Pinhome

Lifestyle

Kerajinan dari Tali Rami

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 4 September 2021 ∙ 11 menit membaca

Buat kamu yang suka bikin kerajinan tangan, pasti udah nggak asing lagi dong dengan tali rami?

Item yang satu ini memang cukup populer karena bisa digunakan untuk aneka macam kreasi.

Apa aja sih contoh kerajinan dari tali rami? Baca artikel berikut sampai akhir ya.

Apa Itu Tali Rami?

Tali rami merupakan jenis tali yang berasal dari tumbuhan alam, biasanya jenis tali rami sering digunakan sebagai salah satu bahan untuk kerajinan tangan.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ada banyak sekali manfaat-manfaat yang di dapat dari tali rami.

Lantas seperti apa saja manfaatnya? Yuk, baca manfaatnya dibawah ini.

Manfaat Tali Rami

Adapun manfaat-manfaat dari tali rami adalah sebagai berikut ini.

  1. Untuk membuat kerajinan tangan
  2. Sebagai tali souvenir
  3. Tali paper bag
  4. Dijadikan tas
  5. Diubah menjadi vas bunga dan bingkai cermin
  6. Wadah buku
  7. Dan hiasan dinding

Pengertian Tali Rami Goni

Pengertian Tali Rami Goni

Tali rami atau disebut juga tali rami goni, adalah tali tipis yang terbuat dari serat rami.

Rami sendiri adalah tumbuhan semak yang tingginya sekitar satu sampai tiga meter dan memiliki daun panjang sekitar 7-15 cm dengan lapisan bawah berbulu putih tebal dan bagian tepinya bergerigi.

Tak seperti kapas yang memiliki serat pendek, rami memiliki serat panjang yang membuatnya sangat kokoh dan merupakan alternatif yang bagus untuk membuat kerajinan tangan.

Tali rami tersedia dalam berbagai ukuran dan warna, seperti putih, hitam, coklat tua dan coklat muda.

Contoh dan Teknik Kerajinan Tangan dari Tali Rami

Tali rami adalah bahan yang murah untuk dibeli, dan sifatnya yang serbaguna benar-benar cocok untuk beberapa proyek DIY di rumah. Buat kamu yang masih bingung mau membuat apa, bisa langsung contek salah satu ide di bawah ini ya:

1.     Tas Bundar Tali Rami

Ide kerajinan tangan yang satu ini kayaknya lebih cocok untuk kaum hawa ya. Tapi buat para cowok yang ingin kasih hadiah ke pacar atau ibu di rumah juga boleh mencoba kok.

Selain bahan utama berupa tali rami (panjang sekitar 100 cm), kamu juga butuh lem tembak, kain tak terpakai di rumah dengan warna dan motif suka-suka, dan gunting sebagai alat pemotong. Sedangkan cara membuatnya cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, kepang dulu tali rami kamu. Caranya nggak jauh beda seperti dengan mengepang rambut.
  • Setelah cukup panjang, gulung kepangan ini sampai berbentuk bulat. Diameternya sesuai selera ya, sebagai contoh, kamu bisa membuat diameter 22 cm. Jangan lupa untuk menggunakan lem agar kepangan saling melekat.
  • Ulangi langkah di atas sehingga kamu mendapatkan dua kepangan bundar.
  • Selanjutnya, kepang lagi tali rami sebagai tali untuk tas. Panjangnya bisa kamu sesuaikan sendiri ya, alias sesuai selera.
  • Kalau sudah, kepang lagi tuh tali raminya, dengan panjang sesuai diameter tas kamu dan jumlahnya 4 buah kepangan.
  • Selanjutnya, tempelkan 4 buah kepangan yang baru saja kamu buat ke permukaan kain. Gunakan lem untuk merekatkan. Tapi di salah satu dari kepangan yang kamu rekatkan harus ada space ya, gunanya untuk menempelkan resleting.
  • Jika sudah, potong kain mengikuti bentuk tali rami.
  • Selanjutnya, tempelkan resleting dengan lem tembak ke bagian yang kosong tadi.
  • Sekarang, tempelkan kepangan yang ada resleting ke kepangan bentuk bundar yang sudah kamu buat sebelumnya, sampai bentuknya menyerupai tas bundar. Ingat, sisi kain ada di dalam dan sisi tali rami ada di bagian luar.
  • Terakhir, pasang tali tas dengan lem.
  • Jika perlu, berikan hiasan bunga, manik-manik, atau yang lainnya ke tas kamu supaya lebih cantik.

Supaya lebih jelas, kamu bisa langsung klik link video berikut ini

2.     Bikin Rope Basket dari Tali Rami

Rope basket alias keranjang tali adalah tempat penyimpanan serbaguna yang bisa kamu gunakan untuk wadah pernak-pernik, buku-buku, koleksi kutek atau aksesoris, dan sebagainya. Bisa juga dijadikan tempat baju kotor atau wadah pot bunga. Beberapa item yang perlu kamu siapkan adalah:

Kerajinan Unik dari Ranting Kayu

  • Kardus bekas ukuran besar
  • Tali rami
  • Kain
  • Lakban coklat atau hitam
  • Gunting
  • Lem tembak
  • Kain putih atau warna lain

Cara Membuat Rope Basket

  • Pertama, potong kardus menjadi bentuk persegi panjang, lalu gulung sampai bentuknya seperti tabung. Rekatkan dengan lem tembak dan lakban.
  • Ambil sisa kardus dan gunting dengan bentuk bulat sebagai alas keranjang, dengan ukuran sesuai diameter keranjang yang kamu buat.
  • Ratakan lem ke permukaan bawah keranjang dan tempelkan alas yang baru saja kamu buat.
  • Ambil tali rami dan kepang, seperti cara membuat tas bundar tadi.
  • Kemudian gulung kepangan tali sampai berbentuk bundar dan rekatkan ke kardus dengan lem. Lakukan sampai seluruh permukaan kardus tertutup.
  • Ambil kain putih dan tempelkan ke bagian dalam keranjang, gunakan lem.
  • Ambil sisa kepangan tali rami dan tempelkan ke bagian dalam tabung, tepat di atas permukaan kain tapi hanya di bagian atas saja.
  • Selanjutnya, buat pegangan keranjang dengan menganyam lagi tali rami dan tempelkan ke sisi kanan dan kiri keranjang.

Jika ingin melihat tutorial versi video, bisa langsung cek ke link ini berikut.

3.     Kreasi Box Storage dari Tali Rami

Sebenarnya, kerajinan tangan yang satu ini mirip kegunaanya dengan rope basket pada daftar sebelumnya, yaitu bisa digunakan untuk wadah buku-buku, koleksi boneka, mungkin juga sebagai keranjang roti dan buah, atau yang lainnya.

Tapi bedanya, wadah yang ini berbentuk persegi panjang, bukan seperti tabung pada kreasi sebelumnya. Inilah bahan dan alat yang akan digunakan:

  • 1 buah kardus baru atau bekas ukuran 36 x 24 x 21 cm (ukuran lebih besar/kecil juga boleh). Jika kamu menggunakan kardus bekas, pastiin nggak ada bagian yang rusak/berlubang dan bentuknya masih kotak, jadi kardusnya jangan dibongkar.
  • Kain goni baru warna natural
  • Pita renda rustic warna putih
  • Tali rami yang sudah di kepang
  • Pulpen atau spidol
  • Gunting

Cara Membuat Box Storage

  • Pertama, ambil kain goni dan taruh di atas permukaan yang rata, misalnya lantai atau meja.
  • Selanjutnya, gambar pola kubus di atas lembaran kain. Supaya lebih mudah, polanya ini bisa kamu jiplak langsung dari kardus ya.
  • Selanjutnya, gunting kain goni sesuai dengan pola, dan sisihkan dulu.
  • Sekarang ambil kardus dan tutupi seluruh permukaan dengan tali rami yang sudah dikepang. Gunakan lem tembak untuk merekatkan.
  • Selanjutnya, masukkan kain goni yang sudah dipola tadi ke dalam kardus dan tempel dengan lem.
  • Rapikan sisa kain goni yang ada di bagian atas kardus dan tempelkan ke bagian luar box menggunakan lem.
  • Terakhir, tempelkan kain renda ke bagian kain goni yang ada di bagian luar box.

Buat kamu yang lebih suka melihat tutorial versi video, bisa cek di sini.

4.     Contoh Alas Gelas/Cangkir dari Tali Rami

Buat kamu yang kebetulan suka banget sama hal-hal berbau vintage dan boho-boho gitu, plus suka sayang kalau mau buang kardus bekas atau kaleng-kaleng bekas makanan, ide kerajinan dari tali rami yang satu ini cocok banget nih buat dicoba. Daftar bahan dan alat yang dibutuhkan adalah:

  • Kardus
  • Gunting
  • Pulpen
  • Lem tembak
  • Tali rami (bukan kepang)
  • Kaleng bekas snack

Cara Membuat Gelas

  • Ambil kardus, taruh kaleng di atas kardus dan gambar lingkaran mengikuti bentuk alas kaleng, lalu gunting.
  • Ambil tali rami dan tempelkan ke permukaan kardus dengan bentuk melilit-lilit melingkar sama seperti saat kamu membuat tas bundar tadi. Tempelkan dengan lem dan alas gelas kamu sudah jadi. Mudah banget, kan?

5.     Hiasan Dinding dari Tali Rami (Makrame)

Ada yang punya macrame di rumah? Buat kamu yang mungkin belum tahu, makrame adalah seni mengikat simpul untuk membuat tekstil berpola indah. Kerajinan tangan ini biasa digunakan sebagai hiasan dinding atau digantung di bawah jendela dan teras rumah. Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah:

  • Tali rami warna coklat
  • Tali serbaguna warna putih (biasanya banyak dijual di toko bangunan)
  • Solasi bening
  • Gunting
  • Kawat lunak

Cara Membuat Hiasan Dinding

  • Pertama, ambil kawat lunak (biasanya pas beli udah berbentuk gulungan jadi kamu nggak usah capek-capek untuk membentuk lingkaran, hehe.
  • Kalua belum berbentuk lingkaran, buat dulu sebanyak dua buah ya, yang satu kecil dan satu lagi besar, lalu satukan (lingkaran kecil di dalam lingkaran besar)
  • Selanjutnya, ambil tali rami dan potong. Panjangnya suka-suka kamu aja.
  • Kemudian, ikat tali rami ke kawat lunak tadi sampai sekitar seperempat bagian dari diameter kawat.
  • Ikat juga tali yang putih, jadi ada dua warna.
  • Kalau sudah, tutup bagian kawat dengan tali rami. Kalau kamu masih bingung, bisa langsung cek tutorial video di link ini.

6.     Model Tempat Pensil Tali Rami

Buat kamu yang ingin punya tempat pensil hasil karya sendiri alias bukan beli jadi, bisa juga nih menggunakan tali rami.

Caranya gampang banget lho, bahannya juga nggak banyak. Kamu hanya butuh tali rami yang sudah di kepang, gunting, dan lem tembak. Sedangkan cara membuatnya adalah:

Kerajinan Unik dari Tusuk Sate

  • Ambil tali rami dan gulung, sampai berbentuk bundar (sebagai alas), diameternya sesuai keinginan aja ya
  • Jangan digunting dulu, teruskan gulungan tapi jangan ke samping, melainkan agak ke atas, jadi nanti hasil akhirnya seperti tabung. Tingginya juga bisa kamu atur sendiri sesuai keinginan.
  • Kalau sudah cukup, gunting tali rami dan rekatkan ujungnya dengan lem agar rapi. Taraaa, tempat pensil kamu sudah jadi. Prosesnya super cepat, kan?

Jika ingin melihat panduan yang lebih jelas bisa langsung klik link ini.

7.     Cara Membuat Alas Pot dari Tali Rami

Siapa nih yang suka koleksi tanaman indoor di rumah? Tanaman indoor memang ampuh banget bikin rumah jadi terlihat lebih indah ya. Beberapa jenis tanaman bahkan bisa menyaring udara kotor dan membuat udara di dalam rumah jadi lebih bersih dan segar.

Tapi suka sebel nggak sih kalau lantai rumah jadi kotor setiap kali selesai menyiram tanaman? Supaya nggak kotor, biasanya pemilik rumah harus mengeluarkan dulu tanaman ke teras atau ke halaman setiap kali jadwal penyiraman. Tapi jadi repot banget, kan?

Nah, biar nggak repot dan lantai tetap bersih, kamu bisa menggunakan alas pot dari tali rami. Bahan yang kamu butuhkan hanya tali rami, lem tembak, dan gunting.

Sedangkan cara membuatnya mirip dengan membuat alas gelas pada daftar sebelumnya, hanya saja ukurannya lebih besar. Kalau masih bingung, bisa langsung cek tutorial video di link ini ya.

8.     Model Toples Unik dari Tali Rami

Kerajinan tali rami yang satu ini memiliki dua kegunaan, pertama sebagai toples makanan atau kedua sebagai wadah item-item kecil di dalam kamar. Kalau sebagai toples, makanan yang dimasukkan jangan kue-kue kering ya, tapi pilih makanan yang sudah tertutup seperti permen.

Bahan dan Alat:

  • Lakban bekas ukuran besar sebanyak 6 buah
  • Tali rami
  • Lem tembak
  • 1 lembar kardus bekas
  • Gunting
  • Spidol
  • Renda putih atau tali rami kepang warna putih
  • Burlap (kain goni baru)
  • Kertas karton

Cara Membuat Toples Unik

  • Lilitkan tali rami ke lakban bekas, sampai semua permukaan lakban tertutup. Tempelkan ujungnya dengan lem tembak agar rapi dan tidak mudah lepas. Ulangi langkah ini sampai semua lakban terlilit tali rami.
  • Ambil kardus dan susun 6 buah lakban di atasnya. Tempelkan satu lakban dengan lakban lain menggunakan lem, tapi jangan ditempel dulu ke kardus ya.
  • Selanjutnya, ambil spidol dan gambar pola mengikuti bentuk 6 buah lakban yang sudah ditempel bersama.
  • Angkat semua lakban dan gunting kardus mengikuti pola. Ulangi langkah ini agar kamu mendapatkan 2 buah kardus berpola.
  • Taruh lem di seluruh tepi kardus yang sudah dipola, lalu tempelkan kain goni. Lakukan hal yang sama pada sisi kardus yang satu lagi dan ulangi langkah ini pada kardus berpola yang lainnya.
  • Karena kain goni yang kamu tempelkan belum rapi, gunting sisa kain goni mengikuti pola kardus.
  • Ambil 1 buah kardus berpola, berikan lagi lem tembak ke permukaan kardus lalu tempelkan 6 buah lakban tadi (1 kardus berpola lainnya sisihkan dulu ya).
  • Ambil tali rami kepang warna putih dan rekatkan ke bagian bawah toples sebagai hiasan.
  • Sekarang buat tutup toples dengan kertas karton. Ambil karton dan bentuk persegi panjang (lebar sekitar 3-5 cm, panjang menyesuaikan).
  • Tutup seluruh permukaan karton dengan kain goni, lalu ambil kardus berpola yang kamu sisihkan tadi dan tempelkan karton ke seluruh sisi kardus.

Buat kamu yang mungkin masih bingung dengan tutorial teks, bisa langsung cek videonya di sini ya.

9.     Kerajinan Tangan Tali Rami untuk Hiasan Meja

Contoh kerajinan tali rami yang terakhir adalah menghias botol untuk dijadikan pajangan di rumah. Caranya benar-benar mudah banget lho. Kamu hanya butuh:

  • 3 buah botol bekas (yang kaca ya bukan plastik)
  • Tali rami
  • Renda putih
  • Mutiara
  • Kerang
  • Bunga plastik tanpa tangkai
  • Lem tembak

Cara Membuat Hiasan Meja

Kerajinan Unik dari Rantai Bekas

  • Ambil satu botol dan lilitkan tali rami ke seluruh badan botol (termasuk bagian bawah/alas botol), rekatkan dengan lem. Ulangi langkah ini untuk botol kedua dan ketiga.
  • Setelah itu, hias leher botol dengan kain renda.
  • Kemudian hias badan botol dengan bunga plastik, mutiara, dan kerang. Tapi secara terpisah ya. Misalnya, botol pertama dihias dengan mutiara, botol kedua dengan kerang, dan botol ketiga dengan mutiara.
  • Kalau kamu masih bingung gimana model hiasannya, bisa cek video ini sebagai inspirasi ya.

Kerajinan dari tali rami ternyata ada banyak sekali ya, bahkan ide kreasi dalam daftar ini hanya sebagian kecil saja lho. Kamu bisa langsung mencoba salah satu ide di atas atau bahkan juga semuanya. Tak hanya sebagai hiasan, beberapa juga bermanfaat sebagai tempat penyimpanan dan tatakan atau alas.

Boleh Copas, Wajib Terakan Sumber !!!

Tags :

Bagikan Artikel