Pinhome

Uncategorized

Khasiat Kulit Pisang Bagi Rumah Anda

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Pisang merupakan buah yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh kita.  Pohon pisang merupakan pohon yang semua pohonnya dapat dimanfaat mulai dari daun, buah, batang bahkan jantungnya. Selain itu, kulit pisang pun juga memberi manfaat untuk beberapa barang di rumah Anda. Jadi setelah Anda makan buah pisang, jangan langsung membuang kulitnya. Berikut ini beberapa manfaat yang didapat dari kulit pisang, antara lain :

Pupuk

Anda dapat langsung meletakkan atau mengubur kulit pisang di halaman rumah. Tetapi jika halaman rumah Anda ingin tetap bersih, sebaiknya hancurkan terlebih dahulu kulit pisang dengan cara memotong kecil-kecil sebelum disebar di halaman rumah. Cara memotong pisang tersebut dapat membantu kulit pisang cepat luluh dan mudah terserap tanah.

Kulit pisang memiliki kandungan nutrisi, seperti magnesium, kalsium, sodium, potassium dan juga fosfat yang memberi manfaat untuk menyuburkan tanaman dan juga dapat memberi makanan untuk cacing tanah. Hasil yang akan didapatkan adalah tanah menjadi banyak kandungan mineralnya sehingga membuat tanaman mudah berkembang dan banyak menghasilkan buah.

pohon pisang di rumah
pohon pisang di rumah

Sofa Kulit Mengkilap

Sofa kulit yang sudah tua dan berbahan licin biasanya cenderung mudah kusam jika jarang dibersihkan, karenanya Anda dapat menggunakan kulit pisang untuk dapat mengilapkan atau mengembalikan sofa kulit Anda seperti baru lagi. Caranya dengan menggosokkan kulit pisang secara perlahan pada permukaan sofa kulit Anda, kemudian bersihkan kembali menggunakan lap bersih. Selain dapat membersihkan dan menghilangkan kusam pada sofa kulit, kulit pisang juga dapat membantu jaket kulit Anda menjadi lebih berkilau lagi.

Mencegah Hama

Hama yang ada di rumah Anda juga dapat dihilangkan dengan menggunakan kulit pisang. Anda cukup menumbuk kulit pisang hingga membuat teksturnya halus. Kemudian sebarkan tumbukan kulit pisang tersebut ke pinggiran halaman rumah. Hal tersebut akan mencegah bekicot untuk memakan daun tanaman Anda.

Penyaringan Air

Menurut penelitian Biosciences Institute di Botucatu, Brasil, kulit pisang dapat digunakan untuk menyaring air yang mengandung kotoran atau racun sehingga membuat air menjadi bersih kembali. Caranya dengan memasukkan kulit pisang dalam ember yang airnya akan digunakan.

Memperindah Barang Perak

Jika ingin memperindah barang perak Anda, dapat dilakukan dengan menggosokkan kulit pisang pada permukaan perak dengan gerakan memutar. Bilas dengan air hangat dan lap dengan kain kering. Cara tersebut mampu membuat barang perak Anda lebih bersih dan mengkilap. Furniture yang terbuat dari kayu-pun dapat dibersihkan menggunakan kulit pisang. Cukup menggosokkan kulit pisang pada permukaannya dan bersihkan kembali dengan lap basah.

Khasiat yang didapat dengan menggunakan kulit pisang memang sangat banyak dan dapat membantu kita. Selamat mencoba.

Tags :

Bagikan Artikel