Apa Saja Kewajiban Suami Menurut Islam? Yuk, Simak Jawabannya!

Dipublikasikan oleh Annisa Hapsari ∙ 28 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Pria atau lebih tepatnya suami memegang peranan yang cukup besar dalam kehidupan rumah tangga. Pasalnya, suami yang baik menurut Islam ialah yang bisa menafkahi serta membawa keluarganya ke jalan Allah SWT. Namun demikian, peran suami tersebut juga tak lepas dari dukungan istri. Oleh sebab itu, keduanya perlu bekerja sama agar dapat mewujudkan keluarga yang sakinah, mawadah, dan warohmah. Nah, apa saja kewajiban suami menurut Islam?

Pinhome – Terlepas dari itu, tanggung jawab suami kepada istri ditulis sedemikian rupa dalam Al-Quran dan hadits. Lantas, apa sajakah kewajiban suami menurut Al-Quran dan hadist? Berikut ulasan ringkasnya seperti dilansir dari beberapa sumber. 

Kewajiban suami menurut Al-quran dan hadist

kewajiban suami menurut islam
(Pexels)

Suami yang baik menurut Islam yakni yang dapat memenuhi seluruh adabnya. Imam Al-Ghazali dalam kitabnya yang berjudul Al-Adab fid Din menjelaskan tentang adab seorang suami terhadap istri sebagai berikut:

آداب الرجل مع زوجته: حسن العشرة، ولطافة الكلمة، وإظهار المودة، والبسط في الخلوة، والتغافل عن الزلة وإقالة العثرة، وصيانة عرضها، وقلة مجادلتها، وبذل المؤونة بلا بخل لها، وإكرام أهلها، ودوام الوعد الجميل، وشدة الغيرة عليها

Artinya: “Adab suami terhadap Istri, yakni: berinteraksi dengan baik, bertutur kata yang lembut, menunjukkan cinta kasih, bersikap lapang ketika sendiri, tidak terlalu sering mempersoalkan kesalahan, memaafkan jika istri berbuat salah, menjaga harta istri, tidak banyak mendebat, mengeluarkan biaya untuk kebutuhan istri secara tidak bakhil, memuliakan keluarga istri, senantiasa memberi janji yang baik, dan selalu bersemangat terhadap istri.”

Untuk menjadi seorang suami yang baik menurut Islam, laki-laki harus memiliki keimanan dan ketakwaan. Selain itu, ia juga harus menjadi pribadi yang pekerja keras serta sabar dalam membimbing istri dan anaknya.

Sebagai firman Allah SWT dalam surah  at-Tahrim ayat 6 berikut: 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَاراً وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَة

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” 

Baca Juga: Macam Macam Hukum Nikah Dalam Islam. Wajib Tidak?

Tanggung jawab suami kepada istri menurut Islam

kewajiban suami menurut islam
(Pexels)

Berikut beberapa kewajiban suami kepada istri menurut Al-Quran dan hadits: 

Memberi maskawin dan nafkah yang layak

Salah satu kewajiban suami menurut Islam termasuk memberikan maskawin dan nafkah yang layak kepada istrinya. Dalam potongan surah An-Nisa ayat 4, Allah SWT berfirman yang artinya:

“Berikanlah maskawin kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan.” 

Adapun kewajiban suami memberi nafkah kepada istri termuat dalam surah Al-Baqarah ayat 233, yang artinya: 

“Dan kewajiban bapak memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya….”

Bergaul dengan baik 

Maksud dari poin ini yakni seorang suami hendaknya berinteraksi dengan baik kepada istrinya. Ia harus mampu memberikan perlindungan serta kenyaman lahir dan batin seorang istri.

Selain itu, suami tak boleh merasa berkuasa sekaligus kedudukan dalam rumah tangga lebih tinggi. Dalam surah An-Nisa ayat 19 Allah SWT berfirman yang artinya:

“Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.”

Baca Juga: Apa Arti Mimpi Menikah? Ini Dia Penjelasannya

Memberikan kasih sayang dan ketenangan

Seorang suami yang baik menurut Islam yakni yang memberikan kasih sayang serta ketenangan untuk istrinya. Salah satu contohnya yakni ketika istri sakit, suami wajib merawatnya. Sebagaimana arti dari surah Ar-Rum ayat 21 berikut:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih sayang dan rahmat. Sesungguhnya yang demikian itu benar-benar menjadi tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.”

Menjaga harta istri 

Harta istri ibarat mahar dari suami atau usaha dan miliknya sendiri. Untuk itu, suami tidak berhak mengklaim harta tersebut sebagai miliknya. Jika ia bermaksud menggunakannya, maka suami harus meminta izin kepada istri terlebih dulu. 

Memuliakan keluarga istri

Suami yang baik hendaknya selalu bersikap baik pula terhadap keluarga istrinya. Mereka tak boleh melukai perasaan istri dengan menjelekkan atau memojokkan keluarganya. Sebab, istri sudah mau berkorban untuk meninggalkan keluarganya agar dapat hidup dengan suaminya. 

Tidak banyak mendebat

Diskusi memang baik tapi tidak dengan perdebatan. Oleh karena itu, seorang suami dianjurkan untuk menghargai pendapat istrinya sekalipun mungkin kurang setuju. Hal ini berlaku baik untuk masalah krusial atau kurang prinsipil. 

Tak hanya itu, dalam Islam seorang suami juga harus selalu memaafkan kesalahan istrinya. Kemudian, suami pun dapat mencoba berkomunikasi dengan baik untuk menyelesaikan persoalan rumah tangga. 

Menjaga rahasia istri

Suami yang baik harus senantiasa menjaga rahasia istrinya. Terlebih soal urusan ranjang. Suami yang menyebarkan rahasia istrinya, termasuk golongan orang yang tak disukai Allah SWT. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: 

“Abu Bakar bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Marwan bin Muawiyah telah menceritakan kepada kami: Dari Umar bin Hamzah Al-Umari: Abdurrahman bin Sa’ad telah menceritakan kepada kami, dia berkata: Aku mendengar Abu Sa’id Al-Khudri berkata: Rasulullah Shallallahu’Alaihi Wasallam bersabda: Sesungguhnya manusia yang paling buruk kedudukannya di sisi Allah pada hari kiamat ialah orang yang menyetubuhi istrinya dan istri bersetubuh dengan suaminya, kemudian dia menyebarkan rahasianya.”

Suami memiliki tanggung jawab yang besar dalam rumah tangga. Untuk itu, Allah SWT menjanjikan surga kepada mereka yang bisa menjaga keluarga. Meski terasa berat, namun ingatlah bahwa Allah SWT menyukai sosok laki-laki atau suami yang bertanggung jawab. Jadi, Pins tak perlu khawatir jika merasa kesulitan, karena hal tersebut akan dibalas oleh Allah SWT di hari akhir nanti. 

Demikian beberapa kewajiban suami menurut Islam yang perlu dipahami. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah, ruko seperti ruko Duta Indah Sentoha dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea

Editor: Annisa

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia