Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • 5 Kombinasi Warna Rumah Minimalis untuk Hunian Bersubsidi

Lifestyle

5 Kombinasi Warna Rumah Minimalis untuk Hunian Bersubsidi

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 7 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Pins, salah satu jenis hunian yang ada saat ini adalah rumah bersubsidi. Rumah subsidi merupakan jenis hunian yang mendapatkan subdisi dari pemerintah sehingga harga hunian dan suku bunganya rendah.

Pinhome – Rumah bersubsidi ditujukan untuk orang-orang yang berpenghasilan rendah sehingga diharapkan mampu memiliki hunian yang layak. Rumah subsidi memang mempunyai keuntungan seperti harga dan bunga yang rendah. 

Selain itu biasanya lingkungan hunian subsidi sudah terbentuk, karena rumah jenis ini dibangun dalam sebuah klaster besar. Umumnya sudah terbentuk blok rumah. Jalan-jalan depan rumah pun sudah dilapisi dengan aspal atau papingblok. Jadi dipastikan tidak ada area lahan kosong. Namun biasanya ini tergantung lokasi ya Pins. Tentu kondisi di setiap daerah akan berbeda tergantung di mana pemerintah membangun area hunian tapak subsidi tersebut.

Baca Juga: 9 Warna Cat Rumah Yang Sejuk Untuk Hunian

Kelebihan Rumah Subsidi

(Properti Kompas)

Baca Juga: 10 Variasi Warna Cat Rumah Minimalis Di Tahun 2021

Pins, hunian ini dibuat memang dengan dasar tujuan tertentu. Seperti yang sudah kita bahas hunian ini sengaja dikembangkan oleh pemerintah untuk memberikan opsi pembelian rumah murah. Berikut ini keunggulan dari rumah subsidi.

Harga Rumah murah

Pins, harga rumah subsidi ini terbilang murah. Bahkan di beberapa daerah ada yang senilai 100-200 juta saja. Menurut Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahaan Kementerian PUPR, warga negara dengan penghasilan maksimal 8 juta per bulan dapat mengajukan rumah subsidi. Artinya rumah murah ini bisa kamu dapatkan asal gaji perbulan kamu sesuai dengan standar tersebut. 

KPR Bunga rendah

Berbeda dengan KPR untuk rumah konvensional, cicilan pinjaman untuk rumah subsidi tergolong rendah. Biasanya nilai bunga akan berada di bawah KPR rumah biasa. Kamu pun bisa melakukan pengecekkan ke bank terkait atau aplikasi Pinhome. 

Pajak rendah

Subsidi yang diberikan pemerintah pun memberikan keuntungan lain seperti pajak. Pajak yang rendah untuk rumah subsidi akan meringankan beban para masyarakat yang akan mengajukan rumah subsidi Pins.

Kekurangan Rumah Subsidi

(Finansialku)

Di sisi lain, rumah subsidi mempunyai kekurangan yang tidak dapat kita abaikan. Berikut ini beberapa kekurangan dari hunian bersubsidi ini.

Tidak bisa sembarang mengubah fasad

Dikarenakan ini adalah hunian subsidi, maka kamu tidak bisa sembarangan mengubah fasad. Artinya tampilan rumah tidak bisa diubah sesuai hati kamu. 

Bentuk yang cenderung sama dan monoton

Bentuk rumah subsidi umumnya monoton dan cenderung sama Pins. Bagi kamu yang mungkin bosan dengan kondisi tersebut, tenang karena kamu masih bisa bereksplorasi dari interior di dalam hunian.

Menambah lantai boleh dilakukan setelah 5 tahun

Rumah subsidi biasanya berukuran kecil. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan rumah jenis ini adalah menambah lantai. Namun, kamu baru bisa melakukan hal ini jika sudah membayar kredit rumah tersebut selama 5 tahun.

Hanya boleh renovasi ringan 

Pins, struktur bangunan rumah tidak boleh berubah dalam skala besar. Jadi kamu hanya diperkenankan untuk mengubah sedikit seperti mengganti atap genting atau mengubah cat dan menambah pagar rumah.

Lokasi yang jauh dari kota dan sulit dijangkau

Pins, rumah subsidi umumnya berada di kawasan baru. Tujuannya adalah untuk meratakan pemukiman penduduk. Oleh karena itu rumah jenis ini jauh dari pusat kota dan sulit dijangkau. 

Warna Cat Rumah Minimalis untuk Rumah Subsidi

Pins, walaupun kamu tidak bisa sembarangan mengubah tampilan luar, namun kamu masih bisa berkreasi dari dalam. Jadi jangan khawatir rumah kamu akan membosankan ya. Kamu masih mempunyai kesempatan untuk menciptakan suasana segar dari dalam rumah dengan mengganti cat setiap ruangan. Berikut ini kombinasi warna cat rumah minimalis untuk rumah subsidi.

Kombinasi Warna Pastel

(Canva)

Untuk warna rumah minimalis hunian subsidi yang pertama, kamu bisa mengadaptasi template warna di atas. Kombinasi warna tersebut mencakup warna kuning, mint, blue tiffany dan hot pink. Selain pada bagian dinding, kamu pun bisa memanfaatkan warna-warna pada perabot rumah untuk mendukung kehadiran warna tersebut. Misalnya dari warna kursi, gorden, telapak meja, bantal kursi ruang tamu dan lain-lain. 

Kombinasi Sweet Cotton Sugar

(Canva)

Selanjutnya ada kombinasi warna sweet cotton sugar. Warna-warna pada template ini lebih didominasi dengan warna merah muda. Bagi kamu yang suka dengan warna pink pastinya suka sekali menatap warna-warna di atas lama-lama. Untuk menteralisir warna-warna pink yang sedikit mencolok, kamu bisa menggunakan warna putih sebagai warna dasar. Untuk warna pink tadi bisa kamu aplikasikan pada warna karpet, taplak meja, sofa, dan perabot lain Pins.

Kombinasi Modern Pastel

(Canva)

Selanjutnya, bagi kamu yang menyukai warna modern pastel, kombinasi warna di atas bisa menjadi pilihan. Perpaduan rose quartz, scallop seashell, blue grotto, dan tiffany blue bisa kamu aplikasikan di dalam rumah. Warna-warna ini lekat dengan kesan modern dan instagramable. Jika hunian atau rumah subsidi kamu menggunakan warna-warna di atas, tentunya setiap ruangan akan lebih hidup.

Kombinasi Luscious Lemonade

(Canva)

Lalu ada kombinasi warna luscious lemonade. Perpaduan warna pada template di atas menggabungkan warna kuning, tiffany blue, cyan dan freesia. Warna-warna tersebut mengingatkan kita pada suasana liburan musim panas di pantai atau kolam renang ya Pins. Jadi untuk membuat suasana di dalam rumah lebih ceria, penuh semangat dan cerah maka kamu bisa menggunakan template warna-warna di atas.

Kombinasi Sea Breeze

(Canva)

Kemudian ada kombinasi sea breeze. Kombinasi warna pada template ini mempertemukan warna cyan, turquoise, neon green dan yellow green. Apabila kamu memperhatikan kombinasi warna di atas, kamu bisa merasakan warna segar dan ambience liburan ya Pins. Ada warna air dan alam yang menjadi satu sehingga akan membuat hunian akan lebih nyaman pastinya.

Itu saja Pins informasi mengenai warna rumah minimalis untuk hunian bersubsidi. Semoga bisa menginspirasi kamu ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel