Keunikan Kura Kura Aldabra dan Fakta Menariknya

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas βˆ™ March 9, 2023 βˆ™ 6 menit membaca

Memelihara kura-kura sebagai hewan peliharaan bukanlah sesuatu yang harus dikagetkan. Selain sebagai hewan peliharaan, banyak orang tertarik untuk membudidayakan kura-kura aldabra. Peluang dan keuntungan yang didapat juga sangat menjanjikan.

Kura-kura raksasa di dunia setelah kura-kura jenis Galapagos adalah aldabra. Aldabra memiliki nama latin yaitu, Aldabrachelys gigantea. Kura-kura jenis aldabra terancam akan punah.

Aldabra memang berbeda dengan jenis lainnya, sehingga anda perlu memahami informasi terkait kura-kura jenis ini, seperti makanan, bentuk kandang, cara merawat dan sebagainya.

Ciri Ciri

Jenis kura-kura aldabra memiliki cangkang yang keras dan tinggi. Aldabra umumnya berwarna cokelat kehitaman dengan kaki besar dan kekar. Ini berfungsi untuk bias menahan tubuh aldabra yang sangat berat. Jenis kura-kura ini memiliki ekor pendek dan Lehernya diidentifikasi sangat panjang sehingga dapat meraih ranting atau cabang pohon.

Selain kuku kaki yang kuat mencakar, aldabra juga memiliki sisik yang besar dan menutupi bagian kaki aldabra yang depan.

Habitat & Karakteristik

Habitat alami dari kura-kura aldabra adalah pulau Atol Aldabra dengan karakteristik yang kura-kura yang hidup di dataran rendah, akan cenderung memiliki cangkang tempurung yang tinggi dibandingkan dengan kura-kura yang hidup di dataran tinggi. Kura-kura aldabra akan hidup di alam seperti padang rumput, semak, hutan dan bukit-bukit pasir yang ada di pantai. Umumnya, jenis ini lebih banyak di darat.

Aldabra adalah reptip besar yang sangat aktif di siang hari. Paparan sinar matahari langsung tidak baik untuk jenis kura-kura ini sehingga habitatnya memang tempat-tempat yang teduh.

Umur Kura Kura Aldabra

Kura-kura aldabra adalah salah satu makhluk hidup dengan usia yang panjang. Aldabra bisa hidup hingga 200 tahun. Terdapat kura-kura aldabra tertua yang lahir di tahun 1750. Jenis ini bernama Adwaita. Aldabra ini ditempatkan di kebun binatang India pada abad ke 18. Tetapi, jenis ini sudah meninggal pada tahun 2006 dengan usia sudah mencapai 255 tahun.

Baca Juga: Analisa dan Cara Ternak Ulat Jerman

Ukuran Kura Kura Aldabra

Ukuran kura-kura ini tidak sama seperti jenis kura-kura lain pada umumnya. Aldabra memiliki ukuran raksasa dengan panjang cangkang sekitar 1.5 m dan berat 300 kg. kura-kura aldabra jantan akan memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada betinanya.

Harga Kura Kura Aldabra

Jenis aldabra adalah hewan langka sehingga harganya sendiri memang tergolong mahal. Ukuran kecilnya saja bisa mencapai hingga Rp. 30. 000.000. Untuk ukuran besarnya bisa mencapai ratusan juga. Faktor penyebab kura-kura aldabra mahal karena populasinya yang langka, paling besar, dan di impor.

Baca Juga: Kancilan Flores

Makanan

Meskipun ukurannya besar dan terlihat seperti menyeramkan, kura-kura ini adalah salah satu hewan yang vegetarian. Oleh karena itu makanan yang dikonsumsi adalah tumbuhan atau rumput. Jika kura-kura ini hidup di hutan, yang dikonsumsi adalah jenis tanaman kayu bahkan ranting kayu yang tinggi pun bisa diraih.

Sayuran Untuk Aldabra

  1. Daun Singkong
  2. Kecipir
  3. Sawi
  4. Kangkung
  5. Toge
  6. Wortel
  7. Bayam
  8. Selada
  9. Jagung Muda

Selain itu, aldabra bisa mengkonsumsi kura-kura lain dan kepiting. Semua tanaman, sayuran, rumput, buah menjadi makanan utama dari kura-kura aldabra sebagai herbivora.

Kandang

Jika anda ingin memelihara kura-kura aldabra, anda harus memperhatikan kandangnya. Aldabra adalah jenis kura kura darat yang banyak menghabiskan waktunya di darat sehingga kandang untuk kura-kura ini bisa di pekarangan rumah atau tanah kosong.

Kandang Kura Kura Darat

Anda bisa membuat kandang dengan pagar besi sebagai pembatas areanya saja atau membuat vivarium dari bahan akrilik. Sebaiknya, lengkapi kandang dengan lampu, wadah makanan, rumput, dan tempat untuk kura-kura berlindung.

Cara Merawat Kura Kura Aldabra bagi Pemula

Sebagai seorang pemula, anda wajib untuk mencari informasi bagaimana cara merawat kura-kura aldabra dengan baik. Kura-kura raksasa ini juga perlu mandi. Cara memandikannya adalah dengan membasahi seluruh cangkah dan bagian tubuh kura-kura dengan air.

Kemudian gosoklah secara merata dan untuk menghilangkan kotoran dari cangkangnya, anda bisa memanfaatkan sikap gigi. Gunakan sabu untuk mengusap bagian-bagian yang perlu.

Setelah kura-kura aldabra dibersihkan, langkah selanjutnya adalah menjemur kura-kura agar tercukupi vitamin Dnya. Durasi waktu untuk menjemur aldabra adalah 20 sampai 30 menit. Jangan menjemur kura-kura di siang hari.

Untuk mendapatkan gizi yang sesuai, pastikan anda tidak memberikan protein yang berlebih karena kemungkinan yang terjadi adalah penyakit cacat atau pyramiding. Dengan protein yang dibatasi akan membuat kura-kura lebih sehat. Cara menjaga kelembaban tempurung kura-kura, bisa ditutupi dengan kain basah di permukaanya.

Siapkan obat-obatan khusus kura-kura., binatang yang satu ini juga bisa sakit. Serangan jamur biasanya menjadi penyebab utama dari sakitnya. Ciri-ciri kura-kura terkena jamur adalah hilangnya nafsu makan bahkan bagian tubuh akan rusak dan menyebabkan kematian. Terpenting adalah sering membersihkan lendir yang ada di lubang hidung kura-kura.

Baca Juga: Punya Akuarium Unik Sendiri Bukan Mustahil

Membedakan Aldabra Jantan dan Betina

Cara membedakannya adalah dengan melihat plastron, ekor, kuku kaki dan hemipenisnya. Dibawah ini adalah cara untuk melihat apakah kura-kura anda termasuk jenis aldabra jantan atau betina :

1. Melihat bentuk cangkang kura kura

Pertama lihatlah cangkang kura-kura. Umumnya kura-kura betina yang dewasa akan memiliki panjang yang melebihi jantan. Tetapi untuk ukuran jantan akan lebih besar dibandingkan betina. Ini saja tidak cukup untuk memastikan jenis kelamin dari kura-kura aldabra. Mulailah dengan melihat plastron yang ada di bagian perut kura-kura. Plastron kura-kura jantan berbentuk cekung sedakng betina berbentuk rata.

Selanjutnya lihat ekor kura-kura. Aldabra jantan akan memiliki hemipenis. Cara melihatnya adalah dengan menekan perlahan di bagian plastron. Kura-kura jantan akan mengeluarkan hemipenis kecil sedangkan kura-kura betina tidak memiliki hemipenis.

2. Memeriksa bagian tubuh lain

Selain memeriksa cangkangnya, anda bisa melihat bagian tubuh lain untuk bisa benar-benar mengetahui jenis kelamin kura-kura. Kura-kura jantan akan menggunakan kukunya untuk mencakar ketika kawin.

Baca JUga: 13 Hewan yang Palling Setia

Cara Ternak Kura-Kura Aldabra

Banyak peternak kura-kura yang mencoba peruntungan dengan ternak kura-kura aldabra. Biasanya kura-kura dengan peternakan local akan lebih mahal dibanding kura-kura impor. Kura-kura lokal tidak membutuhkan adaptasi kembali dengan cuaca di Indonesia. Mulailah dengan memelihara induknya.

Tidak lupa menyiapkan dan membuat kandang yang ideal sesuai dengan habitat asli kura-kura aldabra. Terpenting siapkan makanan yang bergizi untuk aldabra misalnya wortel, pisang atau sayuran-sayuran hijau.

Jika anda sudah mempersiapkan segalanya, anda sudah bisa mengawinkan kedua aldabra betina dan jantan. Selanjutnya, perhatikan tempat atau kandang sebagai tempat bertelur dan untuk menetaskan telur.

Kura-kura aldabra betina mampu menghasilkan telur mulai dari 4 hingga 14 butir telur dengan diameter lebih kurang 5 cm. Pelajari dan kumpulkan informasi bagaimana cara merawat kura-kura aldabra kecil. Hal ini tidak akan sama dengan aldabra dewasa karena yang kecil akan dengan mudah terkena penyakit.

Fakta dan informasi terkait aldabra adalah kura-kura raksasa dengan usia yang cukup panjang. Dengan beternak kura-kura jenis aldabra ini akan banyak keuntungan yang di dapat. Selain itu, dapat dijadikan pemeliharaan jangka panjang untuk mencegah kepunahan yang terjadi pada makhluk langka satu ini.

Baca Juga: 8 Jenis Binatang Penjaga Rumah

 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Pixabay

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

General
General 11 Manfaat dan Kelebihan Kayu Ulin Dibandingkan Kayu Jenis Lain

Kayu menjadi bahan material yang kerap dipakai sebagai salah satu bahan bangunan, mulai dari rangka

Properti
Properti 8 Inspirasi Desain Rumah Aesthetic Ala Korea

Kian hari, drama Korea kian menjamur dan menjadi tontonan populer masyarakat. Bahkan, beberapa hal

Panduan Beli Properti
Panduan Beli Properti 6 List Perumahan Murah di Bogor Kota

Kota Bogor dikenal dengan sejuknya udara dan pemandangan alam yang hijau. Belakangan ini, kota di J

Pemilik Properti
Pemilik Properti Open House Lebaran Artinya Kesempatan Emas Jual Rumah

Sudah bukan rahasia lagi bila jual rumah tanpa perantara saat bulan Ramadan dan lebaran menjadi tan

Panduan Beli Properti
Panduan Beli Properti 8 Daftar Perumahan di Kelapa Gading

Kelapa Gading merupakan salah satu daerah di Jakarta Utara yang terkenal dengan kawasan perumahanny

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia