BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Ide Konstruksi Atap Skylight untuk Ruangan
0
0

7 Ide Konstruksi Atap Skylight untuk Ruangan

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Mar 15, 2024

7 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bagi sebagian orang mungkin masih ada yang merasa asing dengan istilah atap skylight. Padahal atap yang satu ini sudah sangat populer dan sering digunakan. Kali ini Pinhome ingin memberi ide untuk Pins mengenai konstruksi skylight atap untuk ruangan.

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa yang lebih sederhana, skylight ini kurang lebih bermakna atap kaca. Jadi atap skylight ini merupakan sejenis atap yang memiliki bahan dasar dari kaca. Atap ini juga memiliki kelebihan yaitu membuat sinar matahari bisa bebas memancar masuk ke dalam rumah.

Untuk mencari inspirasi skylight atap bisa menggunakan PinValue. Kamu bisa membandingkan harga hunian sekitar Java Mall, rumah di Bangil hingga rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence sebagai alternatif inspirasi atapnya.

Baca juga: Beragam Jenis Atap Rumah dan Fungsinya

Manfaat dan Kelebihan Dari Konstruksi Skylight Atap

manfaat skylight atap
Source : Unsplash

Sebelum melihat berbagai macam konstruksi skylight, ada baiknya Pins mengetahui terlebih dahulu manfaat dan kelebihan dari jenis atap ini. Dengan memahaminya, barangkali kamu akan semakin tertarik untuk memilih jenis atap yang satu ini.

1. Mempercantik Desain Interior Rumah

Jika dilihat manfaatnya dari sisi seni interior, maka skylight ini akan membuat rumah Pins menjadi terlihat lebih modern dan elegan.

Hal ini karena model skylight atap ini berasal dari gaya rumah yang berada di luar negeri (terutama di benua Amerika dan Eropa).  Sedangkan untuk di Indonesia sendiri masih jarang ada yang memiliki rumah dengan menggunakan jenis atap ini.

Jadi, jika Pins menerapkan model atap ini untuk rumah, tentu akan terlihat lebih unik dan berbeda dari rumah yang lainnya.

2. Manfaat Kesehatan

Dengan menerapkan skylight ini, pancaran sinar matahari bisa menyebar ke dalam ruangan rumah Pins. Sehingga pada waktu siang hari ruangan rumah Pins akan memiliki cahaya yang lebih natural dari alam. Selain itu bisa menghemat pemakaian listrik di rumah Pins. 

3. Hawa Udara Rumah Jadi Segar

Salah satu manfaat lain dari skylight yaitu dapat membuat ruangan rumah Pins menjadi lebih sehat dan memiliki hawa yang segar. Hal ini karena sinar dari cahaya matahari dapat menetralisir kelembaban ruangan di rumah Pins. Seperti yang diketahui bahwa ruangan yang memiliki kelembaban berlebih dapat menjadi sarang jamur dan kuman penyakit.

Oleh karena itu rumah dengan atap skylight ini mendapatkan sinar dari cahaya matahari sepanjang hari, tentunya ruangan Pins semua menjadi lebih sehat. Sebab kuman dan jamur tidak akan dapat bertahan dikarenakan terkena cahaya matahari dalam waktu yang lama.

4. Bisa Melihat Pemandangan Langit

Kelebihan lainnya dari pemakaian skylight ini adalah Pins bisa melihat keindahan langit saat cuaca sedang cerah di siang hari maupun di malam hari.

Pins juga dapat melihat awan bergerak perlahan melewati kaca atap skylight yang transparan itu (saat siang hari). Selain itu, kamu juga dapat melihat indahnya cahaya jutaan bintang yang berkelap kelip di langit pada saat malam hari. Dengan demikian kamu melepas penat dengan memandangi langit.

Baca juga: Jenis Atap Polycarbonate Beserta Harga Terbarunya

Ide Konstruksi Skylight Atap

Apakah Pins tertarik memakai konstruksi atap skylight ini di rumah? Jika iya, maka Pinhome akan memberikan beberapa contoh gambar dari konstruksi skylight ini.

Pins semua bisa memilih salah satu model yang paling cocok dan nyaman untuk dapat menerapkannya pada rumah Pins. Berikut ini beberapa referensi skylight yang bisa menjadi inspirasi kamu:

1. Skylight Ventilasi

skylight atap dengan ventilasi
Source : Unsplash

Desain atap ini sangatlah mengutamakan pencahayaan yang terpapar secara langsung dari sinar matahari. Pada desain ini sendiri seperti sebuah jendela dengan ukuran yang besar. 

Atap skylight ini cocok dilengkapi dengan remote control yang bisa menutup secara otomatis. Jadi, Pins tidak perlu khawatir jika ada orang asing yang akan mencoba masuk ke dalam rumah tanpa izin.

Baca juga: 10 Jenis Dan Ragam Atap Transparan Terbaik Untuk Melindungi Rumah

2. Atap Skylight Tetap

skylight atap tetap
Source : Unsplash

Biasanya desain dari atap ini lebih cocok digunakan pada rumah yang memiliki tingkat. Atap ini digunakan dengan memposisikan skylight tepat berada di lantai tertinggi agar bisa menikmati pemandangan langit terlebih pada malam hari.

Tetapi skylight ini tidak seperti desain atau skylight ventilasi yang dapat dioperasikan dengan remot kontrol. Walaupun seperti itu, skylight tetap sangatlah cocok bagi Pins yang memiliki kecintaan dan hobi terhadap pemandangan langit.

3. Skylight dengan Jenis Tubular

Skylight atap jenis tubular
Source : Unsplash

Bila dibandingkan dengan desain atap lainnya yang besar, skylight tubular relatif memiliki dimensi yang lebih kecil dan memiliki ukuran sekitar 10-14 inchi saja. Walaupun seperti itu, jenis atap skylight ini memiliki kelebihan tersendiri, yaitu bisa memperkecil intensitas cahaya matahari pada siang hari yang terik. 

4. Atap Skylight dengan Bahan Kayu

Skylight atap berbahan kayu
Source : Unsplash

Contoh dari desain atap skylight berikutnya yaitu, menggunakan bahan kayu. Desain dari atap skylight dengan bahan kayu dapat juga dibuat dengan bentuk yang elegan, sesuai dengan interior yang menghiasi ruangan dan pastinya sesuai dengan keinginan Pins semua. 

5. Atap Skylight Piramida

Skylight atap berbentuk piramida
Source : Unsplash

Desain atap skylight yang memiliki kemiripan dengan piramida ini dapat ditempatkan di ruang santai ataupun ruang keluarga. Manfaatnya untuk menyegarkan pikiran dengan melihat pemandangan langit (saat siang maupun malam hari yang cerah). Bentuknya yang sangat unik juga akan membuat ruangan tampak lebih menarik dan eye catching.

6. Skylight Berbentuk Kubah

Skylight atap berbentuk kubah
Source : Unsplash

Jenis atap yang satu ini sering digunakan di tempat beribadah ataupun tempat pertemuan. Meskipun tak jarang atap ini juga digunakan pada rumah mewah 2 lantai klasik. Selain memberikan kesan yang indah, skylight dengan bentuk kubah juga bisa menyalurkan sinar dari cahaya matahari dengan sangat baik ke seluruh penjuru ruang. 

Jadi dengan memiliki skylight ini ruang tersebut dapat hemat penggunaan listrik dikarenakan tidak membutuhkan lampu. Pada waktu malam hari juga akan semakin indah dengan diperlihatkannya pemandangan langit malam hari.

7. Skylight dengan Material Kaca Tempered

Skylight atap dengan kaca tempered
Source : Unsplash

Berbeda dari kaca pada umumnya, kaca tempered memiliki ketahanan yang lebih kuat terlebih lagi terhadap api. Memiliki ketebalan ukuran 5 kali lipat dari kaca biasa, membuat skylight jenis ini tahan terhadap benturan dan gampang untuk pecah dan aman bagi penghuni rumah yang berada dibawah.

Itulah 7 contoh dari konstruksi skylight atap yang bisa menjadi inspirasi kamu. Sebelum Pins mengaplikasikannya, pastikan kamu telah terlebih dahulu menilai desain apa yang cocok dan membuat nyaman rumah kamu.

Baca juga: Standar Ideal Kemiringan Sudut Atap Rumah


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Trillium dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download