BlogLifestyleEdukasiBacaan Doa Keluar dan Masuk Rumah
0
0

Bacaan Doa Keluar dan Masuk Rumah

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 13, 2023

9 menit membaca

Copied to clipboard
doa keluar masuk rumahtop-right-banner

Sebagai seorang muslim atau muslimah sangatlah dianjurkan untuk memanjatkan doa terlebih dahulu saat melakukan sesuatu, termasuk keluar dan masuk rumah. Rasulullah selalu menganjurkan umat muslim untuk selalu membaca doa keluar masuk rumah sebelum akan bepergian agar kita selalu dalam perlindungan Allah SWT.

Pada saat kamu berdoa sebaiknya perhatikan aturan yang benar agar doa yang dipanjatkan menjadi sempurna. Doa keluar masuk rumah merupakan suatu hal yang penting untuk diketahui dan diterapkan pada aktivitas sehari-hari. Jika kamu belum mengetahui bacaan doa keluar masuk rumah, simak uraian lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Doa Masuk dan Keluar Masjid

Bacaan Doa Keluar Masuk Rumah

doa keluar masuk rumah
Source : Pinterest

Setiap kali melakukan berbagai kegiatan yang ada di luar lingkungan rumah, maka diwajibkan bagi kita untuk memohon perlindungan dari Allah SWT dari segala hal yang mungkin dapat membahayakan bagi diri kita. oleh karena itu terdapat bacaan doa keluar rumah yang disunahkan. Berikut ini bacaan doa keluar rumah yang harus kamu ketahui:

Bacaan Doa Keluar Rumah

باسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ على اللَّهِ وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ باللَّهِ

Bismillahi tawakkaltu ‘alallaahi wa laa haula wa laa quwwata illaa billah(i).

Artinya: \\\\\\\”Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.\\\\\\\”

Baca juga: Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Bacaan Doa Masuk Rumah

Bagi para umat muslim, setiap melakukan aktivitas tentunya kita dianjurkan untuk membaca doa tertentu, termasuk pada saat masuk ke dalam rumah. Berikut ini bacaan doa masuk rumah yang harus kamu ketahui:

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\’alallohi robbina tawakkalnaa

Artinya: \\\\\\\”Ya Allah Sesungguhnya aku mohon kepadamu kebaikan tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk dan Dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakal.\\\\\\\”

Baca juga: Bacaan Doa Untuk Orang Meninggal

Adab Ketika Keluar Rumah

doa keluar masuk rumah
Source : Shutterstock

Setelah mengetahui bacaan doa keluar masuk rumah, Pins perlu mengetahui adab dalam islam pada saat keluar rumah. Pada dasarnya, ada 3 sunnah yang dianjurkan untuk umat muslim pada saat akan keluar rumah, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Melakukan Sholat Dua Rakaat Sebelum Keluar

Melakukan sholat sunnah dua rakaat adalah termasuk perbuatan yang dapat membuat terhindar dari kecemasan, bencana, serta kesulitan. Dengan melakukan sholat, maka kita mendekatkan diri dengan Allah SWT agar kita selalu mendapat perlindungan dari-Nya.

Hal ini didasari oleh perkataan Nabi:

\\\\\\\”Jika kamu keluar dari rumah kamu dan melakukan salat dua rakaat maka akan melindungi kamu dari keburukan dan masalah di luar. Jika kamu memasuki rumahmu, melakukan salat dua rakaat, maka kamu akan terlindungi dari pelukan dan masalah di dalam.\\\\\\\” HR. Al-Bazzar.

2. Memandang ke Arah Langit

Bukan hanya membaca doa, Nabi juga menganjurkan kita memandang ke arah langit sebelum keluar rumah, seraya membacakan doa seperti berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

\\\\\\\”Allahumma inni a-’udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya\\\\\\\”

Artinya:\\\\\\\”Ya Allah aku berlindung kepadamu dari tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau digelincirkan, atau aku mendholimi, atau aku didholimi, atau kebodohanku, atau dibodohi.\\\\\\\”

Kemudian timbullah suatu pertanyaan yang menanyakan apakah dibolehkan bahwa kedua doa tersebut boleh dibaca secara bersamaan? Menurut Prof. Dr. Abdurrazzaq Bin abdul Muhsin, tidak akan menjadi masalah apabila seorang muslim ingin atau mau mengamalkan kedua doa yang tadi secara bersamaan.

3. Keluar Rumah Menggunakan Kaki Kanan

Apabila kamu sudah selesai untuk membaca doa keluar rumah yang mana telah disunnahkan oleh Rasulullah SAW, dan setelah itu kamu dianjurkan untuk mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu pada saat melangkah. Hal tersebut dikarenakan kaki kanan digunakan untuk melakukan segala hal atau urusan yang baik.

Baca juga: Doa Sebelum Tidur

Keutamaan Doa Keluar Rumah

(

Salah satu dari keutamaan doa keluar rumah ialah akan dipalingkannya diri kita dari sesuatu yang buruk. Barang tentu hal ini yang kita harapkan, sebab setiap orang rasanya ingin terhindar dari sesuatu yang buruk.

Namun terkadang kita lupa dan lalai tidak membaca doa ini. Padahal satu keutamaan yang telah disebutkan begitu besar dan mulia. Semoga dengan kita mengetahui salah satu keutamaannya dapat memotivasi untuk senantiasa ingat bahwa terdapat doa yang begitu luar biasa.

Baca juga: Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Adab Ketika Masuk Rumah

doa keluar masuk rumah
Source : iStock

Dalam agama Islam, adab ketika masuk rumah sebenarnya sudah diatur sedemikian rupa dengan sempurna. Kita sebagai seorang muslim hendaknya senantiasa dan melaksanakan apa yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad pada saat keluar rumah dan masuk rumah.

Adab ketika akan memasuki rumah sebenarnya hampir sama seperti adab keluar rumah. Berikut ini adalah adab ketika akan memasuki rumah yang harus kamu ketahui:

1. Mengetuk Pintu Tidak Terlalu Keras

Dianjurkan bagi seorang muslim untuk tidak mengetuk pintu tidak terlalu keras serta memencet bel pintu dengan tenang pada saat masuk ke dalam rumah. Selain itu, seorang muslim tidak pernah dianjurkan untuk mengetuk pintu secara keras atau memencet bel secara terus-menerus.

Adab masuk rumah yang satu ini di anjurkan karena hal tersebut akan mengganggu atau membuat suasana yang ada di rumah menjadi buruk atau bahkan marah kepada yang mengetuk pintu atau memencet bel nya.

2. Mengucapkan Salam Sebelum Masuk Rumah

Dianjurkan kepada setiap muslim untuk mengucapkan salam ketika mau masuk rumah, karena dengan mengucap salam akan membuat penghuni rumah yang terdapat di dalam rumah tahu kalau ada orang yang sedang menunggu di luar.

Selain itu, mengucap salam juga dapat memberi isyarat dengan berdeham atau membuat suara dengan sandal atau sepatu. Namun, cara mengucap salam yang paling baik dalam agama islam adalah mengucap Assalamualaikum.

Imam Ahmad berkata, \\\\\\\”Jika seorang laki-laki ingin masuk ke rumahnya, maka dianjurkan baginya berdeham atau menghentakkan sendalnya atau alas kakinya.\\\\\\\”

Mengucapkan salam memiliki tujuan untuk saling mendoakan dan juga menyebarkan kasih sayang yang di dalam rumah, dapat untuk menambah keakraban antara seseorang dengan keluarganya dan juga mendapatkan kepercayaan serta jaminan Allah subhanahu Wa ta\\\\\\\’ala.

3. Masuk Rumah dengan Kaki Kanan

Setelah selesai berdoa, kamu bisa masuk ke dalam rumah dengan menggunakan kaki kanan. Mendahulukan kaki kanan dalam segala urusan adalah termasuk petunjuk Rasulullah Shallallahu\\\\\\\’Alaihi Wa Sallam.

Baca juga: Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu

Keutamaan Doa Masuk Rumah

(

Doa masuk rumah memiliki keutamaan dimana kita akan senantiasa berdzikir dan mengingat Allah serta dilindungi dari gangguan syaitan. Keutamaan membaca dan melafalkan doa masuk rumah dapat dilihat dari hadits berikut ini:

Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.”

Dari hadist di atas kita dapat melihat bahwa saat kita berdzikir dan senantiasa mengingat Allah, maka syaitan sama sekali tidak akan memiliki tempat di rumah tersebut. Sedangkan tatkala penghuninya tidak mengingat dan berdzikir kepada Allah, itu artinya telah memberikan kesempatan kepada syaitan untuk tinggal di rumah.

Baca juga: Adab Malam Pertama Pernikahan Dalam Islam

Manfaat Membaca Doa Keluar dan Masuk Rumah

Source : iStock

Berdoa adalah suatu hal yang tidak merugikan sama sekali. Bahkan seorang muslim dianjurkan untuk berdoa setiap saat. Hal ini karena manfaat doa yang memiliki banyak kebaikan di dalamnya. Begitu juga dengan membaca doa saat hendak masuk ke dalam rumah. Apa saja manfaat membaca doa keluar masuk rumah? Ini dia penjelasannya.

Berkah

Berkah berasal dari bahasa Arab, yaitu barokah (البركة) yang berarti nikmat. Dengan berdoa saat hendak memasuki rumah, Allah memberikan melimpahkan berkah yang baik kepada hamba-Nya yang berdoa. Bahkan hal ini terdapat dalam Surat An-Nur ayat 61 yang berbunyi:

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

Artinya: “Apa bila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah yang diberi berkat lagi baik.”

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa salah satu adab saat masuk ke dalam rumah adalah dengan mengucapkan salam. Dengan mengucapkan salam kita tidak hanya mendoakan orang yang berada di dalam rumah, melainkan doa tersebut juga berbalik kepada kita sebagai pengucap salam.

Meminta Perlindungan dari Mara Bahaya

Selain melimpahkan berkah, manfaat doa saat masuk ke dalam rumah lainnya adalah perlindungan dari mara bahaya. Dalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh HR Abu Daud menyebutkan:

عَنْ أَبِى مَالِكٍ الأَشْعَرِىِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِذَا وَلَجَ الرَّجُلُ فِى بَيْتِهِ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا ثُمَّ لْيُسَلِّمْ عَلَى أَهْلِهِ

Artinya: Dari Abu Malik Al Asy’ari ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda “Jika seseorang memasuki rumahnya, maka ucapkanlah ‘Allahumma inni as-aluka khoirol mawlaji wa khoirol makhroji, bismillahi walajnaa wa bismillahi khorojnaa wa ‘alallahi robbinaa tawakkalnaa’ (Semoga Allah mencurahkan keselamatan atas kami dan atas hamba-hamba-Nya yang shalih. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan tempat keluarku. Dengan menyebut nama-Mu aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar. Dan kepada Allah Tuhan kami, kami berserah diri).” (HR. Abu Daud No. 5096 Al Hafizh Abu Thohir).

Meminta Perlindungan dari Gangguan Setan

Manfaat utama lainnya dari membaca doa masuk rumah adalah mendapatkan perlindungan dari gangguan setan. Hal ini diriwayatkan melalui Jabir bin ‘Abdillah bahwa Nabi SAW pernah bersabda:

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Artinya: “Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya). “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.” (HR. Muslim No. 2018).

Sekian penjelasan tentang doa keluar masuk rumah yang telah kami rangkum. Selain mengucapkan doa dengan cara yang benar agar kamu terjaga dan terlindungi oleh Allah subhanahu wa ta\\\\\\\’ala selama berada di luar rumah, kamu juga harus melakukannya sesuai dengan adab yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Semoga dengan adanya artikel ini kamu akan semakin paham tentang doa-doa Islam dan an-nur doa keluar rumah dan doa masuk rumah dapat di lakukan dan diingat secara terus-menerus mulai saat ini hingga akhir hayat nanti.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Syahya Rembulan

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download