Pinhome

Kerajaan Sriwijaya negara kesatuan pertama

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 4 October 2013 ∙ 3 menit membaca

Ketika agama Hindu datang ke Indonesia, bangsa Indonesia dapat menerimanya. Kepala-kepala suku dan para raja tidak berkeberatan masuk agama baru itu, asalkan mereka diangkat sebagai orang kasta Ksatria. Untuk kepentingan ini, kaum pendeta (Brahmana) di datangkan ke Indonesia dan timbullah kerajaan-kerajaan tertua di Indonesia seperti Kerajaan Kutai dan Kerajaan Tarumanegara. Termasuk Kerajaan Sriwijaya yang telah cukup lama berkuasa di saat itu.

Pinhome – Dari peninggalan kerajaan ini, dapatlah dipastikan bahwa agama dan kebudayaan Hindu sangat berpengaruh. Akan tetapi, penerimaan pengaruh Hindu di Indonesia disesuaikan dengan kepribadian bangsa Indonesia. Faktor kekuatan kepribadian ini akan dibuktikan pula dalam masa-masa selanjutnya, yaitu ketika kita menerima kebudayaan-kebudayaan lain yang masuk ke Indonesia.

Baca Juga:

Peta wilayah Kerajaan Sriwijaya

kerajaan sriwijaya
(Travel.kompas.com)

Baca Juga:

Munculnya Kerajaan Sriwijaya

(Arahfajar.com)

Pada abad VII, munculah suatu negara yang memegang peranan besar dalam peraturan politik di Asia Tenggara. Kerajaan itu adalah Kerajaan Sriwijaya, yang terletak kira-kira di Palembang. Merupakan kerajaan maritim yang menitik beratkan keagungan armadanya di lautan.

Sebagai kerajaan maritim, Sriwijaya menjadi pusat perniagaan dan bahkan pusat kebudayaan agama Budha di Asia Tenggara. Kerajaan maritim ini mengadakan hubungan dengan Cina di Asia Timur dan India di Asia Selatan.

Kemakmuran Sriwijaya mendorong kerajaan itu mengembangkan diri dalam dunia kebudayaan. Universitas agama Budha berkembang dengan suburnya di kerajaan itu.

Universitas ini terkenal sampai ke luar negeri, sehingga para musafir Cina, sebelum mencapai India terlebih dahulu tinggal beberapa lama di Sriwijaya untuk mempelajari segala sesuatu yang ada hubungannya dengan agama Budha.

Di samping itu, mereka juga mempelajari tata bahasa Sansekerta. Bahkan guru-guru besar tamu dari India seperti Dharmakirti mengajar di Sriwijaya.

Letak Sriwijaya yang baik pada jalan laut antara India dan Tiongkok memberikan kemajuan pesat pada pertumbuhan kerajaan itu. Menjadi penguasa utama di pelabuhan-pelabuhan di pesisir timur Sumatra, Singapura dan pantai barat Malaysia sekarang, dan memiliki kekuasaan sepanjang Selat Malaka sampai ke daerah pantai Siam.

Baca Juga:

Puncak Kejayaan Sriwijaya

kerajaan sriwijaya
(Workamerica.co)

Kerajaan Sriwijaya mencapai puncak kejayaan di bawah pemerintahan raja Balaputra pada tahun 850. Pada waktu itu hubungannya dengan India sangat erat. Sriwijaya juga mengirimkan pemuda-pemudanya ke India untuk belajar agama Budha.

Bahkan para raja Sriwijaya pernah membuat asrama-asrama tempat tinggal bagi para pelajar Sriwijaya yang sedang belajar di India. Asrama-asrama itu didirikan di Nalanda (daerah Bangal, India Utara) dan Nagapatnam (di pantai Malabar, India Selatan).

Dipandang sebagai penjelmaan negara kesatuan yang pertama yang memenuhi syarat sebagai negara modern. Unsur-unsur ketuhanan, tata pemerintahan atas dasar musyawarah, keadilan sosial, kedaulatan dan sebagainya telah ada pada waktu itu.

Pembinaan hubungan baik dengan negara-negara lain, pengembangan agama dan kebudayaan seperti yang dilakukan oleh Sriwijaya harus tetap dilakukan. Demikian juga pengembangan perdagangan serta usaha peningkatan pendidikan.

Jika dahulu Sriwijaya telah dapat menjadi negara maritim yang tenar, sekarang kita pun seharusnya dapat juga menjadi negara maritim yang lebih tenar dan lebih besar lagi.

Baca Juga:

Featured Image Source:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kecantikan
Kecantikan 17 Model Rambut Tipis Pria yang Stylish

Memiliki jenis rambut tipis memang untuk sebagian orang menjadi sebuah kendala. Beberapa diantarany

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Cerai yang Sesuai dengan Kaidah yang Ada

Dalam menjalani rumah tangga, ada banyak konflik tak terduga yang bisa saja terjadi. Jika diskusi s

Kecantikan
Kecantikan 12 Model Rambut Pria Botak 

Model rambut pria botak memang terbilang sangat simpel dengan minim perawatan. Apalagi untuk bebera

Edukasi
Edukasi Surat Lamaran Magang & Serba-serbi Lengkapnya

Bagi yang mengambil pendidikan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan dan pendidikan lanjutan seperti m

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Kuasa Perpanjangan STNK, Ini Cara Membuatnya!

Pinhome - Mengurus surat-surat penting, seperti perpanjangan STNK merupakan kewajiban yang dilakuka

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia