Pinhome

Uncategorized

Kiat-Kiat Menjaga Kebersihan Rumah Saat Ada Bayi

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Memiliki seorang anak adalah idaman setiap pasangan suami istri. Mendapatkan seorang anak adalah berkah. Meskipun begitu, memiliki seorang bayi artinya Anda harus cermat dalam menjaga dan merawat bayi Anda. Bayi masih rentan terhadap kuman-kuman disekitar, karena itu pastikan rumah Anda bersih dan bebas dari kuman demi kesehatan sang bayi.

Bagi beberapa orang tua yang bekerja di luar rumah, pasti tak memiliki banyak waktu dalam mengurus bayi. Ada beberapa tips agar rumah Anda selalu bersih.

Pertama, buatlah aturan bagi keluarga Anda untuk selalu makan di meja makan. Hal itu untuk meminimalisir makanan yang berceceran di lantai sehingga mengundang hewan-hewan kecil seperti semut, kecoak dan lain-lain.

Selain itu, hal itu akan mensterilkan tangan Anda dari perpindahan bakteri makanan ke barang-barang sekitar Anda seperti remote tv. Seperti saat Anda memakan makanan yang berminyak dan kemudian tiba-tiba memegang remote tv, hal itu berbahaya karena menyebabkan terjadinya pertukaran bakteri.

Gunakan alas kaki khusus ketika berada di dalam rumah agar tak terpapar dari lantai rumah yang penuh dengan bakteri. Bedakan pula alas kaki di dalam rumah dan kamar mandi. Hal ini agar kaki Anda tidak mudah basah yang akan membuat lantai menjadi lembab dan kotor.

Pastikan Anda memiliki tisu basah dan kering di setiap ruangan. Apabila Anda sedang menggendong bayi Anda atau melakukan sesuatu, Anda bisa berjaga-jaga jika ada noda-noda di sekitar Anda. Bersihkan dengan tisu basah dan keringkan dengan tisu yang kering. Jadi Anda tidak perlu mengepelnya setiap saat.

Selain itu, letakkan tempat sampah di area tertentu. Pastikan letakkan tempat sampah di area khusus saja seperti dapur dan ruang makan. Jauhi bayi Anda dari tempat sampah karena mengandung banyak kuman. Bedakan tempat sampah kering dan basah. Buanglah sesegera mungkin saat sampah sudah menumpuk. Gantilah plastik sampah setiap selesai dibuang.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan alas saat makan, seperti kertas bekas atau tisu makan. Gunakan alas tersebut di bawah piring Anda. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari meja makan dari makanan yang berceceran ketika Anda makan. Gunakan alas tersebut juga pada balita Anda. Pastikan ia menggunakan high chair supaya memudahkan Anda menyuapinya saat makan.

Rapikan brang-barang Anda ke dalam rak-rak yang sediakan. Apabila Anda menyukai membaca buku, pastikan buku-buku Anda tertata rapi di lemari atau rak. Anda pasti tak memiliki banyak waktu luang untuk membaca buku karena sibuk mengurusi bayi. Jadi, daripada membuat buku-buku tersebut terpapar debu, simpan buku Anda ke dalam lemari berlaci. Anda tinggal mengambilnya saat memiliki waktu luang untuk bersantai.

Tags :

Bagikan Artikel