Kisah kesetiaan Abu Bakar menemani Rasulullah hijrah ke Madinah

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ December 27, 2021 ∙ 3 menit membaca

Sejarah Negara Com – Sebelum Abu Bakar diangkat menjadi Khalifah, ia selalu menemani Rasulullah dalam keadaan suka maupun duka, termasuk pada saat Rasulullah hijrah ke Madinah karena rumah beliau sudah dikepung oleh kaum kafir Quraiys yang akan membnhnya.

Ketika Rasulullah memerintahkan para sahabat untuk berhijrah ke Madinah, Abu Bakar minta izin untuk ikut berhijrah, namun Rasulullah mencegah dan membujuknya agar mau bersabar untuk waktu yang tepat.

Pada suatu hari Rasulullah mendatangi Abu Bakar dan mengajaknya untuk hijrah. Dengan senang hati Abu Bakar menerima ajakan tersebut. Kemudian ia segera menyiapkan segala perlengkapannya, termasuk unta terbaik yang dimilikinya untuk transportasi Rasulullah hijrah ke Madinah.

Pada malam harinya Rasulullah menyuruh Ali Bin Abi Thalib untuk menjaga rumah beliau. Sementara Abu Jahal telah merencanakan untuk menangkap Rasulullah dengan cara mengepung rumah beliau dan telah menyiapkan 100 orang pilihan untuk menangkap beliau. Abu Jahal yakin dapat menangkap Rasulullah.

Apakah Abu Jahal dapat menangkap Rasulullah? Tidak! Karena yang tidur di tempat tidur Rasulullah adalah Ali bin Abi Thalib.

Abu Bakar Rasulullah berangkat hijrah langsung menuju Madinah, namun mereka beristirahat dan sembunyi terlebih dahulu di gua Tsur selama 3 hari. Putri Abu Bakar yang mengirim makanan kepada mereka berdua selama berada di dalam gua. Abu Bakar pun telah menyewa seorang penunjuk jalan ke Madinah yaitu Abdulalh bin Uraiqis.

Begitu masuk di Gua Tsur, Abu Bakar langsung membersihkan gua terlebih dahulu dan ingin memastikan bahwa gua itu aman untuk tempat bersembunyi, karena Abu Bakar takut ada sesuatu yang akan mencelakakan Rasulullah.

Abu Bakar menutupi lubang gua dengan bajunya, namun ada lubang yang tidak ditutup karena tempat bersembunyinya seekor ular. Kemudian Rasulullah dipersilahkan masuk dan tidur di pangkuan Abu Bakar. Mereka beristirahat, namun Abu Bakar merasakan kakinya sakit karena digigit ular.

Karena skitnya, Abu Bakar meneteskan air mata dan jatuh ke wajah Rasulullah. Dengan terkejut Rasulullah bangun dan bertanya : “Mengapa kamu menangis?”. Abu Bakar menjawab karena kakinya digigit ular. Rasulullah bertanya “Mengapa kamu tidak mengatakannya kepadaku?”. Abu Bakar menjawab, “Saya takut membangunkan Rasulullah”.

Pada pagi harinya, setelah fajar Rasulullah melihat kaki Abu Bakar luka bengkak akibat gigitan ular, lalu beliau mengusapnya dengan tangan. Luka Abu Bakar pun berangsur sembuh. Lalu Rasulullah berdoa : “Ya Allah, jadikan derajat Abu Bakar seperti derajatku di Syurga nanti”.

Sementara itu, setelah mengetahui Rasulullah tidak berada di rumah, kaum kafir Quraiys mencari Rasulullah dan Abu Bakar ke setiap tempat. Beberapa orang Quraiys sudah berada di depan gua Tsur, sementara Rasulullah dan Abu Bakar berada di dalamnya. Abu Bakar merasa sangat khawatir takut kalau orang-orang kafir Quraiys itu berhasil menemukan mereka berdua, pasti mereka akan membnhnya.

Baca juga: Kepribadian Abu Bakar as Siddiq yang patut dicontoh

Karena kekuasaan Allah, orang-orang kafir Quraiys itu tidak masuk ke Gua Tsur, karena mereka melihat ada sarang laba-laba yang masih utuh dan dua merpati liar yang menetaskan telurnya di mulut gua.

Orang Quraiys berfikir, jika ada orang yang masuk gua pastilah sarang laba-laba itu rusak. Lalu mereka pergi meninggalkan gua. Setelah merasa aman, Rasulullah dan Abu Bakar melanjutkan perjalanannya ke Madinah.

Begitulah kesetiaan Abu Bakar terhadap Rasulullah. Dengan sabar ia menemani Rasulullah hijrah ke Madinah. Walaupun menempuh perjalanan yang sangat jauh, dikejar-kejar oleh kaum kafir Quraiys yang akan membnh mereka berdua.

Bahkan ia harus meninggalkan harta bendanya yang sangat banyak untuk menemani Rasulullah hijrah ke Madinah. Namun semua dilakukan dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 15 Rekomendasi HP Realme 2 Jutaan Spesifikasi Gacor!

Rekomendasi HP Realme 2 jutaan terbaik merupakan pilihan varian smartphone yang layak untuk dibeli.

Finansial
Finansial Kenali Apa itu DYOR dalam Crypto dan Cara Menerapkannya

Ada banyak sekali istilah yang mungkin baru pertama kali kamu dengar saat mempelajari investasi seb

Uncategorized
Uncategorized Mengenal Apa itu Crypto Luna atau Terra Luna dalam Crypto

Sektor transaksi digital kawasan Asia mengalami pertumbuhan sangat pesat dengan banyak sekali pemai

Finansial
Finansial Begini Cara Kerja Bitcoin yang Perlu Diketahui Oleh Pemula

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan investasi membuat aktivitas tersebut semakin tinggi peminatn

Lifestyle
Lifestyle 10 Contoh Surat Pesanan, Bisa Dijadikan Panduan

Hi Pins, apakah kamu pernah mendengar apa itu surat pesana?. Surat pesanan umumnya dikeluarkan oleh

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia