Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Kumpulan Doa Keluar Rumah dan Masuk Rumah Beserta Artinya

Kumpulan Doa Keluar Rumah dan Masuk Rumah Beserta Artinya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 8 April 2021 ∙ 5 menit membaca

Doa adalah permohonan yang ditujukan kepada Tuhan. Permohonan ini mencakupi segala aspek kehidupan mulai dari masalah rezeki, permasalahan rumah tangga, bahkan perihal memohon perlindungan saat keluar rumah.

Pinhome – Dalam ajaran Islam, seorang muslim diharuskan membaca doa saat keluar rumah dan saat hendak memasuki rumah. Hal ini bertujuan untuk memohon pelindungan agar diberi keselamatan, sehingga saat sampai di rumah dalam keadaan sehat wal’afiat. Bagi Pins yang belum tahu doa-doa agar mendapat perlindungan Allah saat keluar rumah dan masuk rumah, berikut ini beberapa kumpulan doa keluar rumah dan masuk rumah beserta artinya.

Baca Juga: Inspirasi Untuk Membuat Dekorasi Akad Nikah Lesehan Di Rumah

Kumpulan Doa-Doa Saat Keluar dan Masuk Rumah Beserta Artinya

(Pezibear dari Pixabay)

Doa masuk dan keluar rumah tidak semata-mata Pins meminta perlindungan dari marabahaya saat berada di luar rumah. Melainkan juga meminta perlindungan agar Pins tidak tergoda oleh bisikan-bisikan setan saat berada di luar rumah. Sehingga, ketika Pins melangkahkan kaki di luar rumah, Pins senantiasa dijaga dari perbuatan-perbuatan munkar. Lalu, apa saja doa-doa saat keluar dan masuk rumah? Ini dia beberapa doa untuk keluar dan masuk rumah yang dapat Pins coba.

Baca Juga: Pindahan Rumah Baru? Lakukan 7 Hal Ini!

Doa Keluar Rumah

Umat Muslim selalu diajarkan untuk membaca doa saat keluar rumah. Hal ini untuk memohon perlindungan Allah SWT dari marabahaya dan godaan setan saat berada di luar rumah. Salah satu doa keluar rumah dan artinya yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu :

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bismillahi tawakkaltu ‘allahi, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: “Dengan nama Allah (aku keluar), aku bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan upaya kecuali pertolongan Allah.”

Doa Masuk Rumah

Doa masuk rumah adalah salah satu bentuk permohonan dalam meminta perlindungan dari marabahaya dan godaan setan yang mengikuti. Berikut ini doa masuk rumah yang perlu Anda ketahui.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ باسْمِ اللَّهِ وَلجْنا، وباسْمِ اللَّهِ خَرَجْنا، وَعَلى اللَّهِ رَبِّنا تَوَكَّلْنا

Allaahumma innii as-aluka khayral mawliji wa khayral makhraji. Bismillahi walajnaa wa bismillaahi kharajnaa wa ‘alallahi tawakkalnaa, alhamdulilaahil ladzii awaanii.

Artinya : Semoga Allah mencurahkan keselamatan atas kami dan atas hamba-hamba-Nya yang shalih. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan tempat keluarku. Dengan menyebut nama-Mu aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar. Dan kepada Allah Tuhan kami, kami berserah diri.

Adab Masuk ke Dalam Rumah

Meski terlihat sepele, ternyata di dalam ajaran Islam terdapat adab yang perlu dilakukan saat masuk ke dalam rumah. Berikut ini adab-adab yang perlu dilakukan saat Anda memasuki rumah, yaitu :

  • Mengetuk pintu rumah
  • Mengucapkan salam saat hendak masuk rumah
  • Membaca doa masuk rumah
  • Masuk dengan mendahulukan kaki kanan

Manfaat Membaca Doa saat Masuk ke Dalam Rumah

Berdoa adalah suatu hal yang tidak merugikan sama sekali. Bahkan seorang muslim dianjurkan untuk berdoa setiap saat. Hal ini karena manfaat doa yang memiliki banyak kebaikan di dalamnya. Begitu juga dengan membaca doa saat hendak masuk ke dalam rumah. Apa saja keutamaan membaca doa masuk rumah? Ini dia penjelasannya.

Berkah

Berkah berasal dari bahasa Arab, yaitu barokah (البركة) yang berarti nikmat. Dengan berdoa saat hendak memasuki rumah, Allah memberikan melimpahkan berkah yang baik kepada hamba-Nya yang berdoa. Bahkan hal ini terdapat dalam Surat An-Nur ayat 61 yang berbunyi :

فَإِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوتًا فَسَلِّمُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِنْ عِنْدِ اللَّهِ مُبَارَكَةً طَيِّبَةً

Artinya : “Apa bila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah yang diberi berkat lagi baik.”

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa salah satu adab saat masuk ke dalam rumah adalah dengan mengucapkan salam. Dengan mengucapkan salam kita tidak hanya mendoakan orang yang berada di dalam rumah, melainkan doa tersebut juga berbalik kepada kita sebagai pengucap salam.

Meminta Perlindungan dari Mara Bahaya

Selain melimpahkan berkah, manfaat doa saat masuk ke dalam rumah lainnya adalah perlindungan dari mara bahaya. Dalam suatu hadits yang diriwayatkan oleh HR Abu Daud menyebutkan :

عَنْ أَبِى مَالِكٍ الأَشْعَرِىِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « إِذَا وَلَجَ الرَّجُلُ فِى بَيْتِهِ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا ثُمَّ لْيُسَلِّمْ عَلَى أَهْلِهِ

Artinya : Dari Abu Malik Al Asy’ari ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda “Jika seseorang memasuki rumahnya, maka ucapkanlah ‘Allahumma inni as-aluka khoirol mawlaji wa khoirol makhroji, bismillahi walajnaa wa bismillahi khorojnaa wa ‘alallahi robbinaa tawakkalnaa’ (Semoga Allah mencurahkan keselamatan atas kami dan atas hamba-hamba-Nya yang shalih. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan tempat keluarku. Dengan menyebut nama-Mu aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar. Dan kepada Allah Tuhan kami, kami berserah diri).” (HR. Abu Daud No. 5096 Al Hafizh Abu Thohir).

Perlindungan dari Gangguan Setan

Manfaat utama lainnya dari membaca doa masuk rumah adalah mendapatkan perlindungan dari gangguan setan. Hal ini diriwayatkan melalui Jabir bin ‘Abdillah bahwa Nabi SAW pernah bersabda :

إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لاَ مَبِيتَ لَكُمْ وَلاَ عَشَاءَ. وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ. وَإِذَا لَمْ يَذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمُ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Artinya : “Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.” Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya). “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam.” (HR. Muslim No. 2018).

Itulah informasi tentang doa masuk rumah dan keluar rumah yang perlu Pins ketahui. Semoga Pins senantiasa selalu dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Rizko Fatra

Tags :

Bagikan Artikel