Pinhome

Uncategorized

Khasiat Kulit Telur Bagi Rumah Anda

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Telur merupakan bahan makanan yang biasanya digunakan untuk memasak. Banyak orang yang menyukai telur, sehingga di pasaran telur merupakan bahan yang sangat diminati. Setelah menggunakan isi telurnya, pasti banyak kulit telur yang tidak terpakai. Banyak diantara masyarakat yang tidak mengetahui manfaat kulit telur dan selalu membuangnya jika sudah mengambil isi didalamnya.

Padahal banyak sekali manfaat yang didapat dari kulit telur tersebut, antara lain :

cangkang telur pecah
cangkang telur pecah

Membersihkan Kamar Mandi

Agar kamar mandi bersih, Anda dapat menggunakan kulit telur. Cuci dahulu kulit telur lalu tumbuk dan beri campuran baking soda dan perasan jeruk nipis. Jika sudah hancur, serbuk tersebut dapat digunakan untuk membersikan keramik kamar mandi, bak mencuci piring dan wastafel. Serbuk tersebut sangat efektif untuk mengangkat kotoran pada kamar mandi Anda. Tetapi, jangan gunakan serbuk untuk membersihkan peralatan yang terbuat dari kaca, karena bisa menimbulkan goresan.

Pupuk

Kulit telur juga dapat dimanfaatkan menjadi pupuk. Campurkan kulit telur yang sudah ditumbuk dengan kulit dari buah-buahan, sisa batang sayur, daun layu dan juga tanah. Setelah tercampur, campurkan pupuk tersebut dalam galian tanah yang akan diberi tanaman. Pupuk ini akna membuat tanah menjadi lebih subur dan kaya akan nutrisi.

Suplemen Tomat

Apabila Anda sering menanam tomat kemudian tomat tersebut cepat layu dan mati, maka anda dapat membuat suplemen tomat dengan menggunakan kulit telur. Taburkan kulit telur yang sudah ditumbuk pada tanah yang akan ditanami tomat. Hal tersebut akan memberi nutrisi pada tomat sehingga tidak mudah mati.

Pestisida yang Alami

Pestisida alami dapat dibuat juga dengan menggunakan kulit telur. Kulit telur yang sudah ditumbuk akan membuat siput, semut dan hama tanaman lainnya pergi dari taman Anda. Taburkan tumbukan telur tersebut disekitar tanaman. Hal tersebut akan membuat hama enggan mendekati tanaman Anda.

Makan Ayam

Jika Anda memiliki atau memelihara ayam betina, cobalah untuk mencampurkan kulit telur yang sudah ditumbuk ke dalam makananya. Hal tersebut dilakukan karena kulit telur mengandung kalsium dan mineral yang baik sehingga saat ayam Anda bertelur, telur tersebut memiliki kandungan kalsium yang lebih banyak dari telur biasanya. Bukan hanya telurnya, namun daging yang dihasilkan dari ayam tersebut juga akan banyak mengandung kalsium.

Membuat Pot Alami

Jika Anda menyukai tanaman dan tertarik untuk menanam biji-bijian, Anda dapat menggunakan cangkang telur sebagai wadah menanam bibit biji-bijian tersebut. Selain hasilnya unik dan menarik, kalsium yang ada dalam kulit telur akan membuat tanaman berkembang dan tumbuh subur.

Itulah ulasan dari beberapa manfaat yang akan didapat dari kulit telur. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Tags :

Bagikan Artikel