Pinhome

Tips Properti

Kiat Berhemat dalam Pelaksanaan Pembangunan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Penghematan pada tahap pelaksanaan pembangunan, turut berperan dalam menghemat anggaran pengeluaran material bahan bangunan. Pada tahpan ini desain, model serta bentuk bangunan sudah ditentukan secara matang sehingga pelaksanaan pembangunan dapat terlaksana dengan baik. Ada tiga jenis efisiensi yang dapat Anda lakukan pada tahapan ini yaitu, efisiensi pada tenaga kerja, dan efisiensi material bahan bangunan.

Efisensi pada Tenaga Kerja

Tukang sebenarnya memiliki spesialisasi khusus, sehingga Anda pun harus mengetahuinya dengan baik. Ada pun beberapa spesialisasi tukang adalah sebagai berikut.

  • Tukang batu, jenis pekerjaannya adalah memasang pondasi, dinding serta lantai.
  • Tukang kayu, tugasnya adalah memasang kuda-kuda kayu, dan kusen jendelan.
  • Tukang listrik, jenis pekerjaannya adalah memasang instalasi listrik bangunan.
  • Tukang cat, bertugas untuk memasang dan mengecat dinding rumah dan bangunan.
  • Tukang pipa, bertugas untuk memasang pipa air serta instalasi air bersih serta kotor.

Agar kita dapat melakukan efisiensi tenaga kerja maka hal yang perlu kita lakukan adalah dengan menguraikan jenis pekerjaan sehingga jumlah serta jenis pekerjaan menjadi jelas dan cermat sesuai keahlian tenaga kerja.

Adapun jenis pekerjaan yang dapat kita uraikan adalah pekerjaan struktur bawah yaitu pada pemasangan pondasi, kemudian pekerjaan struktur atas yang mencakup pekerjaan dinding dan kontruksi atap bangunan, dan terakhir adalah finishing yaitu jenis pekerjaan berupa memasang keramik, serta pengecatan. Setelah mengetahui tahapan pekerjaan tukang maka kita bisa mengalokasikan jumlah tukang yang bekerja pada setiap bagian.

Efisiensi Material Bahan Bangunan

Penghematan bahan bangunan dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya adalah dengan melakukan penghitungan bahan bangunan secara cermat kemudian memanfaatkan bahan bangunan sisa. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk melakukan penghematan bahan bangunan.

  • Memilih toko bahan bangunan yang terdekat

Carilah toko bahan bangunan yang terdekat hal ini akan banyak memberikan Anda penghematan dalam memangkas biaya transportasi

  • Lebihkan 5%

Hitung volume bahan bangunan terlebih dahulu, dengan melebihkannya sebanyak 5 % sebagai pengganti jika terjadi kerusakan bahan bangunan

  • Belilah sesuai tahapan

Belilah bahan bangunan sesuai tahapan pembanguna, sehingga memperkecil resiko rusak atau hilangnya bahan bangunan di tempat pembangunan.

  • Beli bahan bangunan dalam jumlah besar

Jika memungkinkan, belilah bahan bangunan dalam jumlah besar, sehingga Anda dapat lebih berhemat.

Kiat Memanfaatkan Bahan Bangunan Sisa

  • Buat takaran

Ketika melakukan pekerjaan plester dinding, buatlah takaran yang dapat memungkinkan Anda memiliki ukuran yang sesuai dan sama pada semua adonan yang digunakan.

  • Tebal plester 2 cm

Buatlah agar tebal plester yang akan Anda buat adalah 2 cm dan tidak lebih sehingga Anda dapat melakukan tahap pemlesteran dengan cara yang sesuai tidak dengan cara yang boros.

  • Manfaatkan Kayu Sisa

Kayu-kayu yang merupakan sisa dari rangka atau pun potongan dari kayu dapat Anda pakai dalam rangka kayu.

Tags :

Bagikan Artikel