BlogPemilik PropertiDesain HunianPerlu Tahu! Ini Cara Menghitung Biaya Atap Baja Ringan dengan Penutup Seng Galvalum
0
0

Perlu Tahu! Ini Cara Menghitung Biaya Atap Baja Ringan dengan Penutup Seng Galvalum

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 22, 2024

13 menit membaca

Copied to clipboard
cara menghitung biaya atap baja ringan seng galvalumtop-right-banner

Dewasa ini terdapat berbagai macam alternatif material yang bisa dipilih untuk atap rumah atau bangunan. Pilihannya mulai dari yang kayu, beton precast, sampai dengan baja ringan. Material baja ringan termasuk populer belakangan ini. Namun, sebelum merealisasikan atap dari bahan ini, kamu perlu tahu cara menghitung biaya atap baja ringan dengan penutup seng galvalum.

Perhitungan terkait material ini akan membantu Pins dalam menentukan anggaran konstruksi. Perhitungan dapat dibuat secara sederhana saja. Dilihat dari pandangan masyarakat secara umum agar lebih mudah dalam membayangkan berapa kira-kira budget yang diperlukan untuk menyelesaikan pembuatan atap.

Kamu juga bisa menemukan inspirasi desain Rumah Ekslusif lainnya melalui aplikasi Pinhome sebagai referensi. Selain itu, kamu juga dapat mencari informasi rumah second di Kec Bandung Kidul atau rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence atau hunian dekat Mall Lampung.

Baca juga:

Cara Menghitung Atap Baja Ringan dengan Penutup Seng Galvalum Per M2

Source : Harga123.info
  • Membuat gambar bentuk atap yang disertai ukuran. Hal ini sebagai dasar untuk menghitung luasan atap dalam m2 sesuai bentuk bidang atap yang akan dihitung.
  • Menghitung luas atap dalam m2. Misalnya jika atap berbentuk segitiga maka luasanya bisa dihitung dengan rumus panjang alas kali tinggi dibagi dua. Jika trapesium, maka rumusnya jumlah sisi sejajar dibagi dua dikalikan tinggi. Sementara itu, apabila bentuknya persegi panjang, maka memakai rumus panjang kali lebar.
  • Mencari info berapa harga borongan atap galvalum dengan rangka baja ringan per m2. Caranya bisa dengan meminta penawaran kepada para pemborong sekaligus untuk menyeleksinya sehingga bisa mendapatkan harga termurah dengan kualitas terbaik.
  • Untuk mengetahui nilai biaya atap baja ringan dengan finishing galvalum kamu perlu memahami caranya Pins. Cara menghitung borongan baja ringan tersebut yaitu dengan mengalikan luas atap dengan harga per m2.

Baca juga:

Rumus Biaya Rangka Atap Baja Ringan Finish Galvalum

Ada rumus dalam cara menghitung biaya atap baja ringan dengan penutup seng galvalum yang perlu kamu ketahui. Rumus ini bertujuan untuk mengetahui nilai biaya yakni La X Hb. Dua komponen utama dalam rumus ini memiliki pengertian sebagai berikut:

  • La = Luas atap dalam satuan m2.
  • Hb = Harga borongan atap baja ringan finish galvalum sudah termasuk material dan upah tenaga kerja

Bcaa juga: 5 Tips Memasang Kuda-Kuda Baja Ringan dengan Benar

Contoh Cara Menghitung Atap Baja Ringan dengan Penutup Seng Galvalum

cara menghitung biaya atap baja ringan  seng galvalum
Source : Readymix.co.id

Misalnya kita akan mengerjakan atap rumah dari konstruksi baja ringan dengan bentuk seperti gambar ini, maka cara menghitung biaya atap baja ringan dengan penutup seng galvalum adalah sebagai berikut:

  • Atapnya berbentuk persegi panjang, jadi luas atapnya adalah 5m x 12m = 60m2.
  • Setelah melakukan penyelidikan kita dapatkan harga borongan per meter persegi = Rp.120.000,- /m2.
  • Biaya atap = 60m2 x Rp.120.000,- = Rp.7.200.000,- (terbilang tujuh juta dua ratus ribu rupiah).

Baca juga: Cara Menghitung Luas Bangunan Atau Rumah

Lalu Bagaimana Jika Mengerjakan Atap Sendiri?

Source : SEOSatu.com

Selain cara menghitung biaya atap baja ringan dengan penutup seng galvalum, disini Pins juga perlu membuat rincian material apa saja yang akan dipakai dan berapa jumlah kebutuhannya. Misalnya dengan model atap seperti gambar tadi kita dapatkan hitungan volume material seperti ini:

  • Galvalum = 5m x 12m = 60m2.
  • Profil Canal C baja ringan = 12m x 4bh = 48m2, perbatang 6m, jadi perlunya 48/6 = 8 batang.
  • Profil reng baja ringan = 5m x 12bh = 60m, perbatang 6m, jadi perlunya 48/6 = 10 batang.

Lalu kita cari tahu harga material dipasaran, misalnya kita dapatkan harga segini:

  • Galvalum = Rp.35.000,-/m2
  • Profil C baja ringan = Rp.70.000,- /btg
  • Profil reng = Rp.30.000,- /btg

Lalu kita hitung total biayanya dengan mengalikan volume material dengan harga:

  • Galvalum = 60m2 x Rp.35.000,-/m2 = Rp.2.100.000,-
  • Profil C baja ringan = 8btg x Rp.70.000,- = Rp.560.000,-
  • Profil reng = 10btg x Rp.30.000,- = Rp.300.000,-
  • skrup, dan lain-lain = Rp.500.000,-

Jumlah biaya material = Rp.3.460.000,-

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Atap Genteng Rumah

Upah Tenaga Kerja

Lalu biaya upah tenaga kerjanya, misalnya kita memerlukan waktu 6 hari untuk mengerjakan atap tersebut dengan 2 tukang baja ringan. Upah tenaga perhari masing-masing tukang = Rp.100.000,- maka total biaya upahnya yaitu:

6 hari x 2 tukang x Rp.100.000,- = Rp.1.200.000,-

Jadi total biaya atap baja ringan upah + material = Rp.3.460.000,- + Rp.1.200.000,- = Rp.4.660.000,- dibulatkan jadi Rp.4.700.0000,-

Dari perhitungan di atas bisa Pins lihat jika harganya lebih murah dikerjakan sendiri daripada diberikan kepada pemborong atau kontraktor, karena selisih harga tersebut merupakan keuntungan borongan.

Begitulah cara menghitung biaya atap baja ringan dengan penutup seng galvalum. Cara yang pertama menggunakan sistem m2, sedangkan yang kedua dengan mengerjakan secara mandiri dan membeli material sendiri.

Baca juga:

Pertimbangan dalam Membeli Material Baja Ringan

Source : Kompas

Meskipun popularitasnya sedang naik daun, ada baiknya kita tetap mempertimbangkan satu dua hal sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli material baja ringan sebagai bahan kerangka atap kita, Pins. Berikut beberapa hal yang patut kamu pertimbangkan.

Baca juga: Kelebihan Rangka Baja Ringan

1. Harga Baja Ringan

Source : Freepik

Pins perlu mengetahui harga baja ringan untuk bisa mengaplikasikan cara menghitung biaya atap baja ringan dengan penutup seng galvalum. Sebagai referensi, Pinhome memberikan kisaran harga atap baja ringan yang bisa digunakan acuan.

harga baja ringan

Bagaimana dengan harga kelengkapannya? Berikut adalah harga kelengkapan baja ringan.

atap baja ringan

Jika ingin menghitung harga baja ringan yang sudah terpasang, tabel berikut bisa kamu jadikan sebagai referensi:

Namun perlu diingat, Pins, harga baja ringan di atas, hanyalah referensi kisaran saja. Harga dapat berubah seiring waktu.

2. Hal yang Mempengaruhi Harga Baja Ringan

Harga baja ringan
Source : Pixabay

Penggunaan baja ringan sebagai rangka atap dapat menggunakan bahan galvanis atau galvalum yang akan mempengaruhi harga per m2. Selain itu pemberian garansi pemasangan sampai sekian tahun juga dapat memberikan harga pelayanan yang lebih mahal.

Misalnya sebuah penyedia jasa pemasangan baja ringan di kota Jakarta. Ada yang memberikan garansi pemasangan diantara 5 tahun sampai dengan 10 tahun dengan kriteria service yang dilayani adalah sesuai kesepakatan antara pemilik rumah dan penyedia jasa pada saat mengadakan kontrak borongan sebelum pelaksanaan pemasangan rangka atap baja ringan.

Baja ringan dapat dibeli di toko bangunan atau bisa langsung ke pabrik produsen bahan bangunan ini untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Beberapa penyedia borongan baja ringan biasanya menawarkan harga bahan per m2 saja atau berikut harga tenaga kerja pemasangan baja ringan.

Untuk mendapatkan harga termurah dapat dilakukan dengan cara meminta daftar harga baja ringan kepada beberapa kontraktor kemudian bandingkan untuk mendapatkan baja ringan murah sehingga dapat menghemat biaya membangun rumah.

Harga baja ringan yang murah merupakan bentuk upaya dalam menghemat biaya pembangunan rumah. Namun sebaiknya tetap berhati-hati agar tidak mendapatkan baja ringan yang murahan sehingga dapat dihasilkan sebuah konstruksi atap rumah yang kuat awet dan murah dengan kualitas yang maksimal serta dapat memberikan rasa aman dari bahaya kerobohan akibat struktur rangka atap tidak kuat menahan beban bangunan.

Baca juga : 

Tips Memilih Atap Baja Ringan

Source : Sindonews

Yakin, ingin menggunakan baja ringan sebagai atap rumah Pins? Selain memahami cara menghitung biaya atap baja ringan dengan penutup seng galvalum sebelumnya, make sure kamu mengetahui beberapa faktor penting yang wajib diperhatikan dalam pemilihan baja ringan sebagai atap rumah.

1. Baja Ringan Dengan Lapisan Anti Karat

Setiap rangka atap baja ringan wajib memiliki lapisan anti karat. Jika musuh kayu adalah lapuk, maka musuh baja ringan adalah karat. Semakin tebal lapisannya, maka akan semakin baik.

2. Bergaransi

Cari baja ringan yang memiliki garansi, Pins. Pastikan dengan menanyakannya kepada penjual atap baja ringan. Kebanyakan toko menawarkan garansi penuh 1 tahun.

3. Fitur Lengkap

Pilih baja ringan yang dilengkapi dengan panduan untuk mendesain struktur baja ringan, paku self-drilling, dan bracing atau sistem pengaku.

Sementara untuk pemasangannya, atap baja ringan sangat membutuhkan ketelitian, Pins. Pokoknya, jangan sampai ada kesalahan dalam pemasangannya. Kalau sampai terjadi, keluhan bocor atau merembes dari atap saat hujan bisa dialami.

Itulah sedikit informasi terkait cara menghitung biaya atap baja ringan dengan penutup seng galvalum. Semoga bermanfaat, ya!

Source Feature Image: Blideco.dom


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Grand Bale dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download