Pinhome

Korea Selatan Adalah Negara Terbaik Untuk Bisnis ke 16

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 23 February 2022 ∙ 4 menit membaca

Korea Selatan menempati urutan ke-16 sebagai negara terbaik untuk bisnis di dunia. Setelah muncul dari perang 1950 – 1953 dengan Korea Utara, Korea Selatan muncul sebagai salah satu kisah sukses ekonomi abad ke-20 yang paling luar biasa, menjadi masyarakat teknologi tinggi yang berkembang, terhubung secara global, dalam beberapa dekade.

Pada 1960-an, PDB per kapita sebanding dengan tingkat di negara-negara termiskin di dunia. Pada tahun 2004, PDB Korea Selatan melampaui satu triliun dolar.

Dimulai pada 1960-an di bawah Presiden PARK Chung-hee, pemerintah mempromosikan impor bahan baku dan teknologi, mendorong penghematan dan investasi daripada konsumsi, mempertahankan upah rendah, dan mengarahkan sumber daya ke industri berorientasi ekspor yang tetap penting bagi perekonomian hingga hari ini.

Pertumbuhan melonjak di bawah kebijakan ini, dan sering mencapai dua digit pada 1960-an dan 1970-an. Pertumbuhan berangsur-angsur melambat pada 1990-an ketika ekonomi semakin matang tetapi tetap cukup kuat untuk mendorong Korea Selatan ke dalam jajaran ekonomi maju OECD pada 1997.

Kebijakan-kebijakan ini juga menyebabkan munculnya konglomerat-konglomerat chaebol yang dimiliki keluarga seperti Daewoo, Hyundai, dan Samsung, yang mempertahankan posisi dominan mereka bahkan ketika pemerintah melonggarkan cengkeramannya pada ekonomi di tengah perubahan politik tahun 1980-an dan 1990-an.

Krisis keuangan Asia 1997 – 1998 menghantam perusahaan Korea Selatan dengan keras karena ketergantungan mereka yang berlebihan pada pinjaman jangka pendek, dan PDB akhirnya turun 7% pada tahun 1998.

Korea Selatan menangani reformasi ekonomi yang sulit setelah krisis, termasuk merestrukturisasi beberapa chaebol, meningkatkan fleksibilitas pasar tenaga kerja, dan membuka lebih banyak investasi dan impor asing.

Langkah-langkah ini mengarah pada pemulihan ekonomi yang relatif cepat. Korea Selatan juga mulai memperluas jaringan perjanjian perdagangan bebasnya untuk membantu meningkatkan ekspor dan sejak itu telah mengimplementasikan 16 perjanjian perdagangan bebas yang mencakup 58 negara, termasuk Amerika Serikat dan Cina yang secara kolektif mencakup lebih dari tiga perempat PDB global.

Pada 2017, pemilihan Presiden MOON Jae-in membawa lonjakan kepercayaan konsumen, sebagian, karena keberhasilan usahanya untuk meningkatkan upah dan pengeluaran pemerintah.

Faktor-faktor ini dikombinasikan dengan kenaikan dalam pertumbuhan ekspor untuk mendorong pertumbuhan PDB riil menjadi lebih dari 3%, meskipun ada gangguan dalam perdagangan Korea Selatan dengan Cina sehubungan dengan penyebaran sistem pertahanan rudal AS di Korea Selatan.

Pada 2018 dan seterusnya, Korea Selatan akan bersaing dengan lambatnya pertumbuhan ekonomi dalam kisaran 2-3% tidak jarang bagi negara maju. Ini bisa diimbangi sebagian dengan upaya untuk mengatasi tantangan yang timbul dari populasi yang menua dengan cepat, pasar tenaga kerja yang tidak fleksibel, berlanjutnya dominasi chaebol, dan ketergantungan yang besar pada ekspor daripada konsumsi domestik.

Masalah sosial ekonomi juga bertahan, dan termasuk meningkatnya ketimpangan, kemiskinan di kalangan orang tua, pengangguran kaum muda yang tinggi, jam kerja yang panjang, produktivitas pekerja yang rendah, dan korupsi.

Baca Juga: 10 Rumah Termahal Di Indonesia, Harga Bikin Telan Ludah


Korea Selatan Negara Terbaik Untuk Bisnis

Korea Selatan

GDP $ 1.540 B
Pada Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 3,1%
PDB per Kapita: $ 29.700
Neraca Perdagangan / PDB: 5,1%
Populasi: 51,4 juta
Hutang / PDB Publik: 40%
Pengangguran: 3,7%
Inflasi: 1,9%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 75
Kebebasan Moneter: 33
Hak Properti: 35
Inovasi: 8
Teknologi: 1
Pita Merah: 11
Investor Protection: 22
Korupsi: 47
Kebebasan pribadi: 41
Beban pajak: 24

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.


Terkait Korea Selatan


 ————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Unsplash

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Somasi dan Cara Membuatnya

Apakah kamu pernah mendengar surat somasi? Surat ini kerap dikaitan dengan dunia hukum. Biasanya pe

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengaduan dan Formatnya yang Benar

Dalam transaksi, terkadang ada beberapa hal yang kurang sesuai, baik dalam pembelian barang atau pe

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Contohnya

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) umum digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya melama

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia