Kura-Kura Radiata dan Penjelasan Lengkapnya

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas βˆ™ March 9, 2023 βˆ™ 6 menit membaca

Kura Kura Radiata ini memang biasa dikenal dalam bahasa Indonesia adalah kura kura yang terpancar. Khusus untuk jenis spesies ini memang umumnya sangat banyak jumlahnya di Kawasan Madagaskar Selatan. Dibandingkan dengan jenis spesies yang lainnya untuk kura kura yang satu ini memiliki usia yang sangat panjang.

Untuk umurnya sendiri minimal mencapai usia seratus delapan puluh delapan tahun. Akan tetapi berita buruknya adalah jenis kura kura ini sangat dikhawatirkan. Hal ini karena terancam punah dan juga menjadi salah satu satwa liar yang dilindungi. Ancaman kepunahan ini terjadi akibat dari adanya perburuan liar yang dilakukan manusia. Dalam perburuan liarnya jenis kura kura ini dikonsumsi dan juga dieksploitasi secara berlebihan.

Selain itu habitat dari tempat tinggalnya memang saat ini mengalami pergeseran oleh manusia. Sehingga sudah selayaknya Kita sebagai manusia mulai melestarikan dan melindungi jenis satwa liar yang terancam punah ini. Tentu saja hal ini dilakukan untuk membantu anak cucu Kita mengetahui mengenai jenis hewan yang dapat hidup di masa kini.

Dengan demikian anak keturunan Kita tidak hanya akan melihatnya sebagai hewan purbakala saja. Taka ada salahnya Kita membantu dalam pelestarian hewan ini dengan cara melakukan budidaya sebelum akhirnya dilepaskan di alam terbuka apabila sudah menetas. Namun Anda harus mengetahui mengenai lokasi budidaya yang sebaiknya dipilih agar dapat bertahan hidup.

Baca Juga: Manfaat Apel Merah untuk Lovebird

Bentuk Fisik / Ciri Ciri

Apabila Anda ingin mengetahui mengenai ciri fisik dari kura kura Radiata ini tentu saja mudah dikenali. Untuk panjangnya sendiri bisa mencapai hingga empat puluh satu centimeter. Sedangkan untuk berat mencapai enam belas kilogram. Saat melihatnya dengan seksama maka bisa dikatakan bahwa jenis kura kura darat ini memiliki warna yang paling cantik di dunia.

Hal ini karena bagian karapasnya tinggi dengan bentuk kubah. Bagian kepalanya tumpul dan juga kaki jenis gajah. Jika Anda memperhatikan bagian cekungannya akan memancar warna kuning. Dengan demikian sangat kontras dengan warna hitam yang menjadi dasar dari lempengan tersebut.

Gambar Kura Kura Radiata

Habitat & Karakteristik

Habitat dari kura kura Radiata ini adalah semak belukar dengan jenis yang kering dan berduri. Umumnya jenis semak seperti ini ada pada kawasan hutan Madagaskar. Apabila umumnya jenis kura kura lebih senang tinggal di dekat pantai dan laut. Namun berbeda dengan jenis kura kura Radiata.

Usia / Umur

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian awal dari pembahasan kura kura Radiata ini. Bahwa usia yang dimiliki kura kura ini relative lebih panjang dibandingkan dengan jenis kura kura lainnya. Minimal dari usia yang dimiliki kura kura ini mencapai seratus delapan puluh delapan tahun.

Ukuran Kura Kura Radiata

Apabila kura kura ini mencapai usia dewasa maka bisa memiliki panjang hingga empat puluh satu centimeter. Sedangkan untuk kura kura yang berat yang dimiliki bisa mencapai enam belas kilogram. Untuk ukurannya tentu saja bisa dikatakan besar dan berat.

Harga Kura Kura Radiata

Harga dari kura kura Radiata ini memang tidak bisa dianggap remeh. Hal ini karena jenis kura kura ini sangatlah mahal. Untuk babynya saja bisa dibanderol dengan harga tak kurang dari lima ratus ribu rupiah.

Tentu saja jenis ukuran yang lebih besar seperti indukan, besar dan dewasa Anda bisa melihatnya langsung pada toko online. Dengan memantaunya sendiri Anda bisa mengetahui mengenai harga terkini.

Baca Juga: 8 Cara Memilih Jalak Suren

Makanan Kura Kura Radiata

Jenis kura kura Radiata memiliki jenis hewan herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan. Dengan demikian makanan favoridnya adalah berbagai jenis buah dan juga tumbuhan sukulen. Jenis makanan yang menjadi favoridnya yaitu Opuntia Cactus.

Sayuran Untuk Kura Kura

  1. Daun Singkong
  2. Kecipir
  3. Sawi
  4. Kangkung
  5. Toge
  6. Wortel
  7. Bayam
  8. Selada
  9. Jagung Muda

Apabila Anda tidak mengetahui mengenai jenis rumput ini maka sedikit memperkenalkan makanan ini. Jenis makanan ini adalah tumbuhan yang hidup subur di tempat asal kura kura ini ditemukan. Kura kura ini menyukainya karena protein yang dimiliki tumbuhan ini sangat tinggi dan kadar serat yang lebih sedikit.

Baca Juga: Jenis Burung Ciblek Lengkap

Kandang Kura Kura Radiata

Tinggal di kawasan hutan Madagaskar maka bisa dikatakan bahwa jenis hewan ini lebih menyukai jenis kandang yang kering. Anda bisa memberikan berbagai rumput kering sebagai alasnya. Apabila Anda memberikan kandang yang memiliki banyak air dikhawatirkan akan stress dan hewan ini tidak dapat hidup karena karakteristik hewan kura kura ini berbeda dengan spesies lainnya.

Kandang Kura Kura Darat

Cara Merawat / Memelihara Kura Kura Radiata Bagi Pemula

Jika ingin merawat atau pun memelihara kura kura Radiata bagi pemula tentu saja harus diperhatikan. Hal ini karena jenis kura kura ini memiliki harga yang mahal. Sehingga kenyamanan akan kandangnya harus diperhatikan agar tidak mudah stress dan mati.

Untuk kandangnya bisa berbentuk seperti tortotable atau kayu yang aman. Apabila jenis kandang ini tidak ada maka bisa dipilih dengan jenis tangki. Usahakan untuk memilih kandang dengan jenis yang kering. Jangan lupa di dalam kandang juga harus memiliki hygrometer dan juga thermometer. Gunanya tentu saja agar menjaga kelembaban suhu untuk kandangnya seperti habitat aslinya.

Baca Juga: Cara Membuat Lovebird Ngekek Panjang dan Rajin Bunyi

Membedakan Jantan dan Betina

Apabila Anda ingin membedakan kura kura jantan dan betina maka bisa dilihat langsung melalui beberapa ciri fisiknya. Untuk ciri fisiknya pada kura kura jantan umumnya memiliki plastron dengan bentuk yang lebih cekung dibandingkan betinanya.

Hal ini dimaksudkan pada saat proses kawin dilakukan tentu saja tidak akan membuat jantan menjadi mudah terguling. Untuk jenis kukunya juga sangatlah berbeda pada kura kura jantan dan betina. Jenis kura kura jantan umumnya memiliki cakar yang lebih panjang. Hal ini dilakukan untuk mencengkeram pada saat proses perkawinan dilakukan.

Baca Juga: Manfaat Jangkrik untuk Burung Merpati

Cara Ternak Kura Kura Radiata

Apabila Anda ingin mengembang biaakkan kura kura Radiata tentu saja harus melalui beberapa prosedur. Beberapa prosedur yang harus dilakukan ini dengan menyiapkan kura kura yang sudah siap secara seksual. Untuk jenis kura kura yang baru saja didapatkan maka umumnya akan menunggu proses perkawinan ini pada saat usianya mencapai satu tahun.

Siapkan kendang yang sebelumnya sudah terisi dengan beberapa kura kura betina dan satu jantan. Dengan ruangan yang memadai maka akan membantu dalam memaksimalkan budidaya kura kura.

Dalam budidaya kura kura memang harus dilakukan dengan benar dan disesuaikan kondisi habitat hidupnya. Dengan demikian akan membantu untuk mendapatkan kura kura yang nyaman, sehat dan dapat memiliki umur panjang. Selain itu jenis kura kura ini memang harus dilakukan penjemuran setelah berendam. Telebih apabila pada pagi hari sangat cocok.

Hal ini dilakukan untuk menjadikan kura kura menjadi lebih sehat dan terhindar dari kemungkinan terserang penyakit berbahaya. Biasanya apabila kura kura ini dijemur kurang lebih selama dua puluh hingga tiga puluh menit setiap harinya. Sehingga kebiasaan ini juga harus Anda ketahui apabila ingin memelihara kura kura Radiata.

Baca Juga: Ciri Ciri Murai Batu dan Perbedaan Jenis Murai Batu

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Raptile Magazine

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

General
General 11 Manfaat dan Kelebihan Kayu Ulin Dibandingkan Kayu Jenis Lain

Kayu menjadi bahan material yang kerap dipakai sebagai salah satu bahan bangunan, mulai dari rangka

Properti
Properti 8 Inspirasi Desain Rumah Aesthetic Ala Korea

Kian hari, drama Korea kian menjamur dan menjadi tontonan populer masyarakat. Bahkan, beberapa hal

Panduan Beli Properti
Panduan Beli Properti 6 List Perumahan Murah di Bogor Kota

Kota Bogor dikenal dengan sejuknya udara dan pemandangan alam yang hijau. Belakangan ini, kota di J

Pemilik Properti
Pemilik Properti Open House Lebaran Artinya Kesempatan Emas Jual Rumah

Sudah bukan rahasia lagi bila jual rumah tanpa perantara saat bulan Ramadan dan lebaran menjadi tan

Panduan Beli Properti
Panduan Beli Properti 8 Daftar Perumahan di Kelapa Gading

Kelapa Gading merupakan salah satu daerah di Jakarta Utara yang terkenal dengan kawasan perumahanny

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia