7 Ide Kreatif Kerajinan dari Sisik Ikan Lengkap Beserta Penjelasannya

Pinhome

Kerajinan dari Sisik Ikan yang Sangat Bernilai

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 30 August 2021 ∙ 13 menit membaca

Ketika seseorang ingin mengolah ikan, tentu akan menghilangkan sisiknya terlebih dahulu dan langsung dibuang begitu saja. Padahal sisik ikan bisa dimanfaatkan dan dijadikan sebagai kerajinan dari sisik ikan. Dalam kerajinan tidak semua jenis sisik ikan bisa dimanfaatkan, hanya beberapa jenis ikan tertentu saja.

Pinhome – Pengolahannya juga tidak mudah, namun tidak terlalu sulit. Berikut akan dibahas bagaimana pembuatan kerajinan menggunakan sisik ikan terlengkap dan bisa dicoba siapa saja.

Baca Juga:

Apa Itu Kerajinan dari Sisik Ikan?

Kerajinan dari sisik ikan merupakan suatu kerajinan tangan yang berbahan dasar dari sisik ikan, biasanya sisik ikan dapat ditemukan di berbagai tempat.

Salah satunya di tempat penjual ikan, sering sekali kita jumpai ikan hanya diambil dagingnya saja padahal ada manfaat lain yang dapat kita dari ikan. Salah satunya yakni sisiknya, sisik ikan memiliki banyak sekali manfaat adapaun manfaatnya.

Baca Juga:

Lantas Apa Manfaat Sisik Ikan?

Adapun manfaat-manfaat yang di dapat dari sisik ikan adalah sebagai berikut ini.

  1. Dapat di jadikan sebagai bahan kerajinan
  2. Dapat menyerap penyerap kromium
  3. Dapat dijadikan obat khusus
  4. Dan masih banyak lagi

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa sisik ikan dapat dimanfaatkan berbagai kebutuhan selain dapat dijadikan sebagai bahan kerajinan.

Sisik ikan dapat dimanfaat untuk bahan obat, namun hal ini hanya ikan tertentu saja yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk obat.

Pengertian Kerajinan dari Sisik Ikan

kerajinan dari sisik ikan
(Lazada.co.th)

Sesuai dengan namanya, pengertian kerajinan dari sisik ikan merupakan kerajinan yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Kerajinan ini memanfaatkan bagian sisik ikan untuk diolah kembali menjadi hal yang lebih berharga. Munculnya kerajinan sisik ikan ini dipercaya dapat mengurangi limbah sisik ikan yang seringkali terbuang sia-sia.

Proses pembuatannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan tidak mudah. Namun bagi kamu yang ingin mencoba membuatnya juga bisa.

Baca Juga:

Contoh dan Teknik Pembuatan Kerajinan dari Sisik Ikan

Berikut merupakan contoh-contoh hasil dari kerajinan sisik ikan yang dijelaskan beserta tekniknya, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Bross Unik

(Genemil.com)

Contoh kerajinan dari sisik ikan pertama adalah bross yang biasanya digunakan oleh perempuan berjilbab. Penggunaan sisik ikan ini bisa menghasilkan bross yang menarik dan tidak kalah dengan bross yang ditemukan di lingkungan sekitar.

Cara pembuatannya juga tidak sulit, kamu hanya perlu mempersiapkan sisik ikan yang telah diolah sebelumnya dan peralatan umum yang sudah dibahas di atas. Berikut teknik dan cara pembuatan bross bentuk bunga:

  • Buat terlebih dahulu polanya di atas kertas.
  • Persiapkan atau panaskan terlebih dahulu lem tembak untuk menempelkan sisik ikan.
  • Mulailah dengan membuat bentuk pola bunga terlebih dahulu tanpa diberi lem.
  • Jika sudah tepat, mulailah menempelkan sisik ikan satu per satu. Tips penggunaan lem tembak adalah jangan terlalu menggunakannya terlalu banyak agar hasilnya rapi.
  • Ketika bentuk bunga sudah jadi, kamu bisa menambahkan aksesoris lain di atas pola tersebut. Contohnya bisa mutiara dan lain sebagainya.
  • Diamkan di tempat yang sejuk agar lem merekat dengan sempurna.
  • Setelah masing-masing tertempel dengan sempurna, lakukan finishing menggunakan pernis.

Baca Juga:

2. Anting-Anting Cantik

kerajinan dari sisik ikan
(Nasionalsatu.com)

Anting-anting menjadi salah satu perhiasan yang digunakan para wanita dan memiliki beragam bentuk ataupun warna.

Kamu bisa memanfaatkan sisik ikan nila ataupun ikan yang memiliki sisik cukup tebal agar terlihat lebih kuat. Bentuk anting-anting yang bisa dibuat juga beragam, mulai dari bentuk lingkaran, love, kotak dan lain sebagainya.

Kamu perlu membeli bentuk anting-anting sebelum nantinya ditempeli sisik ikan yang telah diolah. Berikut langkah-langkah membuat kerajinan dari sisik ikan:

  • Terdapat peralatan tambahan yang perlu dibeli, yaitu pengait anting. Jika tempat anting kosong yang kamu beli sudah memiliki pengait, maka tidak perlu membeli lagi.
  • Langkah awalnya sama seperti sebelumnya persiapkan sisik ikan yang akan dibentuk anting-anting sesuai cara di atas.
  • Mulailah dengan merangkai sisik sesuai dengan tempat anting yang dibeli. Bisa bentuk kotak, love, lingkaran, bulan sabit dan lain sebagainya.
  • Jika memang perlu dilipat, lakukan lipatan secara hati-hati dan minimalisir terjadinya kesalahan.
  • Kerajinan dari sisik ikan ini pada dasarnya mudah dibuat, hanya saja perlu kesabaran dan ketelitian.
  • Apabila bentuknya sudah tepat, gunakan lem tembak untuk merekatkan satu sama lain.
  • Setelah bentuknya jadi sesuai dengan tempat anting, berilah lem di wadah anting tadi dan masukkan bentuk sisik ikan yang sudah dibuat secara perlahan.
  • Rekatkan bagian satu dengan yang lainnya dan angin-anginkan agar lem mengering sendiri.

Baca Juga:

3. Kalung Manis

(Daraz.pk)

Umumnya kalung yang beredar di pasaran memiliki bahan seperti perak atau bahkan emas sekalipun. Namun kamu tidak bisa mengesampingkan kalung yang terbuat dari sisik ikan. Pasalnya kalung-kalung ini memiliki bentuk yang unik dan tidak kalah menarik seperti kalung pada umumnya.

Pembuatan kalung menggunakan sisik ikan ini membutuhkan peralatan tambahan yaitu jarum atau benda tajam kecil untuk membuat lubang pada sisik ikan.

Ini bertujuan agar sisik tersebut dapat diberi tambahan pengait untuk menghubungkan satu sama lain. Berikut langkah pembuatannya:

  • Persiapkan terlebih dahulu alat dan bahan membuat kerajinan dari sisik ikan seperti sebelumnya.
  • Di sini ada dua pilihan dalam membuatnya, yaitu satu warna atau warna-warni. Pilih sesuai dengan keinginan masing-masing. Namun agar terlihat sederhana dan berkelas, kamu bisa mewarnainya menggunakan warna silver dan nanti finishing menggunakan pernis agar lebih mengkilat.
  • Buatlah pola terlebih dahulu di kertas agar lebih fokus dalam merangkainya.
  • Pilihlah sisik ikan dengan bentuk dan ukuran yang sama agar rapi.
  • Mulailah dengan melubangi sisik ikan, pastikan kamu melubanginya di tempat yang sama antara sisik satu dengan yang lain.
  • Setelah diberi lubang, tambahkan pengait ke masing-masing sisik untuk dirangkai.
  • Mulailah dengan merangkainya satu sama lain menjadi bentuk sesuai keinginan masing-masing.
  • Lakukan finishing dengan pernis agar tampilannya lebih menarik dan mengkilat.

Baca Juga:

4. Hiasan Lampu Cantik

kerajinan dari sisik ikan
(Pinterest)

Membuat kerajinan dari sisik ikan dalam bentuk lampu hiasan bisa dikatakan memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi. Umumnya sisik ikan yang dibuat hiasan lampu berwarna-warni atau terdiri dari dua warna.

Kamu bisa memanfaatkan sisik ikan untuk dibuat seperti kristal kaca dan dapat dijual dengan harga yang lumayan.

Teknik pembuatan kerajinan dari sisik ikan kali ini sebaiknya tidak dilakukan oleh pemula. Namun jika ingin mencobanya sebagai pengalaman juga bisa. Berikut caranya:

  • Persiapkan peralatan tambahan, yaitu tali atau benang nilon untuk menggabungkan satu sama lain. Tambahkan pernak pernik lain jika dibutuhkan.
  • Susun terlebih dahulu sisik ikan di atas pola yang sudah dibuat sebelum nantinya ditempelkan pada tali.
  • Kamu bisa membentuknya bulat sesuai dengan ukuran lampu atau bunga.
  • Setelah terbentuk, mulailah merekatkan antara sisik satu dan yang lain dengan hati-hati dan rapi.
  • Apabila terbentuk sempurna, rekatkan tali ke hiasan tersebut. Pastikan tali merekat dengan sempurna.
  • Gantungan hiasan lampu sudah jadi dan kamu bisa memasangnya di lampu rumah. Agar memikat banyak orang, bisa kamu pasang di lampu halaman depan rumah.

Baca Juga:

5. Gantungan Kunci Unik

(Wantubizhi)

Hampir setiap orang memiliki gantungan kunci, entah itu kunci rumah, motor, mobil dan lain sebagainya. Umumnya gantungan kunci yang beredar di pasar terbuat dari akrilik, kayu atau dalam bentuk dompet kecil. Beberapa tahun belakangan ini muncul variasi baru dari gantungan kunci, yaitu terbuat dari limbah sisik ikan.

Jenis kerajinan dari sisik ikan yang digunakan di sini adalah ikan kakap dengan teknik pembuatan yang tidak jauh berbeda dari yang sebelumnya. Berikut langkahnya:

  • Persiapkan terlebih dahulu sisik ikan kakap yang sudah diolah dan diberi warna sebelumnya.
  • Sebagai contoh, di sini saya akan membuat gantungan kunci dengan bentuk bunga. Gantungan kunci ini menjadi salah satu kerajinan dari sisik ikan yang mudah.
  • Gunakan sisik ikan dengan ukuran yang besar untuk bagian dasar bunga, kemudian sisik ikan berukuran sedang, lalu kecil.
  • Mulailah dengan membentuk polanya terlebih dahulu, dari bagian dasar bunga sampai bagian pucuk.
  • Apabila bentuk sudah benar, mulailah merekatkan dari bagian dasarnya dan dilanjutkan sampai ke bagian pucuk.
  • Pastikan kamu merekatkannya secara hati-hati dan jangan sampai ada lem yang berceceran.
  • Keringkan hasil tadi di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari, baik secara langsung ataupun tidak langsung.
  • Sekarang tambahkan pengait gantungan kunci di bagian tengah belakang bunga menggunakan lem.
  • Pastikan pengait menyatu dengan sempurna dan tidak mudah lepas.

Baca Juga:

6. Jepit Rambut Cantik

kerajinan dari sisik ikan
(Github.io)

Jepit rambut menjadi hasil kerajinan dari sisik ikan selanjutnya yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

Ini cocok bagi kamu yang ingin tampil beda bisa menggunakan aksesoris jepit rambut dari sisik ikan. Bentuk jepit rambut yang akan dibuat kali ini adalah menyerupai dasi kupu-kupu.

Cara pembuatannya tidak terlalu sulit dan tidak jauh berbeda dari contoh produk sebelumnya. Kamu hanya perlu mengembangkan kreativitas di sini.

Kamu perlu peralatan tambahan yaitu pengait jepitan polos. Berikut tata cara membuatnya:

  • Persiapkan terlebih dahulu peralatan dan sisik ikan yang akan digunakan.
  • Sisik ikan yang digunakan harus memiliki ukuran agar hasil akhir kerajinan dari sisik ikan ini bagus.
  • Ketika proses pewarnaan, pilihlah warna yang cerah, contohnya adalah merah, biru, kuning, hijau dan lain sebagainya.
  • Bentuk pola terlebih dahulu di kertas atau kain menyerupai bentuk dasi kupu-kupu.
  • Sekarang susun dan bentuk sisik ikan sesuai pola yang dibuat. Apabila terdapat lipatan setengah lingkaran, lakukan secara hati-hati dan tepat.
  • Mulailah merekatkan satu sama lain jika ilustrasi polanya sudah terbentuk.
  • Setelah terbentuk sempurna, rekatkan pengait jepitan menggunakan lem tembak dan pastikan posisinya sudah tepat.
  • Biarkan lem mengering dengan sendirinya dan jepit rambut bisa digunakan.

Baca Juga:

7. Gelang Unik

(Dhgate.com)

Gelang menjadi salah satu aksesoris yang banyak digunakan tanpa memandang gender penggunanya.

Umumnya gelang yang beredar di pasaran menggunakan material plastik sebagai bahan dasarnya. Lantas, bagaimana jika gelang tersebut terbuat dari sisik ikan?

Tentu hasilnya tidak kalah menarik dan unik dibandingkan gelang pada umumnya. Sisik ikan yang digunakan dalam pembuatan ini disarankan yang berukuran kecil dan sama. Berikut langkah pembuatannya:

  • Siapkan sisik ikan berukuran sama terlebih dahulu. Bentuk gelang yang akan dibuat kali ini adalah lingkaran seperti pada umumnya.
  • Mulailah dengan membuat pola ilustrasinya terlebih dahulu tanpa diberi lem.
  • Sekarang mulailah merangkainya satu per satu sampai membentuk setengah lingkaran terlebih dahulu. Buatlah lekukan yang tidak terlalu tajam agar tidak menimbulkan bekas dan tampilannya bersih.
  • Sisihkan setengah lingkaran gelang tadi, kemudian buat setengah lingkaran lagi.
  • Agar terlihat kokoh, gunakan dua lapis untuk seluruh sisinya.
  • Setelah setengah lingkaran kedua jadi, gabungkan keduanya sampai membentuk lingkaran secara sempurna.

Baca Juga:

Manfaat Kerajinan dari Sisik Ikan

kerajinan dari sisik ikan
(Failfaire.org)

Berikut adalah manfaat hasil dari kerajinan sisik ikan, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Mengurangi Limbah Sisik Ikan

Sisik ikan memiliki kandungan senyawa yang berbahaya dan dapat membuat pencemaran lingkungan.

Manfaat kerajinan dari sisik ikan ini dari sektor lingkungan adalah mengurangi pencemaran lingkungan akibat sisa sisik ikan.

Jika kamu memanfaatkan dengan baik dan mengembangkan kreativitas yang dimiliki, limbah yang mencemari lingkungan tentu saja bisa berguna.

Hingga saat ini terdapat beberapa jenis ikan yang bisa dimanfaatkan sisiknya dan kamu bisa mencoba sisik ikan lain sebagai percobaan.

Baca juga:

2. Meningkatkan Keterampilan

Beberapa kerajinan membutuhkan ketekunan, ketelitian dan mengembangkan kreativitas, tidak terkecuali pada kerajinan sisik ikan ini.

Ketika kamu membuat kerajinan sisik ikan, secara tidak langsung akan mengembangkan dan meningkatkan keterampilan yang dimiliki.

Keterampilan yang akan meningkat di sini adalah dalam membuat pola, kombinasi warna agar terlihat menarik dan keterampilan lainnya. Ini sangat bagus untuk melatih otak kanan, terutama pada anak-anak.

3. Meningkatkan Nilai Ekonomi Masyarakat

Pembuatan kerajinan sisik ikan biasanya dikerjakan oleh kalangan masyarakat kelas rendah hingga menengah. Ada juga masyarakat yang berada di sekitar pesisir pantai membuat kerajinan ini.

Membuat kerajinan dari sisik ikan termasuk kegiatan yang dapat meningkatkan nilai ekonomi.

Kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut akan naik secara bertahap dan lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Ini karena nilai jual dari kerajinan tersebut bisa dibilang lumayan dan untuk produk yang cukup sulit justru memiliki harga yang tinggi.

Alat dan Bahan secara Umum

Sebelum ke pembahasan contoh dan teknik pembuatan kerajinan dari sisik ikan, alangkah baiknya mengetahui alat dan bahan yang perlu dipersiapkan.

Sebagai catatan, alat dan bahan berikut ini merupakan yang umum.

NoAlat PengolahanPeralatan UmumBahan
1.Saringan AluminiumTangJeruk Nipis
2.PanciPensil/Spidol/sejenisnyaPewarna
3. KuasBenzoat
4. Lem TembakSisik Ikan
5. GuntingAir
6. AksesorisPernis

Cara Mengolah Sisik Ikan sebelum Dibuat

  • Cuci terlebih dahulu sisik ikan dengan tujuan untuk menghilangkan lendir.
  • Setelah benar-benar bersih, lakukan perendaman dengan air deterjen selama kurang lebih 2 jam.
  • Jika sudah 2 jam, bilaslah menggunakan air bersih sampai benar-benar bersih.
  • Lakukan perendaman kedua dengan menggunakan campuran air jeruk nipis selama kurang lebih 2 jam lagi. Ini bertujuan untuk menghilangkan bau amis pada sisik.
  • Setelah 2 jam, tiriskan sisik menggunakan saringan aluminium dan biarkan selama 30 menit. Tujuannya adalah agar sisik benar-benar kering. Pastikan kamu tidak menjermurnya di bawah sinar matahari, baik secara langsung ataupun tidak.
  • Setelah memastikan air berkurang, pisahkan sisik ikan berdasarkan ketebalan dan ukuran.
  • Sekarang persiapkan rebusan air hangat yang sudah diberi larutan benzoat sebagai pengawetnya. Perlu diperhatikan bahwa air rebusan ini jangan sampai mendidih atau terlalu panas karena nanti akan membuat sisik ikan menjadi lebih lengket.
  • Jangan lupa masukkan pewarna wantex atau bisa juga menggunakan cat tekstil pada air rebusan. Aduk sampai warna bercampur merata.
  • Masukkan sisik ikan sedikit demi sedikit dan aduk perlahan selama 10 menit.
  • Setelah 10 menit, matikan kompor dan angkat panci rebusan sisik ikan, kemudian biarkan selama 20 menit agar zat pewarna dapat meresap.
  • Tiriskan kembali sisik ikan menggunakan saringan aluminium sampai benar-benar tiris.
  • Bilas kembali sisik ikan menggunakan air bersih. Pastikan sisa pewarna yang tidak meresap dengan baik sudah luntur.
  • Keringkan sisik ikan dengan angin alami atau bisa juga menggunakan kipas angin. Dalam proses pembuatan kerajinan dari sisik ikan ini dilarang menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung.
  • Jika sudah benar-benar kering, lakukan penyimpanan secara tepat. Simpanlah ke dalam tempat yang kering dan bersih.

Tips: Apabila sisik ikan mulai mengeras lagi, kamu bisa merendamnya sebentar agar lebih lunak dan lebih mudah dibentuk.

Gunakan air dingin untuk merendamnya selama kurang lebih 1 jam. Jika belum ada 1 jam sudah lunak, maka bisa ditiriskan.

Dengan adanya pembahasan terkait kerajinan dari sisik ikan dan cara pembuatannya di atas, diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. Kamu juga bisa mencobanya sendiri di rumah untuk mengisi waktu luang yang bermanfaat.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel