Pinhome

Uncategorized

Keuntungan Mencicil Rumah Sejak Dini

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Setiap orang pasti menginginkan memiliki rumah, sudah dipastikan untuk memiliki rumah kita membutuhkan uang yang cukup banyak.  Menurut saya, sudah bukan waktunya lagi untuk kita menghamburkan uang dengan membeli barang mewah atau jalan-jalan.  Mungkin sebagian dari kita sudah mulai menabung atau mencicil untuk membeli rumah idaman. Barangkali sebagian besar dari kita menabung di bank dengan menyisihkan 20% dari penghasilan kita. Tetapi ada juga yang mencicil yang paling umum yaitu  dengan KPR (Kredit Kepemilikan Rumah).

Mencicil rumah dengan bantuan KPR jauh lebih efektif dibandingkan dengan menabung. Bagaimanapun, jika anda menabung sewaktu-waktu anda bisa saja mengambil tabungan sehingga tabungan anda berkurang. Alasan lainnya, harga rumah meningkat setiap tahunnya dengan begitu makin lama anda menabung maka makin mahal harga rumah. Dengan begini, anda harus meningkatkan tabungan setiap bulan.

Banyak keuntungan dan manfaat yang anda dapatkan dengan mecicil rumah sejak dini. Adapun keuntungan yang dapat anda peroleh diantaranya,

1. Harga yang murah

Semakin bertambah tahun maka harga rumah akan semakin mahal. Kenaikan rumah tersebut tentu bervariasi dan tergantung pada lokasi serta jenis rumah. Sudah dipastikan jika anda mencicil rumah sejak dini maka rumah tersebut  jauh lebih murah dibandingkan dengan tahun berikutnya. Membeli rumah dengan cara kredit  lebih efektif karena anda tidak perlu menyiapkan dana yang besar.

2. Cicilan lebih murah

Harga rumah yang murah akan mebuat cicilan anda setiap bulannya menjadi lebih murah. Hanya saja anda harus menyiapkan uang muka untuk pembelian rumah tersebut. Selain itu, semakin muda anda mengajukan pinjaman KPR maka semakin mudah anda mendapatkan tenor jangka panjang sehingga cicilannya akan semakin murah.

3. Dilindungi Asuransi

Membeli rumah dengan cara KPR akan mendapatkan asuransi kebakaran dan asuransi jiwa. Selain itu, rumah yang kita beli mempunya kelegalitasan asli dan aman. Rumah yang kita cicilpun bisa langsung kita huni tanpa menunggu cicilan lunas.

Demikian keunggulan jika anda mencicil Rumah sejak dini. Sebelum membeli pastikan rumah yang anda pilih sesuai dengan selera dan anda merasa mampu untuk mencicilnya. Carilah rumah yang cukup untuk keluaga anda dimasa depan. Anda juga dapat menjual rumah tersebut dimasa depan jika anda ingin membeli rumah yang lebih mewah lagi. Dengan begitu anda tidak terlalu rugi karena rumah yang dibeli bisa anda jual lebih mahal dari harga beli.

Saran saya, lebih baik anda menanamkan hidup hemat dari sekarang karena dengan hidup hemat akan menjadikan anda lebih matang dalam berfikir dan berhati-hati dalam mengambil keputusan serta lebih bijak dalam mengelolah pengeluaran. Banyak manfaat yang akan anda dapatkan dari menghemat.

Tags :

Bagikan Artikel