Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Keunikan dari Alat Musik Sampe, Jangan Sampai Ketinggalan!

Keunikan dari Alat Musik Sampe, Jangan Sampai Ketinggalan!

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 28 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Alat musik sampe merupakan salah satu dari 26 alat musik petik yang sudah kita bahas pada artikel sebelumnya, ini dia artikelnya Klik disini.

Oke langsung saja ke pembahasan artikel alat musik sampe mulai dari asal usul alat musik sampe, cara pembuatan, bentuk alat musiknya beserta fungsinya.

Asal Usul Alat Musik Sampe

Asal Usul Alat Musik Sampe

Alat musik sampe – Mungkin jika kita membicarakan tentang alat musik sampe kita juga akan mengulas kebudayaan dari suku dayak.

Kok bisa? Ya karena sampe adalah alat musik tradisional yang berasal dari suku dayak di Kalimantan.

Alat Musik Sampe dalam bahasa dayak memiliki arti “memetik menggunakan jari”, pemberian nama tersebut disesuaikan dengan cara memainkannya dengan memetik dawai dengan jari jemari.

Namun, ada beberapa suku yang menyebutnya berbeda yaitu

  • Suku Dayak Kenyah menyebutnya alat musik sampe.
  • Suku Dayak Kenyah dan Suku Bahau menyebutnya alat musik sape.
  • Suku dayak Modang menyebutnya dengan nama Sempe.
  • Suku dayak Tunjung serta Suku Dayak Banua menyebut alat musik ini dengan nama Kecapi.

Banyak sekali nama dari alat musik ini, hehe. Akan tetapi perbedaan tersebut tidak membuat perselisihan dari masing-masing suku.

Kembali ke pembahasan, ternyata alat musik sampe ini diduga sudah ada keberadaanya sejak dahulu, dan mulai berkembang di suku dayak untuk melengkapi kebutuhan upacara adat.

Bentuk Alat Musik Sampe

Alat musik sampe – Berlanjut ke pembahasan alat musik sampe yakni pada bentuknya.

Bentuk alat musik sampe ini bisa dikatakan unik, jika kita melihat secara sekilas kita tidak mengetahui jika benda tersebut adalah alat musik, sebab bentuknya seperti kerajinan kayu yang dipajang di dinding, hehe. Betul tidak?

Bentuk alat musik sampe inilah yang menjadi keunikan dan ciri khas. Bentuk yang mirip seperti perahu dengan salah satu ujungnya terdapat gagang yang dihiasi ornamen motif corak khas suku dayak.

Bentuk sampe mempunyai bagian-bagian tertentu. Dalam bahasa suku Dayak Kenyah, bagian-bagian sampe ini dinamai dengan usa, mulan, batak, hudoq sampe, uta, batuk, ndon, Iowong sampe, dan seterusnya.

Sebab memiliki bentuk yang unik tersebut beberapa kolektor alat musik dan kolektor benda langka mulai mengoleksi alat musik sampe.

Untuk kalian yang ingin mengoleksi juga langsung saja ke pengrajin aslinya ya, dari suku dayak, Pulau Kalimantan.

Cara Membuat Alat Musik Sampe

Cara Membuat Alat Musik Sampe

Alat musik sampe – Berlanjut lagi ke pembahasan cara membuat alat musik sampe, setelah kita membahas bentuk dari sampai yang unik tersebut.

Alat musik sampe dibuat dari kayu pilihan, seperti kayu atau, kayu balok, kayu meranti, kayu arang atau kayu pelantan.

Kayu-kayu tersebut sebelum masuk ke proses pembuatan difilter kayu yang  kuat, tidak mudah pecah, keras dan tahan lama.

Tips dan trik untuk kalian yang ingin memilih kayu yang sesuai kriteria di atas yaitu pilihlah kayu yang banyak uratnya, semakin banyak urat daging yang dimiliki kayu maka akan semakin baik suara yang nantinya akan dihasilkan.

Kemudian, berlanjut ke proses pemahatan, tetapi dipastikan sebelum dipahat kayu tersebut sudah dikeringkan dulu dengan sinar matahari.

Pahatlah kayu tersebut yang sesuai dengan bentuknya yang mirip dengan perahu pada ujungnya terdapat gagang.

Gagang inilah yang nantinya dihiasi dengan ukiran khas suku dayak, seperti motif ornamen burung Enggang serta taring taring binatang buruan.

Jika ornamen sudah diukir tahap selanjutnya sekaligus tahap terakhir yakni memasang dawai senar dari ujung ke ujung.

Ternyata di zaman dahulu senar yang digunakan adalah serta rotan atau serat tumbuhan, namun kini sebagian besar Sampe menggunakan kawat tipis sebagai Dawainya.

Untuk dawai alat musik sampe ini terdiri dari 3 buah senar, berbeda dengan gitar yang memiliki 6 buah senar atau dawai.

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa untuk membuat alat musik sampe yang diperlukan ialah kayu Pohon untuk badan Sampe dan dawai untuk menghasilkan nada.

Cara Memainkan Alat Musik Sampe

Alat musik sampe – Untuk cara memainkan alat musik sampe sendiri tidak begitu rumit seperti pada alat musik petik pada umumnya yang memakai tangga nada, interval, dan lain sebagainya.

Hanya diperlukan menyelaraskan nada saja, yang akan dimainkan seperti halnya gitar dan alat musik kebanyakan.

Penyelarasan tersebut dimulai dari perasaan pemain musiknya. Tidak heran jika alat musik ini berfungsi untuk menyatakan perasaan seseorang.

Inilah yang membuat hasil stem senar-senar sape tersebut berbeda-beda untuk setiap orang. Bunyi senar yang dihasilkan itu masih merupakan nada-nada dasar.

untuk menyelaraskan nada-nada lainnya dengan memindah-mindahkan ndon. Dengan cara ini, sampai pun bisa dimainkan sesuai dengan nada lagu yang diinginkan.

Fungsi Alat Musik Sampe

Alat musik sampe – Fungsi dari alat musik sampe ini, selain sebagai pengiring upacara adat di Kalimantan juga sebagai alat musik hiburan.

Menurut orang dayak sendiri  alat musik ini dijadikan untuk menyatakan perasaan, baik rasa gembira, rasa sayang, rindu, dan rasa duka.

Konon katanya jika memainkan alat musik sampe pada siang hari maka nada nada yang dihasilkan adalah nada riang gembira penuh keceriaan.

Sedangkan untuk malam hari jika dimainkan menghasilkan irama sedih, syahdu serta sendu.

Hal tersebut untuk sampai sekarang masih diyakini dan dijadikan sebagai aturan tak tertulis.

Terdapat hal yang unik juga dari alat musik sampe ini, yang termuat dalam Tekuak Lawe, sastra lisan yang diturunkan dari generasi ke generasi dalam tradisi masyarakat Dayak.

Ungkapan suku dayak tersebut yakni “sape benua tulang towah” yang memiliki makna Sape mampu meremukkan tulang-belulang hantu yang bergentayangan.

Ungkapan tersebut menggambarkan bahwa alat musik sampe mampu membuat orang yang mendengarnya merinding hingga menyentuh tulang atau perasaan.

Artikel Terkait:

Itulah Fungsi dari alat musik sampe pada umumnya.

Sebenarnya masih banyak fungsi dari alat musik sampe ini salah satunya sebagai sumber finansial untuk para pengrajin sampe, sebab sampe untuk saat ini selain sebagai alat musik, sampe juga dikoleksi oleh para kolektor.

Nah itu dia informasi tentang Alat musik sampe, mulai dari asal usul, bentuk alat musik, cara pembuatan , bahan pembuatan, cara memainkan alat musik sampe, sekaligus fungsi alat musik tersebut.

Tags :

Bagikan Artikel