Pinhome

Mengenal Sejarah Nikita Khruschev Mantan Perdana Menteri Soviet

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 27 March 2021 ∙ 4 menit membaca

Pada 27 Maret 1958, Sekretaris Pertama Soviet Nikita Khrushchev menggantikan Nicolay Bulganin sebagai perdana menteri Soviet, menjadi pemimpin pertama sejak Joseph Stalin yang secara bersamaan memegang dua jabatan puncak kejayaan Uni Soviet. Kisah Khruschev perdana menteri Soviet di jamannya juga menarik untuk dibahas.

Pinhome – Inilah kisah dan cerita selengkapnya untuk menambah wawasan tentang negara dengan kemampuan terbaik pada masa perang dunia ini.

Baca Juga:

Sekilas Biografi dan Kisah Khruschev Perdana Menteri Soviet

Khruschev perdana menteri soviet
(Ft.com)

Khrushchev, lahir dari keluarga petani Ukraina pada tahun 1894, bekerja sebagai mekanik tambang sebelum bergabung dengan Partai Komunis Soviet pada tahun 1918. Pada tahun 1929, ia pergi ke Moskow dan terus naik pangkat dalam partai dan pada tahun 1938 diangkat sebagai sekretaris pertama Komunis Ukraina Pesta. Ia menjadi rekan dekat Joseph Stalin, pemimpin otoriter Uni Soviet sejak 1924.

Pada tahun 1953, Stalin meninggal, dan Khrushchev bersaing dengan pengganti yang dipilih Stalin, Georgy Malenkov, untuk posisi sekretaris pertama Partai Komunis. Khrushchev memenangkan perebutan kekuasaan, dan Malenkov dijadikan perdana menteri, jabatan yang lebih seremonial. Pada tahun 1955, Malenkov digantikan oleh Bulganin, calon pilihan Khrushchev.

Baca Juga:

Pada tahun 1956, Khrushchev mengecam Stalin dan kebijakan totaliternya di Kongres Partai ke-20, yang menyebabkan “pencairan” di Uni Soviet yang menyebabkan pembebasan jutaan tahanan politik. Hampir seketika, suasana kebebasan baru menyebabkan pemberontakan anti-Soviet di Polandia dan Hongaria. Khrushchev terbang ke Polandia dan merundingkan solusi diplomatik, tetapi pemberontakan Hongaria dihancurkan oleh pasukan dan tank Pakta Warsawa.

Program de-Stalinisasi Khruschev ditentang oleh beberapa kelompok garis keras di Partai Komunis, dan pada Juni 1957 ia hampir digulingkan dari posisinya sebagai sekretaris pertama. Setelah perjuangan singkat, ia mengamankan pemecatan Malenkov dan anggota partai top lainnya yang menentangnya dan pada tahun 1958 bersiap untuk mengambil posisi perdana menteri.

Pada tanggal 27 Maret 1958, Soviet Tertinggi – badan legislatif Soviet – memilih dengan suara terbanyak untuk menjadikan Sekretaris Pertama Khrushchev juga perdana menteri Soviet, sehingga secara resmi mengakui dia sebagai pemimpin Uni Soviet yang tidak perlu dipersoalkan.

Baca Juga:

Kebijakan Perdana Menteri Khruschev

(Globalnews.ca)

Dalam urusan luar negeri, kebijakan Perdana Menteri Khrushchev adalah salah satu “hidup berdampingan secara damai” dengan Barat. Dia berkata, “kami menawarkan persaingan damai negara-negara kapitalis” dan memberi Uni Soviet keunggulan awal dalam perlombaan antariksa dengan meluncurkan satelit dan kosmonot Soviet pertama. Kunjungan Khrushchev ke Amerika Serikat pada tahun 1959 dipuji sebagai puncak baru dalam hubungan AS-Soviet, tetapi hubungan negara adidaya akan mencapai titik terendah baru yang berbahaya di awal 1960-an.

Pada tahun 1960, Khrushchev keluar dari pertemuan puncak empat kekuatan yang telah lama ditunggu-tunggu mengenai urusan U-2, dan pada tahun 1961 ia mengizinkan pembangunan Tembok Berlin sebagai solusi drastis untuk masalah Jerman Timur.

Kemudian, pada Oktober 1962, Amerika Serikat dan Uni Soviet nyaris berperang nuklir karena penempatan rudal nuklir Uni Soviet di Kuba. Setelah 13 hari yang menegangkan, Krisis Rudal Kuba berakhir ketika Khrushchev setuju untuk menarik senjata ofensif dengan imbalan janji rahasia AS untuk tidak menginvasi Kuba.

Resolusi memalukan dari Krisis Rudal Kuba, krisis pertanian di dalam negeri, dan kemerosotan hubungan Soviet-Tiongkok atas kebijakan moderat Khrushchev semuanya menyebabkan meningkatnya oposisi terhadap Khrushchev di jajaran partai. Pada 14 Oktober 1964, Leonid Brezhnev, anak didik dan wakil Khrushchev, mengorganisir kudeta yang berhasil melawannya, dan Khrushchev tiba-tiba mengundurkan diri sebagai sekretaris dan perdana menteri pertama. Dia pensiun di luar Moskow dan tinggal di sana sampai kematiannya pada tahun 1971.

Baca juga:

Featured Image Source: Liputan6.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia