Keunikan Rumah Betang Uluk Palin Asal Kalimantan

Pinhome

  • Blog
  • Edukasi
  • Detail dan Keunikan Rumah Betang Uluk Palin Asal Kalimantan

Detail dan Keunikan Rumah Betang Uluk Palin Asal Kalimantan

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 16 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Rumah adat Betang Uluk Palin merupakan rumah adat yang berasal dari Pulau Kalimantan. Disebut pula sebagai rumah panjang, keunikan rumah betang uluk palin terlihat dari bentuk bangunan memanjang kurang lebih 200 meter yang dihuni oleh puluhan kepala keluarga. Pins bisa menemukannya khususnya pada daerah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. 

Pinhome – Di dalam sejarahnya, rumah adat Kalimantan Tengah ini merupakan warisan budaya masyarakat suku Dayak. Ratusan jiwa suku Dayak tinggal dalam satu atap pada rumah betang dengan puluhan kepala keluarga pula. Apa Pins bisa membayangkannya? Tinggal dalam satu atap menjadi hal menarik yang dipertahakan untuk meningkatkan kebersamaan. Keunikan rumah betang uluk palin tersebut menjadi salah satu rangkaian keberagaman yang sebenarnya bisa dipertahankan. Detail apalagi yang menarik dari rumah adat suku Dayak ini, mari kita simak yuk!

Keunikan Rumah Betang Uluk Palin

keunikan rumah betang uluk palin
(Celebesid)

Karakteristik kebudayaan setiap daerah memang berbeda-beda dan memiliki filosofinya masing-masing. Tempat tinggal para terdahulu yang disebut dengan rumah adat juga memiliki makna yang berbeda. Tercatat puluhan rumah adat telah tersebar di Indonesia. Semua mempunyai keunikannya masing-masing. Mari Pins lihat detail menarik mengenai keunikan rumah adat asal Kalimantan Barat berikut.

Baca Juga: 15 Wisata Paling Indah di Kalimantan Barat & Sekitarnnya

Tampilan Eksterior yang Menarik

Dalam tampilan eksteriornya rumah ini terbuat dari mayoritas kayu ulin dan kayu meranti yang berbentuk layaknya rumah panggung. Tiang-tiang penopang yang tinggi tersebut sengaja dibuat untuk melindungi penghuni di dalamnya dari serangan hewan buas, musuh yang menyerang dan air sungai yang meluap. Hal tersebut dikarenakan letaknya yang cukup dekat dengan daerah sungai. Maka dari itu, desain rumah ini dianggap sangat aman bagi penduduk sekitar.

Untuk masuk ke dalam rumah, Pins memerlukan tangga untuk menjangkaunya. Selain itu, bagian atap berbentuk segitiga mirip dengan rumah pada umumnya dengan material atap sirap yang terbuat dari kayu ulin. Kayu ulin tersebut memang terkenal banyak di sekitar hutan Kalimantan dan kekutannya tidak perlu diragukan lagi.

Keunikan Rumah Betang Uluk Palin yang Dihuni Hingga Ratusan Jiwa

Rumah yang memiliki panjang ratusan meter ini terdiri dari sekitar 50 bilik yang dihuni oleh puluhan kepala keluarga Suku Dayak di dalamnya. Total jiwa yang ada dalam rumah tersebut bisa mencapai ratusan. Itulah mengapa desain rumah cenderung memanjang tanpa adanya lekukan yang berarti. Semua dibuat sama besar dan tidak ada yang membedakan secara nyata.

Pengadaan Acara Keagamaan Dalam Pembangunan

Dikutip dari jurnal Arsitektur Betang Tumbang Gagu oleh Etha Sriputri yang terdapat dalam kebudayaan.kemdikbud.go.id menyebutkan bahwa sebelum dibangunnya rumah betang terdapat upacara yang terbagi atas tiga bagian, upacara sebelum betang didirikan, upacara saat mendirikan betang dan upacara setelah betang selesai didirikan. Hal tersebut mengacu kepada kepercayaan masyarakat suku Dayak Ngaju.

Simbol Suku yang Memiliki Arti Positif

Keunikan rumah betang uluk palin memang tidak ada habisnya, rumah tersebut juga merupakan simbol yang memiliki arti positif untuk masyarakat suku Dayak.  Rumah adat ini mempunyai peranan penting dalam membangun solidaritas antar penduduknya. Ragam aktivitas yang sering dilakukan di dalam rumah ini seperti gotong royong dalam berbagai hal dapat mempersatukan mereka. Tidak heran rumah ini menjadi simbol pemersatu masyarakat suku Dayak.

Satu-Satunya Rumah Adat Tertua Di Kecamatan Putussibau Utara

keunikan rumah betang uluk palin
(Pengetahuanku13)

Hal yang menarik lainnya, rumah betang uluk palin menjadi satu-satunya rumah adat betang tertua yang terletak di Kecamatan Putussibau Utara. Tercatat sekitar 90 rumah betang tersedia di daerah Kalimantan, namun yang paling tertua adalah Rumah Betang Uluk Palin. Namun, sayangnya kini rumah tersebut telah rata dengan tanah dikarenakan kebakaran besar sekitar tahun 2014.

Keunikan Rumah Betang Uluk Palin yang Berpindah-Pindah

Rumah adat terpanjang satu-satunya di Kalimantan ini memang pernah berpindah-pindah. Pertama kali dibangun pada tahun 1800-an, kemudian mengalami kabakaran yang cukup hebat pada tahun 1940. Namun tidak hanya sampai disitu, dalam sejarahnya tercatat sudah beberapa kali berpindah tempat menyesuaikan dengan alur sungat akibat erosi. Perlu diketahui ciri khas rumah betang memang biasanya berada di pinggir sungai, itu mengapa perpindahannya menyesuaikan jalur sungai.

Termasuk Dalam Cagar Budaya

keunikan rumah betang uluk palin
(Industry)

Semakin terkikisnya nilai-nilai dan norma adat yang terdapat pada rumah betang membuatnya menjadi salah satu cagar budaya. Beberapa rumah betang yang telah terpilih akan dilestarikan agar tetap terawat walaupun bangunan sudah berumur. Hal tersebut bertujuan pula sebagai pengingat sejarah dan kelestarian budaya Indonesia yang beragam namun tetap dapat bersatu.

Pembangunan Kembali yang Menelan Biaya Besar

Pada tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu telah berusaha untuk mendapatkan bantuan Pemerintah Pusat. Namun, bila ditelaah dan diperhitungkan lagi, biaya pembangunannya menghabiskan dana yang cukup besar. Dilansir dari kapuashulukab.go.id, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L. Ain Pamero, S.H. mengatakan bahwa dana total yang diperlukan Rp 75  miliar hingga Rp 100 miliar. Cukup fantastis bukan Pins?

Pulau Kalimantan Pun memiliki 5 macam rumah tradisonal berdasarkan wilayah, rumah betang dari Kalimantan Tengah, rumah panjang dari Kalimantan Barat, rumah banjar dari Kalimantan Selatan, rumah lamin dari Kalimantan Timur, dan rumah baloy dari Kalimantan Utara. Keunikan rumah betang uluk palin asal Kalimantan Tengah memang berbeda dari rumah adat Kalimantan Lainnya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Ini Dia Nama dan Bentuk Rumah Adat Kalimantan Barat


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel