Pinhome

7 Ide Konstruksi Atap Skylight untuk Ruangan

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 4 March 2022 ∙ 6 menit membaca

Bagi sebagian orang mungkin masih ada yang merasa asing dengan istilah atap skylight. Padahal atap yang satu ini sudah sangat populer dan sering digunakan. Kali ini Pinhome ingin memberi ide untuk Pins mengenai konstruksi atap skylight untuk ruangan.

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa yang lebih sederhana, atap skylight ini kurang lebih bermakna atap kaca. Jadi atap skylight ini merupakan sejenis atap yang memiliki bahan dasar dari kaca,

Atap ini juga memiliki kelebihan yaitu membuat sinar matahari bisa bebas memancar masuk ke dalam rumah.

Tidak hanya itu, atap ini juga memungkinkan Pins untuk bisa melihat pemandangan langit dengan lebih mudah dari dalam rumah. Terlebih pemandangan langit pada pagi hari.

Jika kamu tertarik menggunakan skylight, simak yuk 7 ide konstruksi atap skylight untuk ruangan pada ulasan di bawah ini!

Manfaat dan Kelebihan Dari Konstruksi Atap Skylight

Sebelum melihat berbagai macam konstruksi atap skylight, ada baiknya kita simak dulu manfaat dan kelebihan dari jenis atap ini. Dengan memahaminya, dijamin kamu akan semakin tertarik untuk memilih jenis atap yang satu ini.

Mempercantik Desain Interior Rumah

Jika dilihat manfaatnya dari sisi seni interior, maka atap skylight ini akan membuat rumah Pins menjadi terlihat lebih modern dan elegan.

Hal ini karena model atap skylight ini berasal dari gaya rumah yang berada di luar negeri (terutama di benua Amerika dan Eropa).  Sedangkan untuk di Indonesia sendiri masih jarang ada yang memiliki rumah dengan menggunakan jenis atap ini.

Jadi, jika Pins menerapkan model atap ini untuk rumah, tentu akan terlihat lebih unik dan berbeda dari rumah yang lainnya.

Manfaat Kesehatan

Dengan dipakainya atap skylight ini, pancaran dari sinar matahari bisa menyebar ke dalam ruangan rumah Pins. Sehingga pada waktu siang hari ruangan rumah Pins akan memiliki cahaya yang lebih natural dari alam. Selain itu bisa menghemat pemakaian listrik di rumah Pins. 

Hawa Udara Rumah Jadi Segar

Terdapat lagi manfaat lainnya dari pemakaian atap skylight ini, yaitu dapat membuat ruangan rumah Pins menjadi lebih sehat dan memiliki hawa yang segar. Hal ini karena sinar dari cahaya matahari dapat menetralisir kelembaban ruangan di rumah Pins.

Tentu kita dan Pins semua tahu kalau ruangan yang memiliki kelembaban berlebih dapat menjadi sarang jamur dan kuman penyakit.

Karena itu juga rumah dengan atap skylight ini mendapatkan sinar dari cahaya matahari sepanjang hari, tentunya ruangan Pins semua menjadi lebih sehat. Sebab kuman dan jamur tidak akan dapat bertahan dikarenakan terkena cahaya matahari dalam waktu yang lama.

Baca juga: Jenis Atap Polycarbonate Beserta Harga Terbarunya

Bisa Melihat Pemandangan Langit

Kelebihan lainnya dari pemakaian atap skylight ini yaitu, kamu dapat dan bisa melihat keindahan langit saat cuaca sedang cerah di siang hari maupun di malam hari.

Pins juga dapat melihat awan bergerak perlahan melewati kaca atap skylight yang transparan itu (saat siang hari). Selain itu kamu juga dapat melihat indahnya cahaya jutaan bintang yang berkelap kelip di langit pada saat malam hari.

Intinya atap skylight ini sangat recommended dan keren banget deh Pins! 

Nah apakah Pins tertarik untuk memakai konstruksi atap skylight ini untuk rumah Pins semua? Jika iya, maka aku akan memberikan beberapa contoh gambar dari konstruksi atap skylight ini.

Pins semua bisa memilih salah satu model yang paling disuka dan paling nyaman, untuk dapat menerapkannya pada rumah Pins.

Atap Skylight Ventilasi

Desain atap ini sangatlah mengutamakan pencahayaan yang terpapar secara langsung dari sinar matahari. Pada desain ini sendiri seperti sebuah jendela dengan ukuran yang besar. 

Atap skylight ini cocok dilengkapi dengan remote control yang bisa menutup secara otomatis. Jadi Pins tidak perlu khawatir jika ada orang asing yang akan mencoba masuk ke dalam rumah tanpa izin.

Atap Skylight Tetap

Biasanya desain dari atap ini lebih cocok digunakan pada rumah yang memiliki tingkat. Atap ini digunakan dengan memposisikan skylight tepat berada di lantai tertinggi agar bisa menikmati pemandangan langit terlebih pada malam hari.

Tetapi skylight ini tidak seperti desain atau skylight ventilasi yang dapat dioperasikan dengan remot kontrol. Walaupun seperti itu, skylight tetap sangatlah cocok bagi Pins yang memiliki kecintaan dan hobi terhadap pemandangan langit.

Baca juga: 10 Jenis Dan Ragam Atap Transparan Terbaik Untuk Melindungi Rumah

Skylight dengan Jenis Tubular

Bila dibandingkan dengan desain atap lainnya yang besar, skylight tubular relatif memiliki dimensi yang lebih kecil dan memiliki ukuran sekitar 10-14 inchi saja. Walaupun seperti itu, jenis atap skylight ini memiliki kelebihan tersendiri, yaitu bisa memperkecil intensitas cahaya matahari pada siang hari yang terik. 

Atap Skylight dengan Bahan Kayu

Contoh dari desain atap skylight berikutnya yaitu, menggunakan bahan kayu. Desain dari atap skylight dengan bahan  kayu dapat juga dibuat dengan bentuk yang elegan, sesuai dengan interior yang menghiasi ruangan dan pastinya sesuai dengan keinginan Pins semua. 

Desain Atap Skylight Piramida

Desain atap skylight yang memiliki kemiripan dengan piramida ini dapat ditempatkan di ruang santai ataupun ruang keluarga. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk menyegarkan pikiran dengan melihat pemandangan langit (saat siang maupun malam hari yang cerah). Bentuknya yang sangat unik juga akan membuat ruangan tampak lebih menarik dan eye catching.

Skylight Berbentuk Kubah

Jenis atap yang satu ini sering digunakan di tempat beribadah ataupun tempat pertemuan. Meskipun tak jarang atap ini juga digunakan pada rumah mewah. Selain memberikan kesan yang indah, skylight dengan bentuk kubah juga bisa menyalurkan sinar dari cahaya matahari dengan sangat baik ke seluruh penjuru ruang. 

Jadi dengan memiliki skylight ini ruang tersebut dapat hemat penggunaan listrik dikarenakan tidak membutuhkan lampu. Pada waktu malam hari juga akan semakin indah dengan diperlihatkannya pemandangan langit malam hari.

Skylight dengan Material Kaca Tempered

Berbeda dari kaca pada umumnya, kaca tempered memiliki ketahanan yang lebih kuat terlebih lagi terhadap api. Memiliki ketebalan ukuran 5 kali lipat dari kaca biasa, membuat skylight jenis ini tahan terhadap benturan dan gampang untuk pecah dan aman bagi penghuni rumah yang berada dibawah.

Itulah 7 contoh dari konstruksi atap skylight yang dapat aku berikan dan perlu kamu ketahui. Sebelum Pins mengaplikasikan, pastikan kamu telah terlebih dahulu menilai desain apa yang cocok dan membuat nyaman rumah kamu.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source FeatureImage: Unsplash

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia