BlogLifestyleEdukasi10 Desain Kubah Mushola Modern Sebagai Inspirasi
0
0

10 Desain Kubah Mushola Modern Sebagai Inspirasi

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa

Apr 13, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Tidak boleh diremehkan meski lebih kecil dari masjid, kubah mushola modern juga sering diaplikasikan. Tujuannya agar proses beribadah lebih aman serta nyaman. Namun jangan lupa untuk turut diperhatikan pula material dan bentuk kubahnya yang sesuai kebutuhan serta budget.

Beberapa di antaranya terinspirasi dari masjid-masjid terkenal di Indonesia maupun dunia. Tidak hanya berfungsi sebagai lokasi beribadah, tapi juga menarik dari sisi estetika dan dekorasinya. Salah satunya adalah mengadaptasi desain mushola minimalis. Berikut adalah beberapa desain kubah mushola modern sebagai inspirasi di daerahmu!

Baca juga: 7 Desain Mushola Kecil di Luar Rumah

Kubah Mushola Modern Kristal

kubah mushola modern
Source : Tribun News

Kubah kristal memang terbilang unik karena tersusun dari lapisan material kaca, baja dan kristal yang membuatnya berkilau jika terkena cahaya. Memang terlihat tekstur dari kubah ini tidak halus meski berbentuk setengah lingkaran, tapi hal itu justru menambah estetika masjid secara keseluruhan. Model mimbar minimalis kaca bisa kamu buat pula di dalamnya.

Umumnya, kubah ini dipakai oleh masjid-masjid yang ada di Malaysia, terutama masjid atau mushola yang berada di pinggir sungai atau laut. Karena kristalnya itu bisa memantulkan atau menampilkan bayangan sungai maupun laut yang ada di sekelilingnya. Sangat cantik!

Kubah Mushola Modern Tumpuk

Source : Pegi Pegi

Kubah tumpuk cocok untuk mushola atau masjid berukuran besar dan bernuansa megah, karena sangat elegan. Kubah-kubah ini terkesan ditumpuk dengan satu menjadi kubah utamanya berada di bagian atas tengah masjid.

Mungkin kamu akan familiar dengan bentuk kubah ini. Kamu bisa melihatnya di Masjid Raya Al-A’zhom di Tangerang, Banten. Kubah biru megah ini didapuk menjadi kubah masjid terbesar di seluruh Asia Tenggara.

Menyerupai Setengah Bola

Source : Kumparan

Kubah setengah bola mungkin bentuk kubah yang sangat populer di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan bentuknya yang simpel dan pembuatannya tidak cukup rumit. Bentuk tersebut sangat cocok diaplikasikan di masjid kecil atau musholla.

Bentuknya memang hanya irisan bola yang seakan-akan dibagi dua dengan pucuk atasnya diberikan tiang khas dari sebuah masjid. Tapi kubah ini tidak menghilangkan kesan islami yang umum terdapat di masjid-masjid.

Baca juga: Perhatikan! Ini Bedanya Masjid dan Mushola

Desain Bentuk Bawang

kubah mushola modern
Source : Freepik/wirestock

Mirip dengan bentuk setengah bola, bedanya untuk kubah bawang memiliki lengkungan sedikit di bagian atas sebelum menyentuh bagian tiang puncak kubah. Bisa dibayangkan bentuk bawang, ada bagian mengerucut sedikit di bagian atas sehingga kubah bawang ini lebih ramping dibandingkan kubah setengah bola.

Model Pinang

Source : Tokopedia

Untuk kubah model pinang, bisa dibilang perpaduan antara kubah setengah bola dan kubah bawang. Karena bentuk atasnya yang melengkung sempurna, tapi terlihat lebih ramping di bagian atas. Hanya saja, kubah pinang ini sedikit lebih menggembung di bagian lingkar luarnya.

Kubah Khas Madinah

Source : Republika

Kubah khas Madinah kini juga sering dipakai di masjid dan mushola yang berada di Indonesia. Bentuk kubah Madinah di Arab Saudi sudah sangat familiar dan terkenal karena kemegahannya. Kubah Madinah biasanya memiliki paduan antara warna hijau dan kuning yang membentuk seperti pola ketupat di mozaik sisi kubahnya.

Baca juga: 10 Desain Mushola Kantor Inspiratif untuk Kenyamanan Beribadah

Kubah Galvalum (Sebagian Bangunan)

Source : Media Indonesia

Kubah satu ini bisa dibilang sangat unik karena tidak seperti kubah biasanya yang menjadi bagian tersendiri di atas masjid. Kubah Galvalum berfungsi menjadi sebagian dari bangunan atau sisi dinding masjid itu sendiri. Galvalum sendiri sebenarnya adalah bahan yang terbuat dari baja ringan dengan campuran zincalume, alumunium, silikon dan zinc.

Bahan ini memang ringan tapi kualitasnya sangat bagus. Hal tersebut dikarenakan selain tahan suhu hingga 300 derajat celcius, material ini diklaim awet karena tidak hanya menahan tapi juga  mampu menetralkan panas. Karena itu, kubah ini juga cocok dipasang di mushola yang biasanya berukuran lebih kecil dari masjid.

Perpaduan Material Kaca Bentuk Bola

kubah mushola modern
Source : Pinterest

Kubah bentuk bola dengan lingkaran juga kini banyak dimodifikasi atau dipadukan dengan kaca di bagian badan kubahnya. Sehingga disebut hemat energi karena cahaya matahari bisa masuk ke area dalam mushola atau masjid. Kamu pun bisa menyelaraskan dengan desain mushola dan tempat wudhu yang senada.

Kubah ini menjadi tren karena dipasang secara ikonik di Masjid Yesil Vadi, Turki dengan megah dan elegan. Uniknya, kubah ini menjulang hingga tanah sehingga bisa dibilang kubah ini berperan sebagai bangunan masjidnya juga. Cocok diterapkan pada bangunan mushola yang tidak sebesar masjid pada umumnya.

Kubah Mushola Modern Bahan Enamel

Source : Tokopedia

Kubah dari sisi material yang kerap dipilih adalah kubah enamel yang sering digadang sebagai kubah paling tahan banting. Ketahanannya mirip seperti kubah galvalum, namun enamel diklaim lebih kuat serta tahan karat bertahun-tahun. Kubah enamel dianggap sangat cocok dijadikan kubah yang sering terpapar matahari terik dan hujan.

Enamel ini begitu istimewa karena dibuat dari campuran bubuk kaca ke dalam substrat lalu dibakar hingga suhu 850 derajat celcius! Karena itu ketahanannya didapat dari proses pembakaran dengan suhu yang tinggi.

Beton Khas Ottoman Mix Kaca

kubah mushola modern
Source : CNN Indonesia

Kubah khas Ottoman satu ini terbentuk dari paduan kaca dan beton yang unik dan terinspirasi dari Masjid Koln, Jerman yang indah. Kubah yang menyatu dengan bangunan masjid ini bisa diterapkan di mushola dengan gayanya yang ramping dan berkonsep kontemporer. Bentuknya juga disebut futuristik karena membuat yang melihatnya seakan berada di dunia lain yang sangat menarik.

Demikian beberapa referensi desain kubah mushola modern yang bisa dipilih dan dipasang di mushola-mushola daerahmu. Apakah ada yang menarik perhatian dan akan segera dieksekusi? Semoga membantu ya, Pins!

Baca juga: 8 Model Jendela Mushola Minimalis


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Featured Image Source: Unsplash/Mufid Majnun

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download