Pinhome

Jenis, Manfaat dan Cara Membuat Kerajinan dari Lilin Hias

Dipublikasikan oleh Kartika Laksita ∙ 4 October 2019 ∙ 7 menit membaca

Sejak tahun 3000 SM (sebelum masehi), lilin ini sudah banyak digunakan pada zaman itu. Pada awalnya hanya menggunakan alang-alang sebagai sumbu dan lemak sapi untuk jadi bahan utama yang menyelimuti sumbunya.

Seiring berjalannya waktu, lilin ini mengalami modifikasi dan menjadikan lilin sebagai alat untuk penerangan. Selain menjadi alat penerang, dapat juga dibuat untuk kerajinan dari lilin hias yang bisa mempercantik suasana dalam rumah.

Pengertian Kerajinan dari Lilin

Kerajinan lilin ini merupakan kerajinan yang berbahan dasar lilin. Proses pembuatannya juga cukup mudah dan sederhana, hampir semua orang bisa melakukannya.

Mengubah bentuknya menjadi kerajinan unik, dengan cara melehkannya terlebih dahulu. Dalam proses pelelehan harus berhati-hati untuk keselamatan kerja, karena terkena lilin cair yang panas kulit bisa menjadi lepuh.

Jenis Lilin

Lilin juga mempunyai beberapa jenis dan manfaat yang berbeda-beda. Berikut adalah jenis lilin antara lain.

Lilin Mineral

lilin mineral
irnast.blogspot.com

Minyak bumi bisa menghasilkan lilin mineral yang banyak. Lilin minyak bumi ini memiliki sifat tahan kelembaban, tidak bau dan tidak ada rasanya. Lilin ini juga digunakan untuk salutan kedap air berbagai jenis kertas dan karton.

Lilin mineral ini memiliki tiga jenis, yaitu:

  1. Parafin
  2. Petrolatum
  3. Mikrokristalin

Ketiga jenis ini memiliki jenis yang berbeda-beda, mulai dari warna, kekerasan dan titik lelehnya.

Lilin Batik

lilin batik
asitajogja.org

Lilin batik merupakan bahan yang dipakai untuk menutup permukaan kain mori dari gambar motif batik. Sehingga, permukaan yang ditutup bisa menolak atau resist terhadap warna yang diberikan pada kain tersebut.

Lilin batik ini tidak terdiri dari satu macam bahan, melainkan ada campuran dari berbagai bahan pokok lain. Seperti gondorukem, matakucing, damar, parafin dan lainnya.

Lilin Nabati

lilin nabati
pexels.com

Selanjutnya yaitu lilin nabati, lilin yang dimiliki oleh banyak tumbuhan untuk melindungi diri. Lilin carnauba (komponen utama mirisil serotat) yang diperoleh dari daun pohon siwalan sebagai lilin paling keras dan banyak digunakan.

Misalnya, digunakan dalam poles cat mobil dan dalam salutan tablet lilin jojoba. Lilin jojoba sendiri, diperoleh dari biji perdu gurun Arizona yang dikembangkan untuk digunakan sebagai pengganti spermaseti.

Lilin Gel

lilin gel
beres.id

Apakah kamu tahu gel? Benda kenyal yang cara membuanya seperti slime atau lendir. Pembuatan lilin jenis gel ini dari bahan yang tidak jauh beda dengan gel yang biasa dipakai sebagai bahan pembuatan gel.

Lilin gel ini bisa dituangkan dalam berbagai wadah dengan bentuk yang berbeda. Bentuk yang dibuat transparan dan kenyal, bisa dibuat untuk mempertahankan bentuk dari lilinnya.

Lilin Elektrik atau Flameless Lilin

lilin elektrik LED
tokopedia.com

Dari kejauhan, lilin ini terlihat sama dengan lilin pada umumnya. Jika dilihat dari dekat, lilin ini mempunyai sesuatu yang unik. Lilin ini adalah lilin elektrik berbentuk LED flameless yang kegunaannya  khusus tidak menimbulkan kebakaran.

Cara penggunaannya pun mudah, hanya menekan tombol remote. Mempermudah untuk dibawa kemana-mana tanpa ada rasa khawatir akan tetesan yang ditimbulkan pada lilin umumnya.

Proses pembuatan lilin ini sangat berbeda dengan lilin pada umumnya. Jadi, lilin ini tidak menimbulkan asap yang bisa membuat orang cemas.

Lilin Pilar

lilin pilar
tokopedia.com

Bentuk silinder dan kulit tebal adalah sifat dari lilin pilar. Lilin ini bisa menghasilkan cahaya ambien dan bisa ditempatkan di sekitar rumah.

kerajinan lilin
tribunnews.com

Lilin pilar ini bisa dijadikan kerajinan dari bahan lunak yang nantinya menjadi karya seni. Teknik ukir yang digunakan dalam membuat kerajinan ini diperlukan, untuk memberikan karya seni terbaik dan tidak sembarang orang bisa melakukannya.

Cara Membuat Kerajinan dari Lilin

Sudah mengetahui jenis lilin, saatnya untuk membuat kerajinan dari lilin ini menjadi karya seni yang unik dan menarik.

Alat dan Bahan

alat kerajinan lilin
martinrecords.com

Adapun peralatan dan bahan yang harus dipersiapkan sebagai berikut.

  • Lilin bekas/parafin
  • Sumbu lilin
  • Gelas kaca transparan
  • Pisau
  • Kompor
  • Panci 2 buah, ukuran besar dan kecil
  • Air
  • Zat pewarna
  • Pengaharum/wewangian
  • Kayu untuk mengaduk

Langkah-langkah

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kerajinan dari lilin.

  1. Siapkan lilin yang sudah ada. Potong menjadi bagian kecil-kecil dengan pisau untuk mempermudah dan mempercepat proses pelelehan.
  2. Isilah panci besar dengan air, kemudian masukkan potongan lilin kedalam panci yang sudah ada airnya tadi. Sebagai peringatan, jangan melehkan lilin saat panci tidak ada airnya.
  3. Nyalakan kompor untuk proses pelelehan lilin dan secara otomatis lilin akan meleleh secara perlahan. Aduk dengan kayu untuk proses pelelehan.
  4. Tambahkan pengharum/wewangian untuk memberi bau yang bisa menarik hati.
  5. Tambahkan zat pewarna berbahan kimia. Jangan menggunakan zat pewarna makanan, karena tidak cocok dengan lilin.
  6. Siapkan gelas untuk meletakkan lilin yang sudah cair tadi.
  7. Taruh sumbu lilin di dalam gelas dan jepit sumbu lilin tersebut dengan jepit jemuran atau bisa menggunakan jepit yang lainnya.
  8. Tuangkan lilin secara perlahan sampai menutupi permukaan wadah. Jangan sampai penuh.
  9. Diamkan lilin sampai mengeras. Lebih lama didiamkan lebih bagus hasil yang didapat nanti.
  10. Setelah didiamkan beberapa lama, lilin siap untuk dijadikan hiasan dalam rumah.

Manfaat Lilin

Selain menerangi ruangan, lilin ini mempunyai banyak manfaat. Berikut ini adalah manfaat dari lilin.

  • Lilin sebagai penerangan

lilin sebagai penerang
andreyuris.wordpress.com

Secara umum, lilin ini sebagai sumber penerangan yang tersusun dari sumbu yang diselimuti bahan bakar padat. Lilin ini bisa digunakan sebagai alternatif pengganti pencahayaan saat listrik mati.

  • Lilin untuk membuat patung

lilin sebagai patung
pixabay.com

Lilin juga bisa dimanfaatkan untuk membuat patung. Tapatnya di London, Inggris terdapat museum lilin yang terkenal yang bernama Madame Tussaud. Cabangnya pun sudah dibeberapa kota besar di dunia.

  • Lilin sebagai pelumas

lilin sebagai pelumas
anugrahjayabandung.blogspot.com

Lilin mempunyai sifat licin yang bertahan sampai sekarang. Sifat lilin seperti ini, bisa digunakan sebagai pelumas. Ketika resleting macet, bisa menggosokkan lilin pada rel resleting untuk bisa lancar lagi.

Ini juga bermanfaat pada engsel pintu. Jika pintu menimbulkan bunyi berdecit, bisa langsung menggosokkan pada engsel pintu, dan suara berdecit akan hilang.

  • Lilin sebagai pelapis anti air

lilin anti air
review.bukalapak.com

Selain sebagai penerang ruangan, lilin juga dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Mengapa demikian? Karena lilin mempunyai sifat anti air. Bisa menyelamatkan kertas dari air dengan cara menggosokkan lilin pada kertas.

  • Lilin sebagai penyimpan jarum

lilin sebagai penyimpan jarum
id.aliexpress.com

Bagi yang mengoleksi jarum dan tidak tahu tempat menyimpan jarum. Bisa menancapkan jarum ke lilin untuk tempat menyimpan lilin.

  • Lilin sebagai hiasan

lilin hias
damailand.com

Lilin juga bisa dibuat sebagai hiasan yang menawan. Membutuhkan kreativitas untuk menjadikan kerajinan dari lilin tidak bisa dipandang sebelah mata. Lilin hias juga bisa sebagai souvenir pernikahan dan menjadi kenang-kenangan yang mengesankan.

  • Lilin untuk membatik

lilin untuk membatik
suaramerdeka.com

Lilin batik termasuk bahan yang dipakai untuk menutup permukaan kain mori menurut motif batik. Sehingga, permukaan yang tertutup bisa menolak atau resist terhadap warna yang diberikan pada kain tersebut.

Jenis lilin batik ini ada tiga, yaitu

  1. Lilin tembokan untuk nembok
  2. Lilin klowong untuk ngelowong dan isen-isen
  3. Lilin biron untuk mbironi
  • Lilin sebagai aroma terapi

lilin sebagai aroma terapi
bp-guide.id

Lilin juga bisa membantu untuk menghilangkan stress. Lilin aroma terapi ini berasal dari minyak astiri atau minyak esensiel yang dianggap mampu mengatasi beban pikiran.

Efek dari penggunaan lilin aroma terapi ini adalah bisa membuat tubuh menjadi terasa rileks, meningkatkan mood dan mengatasi insomnia atau gangguan tubuh. Bisa juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melegakan pernapasan seperti asma.

Berikut berbagai contoh lilin aroma terapi yang bisa dipilih:

  1. Lilin aroma anggur untuk mengatasi keluhan akibat demam, flu dan menghilangkan sakit kepala.
  2. Lilin aroma jeruk untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Lilin aroma lavender untuk mengatasi permasalahan nyamuk di dalam rumah.
  4. Lilin aroma melati untuk menyegarkan hubungan dengan pasangan.
  5. Lilin aroma kenanga untuk meningkatkan kekebalan tubuh atas penyakit serta membangkitkan gelora cinta di dalam diri orang.
  • Lilin untuk kecantikan dan kesehatan

lilin sebagai kecantikan dan kesehatan
wallpapersafari.com

Lilin lebah merupakan salah satu jenis lilin yang bisa digunakan untuk kecantikan dan kesehatan. Lilin lebah biasanya digunakan untuk membuat kosmetik, pengisi lubang pada gigi berlubang.

Selain itu, lilin lebah juga bisa digunakan sebagai antiseptik untuk mengobati luka, mengobati penyakit lupus, mengobati kotoran telinga dan mengatasi masalah kulit.

Penutup

Sebagai penutup, saya mengucapkan terima kasih banyak karena sudah membaca artikel ini dari awal sampai akhir. Selain lilin, sabun yang biasanya dipakai untuk mandi bisa juga dijadikan kerajinan yang indah dan unik.

Terima kasih, salam berbagi untuk saling melengkapi.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Niaga, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Dalam dunia bisnis, surat niaga sangat umum digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Biasanya

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pribadi dan Struktur Penulisannya

Ada dua macam surat yang jamak ditemukan, yaitu surat resmi dan tidak resmi. Surat tidak resmi seri

Kamar Tidur
Kamar Tidur Ragam Ventilasi Kamar Tidur Minimalis Agar Bebas Pengap

Jangan anggap sepele peran ventilasi kamar tidur minimalis karena bisa menentukan kualitas udara ya

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 7 Rekomendasi Keramik Dinding Teras Rumah Minimalis yang Kekinian

Bosan dengan dinding yang polos di bagian depan rumah? Keramik dinding teras rumah minimalis bisa j

Kamar Tidur
Kamar Tidur Inspirasi Tempat Tidur Lipat Untuk Kamar Mungil

Luas kamar tidur akan mempengaruhi pilihan furniture yang digunakan. Termasuk didalamnya ukuran tem

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia