Pinhome

Lifestyle

Cara Kirim HP Lewat Pengiriman

Dipublikasikan oleh Intan Malika Putri ∙ 7 November 2021 ∙ 4 menit membaca

Pengiriman barang saat ini terus meningkat, semenjak dikenalkannya e-commerce online seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain-lain, yang membuat masyarakat jadi lebih mudah belanja.

Barang yang dikirim bisa dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah HP atau smartphone.

Nah, kalau berbicara soal smartphone, pengirimannya tidak boleh sembarang. Karena di dalam smartphone terdapat berbagai komponen-komponen khusus.

Salah-salah bukannya sampai dengan selamat, justru HP bisa saja jadi rusak.

Cara Mengirim HP Via Pengiriman Agar Aman

Jika kamu mungkin sedang ingin mengirim HP lewat pengiriman, berikut Teknowle akan menjelaskan tips-tipsnya langkah demi langkah.

1. Kirim Dengan Dus Bawaan

Kirim Dengan Dus Bawaan

Pertama jangan kirim HP langsung dibungkus begitu saja dengan suatu benda. Melainkan kamu harus mengirimnya memakai dus bawaan HP. Mengapa demikian?

Alasannya, dus bawaan memang sudah didesain agar HP bisa tersimpan dengan aman. Mulai dari bentuk dusnya, hingga bahannya.

Menyimpan HP di dus bawaan, akan membuat HP jadi lebih aman dalam pengiriman, baik itu terhindar dari benturan langsung, sampai komponen yang terkena air.

Tapi semisal dus bawaan HP kamu hilang, maka kamu bisa juga pakai dus HP tipe lain. Yang penting HP tersebut bisa masuk ke dusnya.

2. Lapisi Dengan Karton

Lapisi Dengan Karton

Kalau HP sudah dimasukkan ke dalam dus, selanjutnya lapisi dus tersebut dengan karton.

Karton ini punya fungsi untuk melapis dusnya, agar tambah tebal. Sehingga akan mengurangi resiko masuk partikel seperti debu, cairan dan lain-lain secara langsung.

Untuk lapisan karton minimal 2. Jangan terlalu tebal juga, supaya tidak repot waktu packing-nya.

3. Lapisi Dengan Bubble Wrap

Lapisi Dengan Bubble Wrap

Kalau berbicara cara supaya HP aman saat dikirim, maka bubble wrap adalah benda wajib yang harus dipakai. Caranya mudah, ambil bubble wrap secukupnya, kemudian lapisi kardus HP dengan bubble wrap tersebut.

Untuk lapisan bubble wrap, minimal 3 sampai 4 lapis. Hal ini ditujukan untuk mengurangi kerusakan dus akibat benturan yang terjadi saat HP dalam pengiriman.

Saat pemasangan bubble wrap, pastikan kamu memakai solatip transparan. Karena untuk bubble wrap, dari pengalaman, akan lebih baik penempelannya jika memakai solatip transparan.

4. Cari Jasa Pengiriman Terpercaya

Cari Jasa Kirim Terpercaya

Untuk pengiriman, karena HP masuk ke benda mahal, maka kamu wajib memilih jasa pengiriman terpercaya. Alasannya tidak lain supaya HP tersebut bisa terkirim dengan aman.

Di Indonesia sendiri ada beragam pilihan jasa pengiriman, salah satunya Trawlbens. Nah kalau kamu belum tahu apa itu Trawlbens, Trawlbens adalah jasa pengiriman yang melayani pengiriman barang ke seluruh Indonesia.

Jasa ini sudah didirikan sejak lama, dan aman untuk mengirim barang elektronik seperti HP salah satunya.

Selain Trawlbens, kamu bisa mempertimbangkan juga memakai JNE, JnT, Sicepat, dan Tiki.

5. Gunakan Layanan Durasi Pengiriman Tercepat

Selanjutnya perlu ingat, untuk menggunakan layanan pengiriman dengan durasi tercepat. Mengapa? Karena dengan menggunakan layanan tercepat ini, barang umumnya cenderung menjadi lebih aman.

Aman yang dimaksud di sini ialah karena barang tersebut masuk ke layanan pengiriman prioritas. Sehingga resiko seperti hilang, tertukar dan lain-lain menjadi berkurang.

Kemudian selain itu, selalu gunakan layanan asuransi juga. Sekarang sudah banyak asuransi pengiriman untuk barang elektronik. Hal ini untuk berjaga-jaga saja.

Kalau mau lebih aman lagi, dus yang sudah dipacking tadi, ditambah pakai kayu. Biasanya akan nanti akan tambah ongkir lagi. Tapi dengan kayu, dijamin barang tersebut aman dari masalah seperti pecah.

Tips-Tips Lain yang Perlu Diperhatikan

Pembahasan tadi lebih cenderung untuk dari segi pengirimannya saja. Kamu perlu tahu juga tips-tips tambahan berikut ini:

1. Cek Kondisi HP

Pertama silahkan cek kondisi HP. Tentunya HP harus dalam keadaan kondisi baik sebelum melakukan pengiriman. Untuk ceknya bisa tes, speaker, layar, dan lain-lain.

2 Matikan HP

Saat pengiriman, HP wajib dalam keadaan mati. Supaya baterai tidak habis saat sedang dalam proses pengiriman.

3. Lepas Kartu SIM Jika Perlu

Kartu SIM dan memori bisa kamu lepas jika diperlukan. Untuk taruhnya bisa di kardus HPnya.

Penutup

Itulah tips-tips yang bisa kamu ikuti untuk mengirim HP via jasa pengiriman. Jangan lupa share ke teman-teman kamu jika membantu.

Tags :

Bagikan Artikel