Pinhome

Kerajinan dari Rantai Bekas

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 8 September 2021 ∙ 11 menit membaca

Saat ini hampir semua orang mempunyai motor. Ketika mempunyai motor, tentu kamu perlu melakukan perawatan seperti mengganti rantai di bengkel atau melakukannya sendiri.

Seringkali rantai bekas tersebut hanya akan menjadi limbah. Padahal ide kerajinan dari rantai bekas terdengar sungguh menarik.

Kamu bisa menyulap part kendaraan roda dua yang kerap putus di tengah jalan ini menjadi berbagai macam benda kerajinan yang cantik.

Berikutnya kamu bisa menjadikannya pajangan sehingga menjadikan tampilan interior hunianmu semakin indah.

Apa Sih Kerajinan dari Rantai Bekas?

Daripada hanya berakhir menjadi sampah, maka jauh lebih baik kalau kamu menjadikan rantai bekas sebagai salah satu bentuk kerajinan tangan.

Kerajinan tangan dari rantai motor bekas ini merupakan jenis kerajinan yang memerlukan bahan utama berupa rantai kendaraan tak terpakai.

Barang kerajinan yang dihasilkan dari rantai bekas ini bisa membentuk banyak variasi. Namun, yang paling sering dijumpai adalah pajangan.

Pajangan yang dibuat dari rantai bekas kendaraan bermotor ini terbilang sangat cantik dan unik. Jarang sekali ada orang yang memilikinya.

Kamu juga bisa membuatnya sendiri. Tidak perlu membeli dengan harga mahal jika bisa membuatnya sendiri, bukan?

Cobalah belajar membuat kerajinan dari rantai motor ini dengan melihat atau mengunduh sejumlah video dari laman internet.

Apa Saja Manfaat Kerajinan dari Rantai Bekas?

Apa Saja Manfaat Kerajinan dari Rantai Bekas

Berkreasi menggunakan komponen bekas kendaraan roda empat atau roda dua seperti ini ternyata mampu memberikan banyak manfaat.

Kamu juga bisa mengkolaborasikannya dengan komponen bekas lain sehingga budget bisa hemat Lalu, manfaat apa saja sih yang bisa diperoleh?

1.     Mengurangi Limbah Rantai Bekas

Saat membuat kerajinan dari rantai bekas, maka kamu juga ikut serta dalam upaya mengurangi pencemaran lingkungan.

Tentu kamu menyadari bahwa limbah atau barang bekas sudah pasti hilang dari fungsi sebenarnya. Kalau hanya berakhir menjadi sampah, pasti hanya akan memperburuk lingkungan.

Solusi terbaik tentu dengan menjadikan limbah rantai bekas sebagai karya seni. Dengan begitu, limbah tersebut masih bisa dimanfaatkan dalam bentuk lain.

Misalnya, menjadi pajangan, jam dinding, mainan anak dan sebagainya.

2.     Mengembangkan Kreativitas

Menciptakan karya seni dari bahan rantai bekas pastinya akan sangat bagus guna mengembangkan kreativitas.

Misalnya, ketika kamu mau menyulap rantai bekas menjadi pajangan cantik berbentuk mobil tank atau scorpion. Kamu tentu perlu menciptakan konsepnya terlebih dahulu.

Semakin tinggi tingkat kreativitas yang kamu miliki, nantinya akan semakin bagus pula pajangan atau kerajinan yang dibuat.

Menariknya, kerajinanmu nantinya bukan hanya mampu dijadikan pajangan di rumah saja melainkan juga dapat dijual ke luar kota.

3.     Mencegah Timbulnya Berbagai Macam Risiko Penyakit Berbahaya

Limbah yang menumpuk tentu sangat berpotensi menimbulkan berbagai macam penyakit. Terlebih limbah komponen kendaraan bermotor.

Kalau dibiarkan menumpuk begitu saja, nanti justru bisa menjadi sarang nyamuk. Bayangan penyakit DBD dan malaria pasti akan menghantuimu.

Maka dari itu cobalah untuk mendaur ulangnya menjadi berbagai macam karya seni. Dengan begitu, maka sampah rantai akan menjadi berkurang.

Kamu dan orang-orang di sekitarmu juga akan aman dari banyaknya ancaman penyakit di luar sana.

4.     Menambah Penghasilan

Ingin berbisnis tapi minim modal? Cobalah untuk meningkatkan kreativitas. Salah satunya dengan membuat berbagai macam kerajinan tangan dari limbah atau barang bekas seperti rantai motor.

Kamu bisa menambah penghasilan dengan membuat kerajinan seperti ini.

Kerajinan dari rantai bekas tentu berpotensi memiliki nilai jual tinggi mengingat teknik pembuatannya yang lumayan butuh keuletan.

Kamu bisa memasarkannya di toko-toko kerajinan atau secara online dengan memanfaatkan sejumlah situs marketplace.

Kerajinan Unik dari Ranting Kayu

Contoh dan Teknik Membuat Kerajinan dari Rantai Bekas

Contoh dan Teknik Membuat Kerajinan dari Rantai Bekas

Kamu pasti sudah penasaran untuk membuat kerajinan yang terbuat dari rantai bekas kendaraan ini. Santai saja, ada begitu banyak contoh kerajinan yang bisa kamu buat.

Di samping itu, cara membuat kerajinan dari rantai bekas ini juga sangat simpel dan mudah.

Kamu bisa menggunakan kerajinanmu sebagai pajangan rumah atau tujuan jualan.

Saat ini sangat memungkinkan sekali rasanya untuk menjual barang-barang kerajinan berbentuk unik sekaligus cantik dengan sangat mudah. Bahkan sampai ke luar negeri sekalipun.

1.     Jam Dinding

Apa yang kamu pikirkan saat memiliki rantai bekas yang sudah nggak layak pakai? Tentu saja membuangnya, benar bukan?

Sekarang jangan kamu buang lagi. Kamu bisa memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai barang kerajinan, misalnya jam dari rantai bekas.

Barang kerajinan ini tentu sangat bermanfaat untuk melihat waktu maupun untuk mempermanis tampilan interior rumahmu. Kamu bisa memanfaatkan barang-barang bekas lainnya untuk membuat jam unik seperti ini.

  • Siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti jam dinding bekas, rantai motor, gear depan bekas, gunting, lem serta pilox atau cat.
  • Ambil mesin jam dan kertas penunjuk angka dari jam dinding bekas yang sudah kamu siapkan lebih dulu.
  • Sesuaikan ukuran kertas penunjuk jam dengan ukuran gear. Nantinya kamu bisa menempelkan kertas penunjuk jam pada bagian tengah gear.
  • Untuk menjadikan tampilan jam dinding buatanmu kian keren, maka kamu bisa mewarnai gear tersebut dengan cat atau pilox yang sudah disiapkan sebelumnya. Warnai gear secara merata. Satu warna saja sudah cukup.
  • Usai mengering kamu bisa memberikan lem pada kertas penunjuk jam dan gear agar merekat kuat. Kamu perlu hati-hati dalam memberikan lem sehingga hasilnya nggak akan meleset.
  • Lanjutkan dengan memasangkan mesin jam dinding yang sudah kamu ambil tadi. Jika perlu, kamu bisa menuliskan angka menggunakan spidol pada gear sehingga seolah-olah menjadi jam dinding sungguhan.
  • Kemudian, hubungkan rantai bekas dengan jam dindingnya untuk bisa digantungkan sesuai keinginan.

2.     Spinner

Tahu nggak kalau rantai bekas juga bisa disulap menjadi spinner yang cantik. Pemintal gelisah ini bisa kamu gunakan untuk penghilang stres saat penat beraktivitas seharian.

Kamu bisa membuatnya sendiri menggunakan rantai bekas daripada membelinya.

Fidget spinner juga sangat bagus untuk kesehatan khususnya guna meredakan kecemasan. Mainan ini juga sangat aman untuk anak-anak. Nah, kamu bisa membuatnya untuk dirimu sendiri, adik maupun anak-anakmu.

  • Sediakan peralatan dan bahan yang diperlukan terlebih dahulu seperti rantai, gear, tang, palu serta kawat atau kabel.
  • Bentuk rantai menyerupai kulit kacang tanah.
  • Masukkan kawat atau kabel ke dalam rantai tersebut dan buatlah lingkaran. Rekatkan dengan palu.
  • Pasangkan gear ke tengah lingkaran.
  • Rapikan lingkaran menggunakan tang.
  • Spinner sudah siap dimainkan.

3.     Tripod

Malas keluar uang untuk membeli tripod? Sayang sekali kalau nggak punya tripod. Apalagi untuk kamu yang hobi narsis di sosial media.

Demi mendapatkan foto-foto terbaik, maka kamu perlu menggunakan tripod. Cobalah membuat tripod dengan menggunakan rantai bekas kendaraan bermotormu.

Kreasi dari rantai bekas ini pasti sangat unik dan bermanfaat. Kamu nggak perlu lagi buang uang untuk membeli tripod.

Cobalah membuatnya sendiri dengan memanfaatkan komponen bekas lainnya. Selain hemat, kamu juga bisa menjaga lingkungan agar tetap bersih.

  • Siapkan rantai bekas, plat bekas, baut, pengencang baut, sabun cuci, sikat, kawat beton dan alat pemotong rantai.
  • Potong rantai terlebih dahulu. Panjangnya sesuaikan dengan kaki tripod yang kamu mau.
  • Lanjutkan dengan membersihkan rantai menggunakan sabu cuci.
  • Bentuk rantai menyerupai kaki tripod.
  • Letakkan kawat beton di bagian atas rantai.
  • Pasangkan plat dengan baut.
  • Tempelkan plat bekas dengan kawat beton yang sudah dikencangkan pada bagian ujung rantai.
  • Tripod rantai sudah siap dipakai.

4.     Meja

Umumnya meja memang dibuat dari kayu dan kaca. Lantas, bagaimana jika meja dibuat dari rantai bekasMemangnya bisa rantai bekas dibuat menjadi meja? Tentu saja bisa. Kamu bisa menyulap rantai bekasmu menjadi meja cantik yang bisa ditempatkan di sudut ruangan.

Cara membuat kerajinan dari rantai motor bekas ini relatif mudah. Kamu cuma perlu sedikit bersabar dan mencermati bagaimana teknik pembuatannya dengan baik.

Saat sudah jadi, maka bisa langsung menaruhnya di tempat yang kamu mau.

  • Sediakan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti rantai bekas, beberapa komponen kecil sepeda motor bekas dan alat pemotong rantai.
  • Perhatikan konsep meja yang ingin kamu buat terlebih dahulu. Apakah berbentuk persegi atau lingkaran.
  • Barulah kemudian kamu bisa menyusun rantai dan sejumlah komponen bekas dari sepeda motor secara rapi.
  • Jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu dengan sabun cuci untuk menghilangkan oli yang menempel.
  • Untuk perekatnya kamu dapat menggunakan baut kecil-kecil yang sesuai dengan kebutuhan.

5.     Miniatur Mobil Tank

Betapa bagusnya menyulap rantai bekas menjadi mobil tank. Hasilnya dijamin akan keren dan sangat estetik.

Kamu bisa menjadikan miniatur mobil tank sebagai pajangan atau pemberian bagi orang-orang terdekatmu. Mereka pasti akan langsung suka dengan kerajinan dari bahan rantai motor ini.

Kerajinan Unik dari Tali Rami

  • Siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti rantai bekas, alumunium bekas, penyangga, lem dan beberapa komponen bekas dari motor.
  • Siapkan pola mobil tank terlebih dahulu. Kamu bisa langsung mencetaknya ke dalam papan besi atau komponen alumunium bekas yang dibutuhkan.
  • Sediakan juga bahan-bahan inti dari mobil tank.
  • Pasangkan penyangga pada tiap sudut dan sisi tengah. Ini penting guna menyangga body mobil tank ketika dirakit nantinya.
  • Perlahan kamu bisa merakit body tank secara bertahap yakni bagian depan, samping, belakang, atas dan bawah. Pakailah lem untuk merekatkan body.
  • Pasang roda di kedua sisi mobil tank.
  • Pasanglah baut lurus berbentuk sejajar dengan roda bagian depan dan belakang sebagai penghubung rantai nantinya.
  • Pasang juga laras panjang sebagai peluncur mobil tank.
  • Lanjutkan dengan memasang rantai di sisi kanan dan kiri mobil tank.
  • Rapikan sisi yang kasar dan amplas.
  • Mobil tank dari rantai bekas sudah selesai dibuat. Kamu bisa langsung memajangnya sebagai dekorasi ruangan.

6.     Gelang

Ada begitu banyak limbah bekas yang bisa dijadikan karya seni berbentuk perhiasan seperti gelang. Misalnya menggunakan rantai bekas.

Kerajinan dari rantai keteng bekas ini bisa kamu coba untuk menghasilkan perhiasan yang anti mainstream. Kamu hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana dan cenderung murah meriah.

Namun, jangan lupa untuk membersihkan rantai keteng terlebih dahulu menggunakan sabun cuci. Ini penting guna menghilangkan sisa oli yang menempel.

  • Siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti rantai bekas, wadah berisi garam dan air, gergaji atau gurinda serta jeruk nipis.
  • Ukur dan potonglah rantai bekas yang kamu siapkan sebelumnya.
  • Bentuklah gelang sesuai ukuran tanganmu.
  • Kikislah ujung rantai agar rapi.
  • Rendamlah pada air garam.
  • Campurkan jeruk nipis guna menghilangkan karat.
  • Gelang rantai sudah siap dipakai.

7.     Miniatur Scorpion

Membuat miniatur tentang tempat dan kendaraan mungkin sudah biasa. Lantas, bagaimana dengan membuat miniatur berbentuk binatang?

Misalnya, kalajengking. Kamu bisa memanfaatkan rantai bekas untuk membuat miniatur kalajengking bagus. Kerajinan unik dari rantai motor ini memerlukan ketelitian dan kehati-hatian dalam proses pembuatannya.

Kamu akan lebih banyak berhubungan dengan alat solder yang memercikan api. Bila perlu kamu bisa menggunakan penutup mata selama proses pengerjaan kerajinan tangan ini.

  • Sediakan peralatan yang dibutuhkan seperti gear, rantai bekas, solder, pemotong rantai, tang dan beberapa komponen kecil tambahan.
  • Potong rantai menjadi beberapa bagian yang diperlukan.
  • Rapikan gear menggunakan solder.
  • Rakitlah rantai bekas dan gear yang sudah dipotong tadi menjadi bentuk kalajengking atau scorpion.
  • Rapikan rakitanmu menggunakan solder.
  • Pastikan kamu selalu berhati-hati ketika menggunakan peralatan tersebut.
  • Miniatur scorpionmu siap dipajang untuk menghias ruangan.

8.     Gantungan Kunci

Sudahkah kamu tahu bahwa rantai bekas motor juga bisa digunakan untuk membuat gantungan kunci? Contoh kerajinan dari rantai motor ini begitu gampang dibuat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat sederhana serta mudah didapat. Setelah barang kerajinan ini selesai dibuat, maka kamu bisa langsung menggunakannya sebagai gantungan kunci pintu rumahmu.

Kalau mau, kamu juga bisa menggantungnya di tas. Pasti akan membuat penampilan semakin terlihat nyentrik saat bepergian.

  • Persiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti rantai bekas, paku, palu, uang koin seribu rupiah, dan ring gantungan kunci.
  • Ukurlah diameter koin seribuan menggunakan rantai bekas.
  • Potong rantai sesuai dengan diameter koin menggunakan paku dan palu.
  • Letakkan rantai yang sudah dipotong ke sekeliling koin.
  • Kaitkan dengan ring gantungan kunci yang sudah kamu siapkan sebelumnya.
  • Gantungan kunci dengan bahan rantai bekas motor sudah siap dipakai.

9.     Miniatur Gitar

Bagi penggila musik, nampaknya akan menjadi ide inspiratif ketika memanfaatkan rantai bekas menjadi miniatur gitar. Kamu bisa memajang kerajinan dari rantai bekas ini ke dinding ruang tamu atau kamarmu.

Pasti sangat asyik memiliki pajangan cantik seperti ini. Miniatur gitar seperti ini juga bisa kamu berikan sebagai kado kepada pasanganmu yang suka musik. Dijamin dia akan sangat terkesan dengan pemberian unik seperti ini.

Kerajinan Unik dari Wadah Oli

Kalau kamu sudah tidak sabar, maka langsung saja cermati cara membuat kerajinan dari rantai seperti berikut:

  • Siapkan peralatan dan seluruh komponen yang dibutuhkan seperti rantai bekas, lem, alas karton dan komponen bekas dari motor.
  • Bentuk konsep miniatur gitar yang kamu inginkan.
  • Bentuk rantai bekas menjadi gitar di atas alas karton. Jangan lupa beri lem agar menempel.
  • Tempatkan sejumlah komponen ke sekujur badan gitar seperti gear, baut dan seluruh komponen bekas dari sepeda motor. Susun secara hati-hati dan cermat.
  • Pasangkan beberapa baut di bagian kepala gitar. Pasanglah perlahan dan sesuaikan dengan bentuk gitar asli.
  • Ambil beberapa senar gitar dan pasangkan ke baut yang ada di kepala gitar.
  • Miniatur gitarmu sudah siap dipakai. Kamu bisa memajangnya di dinding rumah untuk mempermanis tampilan hunianmu.

Terdapat begitu banyak kerajinan dari rantai bekas yang bisa kamu pilih. Benda-benda rupawan itu nggak cuma  bisa kamu nikmati keindahannya saja melainkan juga manfaatnya yang beragam.

Dengan membuat barang kerajinan seperti ini, itu berarti kamu sudah ikut andil dalam upaya menyelamatkan lingkungan. Lingkunganmu akan bersih dan terhindar dari risiko penumpukan limbah.

Apalagi limbah rantai bekas sangat berpotensi menjadi sarang nyamuk. Selain itu, dengan membuat kerajinan seperti ini juga bisa menambah penghasilanmu. Kamu bisa menjualnya dengan harga yang cukup tinggi, lho!

Boleh Copas, Wajib Terakan Sumber !!!

Tags :

Bagikan Artikel