Pinhome

Mengenal Kolibri Leher Merah, Ciri, Suara, dan Makanannya.

Dipublikasikan oleh Mega Puspita Ratna ∙ 19 August 2021 ∙ 3 menit membaca

Kolibri Leher Merah atau dalam bahasa inggris Red-throated Sunbird (Anthreptes rhodolaemus), merupakan salah satu jenis burung kicau kecil dari keluarga Nectariniidae dan Genus Anthreptes.

Burung yang memiliki nama resmi burung Madu Leher Merah ini memiliki nama ilmiah Anthreptes rhodolaemus atau Red-throated Sunbird dalam bahasa inggrisnya merupakan salah satu dari beberapa jenis burung kolibri yang dapat dijumpai di Indonesia.

Ciri Fisik Kolibri Leher Merah

mengenal kolibri leher merah

Kolibri Leher Merah termasuk burung berukuran kecil dengan panjang tubuh sekitar 12 cm. Dengan berat tubuh jantan sekitar 11,2 g dan betina sekitar 11,6 g.

Pada jenis jantan, memiliki mahkota dan punggung hijau metalik mengkilap, Dagu dan penutup sayap atas merah marun, tenggorokan merah lembut, perut kuning zaitun.

Sementara untuk betina, memiliki punggung berwarna hijau zaitun, tenggorokan keputih-putihan, perut kuning pucat, dengan lingkar mata kecil kekuningan, iris merah, paruh hitan, dan kaki zaitun.

Baca juga : 3 Cara Mengatasi Kolibri Nyilet Terbukti Cepat

Penyebaran dan Ras

Tidak ada sub-spesies dari jenis burung Kolibri Leher Merah ini. Burung ini dapat dijumpai di Palawan, Semenanjung Malaysia, Sumatra dan Kalimantan.

Suara Kolibri Leher Merah

Diketahui burung Kolibri Leher Merah mempunyai kicauan yang indah dan sering kali di jadikan burung kontes bagi para penggemar dan pemelihara burung kicau.

Untuk saat ini jenis burung madu yang satu ini sudah masuk dalam spesies burung yang di lindungi dengan undang-undang. Guna menjaga agar tidak terancam punah. Kerikan khas dan getaran metalik akan terdengan dari burung. Suara Kolibri Leher Merah terdengar seperti “sit-sit-sit-see”.

Tempat Hidup dan Kebiasaan

mengenal kolibri leher merah

Spesies burung Madu Leher Merah banyak ditemukan di kawasan hutan tropis yang berada di dataran rendah hingga ketinggian 500mdpl.

Biasanya Kolibri Leher Merah bisa dijumpai di antara semak dan pohon-pohon kecil di hutan primer dan sekunder, dan sering juga ditemukan di rumpun-rumpun anggrek, baik secara individu maupun berpasang-pasangan.

Dapatkan : 5 Suara Kolibri Wulung Gacor Untuk Masteran Burung

Makanan Kolibri Leher Merah

Kolibri Leher Merah menyukai makanan seperti serangga, termasuk ulat, juga laba-laba (Araneae); juga serbuk sari, nektar dan buah-buahan kecil, termasuk buah ara.

Status

Burung Kolibri Leher Merah merupakan jenis burung Madu yang sangat dilindungi sesuai PP No.7 tahun 1999, selain itu spesies ini masuk dalam daftar hewan dilindungi IUCN dengan status Hampir Terancam.

Kehampir punahannya jenis burung Kolibri Leher Merah ini merupakan kesalahan banyak pihak yang gemar menjadikan burung ini sebagai peliharaan.

Kesimpulan

Meskipun Kolibri Leher Merah atau burung Madu Leher Merah termasuk jenis burung eksotis dengan kicauan yang sangat merdu. Namun, untuk perawatannya tergolong cukup mudah.

Sayangnya, saat ini burung Kolibri Leher Merah sudah tidak bisa dijadikan sebagai hewan peliharaan, karena statusnya yang hampir punah.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasanmu tentang Kolibri Leher Merah.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel