Pinhome

Tips Properti

Deretan Keramik Garasi Mobil Terbaik Anti Pecah

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 1 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Keramik garasi mempunyai fungsi yang esensial. Salah satu fungsinya adalah agar kendaraan yang diparkir mempunyai pijakan kuat dan tidak licin. Keramik garasi mobil tentu berbeda dengan keramik yang digunakan di dalam rumah. Keramik pada garasi mempunyai tekstur yang lebih kasar dan kesat.

Pinhome – Tujuan keramik untuk garasi diciptakan atau dibuat lebih kasar dan kesat adalah agar tidak membuat roda mobil dan motor tergelincir. Selain itu, standar motor akan lebih kuat menopang kendaraan roda dua tersebut jika berada di atas lantai yang bertekstur kasar. 

Membeli keramik untuk garasi tentu tidak bisa sembarangan. Hal ini karena kamu harus merasakan dan menyentuh sendiri tekstur kasar pada permukaan keramik lantai tersebut. Pemilihan desain pada keramik juga bisa menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan. Pasalnya, kamu perlu menyesuaikan desain keramik dengan interior rumah ataupun warna dari bangunan rumah.

7 Pertimbangan Membangun Garasi Rumah

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli keramik garasi mobil, ada baiknya kamu memahami tips memilih keramik yang tepat.

Tips memilih keramik untuk lantai garasi

motorcycle, motorbike, garage-2619494.jpg
(Pixabay)

Di dalam memilih keramik tentu ada beberapa hal yang harus kamu pahami. Tujuannya agar kamu tidak salah pilih dan keramik yang kamu beli bisa melengkapi kebutuhan garasi di rumah. Berikut ini tips memilih keramik untuk lantai garasi.

Baca Juga: Denah Garasi Dan Pagar Rumah Tipe 36 Atau 21

Pilih keramik yang lebih tebal

Lantai garasi akan menahan beban yang besar seperti mobil dan motor. Untuk memastikan lantai tidak cepat rusak, maka pilihlah keramik yang lebih tebal. Fisik keramik yang lebih tebal ini akan membuat keramik lebih awet. Selain itu dengan menggunakan keramik tebal, juga tidak akan mudah rusak karena menopang kendaraan dalam waktu lama.

Gunakan keramik yang bertekstur kasar

Keramik dengan tekstur yang kasar akan memberikan keamanan sendiri. Hal ini karena roda mobil atau motor memang dibuat untuk berjalan di medan yang kasar seperti aspal dan tanah. Memilih keramik yang bertekstur kasar digunakan agar kendaraan tidak tergelincir saat akan diparkir. Ini tentu bisa melindungi pengemudi atau orang di sekitar kendaraan, bukan?

Pilih ukuran keramik yang sesuai

Sebuah garasi umumnya memiliki ukuran lebar 2 hingga 3 meter dengan panjang mencapai 5 meter lebih. Apabila kamu mempunyai lebih dari satu mobil, setidaknya diberikan jarak 1,5 meter antar mobil. Nah setelah memahami referensi ukuran garasi, kamu pasti sudah bisa menentukan ukuran keramik bukan? Kamu bisa memilih keramik dengan ukuran 40×40 cm atau 50×50 cm. Agar hasilnya sesuai, ada baiknya kamu mengukur secara langsung kebutuhan keramik garasi.

Pilih warna yang terang jika garasi kamu tertutup (indoor)

Untuk keramik garasi pastikan pilih yang berwarna terang. Tujuannya agar kondisi di dalam garasi lebih terang dan tidak gelap. Garasi merupakan ruangan yang tidak ditinggali dalam waktu 24 jam oleh penghuni rumah. Maka bisa saja ada kemungkinan hewan seperti cacing, ulat dan kadal menyelinap masuk, nah dengan keramik yang lebih terang kamu akan mudah memantau isi garasi.

Deretan Keramik Garasi Mobil Terbaik Anti Pecah

Berikut ini beberapa deretan keramik untuk garasi mobil terbaik anti pecah. Yuk disimak bersama.

Keramik garasi menggunakan keindahan batu alam

(Megabuild Indonesia)

Batu alam mempunyai karakter yang solid. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa batu alam bisa menjadi bahan material garasi mobil. Selain itu umumnya keramik dengan batu alam tidak mengalami proses cat, sehingga warna alami dari batu masih terlihat dengan jelas. Tekstur yang kasar di permukaan lantai juga akan membuat kendaraan berjalan dengan aman dan tidak mudah tergelincir. Penggunaan keramik dengan bahan batu alam cocok untuk garasi mobil indoor atau outdoor seperti di atas. Untuk membersihkan atau merawat keramik, kamu perlu menyapu setiap hari. Jika permukaan lantai sudah terlihat kusam kamu bisa menghubungi jasa kebersihan atau cukup dibersihkan menggunakan air.

Keramik Carport khusus Garasi

(Renovasi)

Keramik carport khusus garasi juga bisa menjadi alternatif yang kamu pilih. Bahannya yang tebal dan bertekstur kasar sangat cocok menjadi lantai untuk menopang kendaraan. Kamu hanya perlu menyesuaikan ukuran keramik untuk proses pemasangan. Selain itu untuk membersihkan lantai, kamu bisa menyapu permukaan lantai setiap hari, kemudian dipel hingga bersih. Perawatan keramik garasi mobil mewah tidak sulit karena keramik carport ini didesain untuk menjadi lantai pada garasi. Apabila ruang garasi kamu dibangun pada area tertutup, ada baiknya menggunakan keramik dengan warna terang. Sementara jika garasi berada di outdoor kamu bisa menggunakan bahan lantai yang berwarna gelap. 

Keramik garasi dari beton

keramik garasi
(Keramika.co)

Beton memang sudah dikenal sebagai bahan yang bersifat keras dan solid. Beton sering digunakan sebagai bahan utama lantai atau dinding sebuah bangunan karena kualitasnya yang baik. Penggunaan beton sebagai bahan lantai garasi bisa menjadi alternatif yang tepat, Pins. Hal ini lantaran beton bisa menopang kendaraan seperti mobil dan motor sehingga lantai garasi akan lebih awet. Kamu pun bisa merawat lantai beton dengan mudah. Cukup menyapu bersih lantai saja. 

Keramik batu sikat

keramik garasi
(Batu Sikat)

Keramik batu sikat juga mempunyai bahan yang kuat untuk menopang kendaraan. Kamu bisa memanfaatkan jenis keramik ini sebagai lantai di ruang garasi. Pemilihan pola yang sesuai dengan keinginan kamu juga bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli keramik. Namun kamu harus menyesuaikan juga dengan budget milikmu. Biasanya semakin rumit pola, maka akan mempengaruhi harga keramik tersebut.

Keramik garasi dari marmer dan granit

keramik garasi
(thespruce.com)

Keramik dengan bahan marmer bisa menjadi pilihan yang tepat untuk lantai garasi. Hal ini karena marmer mempunyai bahan yang tebal. Pilih marmer yang teksturnya lebih kasar. Selain marmer, kamu juga bisa memilih batu granit. Pilih juga bahan granit yang kasar sehingga tidak licin. Dua batuan ini mempunyai pola yang abstrak namun terlihat estetik. Kamu hanya tinggal menentukan pola dan harga dari keramik yang sesuai dengan budget pribadi.

Nah Pins, itu saja informasi penting mengenai deretan keramik garasi mobil anti pecah. Semoga bermanfaat ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang! Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel