dalam memahami hewan tersebut. Maka berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri kura kura yang dapat anda jadikan tambahan informasi.

1. Bagian dada dan juga punggung kura kura selalu berada didalam tempurung. Tentunya anda sebagai pecinta hewan juga akan mengetahui jika salah satu ciri tersebut mampu dimiliki oleh kura kura tersebut.

2. Kura kura memiliki tempurung atau juga bisa juga disebut dengan cangkang. Keberadaan cangkang tersebut tak lain untuk membantunya mempertahankan diri dari serangan hewan buas lain.

Ketika kura-kura merasa terdapat ancaman, maka semua bagian tubuh yang ada di luar seperti kepala dan kaki akan masuk ke dalam tempurung tersebut.

Namun ada beberapa spesies kura kura yang tak dapat memasukkan bagian kepala di dalam tempurungnya. Tempurung ini juga memiliki sifat yang begitu kuat. Sehingga sangat aman dari serangan hewan buas di luar.

3. Selain tempurung pada bagian atas tubuhnya. Kura kura juga memiliki sebuah plastron. Plastron ini berada di bagian bawah perutnya. Sama halnya dengan tempurung, plastron juga memiliki sifat yang begitu keras.

4. Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika bagian kepala kura kura dapat masuk dan keluar dari tempurung sesuai kehendaknya. Dalam proses tersebut kura kura akan memanfaatkan keberadaan leher.

Leher kura kura dapat memanjang dan memendek dengan ukuran tertentu. Sehingga ketika kura kura tersebut merasa terancam. Maka secara otomatis bagian leher akan membawa bagian kelapa masuk ke dalam tempurung.

5. Kura kura juga memiliki cakar pada bagian kakinya. Cakar ini berguna untuk membantu kura kura berjalan di daratan. Perlu anda ketahui jika kura kura termasuk hewan yang dapat hidup di dua alam yaitu air dan daratan. Kura kura juga termasuk hewan yang pandai ketika berenang di air.

6. Kura kura juga memiliki moncong pada bagian bibirnya. Moncong tersebut memiliki sifat yang begitu keras dan selalu digunakan sebagai gigi oleh kura kura tersebut.

7. Usia yang dimiliki oleh kura kura biasanya akan mencapai usia ratusan tahun.

8. Sedangkan untuk perkembangbiakan dari kura kura adalah dengan cara bertelur.

Siklus Hidup Kura Kura

Gambar Siklus Hidup Kura Kura

Perkembang biakan yang dilakukan oleh kura kura adalah dengan cara bertelur. Tentunya dari telur tersebut siklus hidup kura kura juga akan berkembang seperti hewan pada umumnya. Dimulai dari telur menjadi kura kura muda. Lalu berlanjut ke fase kura kura dewasa.

Cara Berkembang Biak Kura Kura

Kura kura termasuk hewan ovipar. Dimana cara berkembang biak kura kura dan dengan menggunakan telur. Beberapa penjelasan diatas dapat anda gunakan untuk menambahkan kebutuhan akan informasi terkait dengan kura kura.

Cara Berkembang Biak Kura Kura

Sistem Pernapasan Kura Kura

Sistem pernapasan kura kura dengan menggunakan bantuan paru paru yang ada di dalam tempurungnya. Namun ada beberapa kura kura yang menggunakan alat bantu pernapasan tambahan atau alat pernapasan khusus yang dapat digunakan didalam air.

Perbedaan Penyu dan Kura Kura

Sampai saat ini kura kura dibagi menjadi beberapa golongan dimulai dari penyu, kura kura, hingga terrapin, perbedaan penyu dan kura kura, terapin yang paling mudah untuk dilihat adalah pada bagian tempat hidupnya.

Perbedaan Penyu dan Kura Kura

Penyu hanya mampu hidup di air, kura kura hidup di darat, hingga terrapin yang dapat di dua alam yaitu air dan darat.

Yang terlihat secara fisik kura kura memiliki kaki yang tebal bulat dan besar sedangkan penyu bagian kakinya cenderung memipih tipis dan panjang

Makanan Kura-Kura Darat

Nah, ini adalah salah satu yang jadi pertanyaan banyak orang yang akan memelihara kura-kura darat di kediaman masing-masing. Apakah makanan kura-kura darat tersebut terjangkau dan bisa di buat atau diramu sendiri, atau justru sebaliknya, harus beli di luar dengan harga yang mahal.

Apa Makanan Kura Kura

Meskipun sudah mulai menjadi salah satu hewan peliharaan. Namun masih ada beberapa orang yang bertanya apa makanan kura kura ?. Sebenarnya kura kura termasuk kedalam hewan yang mudah dalam permasalahan makanan.

Hewan kura kura dapat memakan buah dan sayuran, selain itu hewan tersebut juga dapat memakan ikan, pelet, hingga serangga.

Makanan kura-kura darat diantaranya adalah:

1. Pepaya

Pepaya adalah makanan kura-kura yang mudah kita dapatkan. Kita bisa mendapatkannya di sekeliling kita atau di toko buah terdekat. Manfaat pepaya untuk kura-kura diantaranya adalah sebagai pelancar sistem pencernaan dan memberikan gizi yang cukup bagi hewan piaraan yang satu ini.

Kupas pepaya lalu belah menjadi empat bagian, cuci hingga bersih lalu letakkan di dekat hewan piaraan ini. Usahakan untuk memberikannya secukupnya saja.

2. Wortel

Selain papaya, wortel adalah makanan favorit kura-kura. Hewan piaraan ini memiliki rahang yang kuat sehingga mudah baginya untuk mengunyah wortel. Kenapa wortel cocok untuk kura-kura?

Diantaranya adalah karena mampu menampung karbohidrat dalam jumlah yang besar, tingginya kadar vitamin A, varian vitamin B, C, kalium, magnesium, zat besi, dan masih banyak lagi. Ini adalah jenis makanan kura-kura yang mudah didapatkan dengan harga yang relatif ekonomis.

3. Kangkung

Satu lagi makanan kura-kura yang ekonomis dan mudah di dapatkan adalah kangkung. Anda bisa mendapatkannya di penjual sayur keliling. Potong kecil-kecil kangkung tersebut sebelum memberikannya kepada hewan piaraan ini.

Oya, kangkung yang diberikan tidak perlu di rebus dulu ya. Cukup potong-potong dengan ukuran kecil saja lalu berikan kepada kura-kura.

4. Pisang

Jenis makanan kura-kura ini juga cukup mudah di dapatkan. Pisang adalah buah favorit yang banyak orang menyukainya. Buah yang satu ini adalah buah yang banyak sekali kandungan gizinya.

Dimana di dalamnya terdapat fosfor, kalium, magnesium, dan zat besi yang memberikan manfaat yang besar kepada kura-kura. Keunggulan buah yang satu ini adalah dari segi teksturnya lembut sehingga mudah di cerna kura-kura. Selain itu, buah yang satu ini mudah sekali di dapat.

Jenis Kura Kura Darat

1. Kura Kura Galapagos

Kura Kura Galapagos

Kura-kura darat yang satu ini seperti namanya berasal dari kepulauan Galapagos yang terletak di sebelah barat Ekuador. Ini adalah jenis kura-kura dengan ukuran yang sangat besar yang ada di dunia. Sayangnya, saat ini kura-kura ini tergolong langka dan masuk dalam kategori hewan yang dilindungi.

[powerkit_button size=”md” style=”success” block=”false” url=”https://zonaternak.com/kura-kura-darat/galapagos/” target=”_blank” nofollow=”false”]
Baca Selengkapnya
[/powerkit_button]

 

2. Kura Kura Aldabra

Kura Kura Aldabra

Kura-kura aldabra adalah salah satu dari yang terbesar yang ada di dunia. Letaknya adalah di sebelah Samudra Hindia yang bernama Aldabra. Kura-kura ini hidup lebih kurang sejak 250 tahun yang lalu. Tampilannya sangat unik, yaitu dengan bentuk lehernya yang panjang hingga mencapai 1 meter.

[powerkit_button size=”md” style=”success” block=”false” url=”https://zonaternak.com/kura-kura-darat/aldabra/” target=”_blank” nofollow=”false”]
Baca Selengkapnya
[/powerkit_button]

 

3. Kura Kura Sulcata

Kura Kura Sulcata

Kura-kura Sulcata adalah jenis kura-kura darat yang banyak dipelihara. Asalnya adalah dari Gurun Sahara, Afrika. Beratnya bisa mencapai 105 kg dengan panjang mencapai 83 cm. Usianya mencapai 70 tahun lho.

[powerkit_button size=”md” style=”success” block=”false” url=”https://zonaternak.com/kura-kura-darat/sulcata/” target=”_blank” nofollow=”false”]
Baca Selengkapnya
[/powerkit_button]

 

4. Kura Kura Emys

Kura Kura Emys

Kura-kura Emys memiliki tampilan yang lucu. Ukurannya kecil atau tidak terlalu besar dengan tempurungnya yang mirip dengan army. Kura-kura ini masuk dalam kategori kura-kura yang banyak diminati lho!

[powerkit_button size=”md” style=”success” block=”false” url=”https://zonaternak.com/kura-kura-darat/emys/” target=”_blank” nofollow=”false”]
Baca Selengkapnya
[/powerkit_button]

 

5. Kura Kura Forsteni

Kura Kura Forsteni

Satu lagi kura-kura yang lucu dengan ukuran sedang yang direkomendasikan untuk Anda. Kura-kura ini hadir dengan tempurung yang didominasi perpaduan warna hitam dan kuning yang indah.

[powerkit_button size=”md” style=”success” block=”false” url=”https://zonaternak.com/kura-kura-darat/forsteni/” target=”_blank” nofollow=”false”]
Baca Selengkapnya
[/powerkit_button]

 

6. Kura Kura Pardalis

Kura Kura Pardalis

Nama lain dari kura-kura pardalis adalah kura-kura Leopard. Nama tersebut disematkan lantaran motif tubuh dan sekaligus cangkangnya yang mirip macan tutul. Saat muda, tempurungnya berwarna kuning dengan aksen bintik hitam, sedangkan saat tua berubah menjadi abu-abu.

[powerkit_button size=”md” style=”success” block=”false” url=”https://zonaternak.com/kura-kura-darat/pardalis/” target=”_self” nofollow=”false”]
Baca Selengkapnya
[/powerkit_button]
 

7. Kura Kura Cherry Head

Kura Kura Cherry Head

Sesuai dengan namanya kura kura satu ini memiliki ciri khas warna merah yang berada di bagian kepala sehingga mempunyai karakter beda dari kura kura yang lain yang umumnya berwarna hitam coklat muda ataupun putih.

[powerkit_button size=”md” style=”success” block=”false” url=”https://zonaternak.com/kura-kura-darat/cherry-head/” target=”_blank” nofollow=”false”]
Baca Selengkapnya
[/powerkit_button]

 

8.  Kura Kura Radiata

Kura Kura Radiata

Nah, ini lebih keren lagi seperti motif baju batik. Tempurung kura kura radiata mempunyai daya tarik tersendiri dari segi warna bentuk mempunyai pola yang terhubung. Tak hanya itu, bahkan dibalik badannya juga ada motif keren hehe.

[powerkit_button size=”md” style=”success” block=”false” url=”https://zonaternak.com/kura-kura-darat/radiata/” target=”_self” nofollow=”false”]
Baca Selengkapnya
[/powerkit_button]

9. Kura Kura Matahari

Kura Kura Matahari

Kenapa kura kura yang satu ini dijuluki matahari, dari segi bentuk cangkang tempurung disetiap sisi seperti duri dan kayak bunga matahari iya kan hehe. Keindahan dari bentuk fisik inilah yang membuat banyak orang untuk memelihara sendiri dirumah.

[powerkit_button size=”md” style=”success” block=”false” url=”https://zonaternak.com/kura-kura-darat/matahari/” target=”_self” nofollow=”false”]
Baca Selengkapnya
[/powerkit_button]

 

Harga Kura Kura Darat

Harga kura-kura darat cukup bervariasi tergantung jenis kura-kuranya. Perkiraan tersebut mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah sesuai dengan jenis kura-kura yang Anda butuhkan.

Cara Merawat Kura Kura Darat

Cara merawat kura-kura darat tentu saja dengan menyediakan kandang tidak menyediakan kandang yang senantiasa bersih. Kandang tersebut memiliki desain yang disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran kura-kura, bagian bawahnya dilapisi bebatuan, dengan pencahayaan yang pas dan sirkulasi udara yang mencukupi.

Tidak hanya itu, ruangannya pun di desain untuk istirahat dan untuk jalan-jalan seperti halnya saat kura-kura tersebut berada di tepian pantai. Selain kandang yang sesuai syarat, makanan yang cocok perlu disiapkan, diantaranya adalah papaya, pisang, kangkung, dan wortel dan masih banyak lagi.

Makanan Kura Kura Kecil / Baby

Makanan kura-kura kecil sedikit berbeda dengan makanan kura-kura dewasa. Kura-kura kecil biasanya memakan daging atau ikan kecil, serangga, cacing tanah, pelet kura-kura, buah dan sayur dengan cara pemberian yang sesuai petunjuk.

Kandang Kura Kura Darat

Kandang kura-kura darat dirancang dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan kura-kuranya. Kandang tersebut terbuat dari bahan seperti triplek dengan alas bebatuan kecil yang bersih seolah sedang berada di tepian pantai. Terdapat ventilasi, tempat istirahat dan tempat mengeksplor alam, dengan dukungan desain ruangan yang indah. Tidak hanya itu, untuk penerangan di malam hari, kandang kura-kura dilengkapi dengan lampu yang sesuai kebutuhan..

Kandang Kura Kura Darat

Cara Membuat Kandang Kura Kura Darat

Bagi Anda yang punya cukup waktu, akan lebih baik jika Anda membuat kandangnya sendiri dengan desain kandang yang menarik yang sesuai kebutuhan. Namun, jika dirasa terlalu ribet, banyak kok tempat pemesanan kandang kura-kura di lapak online besar seperti halnya di marketplace yang terkenal saat ini.

Kura-kura darat adalah salah satu hewan piaraan yang diminati oleh para pecinta binatang. Ada banyak jenis kura-kura darat yang lucu dengan ukuran yang bervariasi. Kura-kura adalah hewan piaraan dengan cara perawatan yang mudah.


Temukan pilihan rumah terlengkap seperti pada perumahan Villa Argomulyo di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 16 Model Rambut Pria French Crop

Model rambut pria french crop merupakan salah satu jenis potongan rambut pendek pria yang menekanka

Uncategorized
Edukasi
Edukasi Surat Kepemilikan Tanah yang Resmi & Sah

Surat kepemilikan tanah (SKT) adalah berkas yang wajib dimiliki jika kamu memiliki niat untuk membe

Edukasi
Edukasi Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

contoh surat lamaran kerja di toko tulis tangan contoh surat lamaran pekerjaan di toko cont

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Niaga, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Dalam dunia bisnis, surat niaga sangat umum digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Biasanya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia