Kisah penjelajahan Columbus ke Amerika Tengah dan Selatan

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ December 22, 2021 ∙ 4 menit membaca

Orang Eropa pertama yang datang ke Dunia Baru yang disebut Amerika Tengah dan Amerika Selatan tidak bertujuan mencari daerah baru sebagai tempat tinggal. Sebenarnya mereka mencari jalan lain yang didambakan menuju Hindia Timur yang kaya dengan rempah-rempah dan tanpa diduga menemukan daratan yang begitu luas tanpa ada rintangan yang berarti.

Amerika Selatan ditemukan oleh Christopher Columbus pada tahun 1498 dalam perjalanannya yang ketiga menuju Dunia Baru. Ia tiba di muara Sungai Orinoco, persis tempat Venezuela sekarang. Pada tahun 1500 Pedro Alvares Cabral mendarat di pantai Brasilia dan tahun berikutnya penjelajah Spanyol yang pertama tiba di tanah genting Amerika Tengah yang sempit dan berkelok.

Pada tahun 1502 suatu ekspedisi yang dipimpin oleh Christopher Columbus mendarat di Honduras, Kosta Rika, dan Panama. Kemudian diikuti oleh para pelaut dan penjelajah lain dari semenanjung Iberia Eropa (Spanyol dan Portugal) sehingga menjelang tahun 1513, saat Vasco Nanez de Balboa menemukan Pasifik, sebagian besar pantai di Atlantik Amerika Selatan serta sebagian Amerika Tengah telah dikenal.

Perjanjian Tordesillas yang ditandatangani oleh Spanyol dan Portugal di bawah kekuasaan Paus Alexander VI pada tahun 1494, telah menarik garis pemisah utara-selatan imajiner yang membagi dua benua baru yang belum dipetakan itu untuk Spanyol dan Portugal. Perjanjian ini menjadikan wilayah Brasilia jajahan Portugal.

Para penakluk itu adalah orang-orang pemberani yang haus akan emas dan kejayaan bagi diri sendiri dan bagi rajanya. Kemudian berdatanganlah para rohaniwan yang bekerja keras untuk memasukkan orang Indian di Dunia Baru itu ke dalam agama Katolik dan menyusun peraturan-peraturan Gereja di setiap kota.

Suku-suku Indian itu tidak mempunyai cukup pimpinan, persatuan, dan senjata yang canggih untuk berperang. Dalam waktu lebih dari setengah abad bendera Kastilia telah terpancang di lebih separuh dari Amerika Selatan dan sebagian besar Amerika Tengah. Budaya dan bahasa bangsa-bangsa semenanjung Iberia mulai tertanam di Dunia Baru itu dan menentukan perjalanan sejarah selanjutnya.

Pada abad ke-19 istilah ”Amerika Latin” dipergunakan sebagai nama bagian-bagian Dunia Baru yang dijajah oleh Spanyol dan Portugal untuk membedakannya dengan negara-negara Amerika tempat orang Eropa utara atau orang Inggris menetap.

Wilayah Amerika Latin terbentang mulai dari Rio Grande di Amerika Utara ke selatan sampai Tierra del Fuego di ujung selatan Amerika Selatan, meliputi wilayah yang luasnya dua kali luas Eropa dan dua setengah kali luas daratan Amerika Serikat.

Ke dalam Amerika Latin termasuk juga kepulauan Karibia dan bagian-bagian daratan utama Amerika Selatan yang dijajah oleh Belanda, Prancis, dan Inggris. Bahasa utama Amerika Latin adalah bahasa Spanyol dan Portugis. Bahasa Portugis dipergunakan oleh lebih dari 130.000.000 orang penduduk Brasilia dan bahasa Spanyol dipergunakan oleh sebagian besar penduduk lainnya di Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Namun, di daerah Andes di Amerika Selatan terdapat berjuta-juta orang Indian yang menggunakan bahasa Indian, yaitu bahasa Quechua atau Aymara, dan mereka mungkin hanya tahu sedikit saja tentang bahasa resmi negaranya.

Orang Eropa dan orang Amerika Utara cenderung menganggap Amerika Latin, terutama negara-negara Amerika Tengah dan Amerika Selatan yang berbahasa Spanyol, sebagai satu kesatuan. Brasilia, yang lebih besar daripada daratan Amerika Serikat, sebagai negara besar yang berbahasa Portugis sering dimasukkan sebagai satu kesatuan dengan negara-negara tetangganya yang berbahasa Spanyol.

Meskipun negara-negara ini memiliki warisan yang sama dan ditimpa masalah-masalah pergolakan sosial dan keterbelakangan ekonomi yang serupa di antara mereka terdapat banyak perbedaan.

Cara hidup di tanah tinggi Andes (Peru), di padang rumput yang luas (Argentina), dan di hutan hujan tropis (Brasilia) sama sekali tidaklah serupa. Menganggap semua orang Amerika Selatan dan Amerika Tengah, Meksiko, dan sebagian kepulauan Karibia sebagai satu kesatuan Amerika Latin adalah kekeliruan besar. Mereka harus dianggap sebagai bangsa Peru, Chili, Brasilia, dan bangsa Kosta Rika sebagai penduduk khas negara mereka masing-masing.

Sejak zaman penjajahan sampai sekarang, permusuhan dan perpecahan, yang kadang-kadang memuncak dan meledak menjadi perang, masih tetap berlangsung di antara beberapa negara Amerika Latin. Masing-masing bangsa memiliki tradisi, makanan pokok, dan pahlawan nasional, hari-hari besar, serta musik dan tarian khasnya sendiri-sendiri. Misalnya, dari Argentina muncul Tango, dari Cuba Rumba, dan dari Brasilia Samba.

Perbedaan antara bahasa Spanyol ataupun bahasa Portugis yang dipergunakan di Amerika Latin dengan bahasa aslinya sama besarnya dengan perbedaan antara bahasa Inggris yang dipergunakan di Amerika Serikat atau Kanada dengan bahasa Inggris asli yang dipergunakan di Britania Raya.

Di berbagai negara Amerika Latin bahasa Spanyol mempunyai dialek yang berbeda-beda, sedangkan kata yang sama dalam bahasa Spanyol dapat mempunyai arti yang berbeda.

Salah satu aspek yang paling mencolok di Amerika Tengah dan Amerika Selatan ialah adanya perbedaan besar dalam hal keadaan lingkungan alam dan cara orang menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan itu.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Pengertian Equity Hingga Cara Menghitungnya, Cek Di sini!

Apa itu equity? Equity adalah istilah yang sering digunakan di bidang akuntansi maupun investasi. T

Finansial
Finansial 10 Forum Crypto Indonesia dan Global Sebagai Sarana Berdiskusi

Untuk mempelajari dan menguasai crypto, kini semakin mudah karena banyaknya forum crypto Indonesia

Gadget
Gadget 20 Daftar Harga HP Vivo Terbaru Tahun 2022

Vivo saat ini menjadi salah satu brand smartphone terbaik di tahun 2022. Daftar harga HP Vivo terba

Finansial
Finansial Tips dan Cara Agar NFT Cepat Laku Terjual

Zaman yang semakin modern ini ada banyak cara mendapatkan uang tambahan, salah satunya melalui inve

Gadget
Gadget 8 Cara Cek Garansi HP Realme, Begini Langkahnya!

Realme merupakan salah satu merek hp asal Tiongkok yang saat ini ramai di pasar Indonesia. Bagaiman

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia