Pinhome

Uncategorized

Keuntungan jika lokasi Alfamart dan Indomaret berdekatan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Ternyata ada banyak keuntungan jika lokasi Alfamart dan Indomaret berdekatann padahal mereka berdua bersaing ketat, kondisi ini juga berlaku bagi minimarket lain, secara logika masyarakat umum sebuah bisnis akan sulit memenangkan persaingan jika lokasinya berdekatan dengan usaha sejenis, namun tantangan tersebut justru bisa menjadi alasan bagi kedua pelaku bisnis minimarket untuk bisa lebih berkembang, kenapa bisa demikian? Mari kita selidiki lebih lanjut 🙂

alfamart indomaret berdekatan

Keuntungan jika lokasi Alfamart dan Indomaret berdekatan

  1. Menjadi pemacu bagi karyawan untuk berkompetisi, bisa lebih kreatif, bekerja keras, dan berusaha agar dapat memenangkan persaingan. karena kalau malas sedikit saja maka minimarket tetangga sebelah akan memenangkan persaingan.
  2. Meningkatkan cakupan area konsumen, jadi mereka yang lokasinya jauh akan rela datang ke tempat minimarket berada karena disitu ada banyak pilihan.
  3. Mengurangi tingkat kekecewaan konsumen karena barang yang dicari tidak ada, ya.. sudah jauh-jauh datang ke minimarket ternyata stock kosong atau memang produk yang hendak dibeli tidak tersedia, tapi kekecewaan tersebut akan segera terobati setelah pindah ke minimarket sebelah ternyata barang yang dicari bisa ketemu.
  4. Konsumen juga diuntungkan karena semakin banyak pilihan dalam berbelanja, sehingga semakin besar peluang untuk mendapatkan produk termurah sekaligus berkualitas maksimal.
  5. Menjadikan lokasi minimarket sebagai area belanja, ya.. Seringkali kita hafal mengenai lokasi A bagus untuk wisata, Lokasi B untuk sekolah, dan lokasi itu untuk Belanja.

Jadi pengusaha dan konsumen akan sama-sama untung, kondisi ini juga berlaku bagi toko sembako, toko kelontong, toko bangunan, toko listrik, dan sejenisnya. ya.. Adakalanya sebuah persaingan bisa menjadi sarana untuk bekerjasama dan memacu semangat dalam berusaha agar bisa tampil menjadi pemenang, gambaran mudahnya begini: seorang calon peserta lomba lari tingkat RT tidak perlu berlatih dengan keras karena pesaingnya biasa-biasa saja, tapi calon pelomba lari tingkat dunia akan berlatih sekeras mungkin karena tahu pesaingnya hebat-hebat, ternyata kondisi ini juga berlaku dalam persaingan bisnis minimarket, bersaing sehat untuk menjadi yang terhebat 🙂

Tags :

Bagikan Artikel