Pinhome

Lifestyle

Kondisi Rumah Yang Bisa Membuat Anda Alergi

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Alergi adalah penyakit yang terjadi karena bawaan atau genetik. Seseorang bisa mengalami alergi biasanya disebabkan secara turunan. Tetapi ada juga alergi yang dipicu karena satu kejadian tertentu sehingga tak lagi punya ketahanan untuk berdekatan dengan sesuatu.

Menurut pakar kesehatan, alergi jarang bisa disembuhkan. Cara terbaik bagi seseorang dengan alergi adalah menghindari faktor penyebab, biasanya disebut dengan alergen. Dengan cara ini, tentu seseorang dimana memiliki kecenderungan alergi terhadap sesuatu haruslah dijauhkan, bila alergi debu misalnya. Maka jalan terbaik adalah mencegah seseorang terpapar atau kontak langsung dengan debu atau permukaan yang berdebu.

Taukah anda, bahwa meski di rumah seseorang tetap bisa timbul alergi. Ini terjadi utamanya bagi mereka yang hypoallergenic, atau mengidap kecenderungan alergi parah terhadap sesuatu. Untuk itu, agar terhindar, kiat berikut perlu dilakukan agar tak jadi penyebab timbulnya alergi.

Gunakan Air Purifier, Pilih Perabot Yang Mudah Dibersihkan Dari Debu

Belakangan penggunaan air purifier atau penjernih udara jadi pilihan banyak orang untuk menjaga kondisi udara agar tetap segar. Selain itu juga bisa menjauhkan penyebab alergi tertentu. Tapi yang pasti, cara menghindarkan alergi terbaik adalah dengan menjaga kondisi rumah, seperti apa caranya? Berikut adalah kutipannya.

rumah sehat
rumah sehat

1. Rumah Berantakan

Rumah yang berantakan adalah sumber dari kekotoran. Saat kondisi rumah berantakan biasanya berbagai hal yang bersifat alergen berserakan, debu misalnya. Untuk itu, jaga rumah agar tidak berantakan, terlebih setelah aktifitas bermain anak.

2. Terlalu Banyak Perabotan Yang Menyimpan Debu

Penelitian menunjukkan bahwa debu adalah penyebab alergen terbanyak. Untuk itu ada baiknya untuk menggunakan perabotan yang minim menyimpan debu, karpet misalnya, atau mebel dengan banyak ukiran. Bila memang dirasa perlu menggunakan perbotan semacam ini, ada baiknya untuk dibersihkan secara berkala.

3. Daun Jendela Yang Jarang Dibersihkan

Daun jendela bisa juga jadi sarang alergen. Untuk itu bersihkan secara berkala agar bebas tidak menyebabkan alergi. Selain itu, bila terlalu jarang dibersihkan sinar matahari akan susah masuk sehingga menyebabkan kondisi rumah lembab dan tak nyaman.

4. Dapur Yang Kotor Dan Hewan Penganggu

Hewan-hewan seperti tikus dan sejenisnya adalah juga penyebab alergi. Kotoran tikus atau kecoa adalah penyebab alergi terbanyak setelah debu. Hewan-hewan ini senang tinggal ditempat yang lembab dan kotor, dapur misalnya adalah tempat bersarang yang nyaman. Untuk itu, menjaga kebersihan dapur wajib selalu diperhatikan.

Alergi adalah satu penyakit yang sangat jarang bisa disembuhkan. Cara terbaik seperti dikemukakan diawal adalah dengan menghindarkan faktor penyebabnya. Untuk itu, sedapat mungkin jagalah kebersihan rumah serta tata rumah sedemikain hingga agar bebas dari hal-hal yang memicu alergi. Semoga bermanfaat. Salam!

Tags :

Bagikan Artikel